Perjalanan Tak Berujung: di GRESIK, ini bukan bubur tapi SEGO RUMO

di GRESIK, ini bukan bubur tapi SEGO RUMO

Ini Bukan Bubur Lhoooooo
Sego Rumo GresikMakanan ini sudah tidak asing lagi di lidah saya, zaman masih kecil, ini merupakan menu favorit untuk sarapan. Yap itulah SEGO RUMO atau LONTONG RUMO. Yang memang selalu ada dipagi hari mulai 05.30 sampai sekitar pukul 10.00 pagi. Harga nya pun murah meriah, zaman th 90’an cuman Rp. 250,- dan itu dah bikin kenyang + bikin ganteng seperti saya hahahaha.
Selalu Rame & Ngantri

Diemperan Depan Toko















Sebagai orang keren + ganteng yg mmg di lahir kan di Gresik, rasa nya saya wajib ikut melestarikan warisan kuliner daerah asal. Ya kalo bukan kita, mau siapa lagi !!!!!!!! Masak kalah ama Johanez Jonas yang asli Surabaya tapi mau menulis tentang Lontong Rumo atau Sego Rumo diblog nya (http://johanesjonaz.wordpress.com/2013/03/13/kuliner-nusantara-lontong-romo-gresik) bahkan sampai dibela2in ujan2an hehehe J. Dan tulisan saya ttg sego rumo ini pun terinspirasi karena dia hahahaha #ThanksJo.
Sambelnya Juara

Koya nya Guruh + Asin








Sego Rumo sesuai nama asal nya merupakan makanan khas warga Desa ROOMO atau dibaca RUMO Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, sekitar 5km dari pusat kota gresik ke arah manyar. Dahulu nya desa ini banyak sekali tambak bandeng dan tambak garam tapi sekarang desa rumo sudah menjadi kawasan pabrik, antara lain ada PT. Smelting, PT Petrokimia dll. Tapi mencari Sego Rumo di desa asal nya, seperti mencari jarum di tumpukan jerami alias sudah langka. Semoga makanan tradisional ini tetep lestari meskipun penjual nya sekarang bisa di hitung dengan jari di Kota Gresik.
Mirip Bumbu Sate Padang tp Ini Lebih Kental
Makanan Sego Rumo ini bisa di bilang mirip bubur tapi bukan bubur, karena bisa disajikan dengan lontong atau nasi. Kalo saya pribadi bilang, ini mirip sate padang tapi tanpa sate nya dan kuah nya lebih kental dan bertekstur halus lembut. Untuk rasa nya gurih, agak sedikit pedas dan terasa sangat lembut saat masuk di mulut #lebayyyyy. Biasa nya disajikan dengan sayur yang pohonnya kebanyakan tumbuh di seputaran tambak bandeng atau tambak garam, trus di tambah koya (srundeng kelapa yang gurih & agak asin) + krupuk + sambal.
Mantap + Krupukkkk 
Lontong Rumo
Harga nya sekarang 1 porsi cukup Rp. 4.000,- lumayan murah kan ?????? rasa nya wajib  kan kalo mengunjungi Kota Gresik untuk mencicipin kuliner ini selain murah juga bisa bikin keren hahaha.
Oh yaaa untuk mencicipi Sego Rumo ini, silahkan datang di belakang Pasar Gresik. Tepat nya di Desa Sukodono KaliTutup Pasar Gresik Kota. Tanya saja sama masyarakat sekitar, dimana penjual Sego Rumo ????? pasti akan di tunjukan yg di pinggir jalan KaliTutup ini. Oh yaa yang saya tau sech selian di Kalitutup, ada juga di Gang Sekolahan NU Sukodono dan di Tratee (sebrang pasar gresik). 
Btw jangan berharap menemukan sebuah bentuk warung penjual sego rumo yaaa, karena sego rumo di jajakan di pinggir jalan, lesehan didepan selasar toko atau di ujung gang.
Tampilan Seutuhnya + Kaki Penjual nya 




49 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]