Perjalanan Tak Berujung: atas bawah OK, Memikat dan Mengairahkan

atas bawah OK, Memikat dan Mengairahkan

 Memikat & Mengairahkan 
Teluk Buyat Sulawesi Utara bukan hanya Taman Nasional Bunaken atau Teluk Lembeh yang sudah kesohor seantero dunia akan keindahan nya. Tapi cobalah bergeser menuju Minahasa untuk menenggok surga cantik yg bernama TELUK BUYAT. Datang lah ke Buyat dengan pikiran bersih dan lupakan kasus pencemaran yang sangat kontroversial akibat penambangan emas oleh PT. Newmont Minahasa Raya, karena hal itu memang telah di putuskan tidak terbukti di pengadilan setelah melalui pembuktian dan peradilan yg cukup lama dan melelahkan.
Teluk Buyat Diliat Dari Atas Bukit Doa
Bukit Doa











Berada di buyat serasa menemukan surga di tiap sisi nya, menenggok satu arah akan kita temukan hijau nya pegunungan yang tertutup rapat pepohonan dan menatap kearah lain kita liat indah nya pantai berpasir putih dan hitam terbentang indah di depan mata. Melihat alam bawah laut nya ?????? hmmmm akan di buat takjub dan terpesona akan kerapatan karang dan ikan2 yang tersebar menari di seputaran teluk buyat.
Jalanan Depan Pantai Buyat
Penginapan Milik PT. Newmont Minahasa Raya
Untuk bisa sampai di Teluk Buyat lokasi nya berada di Desa Rantatotok Timur, Kecamatan Rantatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara. Kita cukup menumpuh perjalanan selama 3,5 jam penuh liku dan berkelok2 dari Kota Manado menuju Rantatotok, bisa mengunakan Micro Bus atau kendaraan travel dengan ongkos Rp. 60.000,-/orang disambung dengan naik ojek menuju teluk buyat dengan biaya sekitar Rp. 15.000,-.
Wisata Tambang di Buyat
Di teluk buyat belum ada penginapan, hanya terdapat sebuah resort sederhana milik PT. Newmont Minahasa Raya (PTNMR) yang di posisi nya persis di depan bukit doa antara Teluk Buyat dan Pantai Lakban. Jadi kalo mau menginap mesti di pusat kecamatan Rantatotok, saya sempat melihat ada beberapa penginapan sederhana disana. Tapi kalo mmg terpaksa, saya rasa bisa nego dengan pengelola PT. NMR J pasti dikasih tebengan nginep hahaha.
Pantai Lakban

Mesin Tambang Peninggalan Belanda

Oh yaaa objek wisata yang bisa kita jumpai di buyat antara lain ada teluk buyat itu sendiri serta Pantai Lakban yang di pisahkan dengan sebuah bukit doa, Jadi ada bukit yang diatas nya terdapat patung salib yang melambangkan umat nasrani serta manumen bulan bintang yang melambangkan umat Islam, jadi ada kerukunan umat beragama disana.

Serta di depan pintu masuk pantai lakban terdapat monumen berupa mesin tambang bekas peninggalan  belanda, yang membuktikan bahwa sejak jaman dahulu kala tempat ini memang terkenal kekayaan alam nya, sampai2 pihak belanda pun untuk menambang disini L. Oh yaaa jangan lupa wisata danau tambang, di lokasi bekas penambangan PTNMR. Dan juga bisa melihat penambangan rakyat yang di lakukan oleh masyarakat sekitar sekarang ini.
Persiapan Diving
Karang nya Tersusun Rapi Seperti Anak Tangga
Mata memandang kearah laut terdapat pulau-pulau kecil antara lain pulau kumeke, pulau racun, pulau putus2, pulau tulang, pulau hogow, pulau babi. Oh yaaa di sekitar Pulau Putus-putus, PT Newmont Minahasa Raya banyak menanam reef ball (tempat terumbu karang buatan) yang kini telah di tumbuhi koral dan alga. Moray eel dan ikan karang juga telah menetap disana. Keindahan karang di slope dengan kedalaman max 15 meter bisa di nikmati dengan cukup bersnorkling.
Karangnya Rapat dan Penuh
Istirahat, sebelum pindah spot
Buyat juga menawarkan pengalaman menyelam makro yang memikat dan tak terlupakan di lokasi bernama fifty-fifty dimalam hari. Pygmy squidyang sedang berburu makan malam atau  si mungil hippocampus bargibanti maupun hippocampus denise juga sering terlihat jelas, bahkan ada ghostpipefish, snake eel, dragonette, mimic octapus serta ambon scorpionfish juga terlihat indah dan menawan disini.
Dikelilingin Perbukitan Yang Hijau
Buyat memang bukan Raja Ampat yang sangat mempesona, tapi Buyat memiliki banyak keindahan lain sebagai pelengkap perjalanan di Sulawesi Utara “Its about journey, not destination”.
Pulau Putus-Putus
Dermaga Lakban .....




26 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]