Perjalanan Tak Berujung: Manado, Tak Lengkap tanpa BAN HIN KIONG

Manado, Tak Lengkap tanpa BAN HIN KIONG

Cantik ... Klenteng atau Swarie nya ???
Klenteng Ban Hin KiongKe Manado berasa kurang lengkap kalo tanpa berkunjung ke Klenteng Ban Hin Kiong. Lokasi nya berada di kasawan pecinan, tepat di pusat kota jadi sangat mudah untuk di cari dan dikunjungin J. Ini hukum nya wajib-wajiban buat para pelancong untuk singgah sejenak kesini hahaha J. Karena selain tempat ibadah, disini juga terdapat meriam peninggalan VOC Belanda di bangunan belakang lantai 3 klenteng ini.
Penuh Lampion
Saat kami datang kebetulan lagi suasana imlek menjelang Cap Go Meh jadi nuansa nya sangat kental dengan lampion warna merah dan bunga sakura yang mengelora dan mempesona #lebayyy.
Klenteng Ban Hin Kiong didirikan tahun 1819 dan masih tegar berdiri terawat dengan keindahan bangunan + ornamen nya. Ban arti nya banyak, Hin berlimpah berkah dan Kiong arti nya Istana. Jadi kalo mau di terjemahkan secara asal2an menurut gw yaitu Istana yang memberikan berkah rejeki berlimpah hahaha J. Klenteng ini termasuk Klenteng Tri Darma yang arti nya bisa di gunakan untuk umat penganut Kong Hu Cu, Tao serta Budha.
Lilin nya JUMBO
Tempat Hio
Altar Utama
















Klenteng ini perna di renovasi tahun 1854-1859, dan sempat rusak akibat di bom tentara jepang pada 7 september 1944, serta perna terbakar 14 maret 1970 dan di lakukan pembangunan kembali pada tahun 1971 – 1975. Pokok nya nich klenteng hebat banget melewati segala peristiwa memilukan L. Tapi masih kokoh berdiri sebagai bukti sejarah kota Manado.
Meriam VOC diambil dari "google"
Sayang nya waktu kami datang, lagi ada kerja bakti bersih2 alat ibadah di klenteng ini, jadi kami tidak bisa melihat meriam peninggalan VOC. Tapi kami cukup puas bisa melihat prosesi pencucian altar untuk perayaan cap go meh.
Thanks buat Iyus, Swarie, Pak Jafar, Marcel yang mau nemenin ke Klenteng ini. Meskipun  saat itu Manado sedang di landa banjir di setiap sudut kota nya hahaha J
Tridarma
Lilin nya Banyak & Jumbo




Akhirnya Gw Ke Klenteng

Altar
Klenteng Ban Hin Kiong
Jl. DI Panjaitan Manado
Sulawesi Utara




49 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]