Perjalanan Tak Berujung: Pasca Tambang, Newmont berkomitmen Membangun Minahasa

Pasca Tambang, Newmont berkomitmen Membangun Minahasa

Daerah Ratatotok 
Newmont Minahasa RayaDampak potensial dari penutupan tambang terhadap aspek sosial, ekonomi pada masyarakat lokal telah di identifikasi melalui proses konsultasi. PT Newmont Minahasa Raya (PTNMR) melalui program penutupan tambang yang bertanggung jawab, mencakup komitmen sosial, ekonomi dan kemasyarakatan diwilayah sekitar masih terus dijalankan hingga pengakhiran selurus proses penutupan tambang di nyatakan selesai oleh Pemerintah Indonesia.

Pemantauan lingkungan terus dilakukan untuk jaminan jangka panjang terhadap lingkungan yang sehat, aman bagi masyarakat. Dan akhir nya PTNMR melakukan banyak program kegiatan antara lain :
     1.     Reklamasi è
Dikawasan bekas tambang, di lahan seluas 240,41 hektar yang telah di reklamasi, telah tumbuh 260.000 pepohonan yang terdiri dari berbagai jenis pohon yang bermanfaat secara ekonomi dan ekologi.
Sudah Rimbun Tertutup Pohon Mahoni
     2.    Flora & Fauna è
Hewan – hewan penghuni asli dulu nya di sekitar tambang telah kembali ke hutan hasil reklamasi terutama berbagai jenis burung dan serangga, bahkan hewan langka seperti monyet kerdil sulawesi (Tarsius) juga di temukan disini.

     3.    Rehabilitasi Hutan Bakau è
Bekerjasama dengan LSM dan masyarakat setempat, PTNMR melaksanakan kegiatan perlindungan dan pelestarian hutan bakau di kawasan pesisir Ratatotok dan Buyat. Hingga saat ini telah tertanam 50ribu pohon bakau di lahan seluar 5 hektar.
Hutan bakau ini sangat penting karena menjaga keutuhan ekosistem bakau berarti menjaga kelestarian kawasan pantai dan lingkungan laut.
Penanaman Bakau Bersama Masyarakat
Hutan Bakau  - Februari 2013
      4.    Pendidikan è
Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa (tahun 2000) mendirikan Yayasan Minahasa Raya (YMR) berkomitmen di bidang ini meliputi penyediaan buku dan perpustakaan, pembangunan dan merenovasi gedung sekolah, biaya operasional, pelatihan guru-guru hingga pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan tidak mampu.

     5.    Kesehatan è
Bersama Pemerintah Indonesia (tahun 2006) mendirikan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU)  membangun Rumah Sakit Umum Pusat Ratatotok (RSUP) dan menghabiskan dana 66 milliar. Dimana rumah sakit ini memiliki fasilitas yang lengkap dan modern serta satu –satu nya didaerah ini.
RSUP Ratatotok - Terbesar dan Terlengkap
     6.    Pariwisata è
PTNMR telah membangun kawasan wisata pantai di daerah Teluk Buyat dan Pantai Lakban dengan berbagai fasilitan penunjang nya. Dibukit Harapan Damai dibangun pondok dan aula serta monumen lambang simbol keselarasan hidup beragama di Sulawesi Utara.    

     
     7.    Alam Bawah Laut è
PTNMR menggagas program pengembangan habitat baru di bawah laut dengan pembuatan dan penempatan reefball di teluk buyat dan sekitar nya. Program reefball yang di lakukan oleh PTNMR merupakan program swasta terbesar didunia dengan menempatkan lebih dari 3.000 buah reefball di teluk totok dan teluk buyat.
Hal ini menjadikan Teluk Buyat memiliki banyak titik penyelaman (30 titik selam) yang bisa di nikmati oleh para wisatawan.
Bawah Laut nya Juara - Bukti Tidak Ada Pencemaran di Teluk Buyat
Snorkling di Pulau Putus- Putus
      8.    Kemandirian è
PTNMR mendirikan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Ratatotok Buyat (YPBRB) bersama masyarakat setempat (tahun 2008). Kegiatan nya antara lain mendirikan Taman Bacaan, Radio Komunitas, Rumah Pintar serta mendistribusikan bantuan kredit mikro.

Sebenar nya masih banyak lagi yang PTNMR lakukan bersama masyarakat sekitar, dan hasil nya sudah bisa di nikmati oleh warga. Dengan semakin maju nya daerah sekitar tambang ini, masyarakat Buyat Pante yang dulu merelokasi ke desa Duminanga saat ada kasus buyat mencuat, sebanyak 40 kk telah kembali ke desa buyat tempat mereka tinggal dulu. Mereka mengaku telah di bodohin oleh pihak2 yang tidak bertanggung jawab, hidup mereka di tempat relokasi tidak semudah yang mereka banyangkan. 
Kondisi Buyat 2004
40 Kepala Keluarga Akhir nya Kembali Ke Desa Buyat
Suasana Buyat Februari 2013
Mereka memilih kembali ke desa asal mereka yaitu desa buyat pante untuk mencari ikan seperti dulu, toch sekarang pencemaran yang dulu di tuduhkan ke PTNMR tidak terbukti dan hasil tangkapan ikan di sekitar teluk buyat juga banyak. Hal ini membuktikan bahwa memang tidak terjadi pencemaran logam berat di Teluk Buyat.
Teluk Buyat 2013




20 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]mail.com