Perjalanan Tak Berujung: Bukan Sembarang Pala Tokke

Bukan Sembarang Pala Tokke

Pala Tokke Toraja  - Pala Tokke ini akhir nya kami temukan tidak sengaja dan memang tidak ada dalam rencana perjalanan yang saya bikin bersama teman2. Kami terdampar di Pala Tokke karna dikasih tau warga saat kita numpang foto2 di Tongkonan (Rumah Adat Toraja), bahwa ada makam yg di gantung di batu cadas yg sangat kuno dan peninggalan zaman bahula. Oh yaaa ini bukan sembarangan tokke tapi ini pala tokke berupa makam gantung.
Jalanannya Lumayan Agak Hancur
Yap .... info singkat yg kami dapat akhir nya membawa kita untuk bergelantungan di dinding cadas makam gantung hehehehe. Pala Tokke terletak di Desa La’Bo’ Kecamatan Sanggalangi, 8km sebelah Tenggara Kota Rantepao atau 14 km sebelah utara kota Makale Sulawesi Selatan.
Trekking
Oh yaa lokasi nya tidak begitu jauh dari objek wisata “Kete Kesu” yang sudah tersohor itu. Dari jalan utama yg sejajar dengan kete kesu, sekitar 2 km dari kete kesu kita belok ke kanan sekitar 1,8 km. Awal nya jalanan mulus di beton tapi sekitar 1km akan berubah jadi tanah berbatu melewati sawah2 yg menghijau. Di lanjut jalan kaki sekitar 500 meter. Kami diantar oleh penduduk setempat untuk sampai di lokasi.
Di Pala Tokke, peti mayat tradisional toraja yg berbentuk kepala binatang atau yg biasa di sebut "ERONG". Digantung di sebuah dinding tebing yg sangat curam, sekarang sech peti mayat itu tinggal tulang belulang serta tengkorak.
Peti Mati nya Digantung
Digantung Di Dinding Cadas
















Menurut cerita dulu ada seorang pria sakti bernama “PALA TOKKE”. Dia memanjat tebing dan membuat lubang untuk menancapkan kayu sebagai penyangga erong (peti mati). Karna terkenal akan kesaktian inilah akhir nya daerah sekitar di beri nama PALA TOKKE.
"Erong" Yg Sudah Hancur
It's About The Journey, Not The Destination
Thanks buat Indonesia Tanah Air Kita Yang Mewariskan Beragam Budaya. Nuniek, Sheilla, Jopit, Delisa, Iyus, Asnie, Yanni yg dah kelayapan bareng menembus Tana Toraja dengan suka cita, saling menghargai arti sebuah persahabatan “It’s About The Journey, Not The Destination”
Mari Kita Pulang
Kutemukan Kerbau Bule Di Pala Tokke 




6 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]