Perjalanan Tak Berujung: Romeo & Juliet di Londa

Romeo & Juliet di Londa

It's About The Journey, Not The Destination
Londa Toraja - Londa merupakan sebuah gua alam yg difungsikan sebagai salah satu kuburan/makam dari sekian banyak makam batu oleh masyarakat Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan Indonesia. Dan berumur sudah ratusan tahun, tetapi tetap masih di fungsikan hingga sekarang, hal ini terbukti masih banyak nya peti mati baru terlihat masih utuh dan bagus serta tertulis tahun kematian nya th 2010 yg di letak kan di dalam gua tersebut.


Gerbang Londa
Oh yaa jenazah orang meninggal ini tidak di kubur tetapi di masukan peti mati dan peti mati tersebut di letakan di dalam gua londa. Banyak sekali peti mati yg umur nya sudah puluhan bahkan ratusan tahun, dan juga banyak sekali tengkorak2 terlihat di dalam gua ini.
Masuk Dalam Gua Terdapat Peti Mati Diatas Cela
Londa menjadi sebuah objek wisata menarik yang wajib di kunjungi apabila kita berkunjung di Tana Toraja Sulawesi Selatan. Gua nya tidak terasa pengap tetapi berhawa sejuk serta tidak berbau mayat meskipun di dalam nya terdapat banyak peti mati dan tengkorak.
Tengkorak Yang Terbuka
Peti Mati Yang Ditaruh Didalam Gua
Ini persingahan kami terakhir sebelum meninggalkan Tana Toraja setelah hari sebelum nya kita sudah berkeliling menikmati objek wisata di Tator yg antara lain Lemo, Bori, Batu Tumonga, Kete Kesu dll.
Peti Mati Baru Ditaruh Tahun 2010 Didalam Gua
Londa terletak di Desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi yang berjarak sekitar 7km sebelah selatan Kota Rantepao, ibu kota Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan.
Peti Mati Diselipkan Dicela Gua
Mesti Merangkak Masuk Gua
Banyak cela2 gua yg di fungsikan sebagai tempat menyimpan peti mati, yg menarik dari gua ini terdapat tengkorak sepasang kekasih yg bunuh diri karna jalinan percintaan mereka tidak di restui, hal ini di karenakan mereka masih mempunyai hubungan saudara. Yaaa ternyata kisah Romeo dan Juliet ada juga di kampung ini, tidak mengenal agama, suku dll kalo masalah cinta tak direstui, dimanapun sama.
Tengkorak Sepasang Kekasih Yang Bunuh Diri
Peti Digantung Didinding Tebing Depan Gua
Di depan dinding pintu masuk gua terdapat banyak sekali patung2 mayat menyerupai wajah asli dari orang yg meninggal tsb. Ada tradisi disana, apabila ingin di buatkan patung seperti itu, maka harus di buatkan ritual pemotongan kerbau sebanyak 24 ekor.

Thanks buat temen2 yang kelayapan bareng di Tana Toraja รจ  Nuniek, Jopit, Iyus, Asnie, Delisa, Yanni, Sheilla. 
Tengkorak + Peti Mati Berserakan






15 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]