Perjalanan Tak Berujung: Double Sunrise Sikunir Dieng

Double Sunrise Sikunir Dieng

Sikunir adalah sebuah gunung/bukit yang terletak di Desa Sembungan, Kec Kejajar Kab Wonosobo di daerah Dataran Tinggi Dieng Indonesia, sekitar 2505m dpl (diatas permukaan laut). Tepat nya di selatan Telaga Cebong.
Berada Didesa Tertinggi Di Pulau Jawa
Gunung Sikunir memiliki kelebihan panorama alam yg sangat mengoda dengan double sunrise nya dan bayangan Gunung Sindoro. Sunrise nya sangat berbeda dengan yg ada di gardu pandang tieng atau tempat lain, oleh nya dinamakan GOLDEN SUNRISE. Karna pola cahaya yang membentuk sebuah bayangan diantara Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Merbabu dan Merapi.
Serasa Berdiri Diatas Awan
Menunggu Sunrise
Hari terakhir di Dieng, kami berencana tutup dengan menyaksikan keindahan matahari terbit dari gunung sikunir. Sabtu sekitar pukul 15.00 kami akhir nya kelar mengunjungi hampir semua objek wisata di dataran tinggi dieng. Kami lanjut perjalanan menuju kota wonosobo untuk menikmati sore di alon2 sambil menikmati mie ongklok.

Jam 9 malam kami dah sampai Penginapan Kalingga (lokasi nya di depan mesjid utama dieng pass, deket terminal dieng) tempat kami menginap. Rencana mau langsung tidur karna besok pagi jam 4 kami akan menanjak ke gunung sikunir  menikmati sunrise, akan tetapi semua berubah saat TV di nyalakan kita akhir nya nonton indonesia idol sampai pukul 23.30.
Tampak Gunung Sindoro Dan Merbabu
Oh yaa kami menyewa 1 rumah tingkat 2 lantai (Penginapan Kalingga) dengan harga menurut kami sangat murah, bangunan permanen bagus, ada 3 kamar tidur, 1 kamar mandi + air panas, TV, parkir 2 mobil di garasi lantai 1. Hawa dingin dieng begitu terasa, suhu sekitar 5 derajat, untung dipenginapan disediakan banyak selimut.

Minggu sekitar pukul 3.30 kami dah bangun langsung siap2 untuk menuju gunung sikunir. Tepat pukul 4 pagi, rombongan kami berangkat mengendarai mobil avanza yg kami bawa dari jakarta. Sampai di parkiran sekitar pukul 4.30 ..... langsung kami lanjut kan nanjak sekitar 30 menit.
Tepat pukul 5.00 kami udah sampai di puncak Sikunir. Hawa dingin begitu menusuk, matahari belum terbit karna bulan dan bintang masih bisa kita lihat dengan jelas. Kami duduk benggong sambil ngobrol menahan dingin.

Untung ada yg jual Pop Mie + Kopi + Teh, jadi sambil benggong kami akhir nya mesem Popmie + teh anget. Saran aja nich, kalo mmg mau sunrise di sikunir mending bawa makanan ringan jadi bisa benggong sambil ngemil hehehehe.
Trio Lebay Penunggu Sunrise
Masih Berkabut Saat Kita Turun Melihat Sunrise, Pukul 07.30
Jam menunjukan pukul 5.20, matahari terlihat malu2 menampakan sinar nya, keliatan gunung sindoro di depan mata tampak begitu gagah nya dibelakang nya ada merbabu dan merapi.

Kami menikmati pesona matahari terbit sampai pukul 7 pagi, setelah itu kami kembali ke penginapan dan siap2 untuk balik ke jakarta. Rasa nya wajib buat yg sudah ke Dieng untuk menikmati sunrise meskipun butuh perjuangan bangun pagi menahan dingin yg menusuk.

Thanks buat Allah yg memberi kelancaran perjalanan kami menikmati dingin nya dieng. Buat Jopit, Yanni, Swa, Dean, Ella, Novi terus kan pengembaraan yaa menikmati karunia Allah yg diciptakan Nya untuk di nikmati dan di syukuri.

55 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.