Perjalanan Tak Berujung: Sunrise & Dendeng di Pantai Maluk

Sunrise & Dendeng di Pantai Maluk

Menikmati Sunset
Pantai Maluk merupakan andalan wisata dari Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Lokasi nya yg sangat mudah di capai dan berada di keramaian kota kecil maluk sehingga memudahkan pelancong untuk bisa menikmati keelokan pantai ini. Pantai Maluk berada di Desa Maluk, Kec Jereweh, Kab Sumbawa Barat Indonesia.
Maluk dulu nya sekitar ± th 1985 merupakan sebuah daerah yg sepi dan hampir tak dilirik untuk wisata atau pun untuk di tinggali. Tapi semua itu berubah saat penambangan Newmont mulai beroperasi, banyak pendatang pekerja tinggal disana dan akhir nya sekarang menjadi kota yg ramai.
Berpasir Putih & Halus
Senja Menguning 
Terdapat banyak fasilitas penunjang wisata di sekitar pantai ini, mudah di temukan penginapan, rumah makan, lapangan voli pantai, taman bermain anak2, toilet, mushola sampai kehidupan malam nya juga bergeliat. Karna kehidupan malam nya inilah akhir nya MALUK mendapat julukan MANUSIA LUPA KELUARGA hahahaha.
Untuk mengunjungi pantai ini cara nya juga sangat mudah, dari kota Mataram Lombok, kita bisa naik bus damri dengan ongkos sekitar ± Rp. 70.000, - jurusan Mataram – Taliwang – Maluk. Sampai di maluk akan di sambut keramaian sebuah kota kecil, untuk sampai di pantai nya cukup naik ojek Rp. 10.000 -.
It's About The Journey, Not The Destination
Pantai berpasir putih yg lembut dan landai menambah kenyamanan menikmati pantai ini. Saat kedatangan saya ke pantai maluk ini untuk menikmati sunset, cahaya kuning terang berubah agak keemasan yg sangat indah dan cantik.
Senja Mengguning
Ombak di pantai ini tergolong cukup besar, jadi banyak wisatan yang menikmati ombak dengan bersurfing. Buat kita yg tidak bisa mengayunkan papan selancar, yaaa cukup menikmati pantai yg elok ini sambil menikmati makan siang atau sekedar minum es kelapa muda.
Tidak jauh dari bibir pantai terdapat lokasi penangkaran penyu, disini telur2 penyu di pelihara sampai menetas menjadi tukik  dan dilepas lagi setiap sore di bibir pantai maluk. Oh yaa telur2 penyu ini di peroleh dari pantai2 sekitar maluk seperti daerah pantai balas disebrang maluk  & pantai talonang di satuan pemukiman 3 transmigrasi talonang.
Konservasi Penyu
Sekedar info ada warung di sekitar pantai maluk yg menjual dendeng daging yg sangat lezat + sambel nya mantap bikin merem melek hahaha. Selain dendeng daging juga terdapat ayam taliwang, plecing kangkung, ikan bakar dll. Dan mmg bener2 yg bikin betah di maluk yaa makanan nya ini, sampai2 terbawa mimpi rasa dendeng + sambel nya.
Plecing Kangkung, Dendeng Sapi + Pisang Goreng
Thanks buat Mas Arie Newmont, Mas Mollet Newmont, Mas Ardho Newmont, Nova, Abe, Christ Sagala, Ully, Ridwan, Swarie, Rohib, Eko, Alva yg sudah menikmati 2 minggu bersama di sumbawa hehehe.
Melepas Tukik
Mengila Di Maluk




18 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]