Perjalanan Tak Berujung: Gunung Padang, 3x Lebih Besar Dari Borobudur

Gunung Padang, 3x Lebih Besar Dari Borobudur

Batu Berserakan Ini Mengandung Berjuta Makna
Situs Gunung Padang terletak diperbatasan Dusun Gunung Padang & Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat Indonesia. Situs prasejarah megalitikum ini diperkirakan seluas 900 m² dan terletak di ketinggian 885m diatas permukaan laut. Dengan areal situs ini sekitar 3 Ha, menjadikannya sebagai komplek pundan berundak terbesar di Asia Tenggara, dengan desain arsitektur kontruksi canggih yg setara dengan kontruksi bangunan Michu-Pichu di Peru.

Gerbang Masuk Parkiran
Berita yg beredar setiap hari di TV National ttg situs megalitikum gunung padang akhir2 ini, membuat rasa penasaran saya bersama teman2 untuk bisa mengunjungi dan melihat seperti apa sech Situs Gunung Padang ini yg berdasarkan penemuan baru diperkirakan luas stus gunung padang ini mencapai ±15 ha dan 10x lipat lebih besar dari Candi Borobudur. Wow banget kalo mmg sampai lebih besar dari Borobudur, secara itu candi menurut gw dah gede banget lho.
It's About The Journey, Not The Destination
Menjawab rasa penasaran itu, Jum’at pukul 23.00 kami akhir nya berangkat ber 7 manusia penasaran hehehe. Perjalanan Jakarta-Cianjur kami tempuh lancar jaya sekitar 2,5 jam melewati Puncak Bogor. Selepas Puncak akan sampai di perempatan cianjur kita belok kanan di SuperMall Cianjur kearah kantor DPRD Cianjur, nanti lurus aja ambil arah ke sukabumi. Jarak nya ±15 km dari Gedung DPRD menuju pertigaan yg mengarah ke situs. Dari pertigaan itu belok kiri, nanti ada petunjuk jalan nya, sekitar 20km dari jalan raya untuk menuju situs nya.
Tangga Ziarah Menuju Situs



Oh yaa sepanjang 20 km ini kami disuguhkan perkampungan warga, perkebunan teh. Situs Gunung Padang terletak di balik perkebunan teh. Sekitar pukul 3.30 pagi kami sudah sampai di parkiran Situs. Numpang istirahat di warung warga yg awal nya blm buka, akan tetapi karna kita numpang nanya + pingin makan indomie akhir nya warung itu di buka.
Tepat 05.30 kami akhir nya jalan kaki menuju gerbang situs jarak nya sekitar 300 meter. Loket situs blm terbuka karna jam operasional nya mulai 08.00 – 16.00, akan tetapi kami diperbolehkan masuk ama penjaga situs. Alhamdulillah kami akhir nya bisa menikmati sunrise di atas Situs Gunung Padang dan bener2 sepi hanya ada rombongan kami ber 7 (pantas lah sepi, orang blm buka hahaha).
Halaman Belakang, Ada Menara Pandang
Kita mesti menaikin anak2 tangga yg lumayan curam & terjal sebelum sampai ke situs nya. Oh yaa tangga menuju situs ini di bagi 2, ada tangga ziarah dan tangga wisata. Kalo tangga ziarah merupakan tangga yg terbangun sejak dahulu kala peninggalan situs ini sedangkan tangga wisata merupakan tangga yg di bangun sebagai penunjang wisata agar masyarakat tidak terlalu capek untuk naik keatas karna tangga nya pendek2 dan landai. Kami memilih brkt melalui tangga ziarah dan turun melalui tangga wisata.
Laporan pertama mengenai kebradaan situs ini di muat pada Rapporten Van De Oudheidkundige (ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) tahun 1914. Dan oleh sejarawan Belanda N.J Krom sempat disinggung juga di tahun 1949 tapi akhir nya terbengkalai juga tanpa ada tindak lanjut.
Batu Panjang Ini Bisa Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan
Fungsi situs gunung padang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yg bermukim disana sekitar ±2000 th sebelum masehi. Hal ini juga masih berlangsung sampai sekarang, banyak masyarakat yg berziarah untuk memohon pada yg diatas melalui situs ini. Di tangga sebelum naik ke situs, ada sumur kehidupan yg di percaya sebagian masyarakat bisa membawa berkah. Kami sempat juga iseng2 cuci muka dengan air sumur ini yaa mudah2an bisa awet muda, keren & gaul pisssssssss.

Menurut tim riset bahwa di gunung pasang juga terdapat geometri-kontruksi bangunan berupa ruang2 besar sekitar 15 meter dibawah puncak Gunung Padang dengan emngunakan metode Geolistrik, Georadar dan Geomagnet. Bagian kecil dari salah satu ruang yg berada di teras lima, bagian selatan situs sudah dibuktikan dengan pemboran.











Kami berharap situs ini bisa terselesaikan dengan cepat penelitian nya dan dijadikan peninggalan yg bersejarah yg patut di banggakan layak nya Candi Borobudur.
Thanks buat temen2 seperjuangan & sepenasaran yg tak lelah kelayapan meski tanpa tidur => Novel, Anggie, Sheilla, Shan2, Juju, She2. Oh yaaa perjalanan kami lanjutkan menuju Curug Cikondang yang jarak nya ±7km dari Situs Gunung Padang.






42 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]