Perjalanan Tak Berujung: Sakit Hati Menuju Curug Cikondang

Sakit Hati Menuju Curug Cikondang

Curug Cikondang - Curug Cikondang lokasi nya sekitar 37 km dari kota Cianjur. Penuh perjuangan untuk mencapai nya karna jalanan rusak. Lokasi nya di Desa Sukadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat Indonesia. Dengan ketinggian sekitar 50m dan berada di tengah2 perkebunan teh PTP VIII Penyairan dan dihimpit oleh sawah2 teras siring yg tidak kalah indah nya jika dibandingkan dengan Ubud Bali.
Jalanan Ancur, Akhirnya Ban Kempes

Perjalanan kami ke curug cikondang ini adalah serangkaian perjalanan dari situs gunung padang, jarak nya sekitar ±7km dari situs. Sepanjang 7km ini sekitar 5 km nya jalanan rusak parah berbatu melewati perkebunan teh. Mobil kami sempet mengalami kempes ban, akhir nya kami dongkrak ganti dengan ban cadangan tp ini jadi cerita seru perjalanan kami, dan paling menyebalkan adalah sekitar 50 m dari tempat kami harus berjuang penuh peluh menganti ban ternyata ada tukang tambal ban ......... Ini sangat menyakitkannnnnnnnnnnnn.
Dibalik Sawah Ini lah Curug Cikondang Itu
Tiket menuju curug ini Rp. 3000,- dikelola oleh warga sekitar. Kita mesti jalan sekitar 1km menurunin persawahan + perkebunan teh yg sangat indah. Akan tetapi ada sedikit yg menganggu dari air terjun ini yaitu ada nya penambangan timah dan emas. Jadi diatas air terjun terdapat banyak sekali Glondongan Mesin sebagai alat untuk pencucian atau memisahkan hasil penambangan yg kebanyakan mengunakan bahan mercury (Air Raksa).
Mesti Trekking 1km
Pencemaran merkuri ini biasanya terjadi dari hasil proses pengolahan emas/timah secara amalgamasi. Proses amalgamasi ini biasa nya mmg dilakukan oleh masyarakat secara tradisional yg dapat terlepas nya mercury ke lingkungan.

Saat proses tahap pencucian inilah, limbah yg umum nya masih mengandung mercury dibuang langsung ke badan air dan ikut dalam aliran air terjun (Curug Cikondang). Hal ini menjadikan merkuri tercampur, terpecah2 berwujud butiran2 halus yg tentu sifat nya sulit dipisahkan. Sehingga berdampak lingkungan seperti perubahan kualitas air, sedimen, hewan air dan vegetasi akibat merkuri ini. Saat sepulang dari air terjun ini tangan gw + novel sempet terjadi bintik2 gatal dan langsung hilang saat kami basuh dengan sabun, yaaaa mudah2an ini bukan efek dari mercury hahahaha.
It's About The Journey, Not The Destination

Semoga saja penambangan di sekitar curug cikondang tidak mengunakan mercury yaaa sehingga alam nya tetap dijaga, hidup masyarakat sekitar tetap sehat tanpa kena dampak dari mercury.

Dari Curug Cikondang kami balik ke jakarta melalui cibeber lanjut kota Cianjur trus puncak - jakarta. Jalanan dari curug cikondang menuju jalan  utama raya cibeber 9km tetep hancur tapi more better di bandingkan jalan dari situs gunung padang ke curug cikondang. Dapat info kalo mau naik ojek dari jalan raya utama cibeber menuju curug cikondang + situs gunung padang sekitar ±Rp. 120.000 pp, hal ini disebabkan jarak yg lumayan jauh + jalanan ancur rusak parah. Sekedar info dari jalan raya utama cibeber tempat pertigaan menuju curug cikondang untuk sampai ke alon2 cibeber nya sekitar 17 km.
Ada Pelangi
Semoga pemerintah setempat sadar dan tersadar trus sadar akan pembangunan jalanan menuju 2 lokasi wisata (situs gunung padang & curug cikondang) sehingga bisa menjadi andalan wisata Cianjur, karna hal ini juga berdampak akan kemajuan kehidupan masyarakat sekitar dengan ada nya pariwisata.

Makasih sangat buat She2, Novel, Juju, Sheilla, Shan2, Anggie. Mari kita kelayapan lagi yeee ketempat lain yg lebih mantap hehehe.




53 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]