Perjalanan Tak Berujung: Sang Arjuna Dieng

Sang Arjuna Dieng

Komplek Candi Arjuna
Arjuna merupakan komplek Candi Hindu beraliran Syiwa peninggalan sekitar abad ke 8 di Kawasan Dataran Tinggi Dieng BanjarNegara Jawa Tengah Indonesia yg berada di ketinggian sekitar ± 2000 meter dari permukaan laut.

Di komplek Candi Arjuna terdapat 5 candi yaitu Candi Arjuna di bagian selatan lanjut memanjang sampai utara candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Puntadewa dan di depan candi arjuna terdapat Candi Semar.
Candi dikawasan Dieng petama kali di temukan pada tahun 1814. Ketika itu seorang tentara inggris yg sedang berwisata di daerah Dieng melihat sekumpulan candi yg terpendam dalam genangan air telaga. Pada tahun 1856, Van Kinsbergen memimpin upaya pengeringan telaga. Upaya pembersihan dilanjutkan oleh pemerintah Hindia Belanda di tahun 1864.
Pencari Kayu Di Candi Arjuna
Candi2 di dieng ini diduga merupakan candi tertua di Jawa, menurut para ahli kumpulan candi dibangun atas perintah raja2 dari Wangsa Sanjaya. Dikawasan candi dieng ini pula di temukan prasasti tertua bertuliskan huruf Jawa Kuno yg berangka tahun 808 M.
Disekitar lokasi komplek candi arjuna juga terdapat Candi Gatot Kaca yg berdiri sendiri serta Candi Bima yg jarak nya sekitar 3 km dari Komplek Candi Arjuna. Disekitar Komplek Candi Arjuna terdapat perkebunan kentang milik warga setempat.
Perjalanan kami ke Dieng ber 7 (gw, jopit, swa, dean, ella, yanni, novi) berangkat dari jakarta hari kamis malam mengendarai mobil sampai di Banjarnegara jum’at pagi tapi kami langsung rafting di sungai serayu. Setelah rafting, sekitar pukul 16.00 kami sudah berada di dataran tinggi dieng. Kami menikmati dataran tinggi dieng sampai hari minggu, puas rasa nya keliling2 Dieng mengunjungi semua objek wisata nya yg berhawa dingin sampai menusuk tulang.
It's About The Journey, Not The Destination
Dataran Tinggi Dieng menawarkan banyak sekali tempat wisata yg antara lain Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Kawah Seleri, Kawah Sikidang, Sumur Jalatunda, Bima Lukar, Dieng Plateu Theater, Candi Bima, Museum Kaliasa dll.
Candi Bima Terpisah Dari Komplek Candi Arjuna




9 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]