Perjalanan Tak Berujung: Green Canyon (Cukang Taneuh)

Green Canyon (Cukang Taneuh)

Green Canyon di popularkan oleh seorang warga perancis di tahun 1993, nama asli nya yaa Cukang Taneuh yang berarti Jembatan Tanah. Cukang Taneuh terletak di Desa Kertayasa, Kec Cijulang, Kab Ciamis Jawa Barat Indonesia, sekitar ± 31 km dari Pangandaran.
Kenapa dinamakan Green Canyon ???? Karna Cukang Taneuh yg di ciamis ini hampir mirip dengan Green Canyon yg berada di Colorado Amerika Serikat.
Mesti Naik Perahu 
Wisata ini merupakan aliran sungai cijulang yg menembus gua dengan stalaktit dan stalagmit yg mempesona serta diapit dua bukit dengan bebatuan dan rimbun nya pepohonan yg menyajikan atraksi alam yg khas dan menantang.

Dimulut gua terdapat air terjun palatar sehingga wisata disini terasa sejuk. Disini kita bisa berenang disepanjang sungai cijulang, memancing serta bersampan. Untuk mencapai lokasi ini kita dapat mengunakan perahu yg tersedia di Dermaga Ciseureh. Dengan biaya sekitar 75 ribu/perahu, muat sekitar 5-8 orang.
Menyusuri Sungai Cijulang
Ada Air Terjun
Green canyon sangatlah mudah dijangkau meskipun agak jauh hahahaha. Dari jakarta bisa ambil rute ke Bandung – Tasikmalaya – Ciamis Kota – Kota Banjar – Pangandaran. Kita bisa menginap di sekitar pantai pangandaran yg telah tersedia banyak hotel, dari mulai yg harga 100 ribuan sampai 1 jutaan.
Karna arus kuat, maka kami terpaksa lewat hutan
It's About The Journey, Not The Destination
Setelah sampai di pangandaran, kita bisa melanjutkan perjalanan ke Green Canyon mengunakan angkot atau mobil pribadi. Oh yaa di deket objek wisata green canyon juga terdapat pantai batu karas yg terkenal akan ombak nya yg lumayan dahsyat untuk berselancar.
Perjalanan ke green canyon ini sangat lah cocok jika sudah memasukin musim kemarau. Karna kalo musim hujan di takutkan arus sungai nya besar trus air nya jadi keruh. Dan kayak nya gw mesti datang lagi nich ke tempat ini karena belum puas dapat semua nya gara2 arus hahaha.
Kebetulan kedatangan kami beberapa tahun lalu saat musim hujan, arus nya deras sekali, sehingga kami terpaksa turun dari perahu di ¼ sisa perjalanan dan di lanjut jalan kaki masuk hutan untuk sampai ke green canyon nya.
Tapi ada pengalaman tersendiri bagi kami menikmati Green Canyon Versi Hutan hahaha. Puas menikmati Green canyon kami balik lagi dengan berenang menyusuri sungai cijulang yg waktu itu air nya lagi keruh tp yaa di buat seru2an aja.

Thanks buat perjalanan 2007 bareng Nova, Ditta, Chika, Erick. 
Berenang Menyusuri Sungai Cijulang




20 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]