Perjalanan Tak Berujung: Four Face Budha Surabaya

Four Face Budha Surabaya

Ternyata di Surabaya juga memiliki Four Faced Budha seperti hal nya di Thailand. Patung Dewa Empat Muka ini mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Patung Dewa Empat Muka tertinggi dan terbesar di Indonesia.

Patung Karapan Sari, 500 meter Sebelum Lokasi
Four Face Budha ini memiliki tinggi total 36 meter (termasuk kubah) dan diresmikan pada 9 November 2004 serta menghabiskan dana sekitar 4 milliar. Lokasi nya sangat mudah di jangkau, berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran Surabaya yg sudah cukup terkenal itu hahahaha.

Four Face Budha membawa empat filosofi yg di miliki budha yaitu welas asih, murah hati, adil dan meditasi. Empat kebaikan itu bermakna bahwa budha adalah wujud kasih sayang sesama manusia, membantu siapapun tanpa diskriminasi dan setia dalam doa atau permohonan yg di sampaikan dalam proses ritual.
Patung Four Face Budha memiliki 4 wajah serta 8 tangan, dimana setiap tangan nya kalo di perhatikan terdapat kitab suci, air suci, sebuah senjata yg di gambarkan sebagai senjata petahanan kemudian sebuah senjata sebagai simbol senjata melawan kejahatan, tasbih, sebuah cawan, satu tangan memegang dada serta satu tangan lagi memegang cupu.
Patung Ganesha 


Perjalanan ke Four Face Budha ini sudah ke 3x nya, Kali ini menemani Tikka yg lagi datang di Surabaya. Dan kebetulan saya juga lagi pulang kampung di Gresik yg jarak nya mmg tidak terlalu jauh. Yaaa itung2 jalan2 iseng ngak jelas hahaha.

It's About The Journey, Not The Destination




8 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]