Perjalanan Tak Berujung: Mistis Gerimis di Candi Cetho

Mistis Gerimis di Candi Cetho

Candi Cetho terletak di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec Jenawi, Kab Karanganyar Jawa Tengah Indonesia, sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Solo. Kita akan melewati perkebunan Teh Jenawi dan bisa melihat dari kejauhan air terjun drojokan sewu (Tawangmangu) dari jalanan menuju lokasi candi.















Lokasi nya mmg tidak begitu jauh dari Air Terjun Drojokan Sewu. Begitu masuk gerbang nanti ambil ke kiri akan menuju Candi Cetho dan candi Sukuh kalo ambil ke kanan nanti mengarah ke Drojokan Sewu. Ini perjalanan kami yg ngak jelas, karna ngak tau mau ngapain aja di solo. Niat awal hanya mau ke jogja tapi langkah kami akhir nya berlabuh di Candi Cetho yg menawarkan suasana mistis ditemanin gerimis.


Suasana sunyi karna mmg tidak ada pengunjung lain selain kami, menjadi kan tempat ini sedikit rada2 serem versi kita yaaaa, bangunan candi berwarna hitam dan meningkat keatas makin sepi ditemanin gerimis yg tak perna reda selama kami disana. Sesajen berupa bunga2 banyak terhampar di setiap sudut candi menambah ke galauan kami untuk melangkah jauh. Kami putuskan untuk balik dan tidak berlama2 disana karna aura nya semakin mengoda kami hehehehe.
It's About The Journey, Not The Destination
Cetho dalam bahasa jawa berarti jelas atau jernih, Candi cetho berada di ketinggian 1400 meter lereng Gunung Lawu dan merupakan peninggalan umat Hindu abad ke – 14 M. Berbeda dengan candi2 di Jateng yg pada umum nya menghadap ke barat, candi cetho ini menghadap ke timur mungkin karna pembangunan nya pada masa Majapahit sehingga terpengaruh oleh candi2 dari Jawa Timur.
Sebagai tempat pemujaan Dewa Siwa, candi cetho di hiasi arca phallus yg menjadi simbol Dewa Siwa. Terdapat pula patung Brawijaya V serta penasehatnya dan susunan batu bentuk lingga dan yoni yg berukuran dua meter. Bangunan utama candi berbentuk trapesium berada di teras paling atas. Sampai saat ini masih di pergunakan oleh penduduk sekitar sebagai tempat beribadah.
Perjalanan tahun 2007 bareng Ditta dan Nova ..... Akhir nya terdampar di Solo + Numpang nginep di rumah mbak hani di daerah makam haji solo. Thanks buat mbak hani yg kasih tumpangan gratis plus kasih info ttg candi cetho.





24 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]