Perjalanan Tak Berujung: Sunyi nya Lawar di Sekongkang

Sunyi nya Lawar di Sekongkang

Pantai Lawar terletak di Desa Sekongkang, Taliwang Sumbawa Barat Indonesia. Lagi2 kami tak sengaja mengunjungi pantai ini, semua nya serba kebetulan. Niat awal mau ke perkebunan pembibitan yg di kelola oleh Comdev Newmont Nusa Tenggara (NNT). Karna pengelola nya tidak ada di tempat maka kami sempat kan menikmati pantai yg letak nya tak jauh dari pembibitan ini, sambil menunggu pengelola nya datang.


Oh yaaa pembibitan milik NNT ini sekarang lagi di kembangkan menjadi Agro Wisata semacam Mekarsari yang ada di Cilengsi Bogor. Disini di kembangkan berbagai macam taanaman buah2an semacam buah naga, semangka, jeruk, melon dll. Hal ini untuk menunjang pariwisata lokasi daerah sekitar.
Kalo dari Lombok mau menuju tempat ini cukup mudah dengan jarak tempuh sekitar 5 jam. Tinggal naik Bus Damri jurusan Mataram - Sekongkang kalo ngak salah ongkos nya sekitar Rp. 70.000 dari terminal Mandalika Mataram. Perjalanan dari mataram akan menuju pelabuhan kayangan, bus akan menyebrang mengunakan kapal ASDP menuju Taliwang akan lanjut ke Jereweh - Benete - Maluk - Sekongkang.
It's About The Journey, Not The Destination
Dari Sekongkang untuk ke Pantai Lawar bisa di tempuh mengunakan mobil pribadi atau ojek dari Desa Sekongkang, melewati kebun2 penduduk dan semak belukar. Pantai ini berpasir halus, sepi dan di apit oleh 2 buah tebing yg lumayan tinggi. Sehingga pandangan kita hanya mengarah lurus kedepan, kalo bisa di bilang rada2 mirip seperti Pantai Baron Gunung Kidul Jogjakarta.
Waktu kami kesana hanya ada rombongan kami ber 8 dan tidak pengunjung yg lain sama sekali. Dulu sempet di bangun semacam penginapan home stay tapi karna pemilik nya tersandung masalah dengan kepolisian maka bangunan home stay akhir nya terbengkalai tak terawat. Sempat kami temukan hanya wisatawan2 bule beberapa gelintir yg menikmati makan siang di warung warga.
Menurut masyarakat setempat, di bulan Juli, Agustus, September banyak wisatawan asing dari Bali atau Lombok yg merapat mengunakan speedboat2 mewah menuju pantai ini. Minim nya fasilitas & agak susah nya akses serta kurang nya promosi dari pemerintah setempat membuat banyak wisatawan yg kurang begitu nyaman dan familiar akan tempat ini. Padahal di Desa Sekongkang banyak sekali pantai2 yg bagus dan bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.
Oh yaaa di deretan Pantai Lawar juga terdapat Pantai Rantung dan Pantai Tropica. Kalo di Rantung terdapat beberapa penginapan sedangkan Tropica ini milik mertua nya Nana Mirdad (Anak Lidya Kandau). Dan di Tropica juga terdapat landasan pesawat terbang jenis focker atau cassa untuk wisatawan2 yg akan berlibur disana.

Makasih buat Christ Sagala, kita semua dah difotoin ..... terus berkarya mas christ hahaha. Ayo kapan jalan lagi ?????
 VISIT LOMBOK SUMBAWA 2012 




14 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]