Perjalanan Tak Berujung: Madakaripura & Gajah Mada

Madakaripura & Gajah Mada

Madakaripura dikenal sebagai air terjun atau curug dalam bahasa sunda tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Lokasi Madakaripura berada di 620 meter diatas permukaan laut di kawasan Tengger tidak jauh dari Bromo, tepat nya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kab Probolinggo Jawa Timur Indonesia.
Patung Gajah Mada
Mesti Trekking 800 meter
Nama Madakaripura konon terkait erat dengan sejarah panjang Kerajaan Majapahit. Dimasa jaya nya Hayam Wuruk & Gajah Mada berhasil menyatukan bumi nusantara yang membentang dari Wanin hingga Madagaskar.















Madakaripura dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat bertapa karena keyakinan bahwa ini bukan tempat sembarangan. Dan terbukti, Gajah Mada memperoleh kesaktian & kepercayaan untuk mempersatukan tanah nusantara. Dan Gajah Mada juga menghabiskan sisa usia nya dan akhir nya muksa (meninggalkan dunia beserta raganya) menuju nirwana juga di Madakaripura.
Madakaripura berasal dari kata Mada Kari Pura yang memiliki arti sebagai “Tempat Tinggal Terakhir”. Nama ini disematkan dari kepercayaan masyarakat sekitar yg mengatakan disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya.
















Setelah puas menikmati keindahan alam Gunung Bromo rasa nya wajib berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, untuk menyegarkan badan kita setelah lelah menanjak di bromo. Cara nya pun cukup mudah, dari bromo kita balik menuju arah Probolinggo, akan tetapi nanti setelah Pasar Sukapura akan terdapat pertigaan, maka kita ambil kiri menuju Pasuruan/Surabaya. Ikutin saja jalan nya nanti ada petunjuk jalan belok kanan menuju Madakaripura.
Dari pintu gerbang Madakaripura, kita harus berjalan sejauh 800 meter untuk mencapai air terjun nya. Perjalanan ini menyusuri sungai tetapi sudah tersedia jalan mulus bersemen yg lumayan nyaman. Di 100 meter terakhir kita kan terkena serpihan2 air yg turun membasahi tubuh kita.
It's About The Journey, Not The Destination



Oh yaa air terjun utama nya berada didalam ruangan berbentuk bulat yg cukup lebar. Sehingga agak terasa gelap tapi mengambarkan suasana mistis yg sangat terasa.

Ngak terasa sudah 4x berkunjung kesana, thanks buat temen2 yg sempet jalan bareng รจ Dewi, Ajenk, Belinda, Ditta, Jopit, Iyus, Yanni, Tikka, Lisa, Lukman, Gandhi, Emy.
Air Terjun Utama Dalam Sebuah Ruangan Bulat




57 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]