Perjalanan Tak Berujung: Aik Kangkung, Pantai Cantik di Daerah Transmigrasi

Aik Kangkung, Pantai Cantik di Daerah Transmigrasi

Pantai Sumbawa Barat
Sunyi Sepi Tapi Mempesona
Aik Kangkung merupakan desa transmigrasi di lingkar tambang Newmont Nusa Tenggara Sumbawa Barat Indonesia. Masyarakat sekitar rata2 berasal dari Lombok, bali bahkan ada yg dari pulau jawa. Didesa ini sebagian ada listrik dan sebagian belum ada. Tapi sudah ada puskesmas dan sekolahan. Rata2 pencaharian masyarakat setempat dari bertani dan penambang emas ilegal.  
Bersih & Tenang


It's About The Journey, Not The Destination
Perjalanan Menuju Aik Kangkung
Desa ini memiliki pantai yg sangat perawan + mengiurkan dan bisa di jadikan andalan wisata yg patut di perhitungkan. Pantai Aik Kangkung ini langsung menghadap ke laut lepas benua australia. Dari kota Mataram lombok, kita bisa mengunakan bus Damri jurusan Mataram - Taliwang - Benete - Maluk -Sekongkang. Saat turun damri di maluk atau sekongkang bisa lanjut dengan bus yg menuju aik kangkung, bus ini akan melintasi desa sejorong dan desa tongo.
Pantai Aik Kangkung Sumbawa
Kendala nya akan muncul saat kita turun bus di aik kangkung, untuk menuju pantai nya tidak ada angkutan karna pantai di aik kankung ini masih alami dan belum tersentuh oleh pariwisata sehingga bener2 sepi dan sangat nyaman untuk bersantai karna ngak bakalan ada yg menganggu hahahahaha.

Tapi kita bisa mengandalkan ojek motor dari masyarakat setempat. Orang2 sekitar cukup ramah sehingga mudah untuk diminta tolong mengantarkan kita ke pantai aik kangkung. Tidak ada penginapan di sekitar lokasi, jadi sangat di sarankan untuk kembali ke Maluk atau menumpang menginap di rumah2 warga.
Kebetulan kedatangan saya ke Pantai Aik Kangkung merupakan rangkaian dari acara Mining BootCamp yg di gagas Newmont Nusa Tenggara (NNT). Kami mengunakan kendaraan yg telah disiapkan oleh NNT dan menginap di rumah karyawan NNT di desa tongo. Sehingga tidak perlu jauh2 balik ke Maluk.
Keindahan Alam Sumbawa
Perkebunan Sisal
Disekitar pantai terdapat perkebunan Sisal, dimana sisal ini adalah bahan dasar untuk pembuatan karpet. Bentuk sisal ini mirip banget kayak aloe vera. Perkebunan ini milik swasta, warga setempat hanya sebagai tenaga upah. Oh yaa NNT juga menanam sekitar 1000 pohon cemara yg akan di sebar di sepanjang pantai sebagai wujud berpastisipasi nya NNT thd lingkungan sekitar tambang.
Pantai di sumbawa barat
Thanks buat NNT yg sudah menunjukan pantai terindah di pelosok desa transmigran. Semoga aura  pantai tersembunyi ini bisa menjadi daya tarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian warga sekitar dengan banyak nya wisatawan yg datang. Sehingga masyarakat setempat tidak terus mengandalakan NNT. 

Maju terus AIK KANGKUNG ...........................
Makasih buat Mas Ardho Newmont yang mengantarkan kita keliling lingkar tambang dan singgah di pantai ini.
Kebun Cemara yg dikelola NNT




12 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]