Perjalanan Tak Berujung: Ayutthaya & Sejarah nya

Ayutthaya & Sejarah nya

Ayutthaya merupakan sebuah Kerajaan Bangsa Thai pada masa 1350 – 1767 M yang sangat terkenal. Negara ini hancur dan tercerai berai sekitar th 1765 karna di serang oleh bangsa Birma. Tetapi bangsa Thai dapat diselamatkan karna ada nya penyerangan Bangsa Tiongkok terhadap Birma, serta ada nya perlawanan dari pemimpin militer Thai yaitu Phraya Thaksin yg juga mempersatukan kembali Bangsa ini.
Peninggalan yang cukup menarik dari kota tua ayutthaya hanyalan puing-puing reruntuhan istana kerajaan. Raja Taksin lalu mendirikan ibu kota baru di Thonburi, yang terletak di seberang sungai Chao Phraya yang berhadapan dengan ibu kota sekarang yaitu Bangkok.
It's About The Journey, Not The Destination
Peninggalan kota bersejarah Ayutthaya dan sekitar nya sekarang menjadi Warisan Budaya oleh Unesco. Kota Ayutthaya akhir nya di bangun di deket lokasi kota lama, dan merupakan ibukota dari Propinsi Ayutthaya sekarang.
Big Budha
Ini perjalanan saya yg ke 3 di thailand, jadi special kami mmg pinggin ke ayutthaya. Sebelum terbang ke Bangkok, sengaja kami cari info ttg ayutthaya melalui web, milis dll. Apa aja, bagaimana, kemana ttg ayutthaya. Setelah informasi terkumpul maka kami nekat meluangkan waktu 1 hari untuk ke ayutthaya.

Ayutthaya bisa di akses mengunakan kendaraan umum atau sewa mobil dari bangkok. Kebetulan kami pilih angkutan yg murah meriah tapi nyaman yaitu kereta api. Untuk naik keret api ini, kami menuju stasiun Huam Lampong Bangkok, membeli tiket ekonomi Rp. 6000,- jgn bayangkan kereta ekonomi seperti di Indonesia yg kotor dan rusuh. Di Thailand kereta nya bersih dan tertib.

Kita tidak usah khawatir kalo sudah sampai di stasiun ayutthaya, karna ada papan informasi yg cukup gede dan jelas ttg peta wisata ayutthaya. Kita bisa tunjuk mau kemana aja. Dan juga di sana banyak sekali sopir tuk2 yg merangkap guide siap mengantarkan kita kemana aja.
Clean Ayutthaya
Tarif tuk2 rata2 600-800 bath untuk 4-5 jam perjalanan mengelilingin ayutthaya. Sopir tuk2 akan ramah mengantar kita mengelilingi kota ayutthaya yg sebagian penduduk nya hampir 80% beragama islam. Ayutthaya sama hal nya kota jogja dimana bertebaran candi2 peninggalan sejarah. Orang2 yg ramah serta kehidupan yg santun.
Kebetulan perjalanan kami mengunjungi Wat Panan Choeng, Wat Maha That, Wat Yai Choi Mongkan, Bang Pa In Palace, Clean Ayutthaya, Floating Market dll. Di ayutthaya juga ada bersafari mengelilingin candi dengan menaikin gajah.
Mengelilingi Candi Dengan Naik Gajah
Floating Market
Perjalanan cukup melelahkan karna ayutthaya sangat panas dan berdebu, jadi saran kalo mau kesana mending bawa masker tutup hidung hahahahaha. Special thanks banget buat temen seperjalanan Dita, Tiena, Ririn, Ayu. 
Stasiun Huam Lampong
Kereta Ke Ayutthaya
Tuk2 yang mengantarkan kita keliling Ayutthaya




37 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]