Perjalanan Tak Berujung: Sawarna yang Memikat

Sawarna yang Memikat

Pagi Sawarna
Sawarna - Entah untuk berapa kali nya ke Sawarna Beach yang juga mendapat julukan The Hidden Paradise In Banten dan juga masuk dalam "7 Pantai Tercantik di Indonesia versi On The Spot"  .... Pesona nya begitu memikat sehingga berulang kali diajakin ke Sawarna tak pernah nolak. Sampai2 penduduk setempat hafal banget dengan muka ku yg ganteng ini hahahhaha. Saking sering nya kesana, banyak banget yg gw kenal meskipun ngak tau nama tapi tau muka. Kalo ketemu saling senyum bener2 berasa artis hahahaha, mulai tukang ojek, ibu2 warung, pemuda2 yg nongkrong di pos kampling.
Point View Sawarna
Sawarna merupakan sebuah desa di kawasan pesisir lebak yg berhadapan langsung dengan pantai selatan.  Deboran ombak yg dahsyat membuat banyak wisatawan asing mencoba peruntungan ombak disana dengan berselancar (Surfing). Rata2 mereka lanjutan dari surfing di Cimaja Pelabuhan Ratu langsung lanjut ke Sawarna. Lokasi antara pelabuhan ratu dan sawarna mmg tidak terlalu jauh, mungkin sekitar 60 km an.
Kawasan Wisata Sawarna berada di Desa Sawarna, Kec Bayah Lebak Banten Indonesia. Untuk mencapai lokasi nya sangat mudah sekali serta ada 2 jalur jalan yg bisa di lewati. Jarak nya sekitar 280 Km dari Jakarta. Kalo mau pake angkutan umum bisa naik bus jurusan bogor - pelabuhan ratu, nanti lanjut ke bayah/sawarna.
Rute 1 bisa lewat serang banten dengan rute : Jakarta - Serang Timur - Pandeglang - Malimping - Bayah - Sawarna ...... Rute ini relatif lebih pendek tetapi karna banyak jalur yg rusak jalan nya sehingga memakan waktu lama, dan ini beneran jalanan ancur total tapi selalu saja di perbaikin cuman hancur lagi karena banyak truk kelapa sawit yg lewat sini.
Rute 2 lewat Pelabuhan Ratu dengan rute : Jakarta - Ciawi - Cibadak - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Sawarna ..... Rute ini sekarang yg banyak di lalui dikarenakan jalanan yg lumayan mulus. Cuman tidak disarankan untuk bus karna jalanan berkelok + tanjakan dahsyat. Kalo cuman bawa kendaraan pribadi atau elf atau touring motor mending lewat sini.
Didalam Hutan Lindung
Awal pertama ke Sawarna sekitar 2007, masih sepi sunyi alami mungkin pengunjung nya masih bisa di hitung dengan jari. Tapi terakhir kesini Januari 2012 sawarna dah banyak berubah, sudah banyak penginapan, sudah banyak pengunjung. Warung2 sudah mulai bertaburan dimana2, sampai2 dulu pantai ciantir yg terkenal sepi, sekarang sudah ada warung2 penjual makanan.
Tanjung Layar
Malah ada rencana dari Pemda setempat untuk membangun jalan dari jalan raya langsung menuju pantai nya. Semoga dengan adanya pembukaan jalan nanti Sawarna semakin menarik banyak pengujung tetapi harus tetep dijaga kebersihan, kelestarian serta kenyamanan pengunjung.
Jembatan Gantung
Oh yaaa pertama kali datang dulu menginap di rumah ibu hudaya (istri kades sawarna yg sempet dapat kalpataru dari Presiden Soeharto). Belum banyak penginapan waktu itu hanya punya ibu hudaya dan pak ade. Tapi sekarang sudah menjamur berbagai banyak penginapan disana, meskipun banyak penginapan tapi hati ku dah terpikat akan kebaikan keluarga Ibu Hudaya jadi tiap ke sawarna selalu ke penginapan bu hudaya atau milik anak2 nya.
Terdapat Palung & Ombak Yang Dahsyat
Karang Bokor
Terakhir2 kesana sudah menginap di tempat Mang Ace (Anak nya Bu Hudaya). Lokasi nya deket sekali ke pantai ciantir sekitar 200 meter dari bibir pantai. Penginapan berupa rumah panggung dengan view menghadap ke sawah2. Sungguh luar biasa, karna begitu kita buka pintu belakang yg terlihat jelas hamparan sawah menghijau menyejuk kan mata. Disebelah penginapan mang Ace ada juga Penginapan Milang punya Mang Asep (Anak Bu Hudaya Juga).
Bebatuan Di Karang Taraje
 Sawarna memang menawarkan banyak pesona yang patut untuk kita kunjungin, yang antara lain :
  1. Jembatan Gantung => Sebuah Jembatan diatas sungai bermuara ke laut yg menghubungkan antar desa  menuju pantai.
  2. Pantai Ciantir => Ini adalah pantai andalan dari sawarna. pantai berpasir putih dengan ombak yg menawan serta deretan pohon kelapa. Pantai nya bersih, garis pantai yg panjang membuat kita bisa banyak beraktifitas disini, mulai volly pantai, Main bola, berjemur atau sekedar main air.
  3. Tanjung Layar => Sekitar 1 km dari pantai ciantir ke arah kiri. Berupa 2 buah batu tinggi yg wujud nya menyerupai layar. Di depan nya terdapat karang panjang semacam tembok sebagai pemecah ombak.
  4. Lagoon Pari => Teluk berupa 1/2 lingkaran dengan pasir yg sangat halus serta ombak yg sudah mengecil karna jarak dari bibir pantai yg agak jauh sehingga ombak sudah terurai sebelum mencapai deretan pasir di lagoon pari. Untuk mencapai tempat ini kita harus berjalan menyusuri pantai dari pantai ciantir sekitar 3km. Atau kita lewat bukit perkebunan/persawahan warga dengan pemandangan yg sangat menakjubkan. Disini banyak nelayan yg menjual lobster, kalo beruntung bisa dapat harga murah + ukuran yg gede.
  5. Gua Lalay => Untuk mencapai gua ini kita harus berjalan kaki melewati sawah2 serta menyebrang sungai melalui jembatan gantung. Lokasi nya ada di sekitar persawahan warga setempat. Didalam gua terdapat aliran sungai. Sehingga kalo kita masuk kedalam nya pasti basah.
  6. Karang Bokor => Semacam batu ditengah laut seperti Tanah Lot di Bali, lokasi nya ada di tengah hutan trus masuk kedalam sampai ke bibir pantai.
  7. Pulau Manuk => Pantai yg sudah di komersilkan, ada petugas penjaga yg menarik retribusi. Lokasi nya di depan gerbang masuk desa sawarna sebelum Hutan Lindung.
Pantai Depan Gua Langir
Masih ada beberapa lagi daya tarik sawarna, ada Gua langir yg depan nya berupa pantai berpasir putih yg lebar dan luas. Tapi mesti agak seikit hati2 kalo di langir, karna rada2 angker. Waktu kita pertama kali ke langir di temenin sama pak hudaya (pemilik penginapan), dimana beliau membawa parang gede banget. Dan beneran kejadian shinta (temen seperjalanan) kayak orang kesurupan didepan gua. Kami akhir nya baca2in doa biar tuch pengikut nya kabur, yaaaaa belagak kayak kyai merukiyah shinta hehehe. Untung nya akhir nya bisa terlepas dari suasana itu.
Gua Lalay
Oh yaaa disawarna kita bisa pesen Mushroom alias Jamur Tai Kebo. Jamur ini biasa nya di olah menjadi omlet, dicampur dengan indomie, ditumis atau dimakan langsung. Rasanya biasa aja tetapi efek dari yg memakan jamur ini bener2 bikin kita melayang. Berbagai macam reaksi, ada yg ketawa2, ada yg sedih, berduka, gembira bahkan sampai ngoceh2 ngak jelas dll. Sangat disaran kan untuk mencoba, untuk menikmati indah nya pikiran kosong hehehehe tapi dalam pengawasan yaaa :-)
Lagoon Pari
So selamat menikmati Sawarna dengan pesona nya sebagai "Surga Tersembunyi Dari Lebak". Tetep jaga kebersihan kelestarian keasrian + kealamian buat anak cucu kita nanti. Biar mereka juga merasakan akan keindahan alam. Terus Maju Pariwisata Indonesia. Jangan lupa terus membantu mempromosikan daerah wisata kita.
Senja Mulai Menguning di Ciantir
Nikmati Juga Pesona Banten Lain nya di :




202 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]