Perjalanan Tak Berujung: Jungkir Balik di Palayangan

Jungkir Balik di Palayangan

Rafting Palayangan - Rafting Palayangan terletak di daerah Pengalengan Bandung Jawa Barat Indonesia. Tepat nya di Situ Cileunca, sebuah sungai yg pengairan nya berasal dari danau cileunca. Lokasi nya sangat mudah di capai dari bandung sekitar 1,5 jam. Ambil arah ke banjaran lanjut Pengalengan, sampai di Pengalengan tinggal nanya lokasi situ cileunca. Ada beberapa operator yg bisa memfasilitasi untuk rafting disini.
Makjo Sibuk Dengan Helm
Situ Cileunca
7 manusia galau (Gw, Jopit, Diva, Swa, Ella, Lisa, Nova) yg haus akan liburan bersatu buat menaklukan weekend kali ini yg ngak jelas mau ngapain. Sebelum nya sudah janjian dengan pihak operator nya (Mas Triana) kalo kita akan sampai di Pengalengan sekitar jam 9 pagi. Kebetulan posisi kami mmg sudah di bandung dari 1 hari sebelum nya. Setelah kemarin nya kami mengulang mengunjungi Kawah Putih + Situ Patengan.
Aliran Air Sungai Berasal Dari Pintu Dam
Udah berkali2 nich ke kawah putih + situ patengan. Tapi ada temen kami Makjo (Jopit) yang baru pulang ke Indonesia setelah lama tinggal di italy memaksa kami kesana. Merenggek n memohon2 dianter kesana karna sampai usia dah udzur begini blm ke Kawah Putih padahal dah keliling dunia meskipun lewat Globe Maps hahahha (Piss Makjo).
Makjo Saking Takut nya Sampai Ngengkang
Pagi ini kami ber 5 (kecuali swa + diva) keluar dari penginapan Wisma PLN (Thanks buat Swa yg bersedia mengantarkan kesana dan bernego dengan bapak penjaga wisma. Lumayan semalam cuman Rp. 150.000. Pake AC, kamar mandi dalam, 2 bed King Size) jam 6 pagi menuju ke rumah sodara nya jopit di  buah batu, numpang sarapan (lumayan gratis) serta menghabiskan semua isi dapur. Sekitar jam 7an swa + diva datang menyusul.
Menu pagi ini dari gratisan berupa Nasi Uduk, Telor Balado, Ayam Tangkap, Orek Tempe + Kacang, Emping beserta lalapan habis ludes tanpa sisa terutama setelah diva datang dan menyapu bersih.
Untuk Kak Swa + mama nya makasih yaa dah boleh main ke rumah nya hahahah plus dapat sajian Tekwan, Kerupuk Palembang, Mangga, Air Mineral dll .... Numpang ketoilet sampai berbagi obat kurus meskipun kagak ada yg berhasil kurus dikarenakan makan nya banyak.
Oh yaaaa hampir lupa, Makan siang hari sebelum nya juga di sponsori oleh sodara nya makjo. Kata nya penyambutan karna makjo mau datang ke rumah nya setelah hampir 10 th di itali tanpa kabar berita dan sempat dipikir dah hilang dimakan bule xixixiixix.
Perjalanan ke Pengalengan memakan waktu 1 jam an dari buah batu, lumayan kali ini gw jadi anak baik karna ngak nyetir. Makasih kak diva yg rela membawa mobil + jadi sopir xixixiixixix. Selama diva berkendara maka semua manusia lain nya terlelap tidur.

Jam 9.15 an kami dah sampai di pengalengan dan ketemu mas triana selaku operator nya. Sempet di briefing bentar ttg gimana nanti rafting nya, tapi kebetulan kami dah beberapa kali rafting jadi yaa begitu2 aja.
Rafting Palayangan ini tergolong pendek sekitar 5 Km, beda dengan tempat rafting lain nya yg perna kami coba rata2 sekitar 12 Km seperti Telaga Waja, Cicatih, Citarik, Ayung dll. Tapi meskipun pendek tapi tergolong di Grade III - IV. Di karenakan debit air yg deras ditambah bentuk sungai yg banyak jeram2 nya.
Aliran air nya sendiri dari DAM Situ Cileunca yg dibuka sehingga mengalir ke sungai palayangan ini. Sepanjang lintasan rafting kita disuguhkan pemandangan yg menajubkan berupa hutan2 pohon karet, perkebunan teh yg menghijau.
Terdapat banyak jeram yg bikin adrenalin naik turun, mulai dari jeram selamat datang, jeram blunder. Saat melewati jeram blunder ini sangat mendebar kan, karna posisi nya yg menukik tajam ke bawah. Sampai2 Makjo terjungkal tengkurap. Sepanjang perjalanan dinikmati sambil teriak2 kegirangan macam anak TK yg lagi berlibur padahal sebenarnya ketakuan terutama Makjo. Bener2 kita di buat jungkir balik nyungsep ngangkang sampai ngejungkal melewati jeram2 nya.
Oh yaaa kami bersyukur dapat operator yg lumayan bagus pelayanan nya, guide nya semua nya baik. Kami di fotoin sepanjang perjalanan rafting. Dan dapat makan siang yg menu nya ajaib + tergolong murah. Salut buat Telor Laba2 nya yg enak serta jadi favorit nya Makjo. Trus Empal nya segede2 telapaka tangan tapi empuk banget. Sampai2 minta resep buat di bawah ke Italy mau buka warung sunda.

So buat yg mencari alternatif liburan dibandung bisa mencoba Rafting di Palayangan.

27 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.