Perjalanan Tak Berujung: Baluran, Africa versi Jawa

Baluran, Africa versi Jawa

gunung baluran
Gunung Baluran
Setelah 6 jam perjalanan dari Bandara Juanda, akhir nya tepat pukul 3.45 rombongan kami ber 7 (Gw, Jopit, Delisa, Iyus, Yanni, Tikka, Gandhi) sampai di depan pintu gerbang Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur Indonesia. Tetapi pintu masuk nya masih di portal, tempat ini akan di buka untuk umum mulai jam 7 pagi.
hutan baluran
Hutan Jati Disepanjang Jalan Utama Situbondo - Banyuwangi
Cari cara gimana buat istirahat, akhir nya cari warung, dapat warung 24 jam tempat mangkal truk2 jarak nya sekitar 500 meter dari pintu gerbang Baluran. Kita akhir nya ikutan mangkal hehehehe, numpang makan, cuci muka, sholat subuh dan rebahan nyelonjorin badan sambil merem2 dikit.
Sekitar pukul 06.15 kami akhir nya nekat masuk ke Taman Nasional, untung nya petugas nya baik hati atau mungkin kasihan melihat wajah2 ganteng + cute blm mandi tapi tetep keren. Akhir nya diperbolehkan masuk kawasan taman nasional. Mulailah petualangan di baluran, kamera semua nya di keluarkan, meskipun blm mandi tapi tetep mau narsis hehehehe.
hutang gersang
Hutan Gersang
Taman Nasional Baluran merupakan Hutan kering di Pulau Jawa, Sekitar 40% kawasan ini identik dengan vegetasi savana. Lokasi nya juga sangat mudah di capai karna berada di jalur utama Situbondo - Banyuwangi. Jadi perjalanan dari surabaya cukup ambil rute ke Banyuwangi dengan rute pantai utara melewati situbondo. Sebelum masuk Taman Nasional nya akan di suguhkan hutan jati yg sangat indah. 
savana bekol baluran
Savana Bekol
It's About The Journey, Not The Destination

Lokasi tepat nya Taman Nasional ini di Banyuputih Situbondo Indonesia. Batas wilayah sebelah utara adalah Selat Madura, sebelah timur Selat Bali, sebelah selatan Sungai Bajulmati, dan sebelah barat Sungai Klokoran. Temperatur udaranya 27°- 34° C, curah hujan 900 - 1.600 mm/tahun, ketinggian tempat 0 - 1.247 mdpl, letak geografis 7°29’ - 7°55’ LS, 114°17’ - 114°28’ BT, serta luasnya mencapai 25.000 ha. Di tengah kawasan ini terdapat Gunung Baluran yang sudah tidak aktif lagi.
jalan baluranhutan kering baluran
padang gersang
Di Taman Nasional ini yg paling diminati yaitu savana bekol => sebuah tanah lapang tandus yg sangat luas, kalo sore hari banyak binatang semacam rusa, kerbau, babi pada berkumpul disini. Oleh karena ini tumpat ini banyak disebut sebagai padang gembalaan. Di tempat ini pula terdapat penginapan yg dikelola oleh Taman Nasional.
pantai bama
Pantai Bama
Ada pantai juga di kawasan ini, yg paling mudah di capai yaitu Pantai Bama, di pantai ini banyak sekali terdapat monyet liar, jadi ati2 aja kalo bawa barang atau makanan. Yang pasti bakal berebut dengan monyet hahahaha. Selain padang savana dan pantai bama ada pula tempat yg bisa di kunjungi yaitu Batangan => Makam Putra Maulanan Malik Ibrahin, Candi Bang, Labuan Merak dll. 

Taman Nasional Baluran memiliki luas 25.000 hektar persegi. Nama baluran sendiri diambil dari nama gunung di lokasi tersebut yaitu Gunung Baluran. Bulan paling baik berkunjung di baluran yaitu bulan Maret - Agustus.
Seharian kami menikmati Taman Nasional Baluran, mulai dari narsis di hutan gersang, hutan basah sepanjang tahun, padang savana, pantai bama. Panas nya siang itu sungguh terik sekali sehingga pantas kalo taman nasional ini di kenal sebagai Hutan Kering. Sekitar jam 3 sore, kami tinggal kan baluran untuk melanjutkan perjalanan menuju Kawah IjenTanjung PapumaBromo dan Air Terjun Madakaripura
penginapan di baluran





46 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]