Perjalanan Tak Berujung: Pulau Biawak & Pak Manto

Pulau Biawak & Pak Manto

Pulau Biawak - Kenapa di namakan pulau biawak ??????? karna di pulau ini hanya di huni ratusan biawak dan seorang penjaga pulau bernama pak manto. So ada biawak yaa ada pak manto, kalo pak manto nya ngak ada yaa biawak nya tetep ada hua hua hua. Pokok nya sebelum ke komodo, kita mesti nenggok anakan nya dulu yaitu Biawak.
Dermaga Pulau Biawak
Pulau Biawak terletak sekitar 5-6 jam perjalanan dari pelabuhan karangsong indramayu Jawa Barat, sebenar nya jarak tempuh nya lumayan dekat sekitar 40-50 km tetapi di karenakan kita mengunakan perahu nelayan yang mesin nya kecil sehingga waktu perjalanan terasa lama banget.

Akhirnya Merapat DiPulau Biawak

Perjalanan kita kmrn di mulai di pulogadung dengan naik bus menuju indramayu, sekitar jam 11 malam kita sampai di pertigaan indramayu yaitu simpang celeng. Perjalanan di lanjutkan dengan naik Elf menuju pelabuhan Karangsong. Tepat pukul 01.00 pagi hari, kita dah siap2 menaiki perahu rakyat, lgs ambil posisi tidur di perahu, karna perjalanan yg kita tempuh lumayan lama, di prediksi jam 7 pagi baru akan merapat ke pulau biawak.

Foto Bareng Penjaga Pulau (Pak Manto)

Malam itu langit lumayan cerah tetapi tidak ada bintang, perjalanan yg sungguh membuat deg2an karna ini pertama kali nya buat rombongan cumi dugong naik perahu kecil pada malam hari. Ternyata apa yg di takut kan terjadi sekitar pukul 3 pagi gerimis 1, 2, 3 tetes air mulai turun, tapi semua manusia yg ada di perahu tetep ngak ada yg bangun. 


Gw akhir nya terbangun karna kondisi ngak nyaman, mulut terus berdoa supaya jgn sampai terjadi ujan . Para awak perahu akhir nya memasang terpal penutup hingga kita terlindung dari gerimis ini. Tapi GOD IS GOOD langit kembali cerah saat terpal itu di pasang so ngak jadi ujan.

Sekitar jam 6 pagi, pulau biawak dah terlihat tapi ternyata kita ngak merapat kesana melainkan langsung ke pulau gosong, untuk snorkling dan snorkling di pulau gosong lumayan keren, banyak trumbu karang yg bagus2 dan hidup, banyak berbagai macam ikan. 


Dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang kita di pulau gosong menikmati indah nya trumbu karang dan ikan2 serta makan siang di pulau ini. Buat awak perahu yg masak makanan buat kita, thanks banget n TOP masakan nya tiada dua nya bener2 yummy
Masakan Nya TOP Banget

Menunggu Jatah Makan
Tepat jam 1 kita dah merapat di pulau biawak, saat nya beres2 dan lanjut menyusuri rawa2 serta bermain bersama biawak yg berkeliaran. Oh yaa sempet manjat pohon kelapa buat ambil kelapa muda yang rasa nya makyussss sekali menyegarkan.

Menyusuri Rawa2
Oh yaaaa … di pulau ini tidak ada penginapan, hanya sebuah pulau kosong dengan dermaga panjang serta sebuah menara mercusuar, tidak ada kamar mandi, hanya ada sumur buat mandi rame2, tidak ada listrik. Rombongan kita yang berjumlah 26 manusia diperboleh menempati rumah pak manto, lumayan bisa buat ganti baju n tidur (khusus ce). Co2 nya tidur dengan sleeping bag di dermaga berselimut bintang2.


Note : Perjalanan ini begitu spesial karna di koordinir oleh AFI (Asosiasi Fotografer Indramayu), Rombongan cumi (Gw, Jopit, Shan2, Tikka, Iyus, Yanni, Ipin, Tejo, Afi, Jimmy, Echa) dari jakarta hanya terima beres tinggal bawa badan doang xixixiix.
All Team

Thanks buat anak2 AFI terutama Mas Turidi, Agus Poer, Arif, Toni, Aank dan masih banyak lagi serta anak2 SMU 1 Sindang Indramayu. Oh yaa dalam rombongan ini Mas Turidi membawa Diego Verges fotografer top dari spanyol yg mau berbagi ilmu & mau jadi model buat foto www.diegoverges.com
It's About The Journey, Not The Destination
Underwater Pulau Biawak
Banyak terdapat ikan nemo
Special Thanks buat : Mas Turidi (Ketua AFI): Thanks atas segala bantuan nya n foto2 nya, seneng bisa kenal dan jalan bareng. Kita rencanakan foto2 lagi yaa mas serta ijin masukin beberapa hasil jepretan nya yaaaa.





9 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]