Perjalanan Tak Berujung: Mojokerto Punya Budha Tidur

Mojokerto Punya Budha Tidur

It's About The Journey, Not The Destination
Sleeping Budha - Awal nya iseng2 browsing ngak jelas, akhir nya nemu foto patung budha lagi tidur. Kaget & ngak percaya itu awal nya, bahwa ternyata di Indonesia punya Sleeping Budha juga seperti di Thailand & Nepal. Lokasi nya ngak jauh dari kampung halaman gw di gresik kota berhias iman #halahhhhhh
Tampak Depan Vihara
Akhir nya bertekat kalo ke Gresik mesti mampir ke sini toch sangat dekat sekali dari Gresik, paling cuman 2 jam perjalanan …... Yap lokasi budha tidur ini ada di MAHAVIHARA MOJOPAHIT. Tepat nya di daerah Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto Jawa Timur. Sekitar 1,5 jam perjalanan dari Bandara Juanda Sidoarjo.
Deretan patung budha dengan posisi tangan yang berbeda2
Kalo naik angkutan umum sangat mudah sekali, cukup naik bus dari terminal bungurasih surabaya tujuan jombang atau tujuan solo. Hampir semua bus ke solo, jogja melewati trowulan. Nanti cukup bilang ke kondektur nya kalo mau turun di trowulan. Ongkos nya kalo biasa sekitar Rp. 3000.
Patung Budha Tidur berukuran raksasa di bagian belakang Maha Vihara Mojopahit menurut cerita orang disana merupakan patung Buddha terbesar ketiga di dunia, setelah patung serupa yang ada di Thailand dan Nepal. Patung ini panjangnya 22 m, lebar 6 m dan tinggi 4,5 m.
Nyenyak Sekali Bobo nya xixixi
Di Mahavihara ini selain ada Sleeping Budha, juga terdapat patung2 lain antara lain Budha Four Face serta miniatur candi borobudur. Banyak belajar dari tempat ini mengenal sejarah dan budaya serta kerukunan antar umat beragama, dimana disekitar lokasi tempat ini sebagian penduduk nya muslim.
 Miniatur Borobudur

Di lokasi tempat sembhayang umat budha ini juga terdapat penginapan buat pengunjung luar kota yg mau menginap dengan tarif sukarela. Tapi meskipun sukarela, kamar nya pake AC, bersih, nyaman + kasur nya empuk.
Special thanks buat : Tikka, Luki, Mas Faiz yg ikutan keliling trowulan.





28 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]