Perjalanan Tak Berujung: Keramahan Warga Curug Cigangsa

Keramahan Warga Curug Cigangsa

Air Terjun nya Mengoda
Curug Cigangsa terletak di Desa Batusuhunan/Pasiripis Kec Surade Sukabumi Bagian Selatan Jawa Barat Indonesia, atau sekitar 22km sebelum Ujung Genteng. Lokasi nya kalo dari jakarta kita akan melewati pertigaan tugu surade, di pertigaan itu nanti belok kanan trus mengikuti jalan, tinggal tanya penduduk setempat karna lokasi nya ngak jauh dari jalan raya pasar tersebut.

Mesti Menyebrangi Sungai
It's About The Journey, Not The Destination
Mobil hanya parkir di perkampungan warga, setelah itu di lanjut jalan kaki melewati sawah2 teras siring. Di lanjut kita akan menyebrang sungai kecil sekitar 7 meter, nah aliran air curug cigangsa ini dari sungai yg kita seberangi. Jadi posisi kita dari atas akan turun ke bawah untuk sampai ke curug nya.
Jalan kaki dari parkiran rumah warga ke air terjun nya sekitar 15 menit dengan pemandangan yg sangat asri dan hijau persawahan. Curug ini terdiri dari 2 tingkat dan air nya tidak begitu besar karna debit air nya di pengaruhi oleh irigasi diatas nya. Kalo irigasi nya di buka maka debet nya akan besar.
Sawah Teras Siring Yang Menghijau
Kebetulan waktu kami datang kesana, saat musim hujan sehingga air nya meluap. Kami dibantu penduduk setempat untuk sampai ke air terjun nya. Kebetulan di pinggir sungai sedang ada gotong royong pembangunan jalan menuju air terjun sehingga nanti nya wisatawan tidak perlu lagi menyebrang sungai untuk sampai ke air terjun nya.
Antara Sawah Dan Sungai
Saat kami balik dari air terjun nya ternyata hujan turun lumayan deras, masyarakat yg awal nya bergotong royong akhir nya teriak2 menyuruh kita cepet2 balik menyebrang sungai karna di takutkan irigasi di ujung sungai di buka dan air akan meluap sehingga kita nanti nya ngak bisa menyebrang.
Deras Mengalir

Terima kasih sekali buat ibu2 bapak2 adek2 yg telah membantu kami dengan selamat sampai kembali ke parkiran, plus dapat makanan yg di berikan ibu2 yg harus nya buat peserta gotong royong, meskipun itu berupa singkong rebus, pisang goreng tp kebaikan itu yg harus tetep kita hargai. Indah nya berbagi yaaaa hahahahha. Mari kita lanjut perjalanan ke Curug Cikaso.
Aliran nya Deras





24 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]