Berenang di Bening nya Gua Haji Mangku

Gua+Haji+Mangku
Ini Mulut Gua Haji Mangku - Air nya Bening Biru Berkilau
Foto : Wira Nurmasnyah
Gua Haji Mangku Maratua – Lagi enak leyeh – leyeh manjah sambil ngelamun jorok di Maratua Paradise Resort #OtakGwSelaluMesum, trus tiba2 ada yang nyamperin dan nawarin senang – senang bergembira #NgakBakalNolak “Mas Cum ... Mau ikutan diving atau berenang ke Gua Haji Mangku ???”. Dan sumpai ini pilihan yang sangat sulit coz gw lagi nafsu - nafsu nya pake banget untuk bisa diving di derawan, mumpung ada yg ngajakin gratisan #AlhamdulillahRejekiKaesang

Tapi gw kok penasaran sama Gua Haji Mangku ini apaan ??? Gw kok baru denger, padahal sudah 4x ini ke Derawan tapi ngak ada yg pernah kasih tau ttg Pak Mangku ini #GwGagal #GwLemot. Karna penasaran pengen di pangku sama Haji Mangku, maka gw milih sorak - sorak manja di GOA Haji Mangku saja #BismillahNgakSalahPilih.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Inilah Gua Haji Mangku - Lebih Tepatnya Sech Jurang Atau Danau Kecil
Kenapa dinamakan Gua Haji Mangku ??? pasti karena penemu pertama kalinya Pak Haji Cumilebay #UpsSalah #NgasalNgakMikir ditemukan diawal tahun 2000 an yaa tentu oleh Pak Haji Mangku #MakasihPakMangku. Ada 2 akses untuk mencapai Gua Haji Mangku, yaitu lewat darat melalui Desa Payung – Payung Kecamatan Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur lalu disambung jalan kaki selama ± 5 – 7 jam #LelahGila dan dijamin ngak bakal ada yg mau lewat jalur darat ini #KaesangCapek atau lewat jalur laut seperti yang akhir nya rombongan kami lakukan #IniNgakCapek.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Cari Tanda Kain Putih Atau Life Jacket Orange - Disitulah Gua Haji Mangku
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Karna Laut Surut - Terpaksa Turun Ditengah Laut Trus Jalan Kaki Menuju Pantai
Kami akhir nya berangkat ber 14 mengunakan 1 speedboat, dari Maratua Paradise Resort membutuhkan waktu cuman sekitar 15 menit perjalanan laut melewati dermaga payung – payung #MajuDikitAgakKesonoan. Dari dermaga payung – payung perhatikan secara perlahan, nanti ada pantai kecil berpasir putih yang memiliki tanda atau patokan berupa kain putih & life jacket warna orange di gantung diatas pohon #IniTandanya. Kalo sudah terlihat maka disitulah lokasi nya, palingan tinggal jalan masuk ke hutan bersemak – semak sejauh ±100 meter an #AlhamdulillahNgakJauh.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Sampai Di Pantai Haji Mangku - Setelah Ini Jalan Kaki 5 Menit Masuk Hutan
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Menggila Bareng Marischka Pruedence
Tapi ternyata kapal kami ngak bisa sandar sampai pantai karna air terlalu surut dan takut ngerusak karang, terpaksa kami turun agak di tengah laut lalu berenang sedikit lanjut jalan kaki menuju pantai nya #IniAla2Banget. Dari pantai yang ada tanda kain putih tsb, di lanjutkan jalan kaki masuk kedalam hutan sekitar 5 menit melewati tajam nya batu karang (Daratan hutan semak2 yang kami lalui berupa batu2 karang yang runcing, disarankan memakai alas kaki yg tebal #JanganSandalJepit) dan akhir nya sampailah kita di sebuah jurang yang posisi nya memanjang dengan kedalaman sekitar 5 - 7 meter dan terisi air atau semacam danau kecil tapi cukup dalam #InilahGuaHajiMangku.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Prue Lompat Terjun Bebas di Gua Haji Mangku
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Di Dalam Hutan Haji Mangku - Daratan nya Berkarang Tajam Jadi Pake Alas Kaki 
Dinamakan gua karena untuk masuk ke dalam jurang atau danau kecil ini mesti melewati sebuah celah sempit semacam pintu gua pada umum nya, tapi rombongan kami pilih nekat #NyaliGedeSemua. Dipelopori Marischka Pruendence yang langsung lompat nyebur masuk ke jurang yang air nya biru berkilauan, lalu dia teriak “Ayo pada lompat, enak dingin air nya seger banget” melihat aksi nyata Prue yang berani lompat, bikin gerombolan pria mapan tampan rupawan yang awal nya ngak bernyali jadi tertantang manja untuk ikutan lompat masuk ke gua haji mangku #SumpahGara2Prue.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Lompat Atau Kabur Lompat Kabur Lompat Kabur Lompat Kabut !!!!!
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Karena Ngak Mau Dibilang "CEMEN" Akhirnya Lompat Dari Ketinggian 5 - 7 Meter
“Cumi, Lompat dong cepetan jangan cemen” Teriak Prue dari dalam jurang sambil berenang manja sambil sesekali freedive menyusuri bening biru nya air gua haji mangku, sedangkan gw cuman bisa melihat dari atas nya sambil mikir lompat kagak lompat kagak lompat #NgitungNyawa. Yo wes lah BISMILLAH atas berkat rahmat Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang #MulaiNgacoGw, akhirnya sambil teriak “Kak Prue Tunggu Aku PELUKKK” dan gw pun lompat kedalam jurang jeburrrrrrrrrrrrrrrrrr Gila Gila Gila Gila air nya seger banget dingin sampai ke tulang meskipun terasa agak payau karna tercampur rembesan air laut tapi seriusan bikin seger dan awet muda #TambahNgaco.
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Berenang Di Beningnya Air Haji Mangku
Foto : Wira Nurmasnyah
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Ini Pose Terapung Manja Di Mulut Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Berenang di Gua Haji Mangku ada baik nya mengunakan alat snorkeling, sehingga kita bisa menikmati beningnya air danau ini sampai dasar nya #DasarHatiTerlaluDalam. Meskipun akhirnya gw parno rada – rada ketakutan setelah liat kedalaman nya, ternyata jurang ini makin kebawah makin menyempit dan gelap ... Yang gw takutin sech, tau – tau muncul monster dari dasar jurang ini kan bisa berabe, gw ngak mau mati sia – sia dalam kondisi masih perjaka #JadiBaruDipakeBuatKencingDoang.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Ada 2 Sisi Jurang Yang Bisa Diselami
Foto : Wira Nurmasnyah
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Semua Terjun Bebas - Berenang Manja Di Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Diperkirakan kedalam Gua Haji Mangku ini mencapai antara  ± 20 - 30 an meter, kalo punya nyali lebih bisa diving menyusuri dinding – dinding jurang sampai dalam dan ini akhirnya sempet di lakukan sama rombongan Daihatsu Terios 7 Wonder keesokan harinya #MerekaNekat. Konon tempat ini banyak cerita – cerita mistis misteri nya #DuchMakinPenasaran tapi ya sudahlah ngak usah di bahas dari pada terkencing2.
Gua+Haji+Mangku+Pulau+Maratua+Derawan
Airnya Makin Berkilau Beningnya Kalo Terkena Sinar Matahari
Foto : Wira Nurmansyah
Goa+Haji+Mangku+Pulau+Maratua+Derawan
Jangan Lupa Bawa Alat Snorkeling - Biar Bisa Melihat Dasarnya Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Selama ini yang gw tau tentang Derawan cuman ada Penyu, Ubur – Ubur Tak Menyengat *KlikBacaDisini, MantaRay *KlikBacaDisini dan Maratua Paradise Resort yang kesohor seantero jagat itu *KlikBacaDisini ... Tapi ternyata ada juga pesona daya tarik dari Pulau Maratua ini yaitu Gua Haji Mangku, dan konon di Maratua ada sekitar 40 an gua lagi yg bisa di explore dengan nyali & nyawa #MasihBelumTerexpose
Eh info tambahan di Derawan sekarang ini ada lagi yang ngehits ampe semua orang heboh yaitu berenang sama Whale Shark di Talisayan sekitar 3 jam mengunakan speedboat dari Derawan #YowesLupakan #LainKaliKesana

303 comments:

  1. dalamnya 20-30 meter? :O
    aku gak bisa berenang om Cum. sepertinya opsi pakai alat snorkling plus pelampungnya itu ide yang bagus.
    #AkuTakutTenggelamKeDalamHatimu

    ReplyDelete
    Replies
    1. What ???? Hari gini kamu ngak bisa berenang ??? Memalukan, gimana kamu bisa nolong gebetan nanti hahahaha

      Delete
  2. Bening.... sebening hati n niatku tuk kembali ke sanaπŸ˜ƒ Yux kapan kesana #gakpakecutilamaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk balik lagi ke derawan, sekalian ke haji mangku sama haji buang trus liat whale shark

      Delete
    2. Ckckckc...mas yus yaaa tak terkalahkan,tak tersaingi, tak terikuti, tak tertandingi...

      Delete
    3. Pokoknya TAK TAK TAK TAK Ku Tak Mau Tak

      Delete
    4. Kawinin makjooo..apalagi yg kurang dari masyuss...

      Delete
    5. Waksss kawinin atau nikahin ???

      Delete
    6. Dua2nya lah mascum
      Masalah kawinin or nikahin dulu tinggal diatur sepakatnya yg mana duluan...hahaahaa

      Delete
  3. Perjuangan ke sini lelah betul ya om untung disponsorin ya, mungkin om lelaki terakhir yg berani lompat setelah semuanya lompat kayaknya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weksss kamu pelecehan, aku orang ke 3 yang nyebur seteah prue lho hahaha. Masih banyak deretan yg blm nyemplung :-)

      Delete
  4. Kolam tersembunyi harta karun. Kinclong banget, Mz!

    ReplyDelete
  5. Bening banget air Gua Haji Mangku. Lihat aja seger, apalagi nyebur. hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air nya payau gitu jadi lumayan seger banget

      Delete
  6. Duh Om Cumi. Bikin ngiri aja. Bikin jadual ah. Siapa tahu ada yg mau sponsorin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada sponsor, aku mau ikut yessss #Ngarep

      Delete
  7. Anonymous19:17:00

    Auramu selalu sexy menggoda mas'e. Pasang susuknya neng endi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susuk nya dzikir dan baca Al Quran saja :-)

      Delete
  8. Ketempat yg indah itu pasti butuh perjuangan seperti menunggu dia om.. ��

    20-30 meter kedalamannya, kalau yg gak bisa berenang berarti harus pakai pelampug dong om cum.. Ah jadi ingin ikutan ngejebur juga om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmau menunggu siapa ??? mmg ada yg kau tunggu ????

      Delete
  9. ni baru nyang namanya hidden paradise of indonesiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekssss banyak banget yeeee hidden paradise nya dimana - mana

      Delete
  10. Untung waktu ke derawan ga kesitu...
    Klo iya gw paling nunggu di kapal
    *cemen
    Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... ntar kamu bosen nunggu di kapal lho ???

      Delete
    2. Yg penting ada wifi dan cemilan....
      Amaaaannnnnnn mas cuuuuummmmm
      Hihihihi

      Delete
    3. Sinyal kacrut di tengah laut, jadi kamu berendem aja ama ikan2

      Delete
    4. Akh... aku bocan aja deh di perahu
      Tetap malas basah dan capek...
      Hahaha

      Delete
  11. alahhh... Derawan. udah punya rencana sejak kapan tahun, ga terealisasi teros #sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kita wujudkan bersama cumilebay nan manja ini hehehe

      Delete
  12. jalannya lumayan jauh akk.ga ada jasa ojek bang ? πŸ˜‚

    Ini airrnya serius bening bangett aakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan nya deket kok, dari kapal paling cuman 15 menitan lah

      Delete
  13. Wow nama guanya indonesia banget om cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena yg nemuin Bapak Haji Mangku

      Delete
  14. Postingan ini kurang menarik Karena Oom Cumi masih pake baju - body six pack nyaaa Oom cumi tak terlihat !! Glekk!!. Btw nuansa alami dari Goa dan danau kecil itu sungguh instagramble yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa ampun jadi tiap post mesti aurat bertebaran yaaa ??? haahahaha

      Delete
  15. ahaha.. ini yang gua males ikutan ya, lagi asik leyeh-leyeh manja di dermaga ajah..
    kak prue memang pemberani! dan kamu di foto terakhir kok kayak Gollum, mz..

    *peace*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kamu ini ngak mau ikutan, eh gollum apaan sech ??? hahaha

      Delete
  16. Beruntungnya renang bareng bidadari,
    Beruntungnya lagi nggak hujan pas ke sana. Kudengki!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weksss kamu hujan ???? Kasihan banget, aku selama disana cuaca cerah ceriah hehehe

      Delete
  17. Huaaaa bener bener surga tersembunyi nih
    Untung rame rame yeee, serem juga kalao kesitu sendirian, heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sendiri, aku takut di perkosa ama pak haji mangku hehehe #Piss #Kabur

      Delete
  18. Yaampun... walau imut-imut tempatnya keren. Guguran daunnya itu loh warna-warni di gambar jadi asyik. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak musim semi di jepang yessss

      Delete
  19. Aaaaw...oranye - oranye manjaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay selalu manja yesssss

      Delete
  20. Ya Allah cakep amat, bening airnya yaaak. Itu kak cumi bener yg terjun, bukan stuntman kan ����
    Tapi namanya unik, haji Mangku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kamu penghinaan, aku aktor tana stuntman lah #Nekat

      Delete
  21. wah keren ya , bening dan kayaknya seger kalau nyemplung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger banget, ngak mau pulang mau nya di goyang pokoke

      Delete
  22. Yahhh...yg lalu kita kok ndak diajak kemari mascum :P

    Poto na keyen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita ngak kesini, kan kalian paket murah meriah jadi ngak usah pake kesini hahaha

      Delete
  23. Kakak Prue berani banget ya mas, udah nyemplung duluan sementara para cowok masih galau antara nyemplung apa enggak, meskipun akhirnya nyemplung juga setelah dipanggil-panggil :)

    Kalau saya sih nggak bakalan mau karena nggak bisa berenang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekssss hari gini kok ngak bisa berenang ??? memalukan hahaha

      Delete
  24. mas paduan kancut sama kaos kamu itu perfect banget... perfect silau ^_^ , eh boleh titip pertanyaan sama Marischka, pake sepatu apakah dirinya? #salahfokus

    Salut sama kalian selalu berhasil nemu tempat2 wisata cantik ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pake booties khusus buat diving atau snorkling, banyak di jual di toko2 alat selam

      Delete
  25. OMG INDAH BANGETTTTTTT SIH :')

    ReplyDelete
  26. Cakep banget ya airnya bening biru gitu. Tambah penasaran pwngen ke Derawan dan sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk ke derawan ... sekalian main ama whale shark

      Delete
  27. bagus banget bening banget....airnya

    ReplyDelete
  28. Aku bisa renang sih om, tapi kalau disuruh loncat tingi-tinggi kok sekarang mulai keder ya. Nggak seperti waktu masih kecil, bawaannya loncat dari atas pohon Kelapa terjun ke laut aja demen hahahahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini umur berpengaruh, kamu mulai tua dan lelah hahaha

      Delete
  29. Huahahahaha jadi mana nih adegan pangku2an sama Haji Mangku-nya? :)


    Catatan: kalo berenang pake kancut doang dong harusnya. Kaosnya dilepas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ada alasan kenapa gw ngak kancutan doang, karena yg ikut berenang disitu ada pejabat2 ibu kota jadi ngak sopan kalo gw pamer aurat

      Delete
  30. Duh, kedalamannya bikin jantung bergemuruh camput kebat-kebit takyuuut, kak Cum! Aku sih jago renang *ahseek.. tapi blom pernah nyemplung pasrah dari ketinggian gitu.. huhuhu. Tapi liat foto2 kalian ngapung manja gitu kok ya aku mupeng :D. Wajib ah kesana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih mesti nyobain, awal nya deg2an tapi setelah itu pasti ketagihan hahaha

      Delete
  31. aku pengen banget.
    Ini air laut juga kan ya Om?
    Oh, jadi dinamakan Mangku karena ditemukan Pak Haji Mangku ya, keren.
    Kalau misal ke sini, dan g pas bawa alat snorkel. ada tempat penyewaan g? itu cuma kamu aja yang g keren. Soalnya ga pake alat snorkel lengkap. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air nya payau, perpaduan antara asin dan tawar tapi seger banget. Biasa nya di penginapan2 derawan banyak yg nyewain alat snorkling

      Delete
  32. Bagus banget mas. Tapi mata batinku mengatakan ini kok agak angker gimana ya. hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg rada2 tempat nya dah terkenal agak2 gimana gitu

      Delete
  33. Guanya keren banget dan masih asli. Warnanya itu saya suka, iya kalau kena sinar matahari pasti birunya lebih-lebih lagi. Birunya nggak nahan banget, haha.
    Namun berhubung saya belum bisa berenang jadi lihat foto-fotonya dulu saja, haha. Mudah-mudahan pengelolaan wisata di sana bagus jadi tempat seperti ini bisa dieksplor tapi tanpa gangguan semisal sampah dan hal-hal lain yang merusak ya Mas, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gua nya makin kece karena kena pantulan sinar matahari, kamu berenang pake pelampung aja yesss hahaha

      Delete
  34. Ish...kereeen... mau donk diajak ke derawan lagiiii.....keren ih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk berangkat ...kita menggila disana

      Delete
  35. MasyaAllah itu mah hidden paradise, kereeen :D

    ReplyDelete
  36. Anjaayy, asik banget tempatnya.
    Airnya bening bgt, sebening hatiku haha


    ReplyDelete
    Replies
    1. Weksss hatimu bening ?? bukan nya banyak kutu nya hahaha

      Delete
  37. Gue agak meyangsikan waktu elo bilang masih perjaka hahahaha, bukannya keperjaanmu telah terenggut bertahun2 lalu XD
    Asli keren gila airnya bening banget, etapi gue jg pasti ngga berani berenang dalem2 karena sama takut tetiba muncul monster atau binatang laut menyeramkan yg narik gue karena gue syantik #hueek XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kan minum larutan terus perjaka sepanjang masa jadi tetep kinclong dan seret hahaha.
      Yaa Allah siapa bilang lw syantiek ???? lagi mimpi yesssss hahaha

      Delete
    2. Hahaahha... ternyata ada jg larutan perjaka kayak cap kaki tiga aja :p
      Anak gueeeee, anak gue bilang mamih syantiiek.. udah deh iyain aja plisss hahahah

      Delete
    3. Mungkin saat mengatakan Mamie Syantiek, anak mu lagi khilaf kekenyangan hahaha

      Delete
  38. Ah... keren banget Kak itu Gua Haji Mangku nya. Di Maratua ya?
    Kalau kayak saya gak bisa berenang gimana ya kak? Pengen tapi coba masuk ke dalam gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake pelampung aja, ngak usah lompat. Ntar masuk lewat mulut gua yg di belakang

      Delete
  39. Wuiihhh iya nih baru tau goa ini. Asik bgt ya main air di sini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk manja2 ke maratua hehehe

      Delete
  40. bening bingit ya ampun

    ReplyDelete
  41. Trus kenapa saya mikirnya waktu itu pak Haji Mangku lagi mau jalan-jalan kemana sampe akhirnya ketemu ini gua? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak haji mangku cari harta karun hehehe

      Delete
  42. jadi yg punya gua ini pak haji?? bukan haji tukang bubur itu kan om?? wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah pulang dari naik haji nya lho, kan kmrn kamu juga di kirimin selamatan nya hehehe

      Delete
    2. om cum salamin buat mbak prue donk, ngefans semenjak di metro tipi :3

      Delete
    3. Trus kamu ngak mau salam2 sama cumilebay nya ????

      Delete
  43. #GakYakinCumaBuatPipisDoang ngakak pas bagian ini #lupakanlah
    Kalo nemu air yg bening-bening kayak aku bawaannya pasti pengen diceburin itu. Aku kira air tawar ya, ternyata semi semi air laut juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja, ntar langsung aku lembar ke gua nya biar seger hahaha

      Delete
  44. Baca ini bikin mupeng, tapi apalah daya aku trauma sama air yang banyak begitu karena pernah hampir tenggelam hwaaa sekarang mandi aja jarang, gimana mau nyebur-nyeburan asyique begitu kan :(

    #ehkokcurhat
    #maap
    #numpangbukalapak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa mapun pantes bau nya tengik terasa ampe kesini, ternyata jarang mandi ihik ihik

      Delete
  45. Baru kemarin secara ga sengaja nonton di MTMA, sekarang malah liat di blog ini. Mungkin, mungkin, ini harus masuk daftar tujuan wisata taun depan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pertanda kamu segera berangkat ke maratua yessss hahahaha

      Delete
  46. aduuuuh, mupeng deh ih. Mas Cum gimana itu pas lompat nyebur? teriak2 nggak? hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw teriak manja dong biar sexy hahaha

      Delete
  47. masyaAllah.....ngeliat potonya aja udah sejuk gini hawanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hawa nya membawa kedamaian hehe

      Delete
  48. Oh my gaaadddd! Asiknyaaaaa.... jernih banget airnya. Biru-biru gitu.

    Btw, apa gak ada buayanya tuh?

    ReplyDelete
  49. Subhanallah jernihnya, semoga tetap lestari. Selalu mupeng kalau liat destinasi jalan-jalanmu kak cumiii. Eh tapi kok rasanya agak spooky gitu ya tempat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, lokasi nya rada2 beneran. Maka nya gw ngak mau lama2, langsung balik nunggu di kapal

      Delete
  50. Jadi tepatnya kapan Gua itu berangkat Haji ?
    Bening mas bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga pak mangku berangkat haji nya bareng sama tukang bubur yaaa

      Delete
  51. #MajuDikitAgakKesonoan Ini ngakak abis pas baca hashtag iniiii Ooom.. nyahahaha.. :D Udahlah fotonya kece berat apalagi liat langsung di sana yak.. Kak Prue nih keren amaaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay nya juga kece kan, kita saling melengkapi hahaha

      Delete
  52. Haji Mangku benar-benar menemukan keindahan yang tersembunyi ini.
    Airnya bening banget. Ga ada yang buas-buas di dalamnya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh amit2 kalo ada yg buat, tempat ini sepi dan agak2 gimana gitu #SeremNgebayanginnya

      Delete
  53. sini mas cumi main ke pantai karang tawulan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh karang tawulan dimana ??? mau dong berjemur manja hehehe

      Delete
  54. Duh udah diceburin om cum lama-lama jadi dihuni buaya2 gimana itu haji mangkunya :p

    Tetep milih melipirrr kalau kedalamannya 20-30 meter. Memandanginya dari kejauhan sajaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih amit2 kalo ada buaya, serem amat lah itu

      Delete
  55. Kira2 da monster apaan d dalam danaunya Mr.Cumi??? Spertinya ada Sadako ikut berenang disana hehehehehe..Ceritanya kereeen sama sprti yg punya blog n yg lg komentar...hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa ampun kamu kebanyakan baca cerita horor segala hehehe, btw yg lagi komentar mmg keren ??? yakin kamu ???? hahahaha

      Delete
  56. keren banget..
    foto2nya bang Wira bikin mupeng banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wira mmg juara kalo urusan foto

      Delete
  57. Air nya sebenin hatiku mas bahahaha
    Pake ban ban unyu pasti enak bnget manja2 haha

    ReplyDelete
  58. ini bukannya pernah jadi destination Terios 7 Wonders yah om???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap tahun 2015 jadi destinasi terios

      Delete
    2. dulu pernah liat di radiooo,,, ehhh di tipi tabung


      harap maklum belum punya tipi plat

      Delete
  59. Airnya bening banget, segeer

    ReplyDelete
  60. subhanallah.. itu tempat cakep banget, pengen kle ke situ :-)

    ReplyDelete
  61. Nah, bng cum nemu aja tmpt kece,
    Itu airnya bening beneeerrrr, ke sini berarti kudu diving ya bang, cakep gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang aja bisa kok, karena air nya jernih jadi keliatan sampai bawah nya

      Delete
  62. Kalau masuknya lompat setinggi itu terus balik ke kapalnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada jalan di samping melewati jalur tertutup jadi kita mesti bisa berenang di bawah batu2

      Delete
  63. Aaaa sirik pingin, mas Toro.. itu cover photonya di Mulut Gua Haji Mangku mirip banget tempat harta Karun di film Fool's Gold.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku film yg mana lagi nich, mesti cek youtube hahaha

      Delete
  64. ya ampun ya ampun ya ampun
    aku lama banget ngga nyentuh aer sebanyak ini
    mana ini bening banget lagi

    ya ampuuuun... #budalberenangkekolam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk main ke derawan, dijamin puassss

      Delete
  65. Wira fotonya juara bener... bikin om Cumi makin jelas terlihat #apanya.... airnya sebening kristal beneran bikin mupeng..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urusan foto mmg wira juara nya haha

      Delete
  66. HUAAA KEREN BANGET! Ternyata Indonesia ada juga Grotta Azzura KW super. Mupeng mau basah-basahan di sana ooom. *berhubung Capri, Italia jauh, ke Gua Haji Mangku aja kali ya hahaha


    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan ke jauhan ke itali, main2 ke kalimantan aja dulu hehehe. Siapa tau ketemu anaconda haha

      Delete
  67. Wuidih ini seger banget kak. Jadi pengen nyebur. kalo soal lompat dari ketinggian sih daku nggak takut ya, masalahnya cuma satu, gak bisa renang muahahahahaha...kalo kesana kudu bawa pelampung bebek kuning bermata lentik yang dijual abang-abang nih kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha pelampung bebek mah buat anak2 yesss. Ntar kamu keliatan manja lho

      Delete
  68. Kapan tuh Bang, nge-explore 40 Gua? 40 Bang, banyaak bgt dah....

    ReplyDelete
  69. asyik bgt ih bisa sering2 ke derawan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut kalo ke derawan lagi haha

      Delete
  70. Mukenya om cumi ngeselin! Uh... Sesudah berenang di Gua Haji Mangku, dipangku Pak Haji, nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak haji nya dah loyo, tak sanggup mengoyang daku hahhaa

      Delete
  71. Seru banget om Cumi. Berenang manjanya ekspresinya dapet. Kalau musim hujan masih jernih juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jernih kok, ini kita datang tiap malam ujan

      Delete
  72. Om, tandanya life jacket oranye atau cowok bersempak oranye?

    Ih bagus gila. Kesononya naik kapal bayar berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sempak orange mah selalu menggoda lho hahaha.
      Kapal nya ambil paket trip aja, bisa dari berau atau tarakan. Untuk trip 4 hari 3 malam all in biasa nya sekitar 2 jutaan

      Delete
  73. itu airnya beneran jernih ya, bisa liat kebawah, ehh ada ikan ga disana bg cumi? atau adanya cumi2, tawarkan rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada ikan kok, air nya payau karena campuran antara asin dan tawar

      Delete
  74. Wah! Asyik banget sih. Mau dong ke Gua Haji Mangku nanti bawa saya ya Mas Cum kalau saya ke sana. Hehehe. Mau pakai celana pendek warna warni. HAHAHAHAHA!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk main ke derawan, kita berenang bersama whale shark + pari manta hehehe

      Delete
  75. Eloknya... Guguran warna warni daun yg membingkai jurang serasa musim gugur ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kayak musim gugur di korea atau jepang yaaa hehehe

      Delete
  76. Airnya jernih banget sumpah, jadi pengen ikut nyeburr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu berani lompat ngak ??? hehehe

      Delete
  77. Wuihh..mupeng lihat semuanya pada ngapung gitu di beningnya air. Dan itu kedalamannya 20-30 meter? Haaa? tidaaaakkkkk.. kolam renang 2 meter aja tenggelam saya T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kamu harus cobain jurus kemeha meha biar ngapung hehehe

      Delete
  78. Airnya sungguh biru sekali!!! Jadi ingin nyelam!
    freddygunawan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mau nyelem kemana ??? aku ikut hehehe

      Delete
  79. gak nahannnn pose2nya mas Cumi ;p

    ReplyDelete
  80. Tempatnya keren bangeeeeet..pengen ikutan nyemplung...

    Btw, kamu kalau ngelamun, ngelamunin apa aja sih ? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti ngelamunin kamu kak :-)

      Delete
  81. melihat aksi nyata Prue yang berani lompat, bikin gerombolan pria mapan tampan rupawan yang awal nya ngak bernyali jadi tertantang manja untuk ikutan lompat masuk ke gua haji mangku #SumpahGara2Prue.

    hahahahaaahaaaaa .. udah ah kamu mah lutuuuu.. *cubit nih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha semua karena prue, jadi dia biang nya hehehe

      Delete
  82. selalu deh ceritanya seru dan nggak jauh dari pantai hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe semoga bisa terus piknik yaaa

      Delete
  83. Breathtaking scenery! Cantik benar disitu.

    ReplyDelete
  84. 20 meter dalamnya? Euuh, ga berani akuuuuuh! Tapi cakep juga pemandangannya. Airnya bening gitu plus ada taburan bunga atau daun ya itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bunga2 nya ini bikin syahdu manja gitu hehehe

      Delete
  85. Prue berenangnya pake sepatu ya. Keren :D Kalau lewat darat jalannya sampe 7 jam. Alamakkk... langsing duluan deh, haha... #OrangMalesJalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pake boties khusus buat diving gitu

      Delete
  86. Cantik warna airnya! But 20meter deep? I tak pandai berenang T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang pake pelampung saja hehehe

      Delete
  87. Cukup satu kata ini, Mazzz... : KEREEEENNNN.... mana daun-daun yang berguguran juga berwarna lagiii :)

    ReplyDelete
  88. Cemburu hatiku baca postingan ini. Cemburu buta melihat airnya yang bening dan cueknya kalian mainan air di goa nya Pak Haji.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau di godain pak mangku ??? yuk ama pak mangku hahaha

      Delete
  89. Hih, bikin mupeng nih pengin ke Derawan sama dipangku pak haji :))
    Kak cum, tapi itu tempatnya kayak singup gitu ya. Duh, opo sih ya singup..semacam rada2 spooky gituh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya singup agak angker yaaaa, aura nya mmg terasa gimana gitu

      Delete
  90. Anjay!

    Sudah lama nggak berenang. Pengen berenang di alam bebas!

    ReplyDelete
  91. gayaaaaeeee om kayak marlyn Monroe dikibasin roknya....

    Selalu manjaaaahhhhh


    Itu kayak tengah utan om ya? Nemu makhluk astral lain tak?

    ReplyDelete
  92. Hahahaha iya juga sih, kalo ngeliat goanya gitu. Makin nyelam ke dalam, orasaan makin parno deh. Kali2 ada mantan muncul *eh monster :))))

    ReplyDelete
  93. love to try it as well! Cakep ya goanya...and soooo clean and pristine!

    ReplyDelete
  94. duh manja ya pose kamu... tapi tetap kak prue juaranya dan wira yang fotoin :p

    ReplyDelete
  95. perjuangan kesananya sebanding, gila itu air jernih sekaliiiii

    ReplyDelete
  96. aseli cemen klo om cum emank gak berani lompat disitu.. bedewei pas kita mau lompat kok bisa kyak tinggi banget yah om cum, eeh pas udah jebur trus liat keatas kok kyak cetek yah, aneh... hihihi...

    ReplyDelete
  97. gilee keren bingittt tempatnya .. bener unik ..
    akhirnya masCum buktiin bukan cowo cemen .. hahaha

    ReplyDelete
  98. Aku pas baca tulisan ini malah membayangkan airnya akan dingin banget. Tapi kayaknya seru yaa walaupun rada dalam. Airnya jernih banget.

    ReplyDelete
  99. aku baru dengar dan ngggak familier, mungkin karena aku juga kurang jalan jauh ke sana-sana *halah . itu kalau ramean seru tapi kalau sendirian kok kayaknya serem ya, bisa ngilang di sana teerus ga ketemu *ya ngapain juga sendirian un

    ReplyDelete

NB : Komen diatas 200 akan ke gulung secara otomatis tapi tetap tersimpan, untuk membacanya silahkan klik "LOAD MORE" sampai prosesnya selesai maka akan terlihat semua komen.

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com