Makin BerJAYA di Taman Nasional Komodo

Pulau_Padar_Komodo
Senyum Manisku Di Puncak Pulau Padar Berkah Dari Sinyal Kencang Bisa Eksis
Taman Nasional Komodo Flores - Kembali lagi ke timur, kembali lagi melihat keindahan alam, budaya dan kearifan lokal Indonesia dari timur #SelaluJatuhHatiDenganTimur. Indonesia itu indah dan ingin segera kukabarkan pada dunia secara Live tanpa Delay #HalahMaksa #WajibAdaSinyal kalo gw sedang menikmati serpihan - serpihan Kebesaran Karunia Allah dari Timur Indonesia #JanganLupaBersyukur. Setelah menempuh penerbangan selama 1 jam 40 menit dari Bandarai Ngurah Rai Denpasar, akhir nya pesawat ATR 72 - 500 mendarat di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo #Alhamdulillah disambut cuaca cerah panas menggoda Saatnya Berjemur Saatnya Liburan dan Saatnya #BikinKerenIndonesia.

Begitu kaki melangkah memasuki ruang tunggu kedatangan untuk mengambil antrian bagasi, langsung cusss menyalakan smartphone #PlissJanganKecewakanSinyalku dan mendapatkan kenyataan kalo sidebar sinyal Telkomsel menyala dengan garang nya dijaringan 4G #Alhamdulillah, berkah banget kalo liburan di pelosok daerah trus tetep bisa upload pamer - pamer foto & video manja di social media #AnaknyaSukaCongkak #DemenPamerTipisTipis. Eitsss tapi apakah nanti saat hopping island mengarungi lautan di Taman Nasional Komodo juga akan berjaya tegak menjulang ??? Mari kita buktikan ....
Live_On_Board_Labuan_Bajo_Komodo
Live On Board (LOB) Dengan Kapal Aqua Luna Selini
Live_On_Board_Labuan_Bajo_Komodo
Santai Menikmati Sore Dari Taman Nasional Komodo
Liburan kali ini untuk #BikinKerenIndonesia bareng 7 manusia yang otak nya agak gesrek #TapiBikinBahagia yaitu ada Barry Kusuma, Susan PergiDulu, Iphann, Gria, Putri Pudel & Tinae Denae (Guide wanita paling pemes aka famous se labuan bajo yang menemani kita selama di flores). Kami akan melakukan perjalanan selama 5 hari yang terbagi menjadi 2 bagian, yaitu Live On Board (LOB) di Taman Nasional Komodo selama 2 hari 1 malam dan Road Trip Perjalanan Darat dari Labuan Bajo sampai Ruteng. Selama road trip akan singgah di beberapa destinasi antara lain ke Air Terjun Cunca Rami, Desa Adat Todo dan Persawahan Laba - Laba Cancar #IndonesiaItuIndah. Tapi kali ini, gw mau cerita manja tentang seru nya LOB di Taman Nasional Komodo nya saja yessss #JanganNgiri #JanganSirik.

Selama 2 hari 1 malam (2D1N) diatas kapal, kita sempat mengunjungi 5 spot menggelora yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Jadi kemana saja kita selama LOB di Komodo ??? Simak yesssssss #MataMelotot.

Pulau Kalong
Pulau_Kalong_Komodo
Langsung Bisa LIVE InstaStory Karena Sinyal Telkomsel 4G
Kenapa di namakan pulau kalong ??? Karena di pulau ini banyak banget terdapat kalong atau kelelawar dan kita bisa menyaksikan ribuan kalong terbang meninggalkan sarang nya menuju pulau - pulau lain disekitaran nya untuk mencari makanan buah – buahan #HidupPenuhPerjuangan. Para kalong ini terbang secara bersama – sama saat matahari mulai tenggelam dan langit tampak cantik kemerahan, mereka akan kembali lagi kesarang nya menjelang subuh sebelum matahari menyingsing.
Pulau_Kalong_Komodo_Flores
Obrolan Manja Bareng Susan PergiDulu Sambil Menunggu Atraksi Kalong Berterbangan
Pulau_Kalong_Komodo_Flores
Menanti Senja Di Pulau Kalong
Kapal Aqua Luna Selini yang kita gunakan untuk LOB, sudah berhenti di perairan pulau kalong sejak 45 menit yang lalu, kami santai – santai menikmati sore yang manja ini sambil ngobrol ngalor ngidul di depan anjungan kapal sambil mengamati pergerakan yg terjadi di pulau kalong #MemantauKelelawar. Tepat pukul 18.15 ribuan kelelawar mulai terbang satu persatu meninggalkan pulau ini, gilaaaa keren banget dan atraksi ini berlangsung selama hampir 1 jam an #LangitCantikKemerahan #KelelawarManja.
Pulau_Kalong_Flores_Komodo
Ribuan Kelelawar Yang Terbang Meninggalkan Pulau Kalong
Pulau_Kalong
Saat Malam Di Temani Semilir Angin Dan Obrolan Dengan Para ABK Kapal
Malam ini kapal sengaja sandar di perairan pulau kalong karena arus dan ombak nya cukup tenang, kita bakal bobo manja dalam kapal (Kapalnya lumayan gede dengan 5 kamar tidur ber AC). Sekitar pukul 22.30 Wita terdengar suara ketawa cekikikan dari buritan kapal yang posisi nya pas diatas kamar yang gw pake, padahal gw tau temen – temen sudah masuk kamar masing – masing #MulaiPenasaran #TakutKuntilanakPulau. Dari pada penasaran mati tertidur #ApaanSech, akhirnya kuputuskan keluar kamar dan menuju bagian depan kapal.

Ternyata salah seorang ABK kapal yang bernama Pak Syafrullah sedang telponan dengan keluarga nya yang tinggal di Bima #TetapBerkabar. Akhirnyalah gw ngobrol dengan para ABK ini (Achong, Igun, Ikhsan & Pak Syafrullah ... Mereka semua berasal dari Bima NTB, dulu nya berprofesi sebagai nelayan. 3 tahun lalu merantau ke labuan bajo dan menjadi ABK Kapal). Para anak buah kapal ini merasa bisa bekerja tenang karena bisa memberi kabar setiap hari pada anak istri nya di kampung halaman nya meskipun berada di tengah lautan, semua berkat sinyal TELKOMSEL yang sudah merata di Taman Nasional Komodo #AlhamdulillahBerkahSinyal.

Pulau Padar
Puncak_Pulau_Padar
Puncak Padar Terlihat Begitu Elegan Dengan Pose Manja Cumilebay #BikinKerenIndonesia
Sekitar pukul 03.00 kapal Aqua Luna sudah meninggalkan perairan pulau kalong untuk menuju gili padar, rencana nya kita akan sunrise di Pulau Padar #Bismillah. Deru suara mesin akhir nya membangunkan ku dan berjalan menuju ruang nahkoda untuk bertanya berapa lama perjalanan menuju padar ??? Dan sang kapten cuman menjawab sambil senyum “Masih lama mas, 2 jam lagi jadi mending lanjut tidur”.
Pulau Padar ini mulai naik daun sejak 2014, saat beberapa foto mulai bertebaran eksis di berbagai media social terutama instagram #IGmemangRacun. Kecantikan pemandangan dari atas bukit nya sangat JUARA, kita bisa melihat 8 cekungan pantai yang sangat elok degradasi antara warna putih dan pink #SeriusKeren.
Gili_Padar
Mulai Mendaki Bukit Padar
Gili_Padar_Bikin_Keren_Indonesia
Selalu Jatuh Hati Dengan Panorama Gili Padar
Teringat kembali 2 tahun lalu, tepatnya pada Maret 2014 ... Gw ikhlas kembali lagi ke Taman Nasional Komodo untuk ke 2x nya hanya untuk menjenguk GILI PADAR yang lagi MERANGSANG MENGGELORA Manja (Pertama kali ke TN. Komodo Mei 2009 hanya sempat mengunjungi Pulau Kelor, Pulau Kanawa, Pulau Komodo & Pink Beach). Tapi ada kejadian ngak mengenakan alias malang tak dapat di tolak tapi bahagia akhir nya datang juga karena Semua Indah Pada Waktu Nya, waktu itu sang kapten dengan lantang nya teriak :

“Kita sudah di perairan padar, tapi sandarnya kapal di mana untuk dapat foto seperti di gambar nya mas cumi ????” ucap kapten polos.
“Serius kapten ngak tau, lokasi foto ini !!!!” jawab gw lemes dan serasa nya dunia mau runtuh.
“Kep, plaese antar kita ke bukit padar. Kami datang jauh – jauh hanya mau foto eksis disana” Harga diriku mulai runtuh mengemis pada sang kapten.
Pulau_Padar_Taman_Nasional_Komodo
Padang Savana Di Pulau Padar
Terombang – ambing diantara deras nya arus dan ombak di perairan padar membuat bete dan rasa nya mau nanggis jerit2 manja, tapi akhirnya muncul secercah harapan karena Sinyal Telkomsel masih berdiri tegak meskipun hanya bisa buat telp tanpa ada jaringan data #IniBerkah #HarusDisyukuri. Sang Kapten telp ke temen nya Bro, ini padar buang jangkarnya sebelah mana ??? di belokan terakhir ada batu gede atau gimana ???”. Dan alhamdulillah berkat bisikan temen kapten via telp itu akhir nya sukses menemukan puncak padar pada maret 2014 #SujudSyukur

Dan kedatangan kali ini di 2016 sudah bisa pamer manja dengan LIVE Instastory karena dari atas Puncak Padar Sinyal Telkomsel sudah 4G itu berarti jaringan data nya bisa di gunakan buat eksis #AlhamdulillahBerkahSiMerah bisa langsung #BikinKerenIndonesia mengabarkan keseluruh dunia kalo Indonesia Memang Keren.

Pulau Komodo
Taman_Nasional_Komodo_Flores
Menikmati TN. Komodo Bareng Susan PergiDulu, Pudel, Gria, Iphann, Barry Kusuma
Kapal kita akhir nya merapat di dermaga Pulau Komodo, kita bakal bermanin manja bareng komodo – komodo dragon ini #DuchSenangnya. Untuk bisa melihat keganasan para komodo, kita bakal diajak trekking menjelajah bukit dan lembah #Lebay, ada beberapa pilihan jalur nya, mulai jalur pendek menengah atau panjang silahkan pilih #AkuMemilihSetia

Tapi karena aku ngak mau lelah dan ngak mau ketipu lagi #SudahPernahKeKomodo, maka gw pilih NGAK Trekking #LaluDiGampar. Bersadarkan pengalaman trekking kedatangan sebelum nya, selama trekking tidak kita jumpai para komodo #LelahDoang dan para komodo ini banyak di jumpai di DAPUR, jadi cuman jalan kaki 2 menit dari dermaga juga bakal ngeliat komodo – komodo ini bermalas – malasan #CumilebayJugaLagiMalas.
Foto_Bareng_Komodo
Foto Wajib Kalo Ke Taman Nasional Komodo #BikinKerenIndonesia
Pulau_Komodo_Labuan_Bajo
Menikmati Panasnya Dermaga Pulau Komodo 
Karena sinyal Telkomsel kenceng banget di Pulau Komodo (Ada BTS berdiri Manja di Bukit Pulau Komodo), akhir nya gw cuman santai dan sempetin cek email karena mesti ada yang beresin beberapa kerjaan secara online #LiburanSambilKerja. Ada yang tau berapa total jumlah keseluruhan komodo yang terdapat di Taman Nasional Komodo ??? Nich gw kasih jawaban nya #BakalMunculDiUAN kalo di hitung berdasarkan hasil survey pemetaan, total nya sekitar 3023 ekor yang terbagi di 5 pulau, yaitu Pulau Komodo 1377 Ekor, Pulau Rinca 1543 Ekor, Gili Motang 59 Ekor, Nusa Kode 41 Ekor dan Pulau Padar 3 Ekor.

Pulau Mauwang
Pulau_Mauwang_Komodo_Labuan_Bajo
Pulau Mauwang  ... Sepi Dan Masih Terlihat Berwarna Pink
Niat nya selepas dari melihat komodo, kita akan berjemur di PINK Beach tapi menerima kenyataan kalo pink beach rame banget kayak cendol banyak kapal sandar #Sedih trus warna pasir yang ke pink - pink an nya ngak keliatan nyata karena lebih terlihat berpasir putih #DuchPinkBerubah. Akhir nya rubah haluan, sang guide cantik tinae langsung berfikir mencari alternatif dan memutuskan ke Pulau Mauwang saja yang jarak nya sekitar 1 jam dari pink beach #MariSelonjorLagi. Dan pilihan tinae tidak salah, di mauwang masih sepi dan pasir nya begitu nyata berwarna pink #BikinKerenIndonesia

Di Pulau Mauwang kami cuman santai – santai berjemur dan main air #BukanMainSabun. Sempet juga snorkling melihat keindahan bawah lautnya yang masih OK lah yaaa, dan kejutan muncul karena berpapasan dengan seekor manta, duch beruntung sekali karena memang lokasi Pulau Mauwang ini diseputaran manta point, eh kami juga berjumpa 2 kapal yang sedang menunggu para divers menikmati liarnya arus & karang - karang pulau mauwang #AlhamdulillahBerkah.
Pulau_Mauwang_Flores
Panasnya JUARA Tapi Bisa #BikinKerenIndonesia 
Pulau_Mauwang_Flores_Komodo
Menggila Bersama TINAE DENAE - Ketika Kulit Terbakar Panas Akan Terlihat Makin Manja
Ngomongin soal guide yang menemani kita selama di Flores ini sangat membuat gw geleng - geleng kepala tertakjub - takjub penuh kejutan #BikinKerenIndonesia. TINAE MANDAE gadis BATAK ini NEKAT merantau mengejar cita2 nya dengan kuliah di Universitas Nusa Cendana Kupang #JauhDariIbuKota #JadiAnakGaulKupang. Lalu dari lubuk hati nya merasa jatuh cinta & jatuh body dengan Indonesia Timur, selepas wisuda dengan modal seadannya memutuskan untuk berjalan selama setahun menyusuri Nusa Tenggara Timur yang luasnya 48.718 Km². Mulai dari rote, kupang, timor, alor, lembata, sumba dll, dan akhirnya terdampar untuk tinggal sementara di labuan bajo sebagai guide paling cantik & seksi untuk trip - trip seputaran Flores.  #AkuPadamuTinae.
Pulau_Mauwang
TINAE DENAE Dalam Lamunan nya Menuju Pulau Mauwang 
"Hidup Akan Jadi Simple Selama Ada Sinyal"
Dalam obrolan singkat sempet gw tanya "Kau tak rindu keluargamu ??? Bagaimana keluargamu bisa melihatmu bahagia nan jauh disini ???" dan ternyata dia memaknai hidup ini dengan simpel tanpa berbelit - belit "Selama masih ada sinyal telekomunikasi, aku bisa video call dan update foto/video di Instagram maupun facebook. Mereka bisa melihat disana kalo aku bahagia dengan perjalanan ku" .... Ah Pokoknya Love Love Tinae, mau kemana lagi setelah Nusa Tenggara Timur ??? Aku menanti ceritamu selanjutnya

Pulau 9
Pulau_9_Komodo_Ubur_Ubur_Tak_Menyengat
Jangan Pernah Ganggu Mereka - Keep Calm & Stay Cool
"Kita masih punya waktu sekitar 1 jam an sebelum balik ke pelabuhan, gimana kalo ke pulau 9 ??? Pada Mau Kagak" Ucap Tinae Denae #MenambahKejutan.
"What !!! Serius masih keburu ke pulau 9 ??? Yakin keburu ??? Memang Ngak Jauh ??? Gw Mau Banget" saut gw kepo dan penasaran.

Gila gila gila ini pulau sembilan ngak ada dalam itinerary, tapi tinae bisa membawa kesana #KamuHebatTinae #DiluarEkspektasi. Pulau 9 atau asli nya bernama Pulau Mangiatan ini lagi NGEHITS naik daun banget, baru di explore sekitar akhir 2015 dan 2016 ini masih jarang yang kesana #DuchSenangnya. Apa yang menarik dari Pulau 9 ??? Pasti nya karena di Pulau Sembilan memiliki danau yang ada ubur - ubur tak menyengat (Sembilan Island Lake) seperti yang ada di Kakaban, Togean ataupun Misool.
Jika Dilihat Dari Udara Bentuknya Seperti Angka 9
Foto : IG @Paramiswari 
Pulau_Sembilan_Komodo_Labuan_Bajo
Bentuk Danau Pulau Sembilan
Pulau 9 kalo diliat dari atas mengunakan drone berbentuk seperti angka 9 yang terdiri dari serpihan – serpihan karang mati yang mengunung dan di tengah nya terdapat kolam semacam danau, nah di danau inilah ada ribuan ubur – ubur yang terperangkap dan akhir nya tidak menyengat karena berevolusi #EvolusiCumilebayJadiGanteng. Yang menarik dari ubur – ubur pulau 9 ini adalah sebagian dari mereka, kaki tentakel nya berwarna biru menyala seperti blue fire #SungguhCantik.
Ubur_Ubur_Pulau_Sembilan
Sebagian Besar Ubur- Ubur nya Berada Didasar Danau
Ubur_Ubur_Tak_Menyengat_Pulau_9
Ubur - Ubur Tak Menyengat Di Pulau 9
Danau yang ada di Pulau 9 ini lumayan dangkal dengan tumbuhan lumut dan ubur – ubur yang bertebaran di dasar danau, usahakan tidak menganggu mereka atau tidak mencolek – colek seperti godain cewek bohay #Halah. Kalo kalian ngak jago2 banget snorkling nya, mending melihat dari pinggiran danau saja, karena sekali gerakan saja bisa membuat lumut dan ubur – ubur bergerak naik keatas dan itu menganggu kehidupan mereka #SokBijak.
__________________________________________________________________________
Taman_Nasional_Komodo
Perjalanan #BikinKerenIndonesia Di TN. Komodo Berakhir - Kita Lanjutkan Ke Ruteng Flores
Pulau Sembilang merupakan persinggahan terakhir LOB selama 2D1N (2 Hari 1 Malam) di TN. Komodo. Ahhhhhhhh kenapa LOB ini mesti berakhir, ngak ikhlas buat kembali kedarat karena masih mau berlama - lama di TN. Komodo #BelumPuasNarsis. Tapi ya udahlah ... Taman Nasional Komodo sudah banyak berubah jadi lebih manja lebih bisa bikin eksis setiap saat, dari sepanjang perjalanan trip 2D1N hampir keseluruhan nya hanya sinyal TELKOMSEL yang berjaya meskipun tidak semua area di cover jaringan 4G tapi teteplah masih bisa eksis berkoar kesanak sodara & sosial media kalo kita sedang berlibur #IniPenting #BikinKerenIndonesia #PamerCongkak
#BikinKerenIndonesia
Bahagiaku Sangat Sederhana - Saat Sinyal Telp Berjaya Dan Bisa Berkabar Keseluruh Dunia
Kalo mengungkit mengingat luka lama, jadi terkenang kedatangan pertama ke komodo tahun 2009, saat itu sinyal masih seupil, untuk sms atau telp aja mesti jungkir balik #ButuhPerjuangan. Dulu untuk menghubungi trip operator di labuan bajo hanya sekedar tanya harga, cuaca dsb perlu berkali - kali mencoba telp atau mesti sms dulu #KadangKaesangSampaiLelah, kalo sudah ada delivery report sms maka langsung cusss telp karena itu tanda nya sinyal lagi bagus di labuan bajo #DuchSusahnya #KomunikasiTerhambat #RejekiTerkatungKatung

Menikmati Taman Nasional Komodo paling enak atau normal nya sech dengan trip 3 hari 2 malam Live On Board diatas kapal, jadi kita bisa dapat banyak spot destinasi kece lain seperti Pulau Kelor, Pulau Rinca, Gili Lawa, Pulau Kanawa, Pulau Bidadari, Pulau Sebayur, Pink Beach, Manta Point dll ..... Yuk Mari Kita #BikinKerenIndonesia.

329 comments:

  1. sungguh, pengen ke pulau padarnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. berangkat kak ... disana bisa langsung eksis

      Delete
  2. Ya ampuuun, manjua banget. Cek celengan gajah ajak anak aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bawa anak istri trus nikmati manja nya diatas kapal pasti seru

      Delete
  3. Tetap pakai kancut yaah... Hahahaha

    Eeh... pertama komentar nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeh.. gak pertama dink...

      Delete
    2. Kancut selalu hadir kalo di pantai hehehe, iya kamu telat komen nya hehehe

      Delete
  4. Ah, jadi pengen ke Komodo lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk balik lagi, bisa langsung pamer disana

      Delete
  5. bang cum semakin manja kalau di pante, coba dulu di keraton kancutan doang bang hahaha...wani??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kalo di keraton pake kancut, ntar gw bisa di kutuk ama ratu kidul hehehe

      Delete
  6. Aku pernah ke pulau kalong itu waktu kecil. Sebelum sekolah, sama bapak. Pulaunya surem dan kata bapak ada penunggunya 🙈🙈🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ngapain ke pulau kalong ??? main ama kalong yaaa hehehe

      Delete
    2. Iya, tapi kalongnya gamau diajak maen. Haha

      Delete
  7. Anonymous11:16:00

    Kamu fenomenal, kemanapun berkancut dan eksis ya masss

    ReplyDelete
  8. Wakkkssss ... ada yang baru! blm pernah ke pulau sembilan ama mauwang!
    Btw, kaak, celdamnya edisi baru ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sembilan dan mauwang nya aku juga baru kesana
      Kalo kancut harus selalu edisi baru kan :-)

      Delete
  9. Widdddiiihhh naik kelas mulu nih tripnya kaya telkomsel aja makin lama makin cihuuiii manjahhhh...

    Pasti pertama ke komodo naik kapal nelayan komunikasi pas di bajonya aja, yg kedua udah bisa eksis dan sekarang tambah eksis dan narsis..
    *cuih najis...hahaha

    Gw juga pake telkomsel dah 10 taonan, jumlah digitnya aja masih 10 dan msh kepala 0811... *PAMER *GA PENTING * FYI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hidup kan harus berubah, dulu pake kapal rakyat jelata trus mesti naik kasta jadi lebih baik.
      Samakan seperti sinyal disana, dulu nya kacrut dan sekarang manja 4G.
      Gimana pake telkomsel ???? Puassss kan ????

      Delete
    2. Yang pake kapal rakyat bukan ama kita2 kan ya Mascum :P

      Delete
  10. ku ingin. sungguh ku ingin ke sana. huft. benran ingin.
    btw ya pih, pulau 9 kayak pulau ngurtafur yang di maluku sana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi pulau 9 ini bentuk nya karang bukan pasir

      Delete
  11. Susah pindah ke lain Telkomsel semua keluarga rerata udah gitu, kali beda suka ribet. Review lengkapkap kap Pelangi pelangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya telkomsel juara, telp murah sesama telkomsel dan sinyal manja banget keseluruh indonesia

      Delete
  12. Pasti seru banget nih kalo bisa nikmatin pemandangan dan bisa langsung di share ke sosmed, kayaknya wajib deh pakai Telkomsel biar makin kece liburannya 😄😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telkomsel manja di seluruh pelosok indonesia :-)

      Delete
  13. Om...itu botol ijo sari temulawak yah? #penting
    Pulau 9 klo pasang ilang gak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu temulawak versi labuan bajo, enak bisa bikin merem melek

      Delete
  14. Wah kapalnya keren, pengen :)
    Eh tapi kalau nginep di laut, nggak janji juga, takut lautan daku :))))
    Sudah lama nggak ketemuan sama Mbak Susan, sama Cumi juga deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapal nya manja banget, nginep di laut enak lho, kamar nya pake AC manja trus kapal nya gede hehehe

      Delete
  15. pengen ke Pulau 9, dulu tau dari Trans7, ah ndeso amat aku.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau nya keren lho, dari pecahan karang2 trus ada danau nya yang isi nya ubur2 tak menyengat :-)

      Delete
  16. Pengen kesananaaaaaaaa :'(

    ReplyDelete
  17. Om cumi kapan bikin brand kancut sendiri, aku mau beli, eh laaaaaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan bisa segera rilis yaaaa

      Delete
  18. 4G-nya Telkomsel ganas ya mas ncum disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya disana bisa manja, kalo kita datang yang 2014 dulu kan agak alay2 gitu tapi sekarang berjaya banget

      Delete
  19. Mau banget kesana, kak! Edisi bobo cantik bermalam di lautan ngga bikin masuk angin gitu? Hahahaha.. nyetok tolak angin banyak2 :p. Aku mupeng pingin liat ubur-uburnya yang ga nyengat itu :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bobo nya kan dalam kapal pake ac lho jadi aman jaya

      Delete
  20. Ah mupeng aku om lihat postingan ini.. *nabung" ah buat piknik ksini

    ReplyDelete
  21. Weh mantap nih. salah satu tempat tujuan yang ada dalam list
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah segera berangkat kesana

      Delete
  22. Oh ya ampun baca tulisan ini aku jadi rindu berpanas-panasan! Sisa tanning ku hilang setelah 2 minggu balik ke Bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk piknik manja bersama, semoga kita ada rejeki bersama yaaa

      Delete
  23. meskipun terombang-ambing tapi sinyal telkomsel tetap tegar bagaikan karang ya ...
    *ajak aku terombang-ambing papi ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sinyal nya manja jadi bisa eksis
      Jadi kita mau terombang ambing kemana ??? piknik yuk

      Delete
  24. Sempet pake Telkomsel yg Pascabayar, sinyal-nya ok bgt meski pake HP Nokia Jadul ckckckck..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mmg pake kartu apa ??? kalo piknik ke pelosok ntar susah lho kalo pake yg lain hahaha

      Delete
  25. Huaa Telkomsel emang juara banget deh. Suamiku waktu survey ke lokasi2 antah berantah yang susah dicari di peta udah buktiin kalo sinyalnya emang top. Apalagi kalo liburan, dijamin tetep bisa eksis manja ya Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, aku ngak nyangka di tengah laut bisa 4G jadi seneng bisa instagramstory hehehe

      Delete
  26. Pakai Telkomsel ngk pernah galau. Pengalaman pribadi, wkt ke flores 2009 telkomsel adalah jaringan yg paling ampuh. Apalagi sekarang makin berjaya, jadi bisa terus eksis selama perjalanan ke timur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang jaringan data nya juga manja banget jadi bisa makin eksis

      Delete
  27. Jadi si merah sekarang sudah 4G di sana. Josss, kali aja tempatku juga dibikin 4g hahahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di bajo udah 4g.
      Jadi tempat kamu yg mana ??? karimun ???? beres ntar di 4G in yaaa hahaha

      Delete
    2. Kalau di Karimun 4G aku mau buka Kedai Kopi, om hahahhaha

      Delete
  28. woo...maksimal pamer auratnya..hhahhaha *laludilemparkarang
    si merah tetap melaju dengan 4G nyaa yaa..makin maksimal pamer foto di sosmed :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan 4G maka aku bisa pamer kancut makin manja hahaha

      Delete
  29. Kapan dong jalan sama aku nya bareng TELKOMSEL biar heits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kan kita mau piknik manja, disana nanti jaringan telkomsel juga dah hitss lho

      Delete
  30. Wah keren pulau sembilan nya ya. Kek gini bikin mupeng nih kesana. Tapi masih fakir#nyelenginkoinlagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat berangkat hahaha ... aku doain segera cuss berangkat

      Delete
  31. Termupeng-mupeng sangat dengan cerita kak cumi, aaaahhh seandainya ada pintu kemana saja, tinggal bukak trus bisa liat keindahan di atas pulau-pulau itu. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kalo punya pintu doraemon mah enak banget yaaa

      Delete
  32. Ngiler liat perjalanan mas Cum kali ini. Pemandangannya juara semua. Salut buat Telkomsel sebagai sponsor, walau dimiliki singtel tapi masih peduli.

    Kalong beda dengan kelelawar walau tergolong dalam marga Pteropus familia Pteropodidae.Kalong merujuk pada kelelawar pemakan buah yang berukuran besar. Kalong tidur bergelantungan dipohon besar. Kalo kelelawar tidur di goa-goa atau tempat tersembunyi.

    Nih ada kelelawar menggantung, :)
    https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/37/Pteropus_alecto.jpg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah uda nich selalu kritis hehehe, aku makasih banget udah di koreksi. Langsung dech kelelawarnya aku hapus hahaha.
      Makasih sangat uda #loveLove

      Delete
  33. mw lah kesana kak cumiii

    ReplyDelete
  34. Kapan yaaa bisa ke Padar, Komodo dsb?? traktir aku trip ke sana kakk...

    *btw, itu fotonya sotoshop ya, dipakein celana?? #ngakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss foto nya manja kan, biar pake celana tapi tetep ganteng hua hua hua

      Delete
  35. Kalo di Menteng Atas komodonya ada 1, suka kancutan ya kak..? 😂😂

    ReplyDelete
  36. Awww.... keren sekali MasCum tempatnya...
    Itu komodo gede banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah bisa sgera berangkat

      Delete
  37. Mantap banget Mas Cum, perjalanannya dan pelayanan selama perjalanan benar-benar memanjakan, ya. Jadi bisa sepenuh-penuhnya menikmati gugusan pulau di TN Pulau Komodo ini. Saya mupeng euy dengan malam-malam tidur di kapal sambil melihat bintang dan bulan, keren banget dan mungkin saya bisa tidak tidur semalaman sambil menghitung rasi bintang, haha. Betapa murah hatinya Tuhan memberi begitu banyak anugerah bagi Indonesia. Semoga bisa tetap bertahan sampai akhir zaman, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo sudah tau total jumlah bintang nya, kasih tau yaaa hahaha.
      Semoga rakyat dan bangsa ini bisa menjaga anugrah dari Tuhan untuk indonesia ini yaaa

      Delete
  38. Replies
    1. Kalo cumilebay nya ganteng maximal yaaa

      Delete
  39. Mau kak cum diajak jalan-jalan manja sama kak cum lagih~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk.sini ... Kan kamu mau ke jepang bulan depan hehehe

      Delete
  40. Ihiiiyy.. Mas Cumi ke Pulau Sembilan! Gimana rasanya naik ke Padar pake tangga? Masih kebayang naek 3 tanjakan mau mati sblm ada tangga kayu. Hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh gw 2x ke padar mah santai banget lho, lebih ngos2an ke gili laba haha

      Delete
  41. akhirnya, foto kancut bertebaran juga di Flores yaa. hehe.
    Om doain dong, aku pengen banget ke Padar. belum pernah nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doaku menyertaimu semoga segera cusss kesana

      Delete
    2. aamiin om. km sudah sering ke sini kan. kalau lain kli ada jatah ke sini. boleh aku gantiin? wkwk

      Delete
  42. Indonesia timur mah terbaikklaah mas👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu jatuh hati sama indonesia timur

      Delete
  43. kunjungan ke timur untuk kesekian kalinya dan nggak bikin bosen ya Kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timur itu indah jd ngak pernah bosen

      Delete
  44. beda kelas perjalanan kita, om

    apalah daya saya yang cuma bisa pakai kapal open deck dan menginap di kampung komodo, gag kayak om cumi, hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kamu bisa kembali lagi dengan kapal yang lebih manja yesss. Doaku menyertaimu

      Delete
  45. kakcum seriusan ini Padar yang baru pergi kemarin? gue baru ke sana akhir November lagi cokelat-cokelatnya. cepet banget udah ijo seger lagi. cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ini 17 desember lho, padahal aku pengen liat lagi gersang tp dapat nya ijo lagi #BersyukurAjaAh

      Delete
  46. huaaa telkomsel memang juara yeee
    ak juga pake
    di lombok maknyuss dah
    wuss wuss wuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap selama di NTT nyaman banget dan manja sinyal berjaya

      Delete
  47. Nusa tenggara Timur memang cakep, pingin overland journey sampi ujung timur tapi kok belum dapat izin.melas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pengen banget overland ke NTT, ntar ajak aku yessss hahaha

      Delete
  48. Cieeeee yang udah tau jumlah komodonyaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya aku tau dengan pasti nya

      Delete
  49. Emang sinyal Telkomsel sudah dibuktikan keganasannya seganas komodo ya.
    Dan akhirnya kesampaian juga sudah di data berapa jumlah komodonya.
    Kaget ternyata di Padar juga ada 3 komodo.
    Kalau pas lagi foto2 eksis buat upload di instagram, tiba-tiba komodo muncul gmn tuh? Bisa kucar - kacir peserta trip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah akhir nya bisa nyatet berapa jumlah komodo sebenar nya hahaha

      Delete
  50. Bapakkk, pahanya kemana-mana pakk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kamu suka kan melihat paha2 mulus hua hua

      Delete
  51. Makannya gimana mas selama di kapal?

    Aku gak bisa snorkeling, kalau ke pulau sembilang berarti hanya bisa melihat dari pinggir aja. Tapi boro-boro ke pulau sembilang, ke NTT aja belum pernah, huahua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uh makan nya manja banget, seafood enak kok

      Delete
  52. #BakalMunculDiUAN Hahaha... Jadi sekarang materi ujian bisa dipelajari di blog ya :p

    Haduuuww... Serangkaian pulau-pulau ini manja sekali hitsnya ya. Makin banyak yg share makin menarik hati untuk kesana. Nanti kalau anakku sudah lebih besar ajak main air kesana aaahh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ujian bisa di googling lho hahaha
      Jangan nunggu besar, saat blm 2 th tiket pesawat gratis lho hahaha

      Delete
  53. Anonymous07:05:00

    Tapi telkomsel paket datanya paling mahal dibandingkan pesaingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kan kualitas bagus, ada harga ada rupa

      Delete
  54. Mantaf pisan Kak Cumi ini

    ReplyDelete
  55. Keren banget Om, kalau bawa anak kecil nyaman ngga ya naek kapal beginian? Sapa tau kan ada rejeki juga ajakin Raya kesini :D Amiin!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyaman banget, kapal nya asyik banget lho pake ac dan bisa santai2 perairan nya kan tenang

      Delete
  56. Sesuai dengan namanya, postingannya lebay dan kocak abiss... jadi pengen jalan-jalan ke Pulau KOmodo...aduuh foto dengan komodo gitu,, ngeri ih...

    Salam dari Pengunjung dan pengikut baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir ke mari, semoga betah terlebaykan ahahha
      salam kenal

      Delete
  57. Ah mupeng lihat pulau komodo om.. Kapan y bisa piknik ksana..

    ReplyDelete
  58. Bini gw ngajak ke sini nih bang cum.
    Estimasi abis biasaya buat berdua doang, berapa bang cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut open trip aja, tiket 2,5 pp trus trip nya 2 jutaan jadi yaa 5 juta/orang

      Delete
  59. Luarrrr biasa jaya ya mas Cum :D

    ReplyDelete
  60. Itu mas cum kancutan doang ngga masuk angin mas. Semoga bisa terus manja dan bahagia yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angin nya takut ama kancut gw ahahaha

      Delete
  61. Salut udah sampai flores aja...destinasinya banyak banget yang udah kesampaian. Say apalah..apalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss aku masih banyak yang belum tapi di syukuri aja pelan2 berjalan

      Delete
  62. wah untung dari dulu saya udah pake TELKOMSEL #bukanbuzzer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kalo buzzer di bayar mahal lho hahaha

      Delete
  63. Wajib foto banget kalo ke sana ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak pulang2 kalo disana, setiap spot keren buat foto hehehe

      Delete
  64. Pulau Padar dan Telkomsel 4G, paket komplit ya, kakaa...
    Masuk bucket list nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk disegerakan berangkat, bisa numpang eksis manja disini hahaha

      Delete
  65. Waktu pertama kali ke Sorong juga sinyal telkomsel lumayan kenceng cum, cm pas melintasi lautannya kita selalu girang klo melewati pulau. Jdi inget pengalaman nyebrang dari Makassar ke Sorong 2015 yll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh makassar sorong itu brapa hari kalo naik kapal ???

      Delete
  66. Mannjahh ruarrr biasak yah.... gak ada bosennya buat traveling ke timur sana. View point nya banyak.
    begaya.....cekrek.....upload #jadidehcelebgram
    Signal telkomsel berjaya selalu dipelosok manapun.
    beteweeee...sekarang jumlah komodo berapa mascum? #langsunglelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sekarang sudah tau jumlah komodo nya hahaha

      Delete
  67. Okeh sebagai pengguna Telkomsel sejati aku harus ke Pulau Komodo dan sekitar biar bisa plesiran manja macam om cumi. MUPENG PARAH KAAAAK.. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuss berangkat ... piknik manja disana mah seru banget

      Delete
  68. Telkomsel pancen yahuuud untuk diajak main2 k Komodo ya kak.. dulu 2 tahun lalu aja udah keren sinyalnya pas di sana, apalagi sekarang. Wah tahun depan kudu membuktikan kencengnya sinyal telkomsel di komodo..

    kak cumi g pingin gendong komodo? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nya gendong daffa aja dech hahaha

      Delete
  69. Berarti kalau ke sana bisa lihat komodo langsung dong? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dong, kan komodo nya berkeliaran bebas

      Delete
  70. Bagusss banget poto"nya om cumi. . Jd envy pengen cepet" bsa kesana 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk berangkat ... main ke timur seru lho

      Delete
    2. Kolornya itu yang dimaksud, bukan komodonya.

      Delete
    3. Kolor kolor ku manja banget yaaa

      Delete
  71. Jadi semakin jatuh cinta dengan Indonesia. Jadi pengen mengukirkan jejak ke Taman Nasional Komodo. Harus ini mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah berangkatlah ke timur, ntar aku temenin hahaha

      Delete
  72. Aku focus ke telkomselnya sajalah. Telkomsel memang ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan sinyal merata dimanapun yesss

      Delete
  73. kak, pulau padarnya cantik banget.
    yang poto sama komodo itu juga keren banget, its my desire meet up komodo tapi tabungan masih belum cukup kalo trip kesana. huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain tabungan nya cepet nambah biar cuss berangkat hahaha

      Delete
  74. Semoga tahun depan bisa lihat komodo kayak mas CUm. Aminin ya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien .. Doaku menyertaimu kak

      Delete
  75. Woooww.. bisa nih honeymoon sama pasangan halal (tapi kapan dihalakan?*ooopsss) ke Taman Nasional Pulau Komodo...

    ReplyDelete
  76. jadi kalau mau ke Komodo bawa Telkomsel aja. jalan-jalan di alam liar masih rajin ngesocmed ihiiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap telkomsel sinyal nya ampe penjuru tanah air

      Delete
  77. oh yes, pebruarih Babang mau liburan manjah kesana 👙👙👙

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah beli tiket blm ?? Kalo blm, mending jangan feb karena cuaca selalu jelek disana bulan2 itu

      Delete
  78. Cumi, cuma bisa mikir, kapan bisa jalan-jalan kaya Cumi, ah menghayal nih gue, pengen sih! Yah bolak-balik baca ini post jd tambah kebelet hehe, maksd gue kebelet buka celengan
    😂😂👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan kebelet kawin yaaaa hahaha

      Delete
  79. Om Cumi kok seru bangeetttttt... baguss... indah banget, kapan ya aku kesana heheheh

    ReplyDelete
  80. bikin trip LOB ke komodo pliiiiss, nanti aku sama mas bebeb ikut dehhh yayaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap siap aku bikin trip nya yaaa

      Delete
  81. Replies
    1. Jangan di pegang bahaya, foto aja yg manja hahhaa

      Delete
  82. Bagus banget pemandangannya mas cumi lebay,..... gila kapan sy bisa kesitu yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga ada rejeki kesana

      Delete
  83. Aaakkkk akhirnya tulisannya udah jadi. Keren banget kak ya ampun :(
    Aku mau dong dikabarin kalau ada trip kesanaaa.... Belum pernah ke Pulau Komodo :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kita jalan2 manja bersama haha

      Delete
  84. Masha Allah...alangkah indahnya Indonesia, semoga bisa dirawat dengan baik..eh, Om cumi..apa ga masuk angin seharian di udara terbuka..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angin nya udah takut ama cumilebay hahaha

      Delete
  85. om sedia tolak angin berapa om xD
    pemandangane bagussssss banget..blm pernah kesana huhu..walau aku selalu lost fokus kalau liat foto cawetan wkwkwkwk *maafin aim ya Allah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolak angin 1 indomarxx di bawah semua biar kuat hahaha

      Delete
  86. waaahhh... asiknya tetep bisa eksis pamer2 di sosial media biar lagi di tengah laut.. keren..
    pokoknya aku harus bisa kesini lagi, LOP 3d2n biar puas foto2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk balik komodo, LOB 4 hari 3 malam juga makin manja makin puassss :)

      Delete
  87. mantep buat poto poto haha

    ReplyDelete
  88. keren banget mas cumi....

    ReplyDelete
  89. ya ampyuuun sumpah, ngiri nganan ngiri sayaaah...
    ihhh semoga bs ke sana dan putu2 lalu pamer2 kayak om cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... Bismillah ada rejeki nya buat kesana yaaa

      Delete
  90. Anonymous18:20:00

    Mevvah yoo

    ReplyDelete
  91. Indonesia memang penuh dengan nuansa keindahan alam, kapan ya aku bisa sampai ketempat ini.

    ReplyDelete
  92. Bahkan kapten kapalnya sampai panik ya. Wahahaha. Syukurnya ada sinyal buat nelepon. Ntap!

    Hm... gue kok ngeri ya lihat foto sedekat itu sama komodo. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untung ada sinyal di tengah laut

      Delete
    2. Etapi bener Kak , Telkomsel memang #BikinKerenIndonesia , kemampuan di Indonesia, provider andalan selalu Telkomsel karena sinyalnya selalu ada. Setia, tak hanya janji.

      Aduh kepengen naik kapal tamasya kayak Kak Cumi deh, apalagi Pulau Sembilan, Baru denger. Semoga 2017 terwujud #aiptripnya amin

      Delete
    3. Doaku menyertaimu, smeoga bisa segera cuss kesana yaaaa

      Delete
  93. aaaaak semoga aku segera menginjakan kaki di pulau padar kaya mas cum yang udh khatam bolak balik komodo... ngomong ngomong itu telkomsel emang juara banget dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sinyal nya 4G begitu mendarat di bandara komodo trus selama keliling ruteng juga berjaya

      Delete
  94. Untung pulau komodo jauh,
    kalo engga bakal tiap hari kesana :((
    bagus banget ya, iri banget sama lu bang cumi :D

    ReplyDelete
  95. Anonymous13:06:00

    Perjalananmu selalu bikin iri semua :(

    ReplyDelete

NB : Komen diatas 200 akan ke gulung secara otomatis tapi tetap tersimpan, untuk membacanya silahkan klik "LOAD MORE" sampai prosesnya selesai maka akan terlihat semua komen.

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com