Wajah Bahagia Anak - Anak Suku Bajo

Suku+Bajo+Togean
Bercengkrama Bersama Anak - Anak Suku Bajo Pulau Papan Togean
Suku Bajo Pulau Papan Togean - Makna dari sebuah Perjalanan Tak Berujung versi cumilebay terletak bukan dari cantik nya sebuah destinasi atau tempat tujuan #LagiBener. Tapi arti perjalanan sesungguhnya adalah bagaimana kita berbagi dengan sesama, mensyukuri setiap peluh keringat yg jatuh, belajar kesederhanaan kejujuran tanggung jawab dan pastinya banyak belajar ttg arti sebuah kehidupan dengan penduduk lokal disuatu tempat yang kita kunjungi #KearifanLokal

Kalo hidup kita lebih baik berarti kita mesti banyak bersyukur, kalo mereka lebih beruntung maka kita mesti bekerja keras lagi #EpisodeBener. Perjalanan manja cumilebay bareng Om Tije Tukang Jalan kali ini merapat ke sebuah pulau kecil di seputaran Kepulaun Togean Sulawesi Tengah, yaaa kita berada di Pulau Papan atau Desa Papan tempat masyarakat bajo tinggal #GipsiLaut.
Pulau+Papan+Kepulauan+Togean
Merapat Di Pulau Papan Togean
Suku+Bajo+Togean
Rumah Suku Bajo Mengapung Diatas Air
Sore menjelang dan matahari sudah hampir meninggalkan peraduan, kami akhirnya merapat pada sebuah dermaga kayu Pulau Papan Kecamatan Walea Kepulauan Kabupaten Tojo Una Una Togean, pulau ini diisi sekitar 162 Kepala Keluarga yg terdaftar #BerdasarkanSensus. Sebagian ibu - ibu berkumpul melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok dan anak - anak kecil sedang asyik bermain di seputaran dermaga, ada yang mandi jungkir balik dilaut, lari – larian, main gundu, petak umpet dan juga ada yang cuman bengong #PolaTingkahAnak2

Dan tiba – tiba rombongan kami datang, anak – anak tersebut langsung memburu mengerubuti perahu kami, anak2 ini langsung menyambut riang kedatangan artesss ibu kota beserta rombongan Tukang Jalan ... Yaaaa artess paling kesohor seibu kota akhirnya nya turun gunung, dia adalah cumilebay #LaluGwDiSambitDayung. Wajah - wajah bahagia terpancar dengan senyum ramah khas anak2, mereka adalah anak - anak suku bajo. Anak - anak dengan berjuta pesona, anak - anak dengan keriangan, anak - anak dengan kebahagiaan dari hati #OhSenangnyaJadiAnak.
Suku+Bajo+Desa+Papan+Togean
Dermaga Pulau Papan Togean
Pulau+Papan+Togean
Para Mamak Berjualan Di Dermaga Pulau Papan
Sekilas info, banyak yg masih mempertanyakan asal usul dari mana suku bajo atau bajau, tapi kita bikin singkat aja yeee hasil googling menyebutkan kalo nenek moyang mereka berasal dari Kepulauan Sulu Filipina Selatan yang hidup nya nomaden alias berpindah - pindah diatas laut sehingga mendapat julukan gipsi laut

Sejak ratusan tahun lalu gipsi laut aka gypsy sea ini menyebar ke negeri sabah malaysia dan berbagai penjuru Tanah Air Indonesia khususnya di bagian timur, suku bajo lebih dulu hadir di indonesia di bandingkan rumpun bugis yang menganut ajaran islam #MakassarDanSekitarnya. Oh yaaa gw yg artes ibu kota & anak bupati gresik ini pernah singgah berkunjung ke beberapa kampung bajo #IniPengumuman, antara lain di Torosiaje Gorontalo *KlikBacaDisini, Desa Mola Wakatobi, Kampung Bajo Taman Nasional Komodo.
Pulau+Papan+Togean+Sulawesi
Setiap Rumah Dijamin Pasti Punya Perahu - Karna Pencaharian Mereka Adalah Nelayan
Desa+Bajo+Togean
Perkampungan Suku Bajo Pulau Papan - Dilihat Dari Atas Bukit
Jauh2 hari sebelum kami berangkat ke Togean, Om Tije Tukang Jalan selaku operator trip paling kesohor sejagat raya sudah mengingatkan kalo kita akan bermain dengan anak2 suku bajo saat di Togean nanti. Beliau berpesan agar kami saling akur dan mendoakan nya agar arwah nya tenang di sisi Nya AMIEN #IniDoaKematian #SudahLupakan, om tije cuman bilang “Kalo bisa #Wajib bawa cindramata buah tangan atau oleh - oleh buat anak2 disana. Boleh makanan, alat tulis, buku cerita atau apa aja yang bisa kita kasih ke anak – anak suku bajo” #SungguhMuliaHatiOmTije.
Suku+Bajo
Anak2 Suku Bajo Bermain Salto
Mesjid Di Pulau Papan - 100 % Penduduknya Muslim 
Suku+Bajo+Pulau+Papan+Togean
Senyum Bahagia Mereka - Masa Depan Bangsa Indonesia
Kembali lagi ke anak2 suku bajo pulau papan togean, mereka sangat antusias menyambut setiap orang/wisatawan yg datang, desa mereka merupakan pulau kecil dengan 1 bukit yg cantik dan dari atas bukit ini bisa melihat pemandangan pulau - pulau sekitar nya, rumah - rumah mereka terbuat dari kayu dan berdiri diatas air mengelilingi pulau tersebut. Ada jembatan panjang sekitar ± 800 meter yang menghubungkan pulau papan dengan pulau di seberang nya yaitu pulau malenge, dimana pulau malenge ini menjadi pusat kelurahan dan terdapat sekolah dasar jadi anak2 ini setiap hari menyebrang pulau hanya untuk sekolah #Salut.
Jembatan+Pulau+Papan+Pulau+Malenge
Para Pemuda Nongkrong Manja Di Jembatan Penghubung Pulau Papan & Pulau Malenge
Rumah+Suku+Bajo
Rumah Suku Bajo - Terapung Berdiri Diatas Air - Halaman Mereka Yaaa Lautan Luas
Selama kita berada di pulau papan, anak2 kecil suku bajo ini selalu mengekor mengikuti kemana kita melangkah #MaklumArtes, sampai akhirnya kami kumpulkan semua anak – anak ini di atas bukit #BukanMauDieksekusi. Kami menikmati sore yang syahdu bersama mereka sambil memandang bentangan alam yg mempesono, melihat rumah – rumah dari kayu tertata rapi berdiri diatas air, melihat jembatan kayu meliuk menyatukan pulau papan dan pulau malenge. 

Bercanda bersama mereka, bermain bersama mereka, melihat wajah2 penuh antusias, tanpa gadget, tanpa mall, tanpa derama membuat hati kami tenang #CumilebayPenuhDerama #LaluDigampar ... Dari wajah mereka ada kebahagiaan yang jujur, ada kebahagiaan yang sederhana dan yang pasti ada kepolosan dalam mengartikan kebahagiaan.
Anak+Anak+Suku+Bajo+Togean
Anak - Anak Suku Bajo Melihat Penerbangan Drone
Anak+Anak+Suku+Bajo
Wajah Bahagia Mereka Penuh Kesederhanaan
Oleh – oleh yang kita bawa berupa alat tulis, makanan, buku cerita dll akhir nya kami bagi – bagikan buat mereka sambil ala – ala kuis – kuis manja bersama anak2 suku bajo, yang bisa menjawab pertanyaan pasti langsung dapat hadiah #TanyaKapanNikah #Digampar. Melihat mereka dengan kesederhanaan, membuat gw secara pribadi harus semakin berlajar bersyukur akan hidup yang telah Tuhan beri, mengajarkan gw untuk bisa menerima kondisi apapun yg terjadi dengan tetap tersenyum #PelukAnak2SukuBajo

Perjalanan Tak Berujung ke Pulau Papan bareng Tukang Jalan ini banyak banget pelajaran yang bisa gw ambil .... Tertarik bisa bercengkrama bersama anak – anak suku bajo dan menikmati keindahan lain nya ??? Bisa ikutan trip ke Togean bareng Tukang Jalan, yuk capcus hubungi saja  www.tukangjalan.com atau kalo mau bertanya manja bisa email ke tuk4ng.jalan@gmail.com atau telp di nomer 0813 1589 0191 #LangsungSamaOMTIJEkesayangan.
Jembatan+Suku+Bajo+Togean
Jembatan Penghubung Pulau Papan Dengan Pulau Malenge
Di Pulau Malenge Inilah Anak Suku Bajo Bersekolah
Rumah_Suku_Bajo
Rumah Suku Bajo Penuh Keserhanaan Tapi Mereka Bahagia

298 comments:

  1. tumben gak nunjukin foto2 ala2 kak cum :). Kalau mampir ke mari, jadi makin semangat tuk eksplorasi negeri. sukses selalu kak cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh di depan anak2 imut gini mesti jaga sikap ngak boleh pamer aurat hehehe.
      Sukses buat kamu juga yessss

      Delete
  2. ternyata kak Cumi orgnya kebapakan ya...subhanalloh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss yaaa gitu dech, sabar ngayomi dan membina kejalan yang lurus #eeap

      Delete
    2. Dia mah emnag udah bapak-bapak keles..

      Delete
  3. Anonymous05:49:00

    Kamu dak pedofilkan mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omaga tega bener kau tuduh aku begitu #Lirik2

      Delete
  4. Perjalanan yang tak pernah ber ujung. Jalan terus ya mas Cumi ini, ajak dong kalau jalan jalan.
    Butuh cuti berapa hari n budget berapa buat ke Togean mas��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yakin budget ngak masalah buat kamu, tapi cuti ???? lupakan saja :(

      Delete
    2. Jangan pernah ajak dia kecuali trip sabtu minggu...cuss baiiii

      Delete
    3. Hmmm susah yaaa ama pak kacab ini, jadi minderrrr #KagakNyambung

      Delete
  5. Pengen banget bisa ke sini, jembatan penghubungnya intagram-able sekali maz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jembatan nya manja banget ...
      Duch lupa kan blm upload foto ini ke IG hehehe

      Delete
  6. Foto manja ala mas cum mana nih?

    Tulisan kali ini lagu bener ya?? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi jadi orang bener cumilebay nya hahaha

      Delete
  7. Rumah Panggungnya,,, agak mirip sama rumah panggung bugis yang ada di pulau Kelapa Dua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 bugis ama bajo hampir2 mirip :-)

      Delete
  8. Kalo senyum anak indonesia masa depan bangsa trus klo senyum kamoooh masa depannya sapa yaaaa...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senyum aku membawa kedamaian kak :-)

      Delete
    2. Senyuman mascumi membawa luka di dompet #Tripnyatakberujung hahahahaha

      Delete
    3. Wakssss giliran ngak piknik, nanya mulu kapan piknik. Eh diajakin piknik membawa luka di dompet #KaesangLelah

      Delete
    4. wkwkwkkk.... pdhal ga diajakin pun dia juga ngetrip sendiri jd yg bener sapa yg mbuat luka di dompet cumilebay or mr.reply

      Delete
    5. Tapi kenapa aku yg selalu disalahkan ??? why ???

      Delete
    6. Karena apapun yg kamu sampaikan itu tetap salah...
      #drama

      Delete
    7. Drama seribu episode ya koh ;)

      Delete
  9. Seru banget, Mas Cumi. Aduh... Anak-anak itu sederhana banget, ya. Jauh banget sama anak-anak di kota yang mainannya gadget, ya. Dunia anak-anak yang masih polos...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 di saja beneran anak2 yang ngak mengenal gadget, mereka jujur menikmati masa kanak2nya

      Delete
  10. Ihhh kok saya terharu ya baca ceritanya..... wkwkwkšŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cini cini peyuk om cumi hahaha

      Delete
    2. Gak Mauuu... #Lariiii

      Delete
  11. Pagi2 udh baca sesuatu yg bikin hati tersentuh, jd terharu.....
    Btw disini udh susah liat anak2 tanpa gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya anak sekarang ngak bisa lepas dari gadget

      Delete
  12. Salut untuk jembatan penghubung yang panjang itu, jadi anak-anak tidak harus menggunakan perahu untuk bersekolah. Kayaknya berendan di sana enak, om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jembatan ini bikin anak2 gampang kalo pergi sekolah

      Delete
  13. Anonymous07:31:00

    Tulisannya beda dari yang biasanya mas cumi, lagi kesambet setan mana mas !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesambet jin iprit hahaha, serba salah hidup gw ini yeeee, mau nulis agak bener dikit langsung di katain ihik ihik

      Delete
  14. Tempatnya asyik banget ya ..
    ya udah agendakan dulu yg penting, kapannya gak tahu wkwk :v yang penting sudah di agendakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting niat nya yeee hahaha

      Delete
  15. sama kok I jadi terharu ya, tumben kk cumilebay bener tulisannya...
    btw baru tau asal usul suku bajo... keep up for the good work kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi maksudnya biasa tulisan om cumi ini salah melulu?
      #kabur

      Delete
    2. Hmmmm tuch kan selalu gw yang di salahin

      Delete
    3. Sabar ya Mascum.... orang sabar pantatnya lebar :)

      Delete
  16. Wow.. kampungnya so awesome!
    Kita kok ndak mampir ke kampung Bajo mascum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir kemana ??? mmg kamu pernah ke togean ???? #MelenggosTampan

      Delete
    2. Desi gak di ajak ke Togean ya.... hmmmm kasian ya kamu #MelengosTampanJuga

      Delete
    3. Lho mmg kamu udah perna tha ??? ini ngak bisa trip sabtu minggu lho jadi diragukan kalo kamu udah kesini hahaha

      Delete
  17. Sederhana tapi Bahagia ya.
    Susah diterapkan di perkotaan..
    Berbagi kebahagiaan dengan anak2 ini pasti menyenangkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu bahagia ngak ???

      Delete
    2. mari kita mulai membahagiakan diri kita biar penerus kita ikut bahagia #ressss

      Delete
    3. Maksud nya penerus itu siapa ??? Mmg nya kamu dah punya penerus ???

      Delete
  18. Kenapa nggak ngajain aku ke pulau itu sih mas cum :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk hayuk kita piknik bersama

      Delete
  19. Postingan ini bikin aku terharuuuu biruuuu.. Seneng bgt liat anak2 Bajo.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cini cini cini peyuk om cum hahaha

      Delete
  20. Kak Cumiii, entah kenapa aku merasa ini postingan emang #LagiBener wkwkwkkk.. dibalik perjalanan tak berujung nan manjjah ka Cumi tersimpan inspirasi #LagiBener lanjutkannnn perjalanannyaa Kak.. cuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss hidup ku serba salah, mau bener tapi semua nya bertanya hahaha

      Delete
  21. hai adik adik bajo, lucu banget kalian, kayak om cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo om cumi nya ganteng yessss :-)

      Delete
  22. Masih polos dan penuh dengan kebahagiaan yang sederhana .
    Pelajaran, kebahagaian tidak pasti didapat hanya dengan uang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ngak semua nya bisa kita dapat kan dengan uang tapi dengan bersyukur dan ikhlas bisa temukan kebahagiaan sejati

      Delete
  23. wah, kayaknya seru ya kak Cumi kalo jalan2 ke desa ini.
    Btw tolong anak2 yang polos itu jangan diajarin foto pake kancut doang yaaa *dikeplak* hahahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tampil tertutup kok jadi anak2 itu ngak terkontaminasi ama kancut ku hahahaha

      Delete
  24. ahhh indah banget perjalanannya mas Cumi, jalan2 ke tempat keren dan ketemu anak-anak Bajo juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... hayuk atuh jalan keliling indonesia hahaha ntar aku ngikut tapi bayarin yeee #Ngarep

      Delete
  25. Keren banget. Biasanya suku-suku di Indonesia mmenganut aliran kepercayaan leluhurnya. 100% muslim, sungguh wow banget. Kehidupannya sederhana tapi indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku malah ngak pernah tau ttg kepercayaan leluhur di suku2 ini lho, coba aku googling ah
      Tapi kayak badui dll juga kayak nya iya bener percaya kepercayaan

      Delete
  26. ada pulau togean ...ada bayaman juga gak? wahhh ternyata senang ya jadi anak2 suku bajo...gak ada sedihnya perasaan..hahaaha. pada antusias liat drone terbang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mie main kesini, dijamin seru lho bisa ketemu lumba2 juga hahaha

      Delete
  27. Wow, keren!
    Gipsi laut.
    Kakak main ke situ dalam rangka apa kak?
    Anyway, ada petanya nggak sih? Aku ngga tau persisnya pulau tersebut di mana?
    Makasih.
    Salam kenal Kakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini 10 jam dari gorontalo, kamu tau kan gorontalo itu dimana ??? hahaha
      Kesini cuman main2 aja, iseng :-)

      Delete
  28. Akuh bangga sama kamuh...semakin matang..cenderung tua...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku ngak tua lho tapi dewasa #Melenggos

      Delete
  29. Mas... foto nyebur di air nya mana? Kan rugi banget lautnya sekeren itu tapi gak mandi manja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti ada di episode yang lain yaaa #Sabar

      Delete
  30. mas cumi lucuuu bgt ,,, kyknya gemesiin yah orgnya.. pic nya keren2 euyy... saluutt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss aku mmg lucu menggoda macam chibi chibi hehehe

      Delete
  31. Itulah namanya kebersahajaan. Merasa bahagia dalam sederhana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... Cumilebay juga sangat bersahaja haha

      Delete
  32. Klo lihat rumah2 di tepi pantai begitu aku ko serem ngebayangin klo tiba2 datang tsunami :( . Btw Cum tumben postingan kali ini serius haha apalagi 2 palagraf awal trus tumben ga ada foto pakai kolor doang :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an mereka aman ngak ada tsunami, eh pulau mereka terhalang pulau2 yg lain juga jd insya allah aman.

      Kali ini edisi sopan tanpa kancut karena banyak anak2 kecil hahaha

      Delete
  33. seketika ku langsung tersepona lihat foto bang cum yang awalan hahah, merangkul anak-anak bajo :,) so sweet. mereka dengan sederhananya hidup ttp bahagia yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dah keliatan manja yaaa bersama anak2 itu dah cocok jadi bapak penuh pencitraan hahaa

      Delete
  34. paling suka kalo mas cumi jalan-jalan ke tempat eksotis, ada aja kalimat benernya :p berasa ke bawa ke sana juga, kalo gak ditulis om cumi, rasanya aku gak tau ada pulau papan dan suku bajo di Indonesia tercinta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk main ke togean, banyak banget suku bajo disini yg tinggal mengapung diatas laut

      Delete
  35. ternyata Mas Cum perasaannya gampang tersentuh sama anak anak yes... baru tau dari postingan ini :))))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa cuman pencitraan doang kok :)

      Delete
  36. anak anak kecil tu sebaya je..x ada anak gadis ke

    ReplyDelete
  37. Om cum kapan nikah? #keketiksendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan mu yaaa ngak sopan #Plak hahaha

      Delete
  38. ngebyangin d rumah mengapung gini gmn rasanya ya.... td ada foto yg rmahnya rada bagus mas..krn ada bunga2 dibagian depannya.. jd berasa nyaman kayaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sangat sederhana tp bahagia, mungkin ngak terlalu banyak tuntutan dalam hidup nya hehehe

      Delete
  39. Dalam dunia anak-anak selalu ada hal yang unik. Yang kadang dilupakan oleh kita-kita yang dewasa. Mudah-mudahan anak-anak di sana selalu semangat menuntut ilmu di tengah semua keterbatasan. Tapi jembatannya fotogenik banget ya Mas, itu lautnya biru kehijauan bagus sekali, apalagi kalau kena matahari. Ini jalan-jalan yang menurut saya lengkap soalnya banyak hal yang didapat, tidak cuma sekadar pemandangan indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap .. Semoga anak2 di sana semangat menuntut ilmu dan merubah kondisi nya jadi lebih baik dari sekarang.

      Bahagia mereka sangat sederhana

      Delete
  40. Mas cumi.... Ada akun youtubenya gak? Pengen liat video jalan jalannyah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihik ihik aku blm bikin video, doain yaaa bisa cepet ngelmu bikin utub

      Delete
  41. wah keceh ams bisa berbagai bahagia dan syukur sampai pelosok bajo, semoga berkah bang cum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... semoga hidup kita penuh keberkahan

      Delete
  42. suku bajo, sederhana dan bahagia
    pemudanya nongkrong manja,
    liputannya menyentuh hati sanubariku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa mengisnpirasi aksi nyata melakukan yang sama yeee #kayakOrangBener hahaha

      Delete
  43. di sana gak ada motor atau sepeda ya,mas cumi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sepeda masih liat, kalo sepeda motor ngak ada

      Delete
  44. di daerah lombok timur juga ada nih suku bajo dan bugis
    yang menempati pulau pulau kecil dan pesisir sekitar tanjung luar, lombok timur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya di lombok juga ada, kapan2 mesti main kesana

      Delete
  45. Setahu saya di Sulawesi Selatan juga ada sebaran orang Bajo ini. Kalo gak salah di Kabupaten Luwu. Yanglainnya lupa di mana.
    Asyiknya Mas Toro, jalan2 terus .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bajo ini mmg banyak di sulawesi karena awal sebaran nya disana :-)

      Delete
  46. Aduh bacanya adem banget, ini kakak cumi bijak banget, apalagi warna warni tulisannya jadi makin pengen main kesini juga, semoga ada rezeki kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga rejeki bisa kesini juga yaaa kak :-)

      Delete
  47. keren euy...
    jembatannya sesuatu, panjang yak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu suka yang panjang2 yaaaa ??? hahaha

      Delete
    2. jembatan kak... jembatan....

      Delete
  48. ya ampun. mengingatkanku pada kampung2 di Aru dan raja ampat..
    asik ya om kalau lagi main sama anak2 gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blm pernah ke R4, ajaklah aku kesana ihik ihik

      Delete
  49. Ah senyumnya polos bangeeeet! Aku paling suka kalau jalan - jalan gini sambil ketemu sama para bocah - bocah penduduk lokal. Mereka kadang suka takjub sama kamera atau apapun yang kita bawa :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tapi mereka sudah terbiasa liat drone terbang di desa mereka hahaha

      Delete
  50. duh bang tumben sopan gak pamer aurat ahahhaa...apalagi didepan anak2 yang bahagia ya bang dan polos2 gitu..jangan di campuri hal hal yang tidak tidak #Kaboer :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap jangan mengkontaminasi mereka
      Aku mesti sopan tutup aurat di depan anak2

      Delete
  51. Replies
    1. cumilebay mmg keren menggoda hahaha

      Delete
  52. Walau rumah mereka sederhana, tapi membangunnya pastinya perlu kesabaran ya. Salut buat kak Cumi yang sudah menemukan makna dari perjalanan tak berujungnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita semua menemukan makna hidup sejati di perjalanan yang kita lalui

      Delete
  53. tinggal dirumah apung gitu seru juga ya kayanya :D
    mau berenang tinggal lompat dr teras rumah.
    eh tapi aku ga bisa renang,
    *lalu dicaplok dugong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi buat orang yg ngak biasa, itu jadi membosan kan
      Kalo cuman seminggu mungkin OK lah yaaa tapi selebih nya kami butuh mall #AnakMall

      Delete
  54. Wah bagus pembahasannya. Saya sangat tertarik dengan kebudayaan mereka

    ReplyDelete
  55. Nah kalau perjalanan yang satu ini saya sangat setuju sekali kang jalan jalan + berbagi ilmu memang muantappp deh kang cumi ini boleh lah saya ajukan untuk jadi duta wisata, gk gk gk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss duta wisata berkancut gitu ??? hahaha

      Delete
  56. Pas banget loh posenya waktu dikelilingin anak-anak mas cum, aura kebapakannya langsung menghentak. Suka banget sama ide bawa oleh-oleh buku cerita atau makanan itu, pasti mereka bakal inget sam akalian terus deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aura kebapakan yeeee, untung bukan aura kasih hahaha

      Delete
  57. Salut ni sama mas cum yg mencintai kearifan lokal, bukan bang arif loh ya *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi aku mau nya tetep ama bang arif, tapi bang arif udah diambil mpok minah ihik ihik

      Delete
  58. Dunia anak desa selalu menyenangkan. Tempat tinggal anak-anak ini yang berupa pulau cantik dikelilingi laut cantik menjadikan jiwa mereka cantik. Anak laut suku Bajo oyeee, bangga padamu.

    Saya berterima kasih pada yang bikin jembatan penghubung itu. Ini menyelamatkan masa depan anak-anak itu untuk sekolah. Salam salut saya untuk Beliau. Salam salut saya untuk mas Cumi yang melaporkan ini.

    Mas Cumi gak ada foto berenang di laut sama anak-anak manis itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang nya bukan di tempat ini kak
      Nanti ada episode sendiri ttg berenang dan berkancut hehehe

      Delete
  59. senang banget lihat senyum mereka dari foto-fotomu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mereka bahagia dengan kejujuran

      Delete
  60. ternyata anaknya banyak ya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banyak anak banyak rejeki

      Delete
  61. AZEEKKKK si kokohhhh adopsi koh anak anaknya satu pulau mau ga?wlkwkwkwkwkkwkw
    +
    dr sandra itu wajib ditonton ya sebelom tidur! dan dia kalo pasienya bolehin dia rekam dan publish, biayanya free :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch pokok nya Dr. Sandra mah juara, aku pecinta dia hahaha #Kelainan

      Delete
  62. Anak-anak Bajo itu jago-jago berenang ya, Bang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin jago berenang, bisa jadi atlet kalo di bina

      Delete
  63. wah asik ya, bisa explore indonesia gitu terus berinteraksi sama warga lokal,,,,pengen deh semoga tahun depan punya duit lebih buat explore indo,,,minimal ke gili lah,,, pengen banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga selalu adarejeki nya buat jalan2 mensyukuri nikmat Allah

      Delete
  64. Hidup emang harus balance cum,, kadang berbuat dosa kadang baik #eh wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau banyak dosa atau banyak baik ??? hahaha

      Delete
  65. sesekali abang nulis bener gini jadi terharu euy.. terus itu foto perkampungan klo dilihat dari atas dan misalkan cuaca cerah kayaknya bakalan mirip2 maldives ya bang? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kami datang lagi mendung2 ngak jelas dan sudah terlalu sore

      Delete
  66. menarik juga hihi, apa suku yg tinggal diatas perahu itu (sekitar wilayah kepri) juga termasuk bagian dari mereka,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku kurang paham yang itu, coba aku wa dulu mereka yesss hahaha

      Delete
  67. bajo itu apakah berasal dari bajak?

    ReplyDelete
  68. Wah, Mas Cumilebay ini beneran traveler sejati deh, tempat-tempat yang dikunjungi asyik-asyik. Dan baca postingan ini bikin bunda googling lho. Iyaa..googling, abis bingung di kepulauan mana tuh Suku Bajo, ternyata di Propinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Muna. Bangga, baca penduduknya 100% Muslim. Pengen banget berkunjung ke tempat-tempat unik dengan cara hidup dan kehidupan mereka. #kenapagakdariduluajabun! Sekarang dah "kasep" ya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah bunda, aku doain ada rejeki dan jodoh nya buat kemari liat anak2 suku bajo

      Delete
  69. Dimana ada anak-anak selalu ada kedamaian dan kebahagiaan ya mas :)
    Jembatan penghubungnya sangat menakjubkan, wow!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jembatan nya menginggatkan pada jembatan cinta pulau tidung

      Delete
  70. Duh kak cumi seru banget, anak-nya juga riang ria ya. Itu rumah kalau pas gelombang tinggi gimana ya? Airnyaaa bikin aku pengen nyebur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ngak ada gelombang, biarmereka hidup nya tenang

      Delete
  71. Sisi kebapakannya Mas Cum pun mulai keluar. :))

    Baru tau kalo mereka ini nomaden di atas laut sehingga mendapat julukan gipsi laut. Merinding anjir abis bacain ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka awal nya gipsi laut, tapi sekarang sudah banyak yang menetap

      Delete
  72. Kangen jalan bareng kak cumiiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kita jalan bareng lagi, aku selalu merindu mu dan menanti ajakan kak tije lho #Ngarep

      Delete
  73. keren nih travelling yang model-model begini, selingan dari jalan-jalan manja ya kak cumi, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk sini manja bersama hehehe

      Delete
  74. aku mau ke Togean aah tahun depan, makasih kakcum rekomendasinya, mau mampir ke sini juga aaah. :****

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat ... aku mau kalo diajak hehehe

      Delete
  75. Syahdu banget mas Cum postingan kali ini. Rhoma Irama mah lewat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss aku mau nya ridho aja

      Delete
  76. Ngebayangin mas cumi capek habis ngajar anak-anak, tenteram jiwanya, kapan punya anak sendiri mas cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss anak ku dah banyak lho, kamu mau jadi anak ku juga ??? hahaha

      Delete
  77. Ih destinasi impian banget ke Togean:)
    Kebayang kalau kesini bisa bawain buku buat anak-anak itu ya Om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bawa buku buat anak itu biar mereka terbuka dengan dunia luar

      Delete
  78. Bang Cumi emang bener-bener inspirasiku deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakssss makasih makasih semoga ngak mengecewakan #Halah

      Delete
  79. Kalau melihat senyum bahagia anak-anak di tempat yang sederhana, saya sseringkali berpikir, "Udahlah tetap aja di sana hingga turun temurun. Mudah-mudahan gak tergiur dengan semua yang serba modern." Rasanya seneng banget lihat senyum-senyum bahagia seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo liat senyum cumilebay gimana ??? manja dan mengemaskan yaaa hua hua hua #LaluDigampar

      Delete
  80. Lagi #edisibener ya kak Cum. Bener kak, travelling bukan hanya jalan-jalan manja ditempat mewah tapi jalan-jalan seperti kak cum di suku bajo memang akan mengajarkan sebuah kehidupan dan kesederhanaan. Tapi tempatnya indah juga kok kak #jembatanyangbuatfotokakcum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edisi nya lagi kesambit dedemit nich jadi agak bener dikit hehehe

      Delete
  81. Kalau di atas air begitu, kalau boker gitu eeknya ke mana ya kak?

    ReplyDelete
  82. wew, tempatnya keren banget, belum pernah nge-trip seasik ini mas, maklum anak rumahan mah beda hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sini begaul ama mas cumi, biar jadi ajak jalanan hehehe

      Delete
  83. Setiap review trip yang disajikan, pengen banget bisa deh kumpul2 sama orang persis kayak difoto itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk sini trip ama mas cumi yang tampan menawan ini hehehe

      Delete
  84. Kehidupan yang seadanya ya Kak Cum, nggak terbayang bagaimana mereka di sana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahagia itu sederhana buat mereka

      Delete
  85. Keren tempatnya om.. bikn video sembari jalan dijembatan itu seperti keren om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kmrn males banget jadi ngak kepikir bikin video hahaha

      Delete
  86. kenapa anak - anak di daerah itu lebih ngegemesin ya, tawanya candanya dan bahagianya sangat terasa. Teringat dengan senyum tawa anak - anak di Kampung Komodo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku yang ke komodo ngakke kampung bajo, kayak nya mesti balik lagi ke komodo nich #Bismillah ada rejeki

      Delete
  87. Sumpah keren banget dan air nya jernih banget bang hehe... Mantappp

    ReplyDelete
  88. The children are so sweet.. i wanna visit this village! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo datang lagi ke indonesia :-)

      Delete
  89. Belum kesampaian kesini kak Cumi. Doain tahun depan bisa sampai yach hehehe.. nitip doa lewat blog.

    ReplyDelete
  90. Baru mampir ke sini... namanya sudah sering dengar, keren blognya :) Salam kenal ya..

    ReplyDelete
  91. kalo denger suku bajo inget pelajaran IPS jaman masih sd dulu. keren ya ternyata rumah-rumahnya. toiletnya kayak apa?

    ReplyDelete
  92. Postingan mz Cum sama bales komennya tumben selow wkwkwk...kebawa suasana waktu sm anak2 itu yak?

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com