Terpikat Teluk Ciletuh Dari PUNCAK DARMA

Puncak+Darma+Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Mas Cumi Pose Manja - Pesona Geopark Teluk Ciletuh Dari Puncak Darma
Foto : @DudiSugandi
Puncak Darma Geopark Ciletuh - Melamun berdiri manja berpegang pada sebuah pagar besi dengan tatapan mata lurus memandang kedepan #MaunyaBerpegangPadaHatimu, menyaksikan bentangan alam yang menyerupai “Amphiteater” alias hamparan daratan kawasan teluk ciletuh yang berbentuk setengah lingkaran dan terhalang/berbatas oleh bukit – bukit yang berbaris rapi seperti panggung theater #SungguhIndah

Gw hanya bisa bersyukur dan mulutku terus berucap "Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar" Engkau merangkai bumi ini dengan begitu sempurna #KebesaranTuhan #IndahnyaCiletuh,  kalo mengutip perkataan Wakil Gubernur Jawa Barat Bapak Deddy Mizwar "Ciletuh Ini Emperan Surga" #SurgaDunia #SemogaNgakAdaYangKomplain. Pemandangan dari atas Bukit Panenjoang ini keren TOP Ciamik Manja & Syahdu membawa ketenangan dan rasa syukur yang amat dalam atas karunia Allah #TerusBerdecakKagum lalu lamunanku tersadar mendengar bisikan syahdu nan manja menggema di telingga ku "Ini masih belum seberapa indahnya, kalo mau menikmati Pesona Geopark Ciletuh secara utuh & menyeluruh mesti coba nikmati dari Puncak Darma" #LangsungTerbakarNafsu
Bukit+Panenjoan+Geopark+Ciletuh
Hamparan Sawah & Rumah - Rumah Penduduk Yang Tersebar Bagai Kotak Mainan
Foto : @DudiSugandi
Sunrise+Sunset+Puncak+Darma+Ciletuh
Sunrise Dari Puncak Darma
    Foto : @DudiSugandi

Dan akhirnya pagi ini rombongan FamTrip #ExploreWestJava bareng Dinas Pariwisata Dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat memutuskan untuk menyambut pagi di Puncak Darma #SambutHatikuJugaYess. Sekitar pukul 5.30 pagi dengan berkawan kabut dan dingin, kami sudah sampai di parkiran mobil di kawasan Curug Cimarinjung *KlikBacaDisiniTentangIndahnyaCimarinjung, dari sini perjalanan dengan jarak hanya ±2,5 km menuju puncak darma dimulai tapi jangan pernah anggap enteng 2,5 km ini karena jalanan menuju puncak darma ini menanjak menikung menurun berbatu tidak rata dan sebagian masih tanah liat bergelombang setengah basah yang terguyur sisa hujan semalam jadi jalanan terasa makin licin mesti hati – hati agar tidak jatuh terpeleset #SumpahJungkirBalik

Kalo ngak mau keluar duit buat sewa ojek, bisa jalan kaki tapi di jamin gempor #KaloGwSechOgah, dengan ojek pun masih butuh perjuangan menahan badan dengan paha kaki agar tidak jauh dan gw akhirnya merangkul erat mas ojek dan membisik manja “Mas pelan – pelan saja yaaa, aku masih ingin menikmati indah nya dunia bersama mu #Eeap #LaluDigampar, kemarin aku di bonceng sama mang asep yang mengendarai motor nya tanpa sandal alias nyeker tapi kaki dan tangan nya lihai lincah jago banget menahan dorongan motor agar tidak jatuh terpelanting saat menurun atau menanjak di jalanan yang tidak rata #IloveUKangAsep #KamuHebatKang.
Puncak+Darma+Ciletuh
Sediakan Uang Rp. 60.000,- Untuk Naik Ojek Pulang Pergi Menuju Puncak Darma
Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Singgah Sebentar Numpang Foto Biar Eksis Di Curug DokDok Dialiran Sungai Cimarinjung
Puncak+Darma+Teluk+Ciletuh
Pemandangan 3/4 Perjalanan Sebelum Sampai Di Puncak Darma
Siapkan uang Rp. 60.000,- untuk biaya ojek pulang pergi menuju puncak darma dan disepanjang perjalanan akan disuguhkan hamparan sawah – sawah, bukit – bukit yang menghijau dan perkebunan milik penduduk setempat, sempat juga melihat Curug Dogdog di aliran sungai Cimarinjung yang kita lewati dengan ojek #BerhentiBentar #LangsungFotoEksis. Butuh waktu 30 menit penuh perjuangan dijalan yang ala – ala ngak jelas bikin badan sakit semua bersama bareng mamang ojek motor sebelum akhir nya sampai di Puncak Darma yang berada di Desa GiriMukti Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Di Puncak Darma terdapat tanah lapang yang bisa di gunakan buat mendirikan tenda jadi disini kita bisa camping manja bareng teman – teman atau pacar #AkuJomblo #MulaiCurhat, kalo boleh di bilang mah camping/kemping diatas awan karena posisi tenda kita berdiri sejajar dengan awan - awan manja yang menggantung diatas langit. Dilokasi Puncak Darma juga terdapat 2 warung kecil yang siap melayani kalo lagi laper, mau indomie, gorengan, teh hangat, kopi atau cemilan – cemilan yang lain ??? tinggal teriak saja dan pasti semua masalah urusan perut teratasi #AlhamdulillahNgakRepot. 

Puncak Darma ini bisa di jadikan pilihan utama untuk menikmati kawasan wisata geopark ciletuh, di kawasan ini banyak sekali terdapat curug - curug atau air terjun nya yang tersebar disekitar 15 an lokasi atau menikmati ciletuh dengan menikmati susur laut melihat dari segi geologi batuan yang terdapat di ciletuh. Sekilas info saja kalo sebah kawasan bisa di sebut GEOPARK apabila memiliki beberapa faktor pendukung, yang antara lain : Geologi, Budaya, Konservasi, Flora Fauna, Eco Tourism dan masih banyak lagi #KaesangLelahMenyebutnya.
Puncak+Darma+Sukabumi
Puncak Darma Desa Girimukti Kecamatan Ciemas Sukabumi
Orang Lokal Menyebutnya "Bukit/Puncak KUNTI"

Puncak+Darma+Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Bisa Mendirikan Tenda Dan Bermalam Di Puncak Darma
Menikmati kebesaran Tuhan di Puncak Darma benar – benar membuat terkagum – kagum akan pesona Nya, kawasan Geopark Teluk Ciletuh terlihat rapi darii kejauhan tampak hamparan sawah yang luas dengan padi lagi menguning siap panen, bukit – bukit hijau yang menggelilingi dan kumpulan - kumpulan rumah yang bergerombol terlihat seperti kotak – kotak mainan yang tersebar dan di ujung sana sebuah teluk berbentuk seperti tapal kuda berhadapan langsung dengan laut selatan #BerkahIndonesia

Benar – benar perpaduan yang pas cantik elok nya Indonesia, beruntung banget lahir di indonesia karena bisa menikmati keindahan alam ciptaan Allah yang tiada banding #Alhamdulillah, di jamin perjuangan jarak perjalanan yang jauh dari Jakarta menuju Kawasan Geopark Teluk Ciletuh sekitar 206 km atau waktu tempuh hampir 8 jam an dengan jalanan penuh belokan + sebagian jalanan rusak ini bakal terbayar sudah lelah jiwa raga dengan keindahan maha dashyat pesona ciletuh. Eh suka olah raga paralayang ??? mau terbang manja di Teluk Ciletuh ??? bisa langsung terbang dari Puncak Darma lho #Jadipengen, nikmati pesona nya dengan berputar – putar mengunakan parasut di kawasan Geopark Ciletuh.
Geopark+Ciletuh
Puncak Darma Geopark Ciletuh Di Ketinggian 230 Mdpl
Puncak+Darma+Ciletuh
Hamparan Alam Membentang Menyerupai Panggung Theater di Teluk Ciletuh
Dari Puncak Darma - Kita Bisa Terbang Layang Paralayang
Sumber Foto : Dari Group Wa 
Dinamai “Puncak Darma” karena ada sejarah nya #IniNgakPenting, nama ini di populerkan oleh Almarhum Bapak Haji Opan Sopandi (Direktur CV. Darma Guna sekitar tahun 2004) saat itu beliau mengerjakan proyek jalan yang menghubungkan antar desa sampai menuju puncak darma #StandartBangetCeritanya. Sebelum dinamai Puncak Darma, puncak bukit dengan ketinggian sekitar 230 Mdpl ini bernama Pasir Muncang atau Pasir Kemiri tapi kalo menurut cerita rakyat, ada juga hal - hal yang berbau mistis dari tempat ini #MulaiAgakSerem.

Tempat ini lebih di kenal bernama “BUKIT KUNTI” karena selalu terlihat panampakan seorang  wanita menyerupai kuntilanak sedang mengayung – ayungkan kaki nya di sebuah batu besar #HayoKabur #SeremTakut. Sebenarnya paling kece manja tuch ke Puncak Darma untuk melihat semburan matahari yang akan meninggalkan peraduan alias pas SUNSET jadi mesti sore datangnya tapi apa kamu berani melihat sunset sambil di temani KUNTILANAK ???? Kalo gw sech takut serem #Kabur.  
Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Beranyun Manja - Harus nya Sejodoh alias Ber 2 Bersama Pasangan Tapi Apa Daya Jomblo #NangisKejer
Puncak+Darma+Ciletuh
Teluk Ciletuh Di Lihat Dari Puncak Darma Bentuknya Seperti Tapal Kuda

228 comments:

  1. Pemandangannya Keren Abissss. Selalu bikin ngiri dengan foto2nya.
    Kapan groupies di ajak kesini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih koted blm pernah yaaa kasiaaann

      Delete
    2. Jadi yg bantu foto2in kak uniek? Hah??? Koq bisa?
      Ke Tpt sebagus gini ane gak kebagian tempat.

      Delete
    3. Jadi nasib kamu, kurang piknik dan sabtu minggu pun masih gawe #Tragissss

      Delete
    4. Tragisss...mau nangisss karena kebelet pipiss..

      Delete
    5. Kagak nyambung makjoooooo

      Delete
    6. Koted komen pertama loh..#ress

      Delete
    7. Gpp..demen aja ngerusuhin blog elo..so what???😜

      Delete
    8. Klo balik lagi jgan lupa gw d ajak

      tempat bagus banget

      Delete
  2. Udah bagus bgt yah skrg ciletuh...yuk.ah kesana lagi....jalanannya udah bagus blm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalanan nya udah manja lho, jd kapan kita explore lagi ???

      Delete
    2. ni wacana selanjutnya ya mascum lol

      Delete
    3. Gunung parang aja minggu ini jadi kan ??? foto2 manja gelantungan diatas tebing

      Delete
  3. Replies
    1. O iya benar... Kali ini gak pake kancut ya.
      Kalo kata teh Syahrini, kurang Manja ya.
      Kalo kata mb Inul, bagai sayur tanpa garam kurang enak kurang sedap...

      Delete
    2. Hmmmm giliran kancutan di hujat, ngak pake kancut di tanyain #SerbaSalah

      Delete
    3. Ntr gw yg masakin spesial buat kokoh deh...
      Abis itu manja2an yaaa...*kode

      Delete
    4. Ah ngemeng doang, janji bikin nutrijel aja kagak kesampean ampe sekarang

      Delete
    5. Ada kooookkk...tp salah beli nata decoco ternyata lidah buaya...heheheh

      Delete
  4. Bagus banget kayaknya. Mau dong di ajak kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu yaaa mau nya diajak mulu, punya ide krearif dong hua hua

      Delete
    2. Mas yus ide memang tak punya, tpi punya banyak gadget loh...
      Makanya aku cinta mas yus...muachhh

      Delete
    3. Gadget nya aja sampai di jadikan tatakan piring yaaaa #JadiMinder

      Delete
    4. Buat talenan malah...hahahaha

      Delete
    5. Yaaa Olloh kaya yaaa dia ... kerja apa sech ???? anak pejabat kah ????

      Delete
    6. Anak2annya pejabat mas yus..
      *pitnah

      Delete
    7. Oh simpenan pejabat gitu yaaa

      Delete
  5. wah josh bang cum.... belum sampe sini nih semoga jalannya makin baguss yah aamiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalanan nya makin manja mulus jdi dah ngak menderita lagi

      Delete
  6. Liat jalannya kok serasa di luar Jawa ya, om hehhehheh. Pemandangan indah memang punya tantangan sendiri untuk ditempuh, biasanya sih akses jalan yang wahhh hahhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa tahun lalu atau bahkan bulan lalu, akses jalanan nya ancur total tapi kmrn kesana lagi tahap pembangunan dan sebagian sudah banyak yang muluss

      Delete
    2. Jadi ntar kalau mulus pas naik ojek nggak erat lagi pegangannya :-D

      Delete
  7. Anonymous06:00:00

    Selera kamu kok mamang ojek tho mase ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm No comment ngak mau bahas hua hua

      Delete
  8. Foto pertama sudah manja. foto berikutnya belum manja. haha.
    btw, tumben tulisanmu agak bijak sedikit? habis nyimeng om? wkwk.
    Alhamdulillah ya, kita sudah bisa menikmati Emperan Surga .. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto berikutnya kan lw yg jepret, jadi yg ngak manja itu kamu lho yaaa hua hua hua
      Kalo abis nyimeng mmg suka jadi bener yessss hahaha

      Delete
  9. Subhanallah pemandangan sejuuuk banget mas cum....

    ReplyDelete
  10. Anonymous07:31:00

    Di Ina semua lokasi ada plang namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ini bikin gw ngakak, iya hampir semua lokasi pasti ada tulisan nama nya

      Delete
  11. waaww keren bingitsss, btw gambar paling atas warna baju celana bisa selaras dengan pemandangan.
    Kak Cum emang ketjeeehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. waksss kebetulan aja sama ngak sengaja tapi mmg manja yaa pose ku #laluDigampar

      Delete
  12. setdah 30 menit naik ojek? pantesan mahal 60rb, btw itu sekali jalan atau pp om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perasaan dijelasin 60ribu pulang-pergi deh.

      Delete
    2. Hahahahaha ada yg udah jawab tuch ... makasih

      Delete
  13. Anonymous07:43:00

    Narsismu selalu maksimal dan sukses jadi iri mau ikutan diajak jalan sama abang cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo jadi iri trus langsung piknik kesini

      Delete
  14. nyampek puncak, karena kalo nggak nyampek puncak entar kentang *eh
    aku lebih takut ketemu gebetan yang tau tau nikah sama yang lain om daripada ketemu kunti hua hua.
    mantap tuh pasti kalo ngecamp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakss jadi kamu derama di tinggal nikah yaaa ??? kasihan hua hua

      Delete
  15. Ya ampuuunnn kaka cumiiiiii perubahan Geopark drastis banget yah. Padahal awal tahun 2016 aku baru dari sana dan sekarang udah banyak perubahannya. Nih kaka liat deh di blog aku :

    http://more-story.blogspot.sg/2016/01/geopark-ciletuh-sukabumi.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga perubahan jadi lebih baik yaaa lebih manja dan nyaman untuk di kunjungi

      Delete
  16. Apa itu semburan matahari???
    Grammar nazi mode on...hahahha

    Jarang2 gw baca dari atas smpi bawah dan komen, biasanya komen dulu baru baca, seringnya sih ga dibaca tapi dicela ajaa...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget komen mu ini, lagi ngak ada kerjaan yaaaa

      Delete
  17. Wah, Ciletuh jadi keren begini yah...
    Kayaknya aku pernah kesono tapi udah lamaaa banget dan masih belum sekeren ini :)

    Harus segera kesono lagi euy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss datang lagi, kan deket dari jakarta cuman 206 km saja lho dan jalanan sudah manja mulus

      Delete
  18. Eh, Mas Cum kayaknya udah pernah ke sini ya? Yang sama rombongan ala ala itu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah kesini dah lama banget, kalo ngak salah 2012 ama groupies cumilebay

      Delete
  19. mas kamu sekarang kok sarungan. Islam nusantara banget, heueheuehe

    btw bagus banget ya, melihat emperan surga tanpa perlu mati terlebih dahulu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah semoga makin islami manja gitu yaaaaa
      Aku melihat gambaran surga dari Al Quran

      Delete
  20. Hits bgt. Bagus pisan pemandangan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup ... apalagi ada cumilebay jadi makin hitsss

      Delete
  21. keknya pernah denger namanya...wah boleh nih iseng2 keluyuran kemari...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita pernah ke ciletuh kak, yang ama berry
      dan puncak darma ini ada nya di atas curug cimarinjung yg tingkat itu lho

      Delete
    2. oh iyaya aku inget klo cimarinung yg aernya butek..tp aku blm smp puncak darmanya sik...yaudahlah liat poto2 mas cum aja...scr jau bner klo kudu ngulang...hahahhaha

      Delete
    3. Jauh nya bikin lelah beneran, aku aja kmrn kesana lagi nyut2an pengen rebahan capekkkkk hahaha

      Delete
  22. Asek banget pas di atas ya, tp perjalanan ke atas cukup mendebarkan hari kl pake ojek dan keadaan abis ujan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw ngak berhenti ngingetin mamang ojek buat hati2, serem kalo ampe jatuh

      Delete
  23. Kok g ada kancut session cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu postingan berikut nya bertabur kancut hahaha

      Delete
  24. Masnyahhh.. Kok ini bagus sihhh.. Ahh jd pengen kesanaaaa

    ReplyDelete
  25. Anonymous08:39:00

    Mamang ojeknya boleh pilih yang ganteng kah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wolesss banyak pilihan nya kok

      Delete
  26. Aduh Ciletuh. Bikin pengen bobo di Puncak Darma deh. Bawa bocah2 service gak, ya? Hihi.. nasip banyak buntut :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeuh typo autocorrect. Service = seru. :)))

      Delete
    2. Bawah bocah aman kok, kemping diatas bukit manja banget

      Delete
  27. tumben gak pamer kancut..
    #ehh salah fokus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuchkan ditanya lagi, padahal dah mau insyaf hua hua

      Delete
    2. mas cumi mau insyaf???

      *semacam lg di dunia paralel*
      *berpikir keras*

      Delete
    3. Waksss di bahas banget ini, smeoga kedepan nya bisa menutup aurat lebih dalam hahaha

      Delete
  28. Dingin ngaaakkkk????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dingin manja kk ditta ;)

      Delete
    2. Yang penting ada yang menghangatkan hua hua

      Delete
    3. Ajak koted, iyus deh dijamin ttp kedinginan...wkwkwk

      Delete
  29. Foto kancut nya manaaaa......???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi serba salah kan, pake kancut di omongin, ngak pake di tanyain #KaesangCapek

      Delete
  30. Allahu Akbar, cakeeeppp sungguh ya pemandangan dari atas.. :D Perjuangan ngojeknya gak sia-sia blas, terbayar lunas.. Btw, kancutnya ganti sarungan skrg ya Kak Cum.. kikikik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha episode abis sholat subuh langsung jalan jadi masih nenteng sarung

      Delete
  31. Akuhhh... belum... kesampaian... kesana :'(
    Udah lama ngincer Ciletuh tapi belum kesampaian #IkutanNangis #jombloNggakAdaYangNgajakJalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss berangkat, mumpung jalanan nya udah mulus2 lho
      Nanti kamu bisa ngak jomblo ama mamang ojek nya aja hehehe

      Delete
    2. Heumnnnnnnnn *lempar batu kali ke omcumi

      Delete
  32. Apa itu semburan matahari???
    Grammar nazi mode on...hahahha

    Jarang2 gw baca dari atas smpi bawah dan komen, biasanya komen dulu baru baca, seringnya sih ga dibaca tapi dicela ajaa...��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm oh jadi gitu yaaaa, OK FINE

      Delete
    2. Fine..byeee...!!!

      Kemudian baikan dan berpelukan...hihihi

      Delete
  33. mas cum... kamu menggelinjang ga swaktu mencapai puncak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ampe multiorgasme puas banget

      Delete
  34. Anonymous11:49:00

    Kancutmu endi tho mas, foto kancutan pasti makin membahana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm kancut lagi yg dibahas #kaesangLelah

      Delete
  35. Cakep banget teluk tapal kudanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manja banget pemandangan nya :-)

      Delete
  36. Wow... ternyata bisa main paralayang juga ya..keren and seru!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi ... tapi mesti booking dulu yaaa biar alat nya disiapin

      Delete
  37. Lihat motor2 di atas bukit jadi inget pas di Pagar Alam ya om. Kalo ada mobilnya lebih kece tuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish iya di pagar alam manja banget yg naik motor yaaa dedek2 gemes hahaha

      Delete
  38. foto cover postingannya bombastis sekali kakaa cumiii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di fotoin ama fotografer kondang kang dudi

      Delete
  39. wah wah foto-foto nya sungguh mempesona akan keindahan alam puncak yang sejuk :-) btw itu tukang ojek nya kaya mas Purnomo di film tukang ojek pengkolan kang :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tukang ojek mmg nongkrong nya di pengkolan lho hahaha

      Delete
  40. mantap sekali nih fotonya om, hadeuh emang keren banget nih teluk hamparan nya itu loh yang bikin greget gelisah merana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ada cumilebay nya jadi makin manja dan kece yaaa hahaha

      Delete
  41. Pemandangannya bagus-bagus bener dari atas gitu. Indah banget... itu serem amat ya bukit kunti hiiii....seyemm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi awas ati2 ada kuntilanak nya hehehe

      Delete
  42. Wuih kereenn.. ciletuh memang keren

    ReplyDelete
  43. Waaawwww keren bangett.. Sayangnya aku wanita manjah kurang semangat kalo yg menanjak2. Maklum bawa badan aja udh berat.. Wkwkwkwk kecuali kalo ada ojek gendong sampe puncakkk...
    Tapi pemandangan keren jadi bikin pingiinn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wolesss aja ojek sampai puncak kok, jadi gampang2 manja gitu

      Delete
  44. foto yang pertama cetarrr abiss
    serasa Pahlawan dari Kerajaan Sunda tempo doeloe

    heuheuheu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss yg moto potograper kece & terkenal hahaha

      Delete
  45. Sunrise-nya keren kaliiii... Tapi serem juga ya kalau puncaknya lokasi Miss Kunti nongkrong. Ntar malah minta masuk ke tenda kalo kemping di situ. Iyuuuuh serem!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin merinding kalo kunti nya masuk tenda hehehe

      Delete
  46. Mas Cum kawasan Geopark Teluk Ciletuh Dari Puncak Darma makin pemes ya. Dengan internet semoga tempat ini semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan manca ya kak cum. Tapi kalo udah banyak turis jangan suka-sukanya menentukan tarif uang masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sech ngak ada tarif nya jd kerakyatan aja, sumbangan untuk kampung.

      Semoga saja meski rame tp alam nya tetep di jaga

      Delete
  47. Cum, salam yah buat Mang Asep. Bilangin klo ngojek pakai sepatu atuh, biar kuku kaki terlindungi jadi gak perlu sering2 manicure...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang asep mah manja pisan euy, kasep menggemaskan

      Delete
  48. Wihhh itu langitnya keren banget. Ciletuh lagi happening ya? Jadi pengin berangkat euy :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ciletuh lagi banyak di omongin, yuk mainkesini hehehe

      Delete
  49. Selalu suka deh ama penjelasan mas cumi. Harus banyak berguru kepada dirimu. #hormatsuhu #tolong saya jgn disuruh pake cangcut dulu yaa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aish berguru ... ntra malah rusak kalo guru nya macam daku yg tampan ini hahaha

      Delete
  50. Ini tempatnya lagi happening banget ya. Lagi banyak Wira wiri foto2 tempat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, banyak yg posting

      Delete
  51. Ahhhh syukurlaaahh tak ada kancut di siniiii. Aku takut liatnyaaa Ehh *oot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... tunggu postingan berikut nya yaaa

      Delete
  52. btw di gunungkidul sekarang juga sedang dikembangkan menjadi kawasan geopark lhoo om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh katanya gunung kidul malah sudah di cabut dari GEOPARK karena ada faktor yg tidak terpenuhi ??? bener ngak sech ???

      Delete
  53. Keren banget ciletuh.. cocok buat dijelajahi nih..

    ReplyDelete
  54. Wah yang photo di puncak itu manja sekali gayanya kang cumi, gk gk gk jadi pengen runtuhin kayunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay mmg selalu manja yessss hahaha

      Delete
  55. Pose di atas kaya malin kundang sebelum di kutuk jadi batu wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakssss anjayyyyy mmg nya aku anak durhaka ???? ihik ihik

      Delete
  56. teluk ciletuh, puncak darma, sukabumi, sungguh pemandangan yang super duper fantastic megatron awesome :'))

    ReplyDelete
  57. gak nyoba paralayang kak cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak sempet karena terlalu buru2 dan angin nya kurang manja

      Delete
  58. Pemandangan teluknya keceh banget. Perjuangan kesana terbayar sudah yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pemandangan nya juara banget

      Delete
  59. beuuuuh foto pembukanya keren abis bang.. ente jadi keren tiba2 bang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kan mmg selalu keren lho yaaaa

      Delete
  60. Itu pemandangan di fotonya kok keren parah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay mmg selalu keren menggoda hahaha

      Delete
  61. Daripada gaada yang nemenin ngeliat sunset mending ditemeni tuh bang sama "kunti"nya haha, saya sih ogah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh nooooo tidakkkkk. Serem kalo ampe kunti nya jatuh hati nanti ngak bisa balik ke jakarta aku nya

      Delete
  62. Asyiknya duduk manjah di atas ayunan di Puncak Darma memandang Teluk Ciletuh dari ketinggian bersama (pasangannya mana kak cum...?) sambil mesrah :)

    ReplyDelete
  63. Kalo Mbak Kunti nya kayak sophia latjuba mah kira2 hajarr ga yo.
    Viewnya ijo2, bikin sedep mata

    ReplyDelete
  64. Subhanalloh indah bener pemandangannya mas, apalagi yang tersebar bagai kotak mainan... pesonanya bener-bener bagus dan indah.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga alam kitatetep terjaga

      Delete
  65. Bagian paling penasaran di Ciletuh yg ada penampakan Kunti nya.. Hihii..
    Wah tulisannya jd merangsang perjalanan kesana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ati2 kamu diambil mbak kunti lho

      Delete
  66. keren om tempatnya dan foto-fotonya juga bagus, gak kedinginan om cuma pake kaos doang di puncak darma ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak semriwing dingin nya hehehe

      Delete
  67. Pose-mu itu lho om Cumi benar-benar selalu cetar membahana. Mungkin itu pengaruh dari sarung yang senantiasa kamu pakai walau gak yakin rajin kamu cuci. Tapi jujur aku gak akan pede kalau harus pose seperti itu. AKu lebih baik begini saja hik hik hikksss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. woiiii sarung ku bersih lho yaaa, suci buat ibadah hehehe

      Delete
  68. Puncak drama? Hahhaa...
    Duh sayang banget gda foto saat malam hari ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malam serem ada kuntilanak hahaha

      Delete
  69. Kalo rame2 perginya gak takutlah untuk liat sunset di bukit kunti ya kan?? karena kalo udah diatas bukit moment yang pas utk liat keindahan kalo gak saat sunrise ya sunset... :)
    cetar foto mu kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata nya sech sunset nya yang kece badai tapi kami ngak sempet liat nya karena datang nya sunrise

      Delete
  70. Indah pemandangannya.. Kebayang indahnya kalo sunset.. Foto2 kak cumi semakin keren manja aja, sudah bisa jadi finalis kalo ikut lomba. #akugantungkameraaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nya jadi pemenang langsung yessss hahaha

      Delete
  71. OMG, ini ngingetin aku ama perjalanan menderita menuju curug malela ;p.. tapi setidaknya terbayar ama pemandangan yg di dapet ya mas ;)... duuh, kenapalah diceritain ttg si mbak kunti itu -__-.. merusak bayangan jadinya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah perjalanan nya seperti malela lah, tapi jalanan nya udah lumayan bagusan dikit asal jangan ujan aja

      Delete
  72. Mas Cumi yang manja terlihat sedikit langsing.
    Pemandangannya kece badaiii....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mmg kurusan kak, diet ketat dan alhamdulillah turun sampai 5 kg an hehehe

      Delete
  73. bagus ya kak cum. jadi pengen kesitu nih biar bisa manjah di ayunan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss di dieng atas telawa warna di kasih ayunan dong hahaha

      Delete
  74. Duh aku yang warga Jawa Barat aja belum pernah kesana kamu kok ya mendahului aku gak pake ngajak2 pula sih Cum?

    ReplyDelete
  75. sama nih saya jadi terpikat juga sama teluk ciletuh dari puncak darma

    ReplyDelete
  76. (((SANGKURIANG)))
    Roro Jonggrang kangeeen nih!.
    Bisa tolong bangun candi ditengah teluk ciletuh ?!

    Ku belom pernah ke teluk ciletuh nih. kamu gak mau ngajakin gituh om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss ntar di bangun candi ala2 manja disana hehehehe

      Delete
  77. waaahh seruuuu
    jadi teringat waktu ke ciletuh,pas ke puncak darma pake land rover, haseek teriak2 kaya naik roll coaster.
    Truuus menyusuri pantai sampe gosoong n terbakar niy kulit , mendadak menjadi anak pantai seharian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang bener naik land rover, cuman kmrn kata nya jalan nya dah lumayan bagus jadi ojek aja bisa

      Delete
  78. Wah seru bener kalau bisa camping di situ. Tapi serem juga kalau mbak kuntinya dateng. Kirain cewek cakep yang sering nongol eh gak tahunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malam2 kunti nya suka grepek2 yg cakep, karena aku cakep jadi takutttt #KagakNyambung

      Delete
  79. Cileuteuh dimana sih? Aiih, geografi dulu dapat berapa saya yak? Tuing!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukabumi paling ujung jauhhhhhhhhhhhhhh hahahaha

      Delete
  80. asyik bgt... mauuu...

    ReplyDelete
  81. Ojeknya mahal juga yak, 60 rebeng #GaDaGojekApah? etapi ketimbang jalan nanjak gitu ya #OgahLelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada gojek kayak nya langsung laku laris manis

      Delete
  82. Emperan surga di geopark Cileteuh keren banget. Lestari alam Cileteuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emperan nya aja cakep yaaaa, gimana dalemnya hahaha

      Delete
  83. Wiiih Sukabumi ada tempat keren macam ini juga. Lope lope banget, pingin ke siniii

    ReplyDelete
  84. Setiap baca postingan cerita traveling si mazToro, kebayang banget udah di sana. Cakep nih ngulasnya. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish jadi malu hehehe semoga memginspirasi untuk piknik manja :)

      Delete
  85. Seperti biasa, gambarnya memanjakan pikiran dan mata.

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com