Gadis Pandai Sikek Wajib BISA Menenun

Tenun+pandai+sikek
Cantiknya Tenun Pandai Sikek Sumatera Barat
Tenun Pandai Sikek – Menyusuri perjalanan Kota Padang menuju Bukittinggi, kita akan melintasi sebuah Nagari yang terkenal dengan hasil KAIN TENUN nya yaitu Nagari Pandai Sikek yang terletak di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat #PastiSudahPadaTauKan. Kerajinan tenun songket merupakan produk tekstil khas Indonesia dan banyak kita jumpai di berbagai daerah, seperti Toraja, Lombok, Sumba, Flores dll, tapi kali ini kita mampir dan ngomongin tenun khas Minangkabau di Desa Wisata Sentra Tenun Pandai Sikek #IniKunjunganKeDua.

Tenun+Pandai+sikek
Salah Satu Toko Tenun di Desa Pandai Sikek
Tenun+Pandai+Sikek
Memilih Tenun Pandai Sikek
Karena saking melegenda nya Tenun Pandai Sikek ini sampai – sampai di abadikan di mata uang Republik Indonesia yaitu di pecahan uang Rp. 5.000,- edisi cetakan 2001 yaitu seorang gadis minang sedang menenun pandai sikek #YukCusTenggokGambarnya

Kita datang ke salah satu toko yang di kelola oleh Hj. Erma Yulnita, beliau menjelaskan tentang perbedaan tenun songket dari pandai sikek dengan daerah lain yang antara lain kalo di pandai sikek, kain tenun minang lebih ringan karena terdiri 6 reed/benang sedangkan daerah lain bisa lebih dari 10 reed, seperti palembang dengan 14 reed, harga kain tenun pandai sikek berkisar antara Rp. 1.500.000,- sampai puluhan juta #KaryaNyataHarusMahal.
Tenun+Pandai+Sikek
Rombongan Fam Trip Blogger Kementrian Pariwisata - Bertanya Tentang Tenun Pandai Sikek
Tenun+Pandai+Sikek
Gambar Gadis Pandai Sikek Sedang Menenun Di Mata Uang Rp. 5.000,-
Warga Pandai Sikek mewarisi tradisi menenun dari Nenek Moyang, bisa jadi dari periode masa Kejayaan Sriwijaya, sejarah menjelaskan dari abad ke 14 perempuan – perempuan yang tinggal di sekitar Gunung Singgalang dan Gunung Marapi telah pandai menenun #KamuPastiNgakBisa #Halah. Apalagi Kerajaan Pagaruyung kala itu mewajibkan warga nya mengenakan kain tenun setiap ada upacara adat, termasuk pernikahan #KaloKawinTerserah, batagak gala (Penobatan Penghulu) serta penyambutan tamu – tamu penting. 

Bahkan ada istilah yang beredar di daerah tersebut “Jika Tak Pandai Menenun, Pasti Bukan Perempuan Pandai Sikek” #IniKejam. Nama Pandai Sikek sendiri juga berasal dari aktivitas tenun, benang – benang tenun di masukan ke lubang – lubang yang bentuk nya mirip sikek (sisir) jadi makna pandai sikek adalah Mahir Menyisir atau Menenun ... eh kalo pandai menyisir rambut trus kerja di salon, apa juga disebut pandai sikek ??? #laluDigampar.
Tenun+Pandai+Sikek
Gadis Minang Menenun Di Pandai Sikek
Ibu Hj. Erma Yulnita Menjelaskan Tentang Motif Tenun Pandai Sikek
Tenun+Pandai+Sikek
Kain Tenun Menyimpannya Mesti Digulung Agar Tidak Mudah Rusak Benangnya
Tenun songket pada masa lalu memang identik dengan simbol kemewahan, status sosial dan martabat pengunannya, konon nich yaaa pembuatan songket pada masa silam mengunakan benang emas asli #PastiMahal. Jadi songket tidak hanya bernilai tinggi dari segi estetika tapi juga bernilai seni, semakin rumit dan unik ornamen songket nya maka harga nya juga akan semakin melambung tinggi #TarifBookingCumilebayJugaTinggi

Untuk motif di pandai sikek sendiri memiliki lebih dari 350 jenis, motif khas yang antara lain Saik Kalamai, Buah Palo, Barantai Putiah, Tampuak Manggih, Salapah, Simasam dll. Tenun Songket Pandai Sikek juga mengandung nilai – nilai luhur yang dalam keseharian bisa di jadikan acuan kehidupan, seperti Kesakralan,Keindahan, Kesabaran, Ketelitian, Ketekunan.
Tenun+Pandai+Sikek
Motif Tenun Pandai Sikek
Tenun+Pandai+Sikek
Milih Selendang Buat Oleh -Oleh Nyokap
Tenun Songket Pandai Sikek tidak hanya melulu di buat pakaian seperti baju kurung  atau daster, tetapi juga untuk keperluan upacara adat dan perkawinan, seperti : saruang balapak, saruang batabua, selendang batabua tingkuluak tanduak (Tutup Kepala Wanita), sesamping (Perlengkapan Penghulu), kodek songket dll. Sekedar info kalo kain songket ini tidak boleh di lipat, cara menyimpan nya harus di gulung dengan kayu bulat, hal ini di lakukan untuk menjaga agar bentuk motifnya tetep bagus dan benang emas yg di gunakan tidak putus, sehingga songket tetap dalam kondisi baik dan rapi.
Tenun+Pandai+Sikek+Padang
Gadis Batak Memakai Tenun
Mas Cumi Belajar Menenun