Menggoda Ubur - Ubur di Mariona TOGEAN

Danau+Ubur+Ubur+Tidak+Menyengat+Togean
Danau Ubur - Ubur Tak Menyengat Mariona Togean - Di Foto Manja Dari Udara
Foto : Ichan Ikhsan
Danau Ubur - Ubur Mariona Togean - Seriusan Ada Danau Ubur - Ubur (JellyFish Lake) Disini ??? Yakin Suer Ngak Boong ??? Kok Gw Ngak Tau ???  #Penasaran #KepoPenginTau. Gw masih 1/2 ngak percaya kalo belakang Pantai Karina Kepulauan Togean Sulawesi, tempat gw sekarang lagi woles manja berjemur sambil pamer aurat ini ada sebuah danau besar yg di kelilingi pepohonan rimbun & teduh, danau ini merupakan danau yg di huni ribuan bahkan jutaan ubur - ubur alias jellyfish yang terperangkap jutaan tahun yang lalu sehingga berevolusi menjadi ubur – ubur tidak menyengat alias ubur2 lemah syahwat #Ubur2MestinyaMenyengat.
Danau+Ubur+Ubur+Togean
Jembatan & Dermaga Gazebo Terapung Di Danau Mariona
Danau+Ubur+Ubur+Togean+Sulawesi
Cantiknya Danau Ubur - Ubur Tidak Menyengat Mariona Togean 
Foto : Ichan Ikhsan
Liburan manja penuh nafsu ke Kepulauan Togean bareng Om Tije @Tukang_Jalan kesayangan ini bener - bener sengaja dibikin ngeblank diotak gw alias tanpa tau mau ngapain aja trus kemana aja yang penting Togean centrang #EdisiMalesMauSantai #EdisiNgakMauTau. Yang gw persiapkan cuman deretan kancut - kancut seksih yg akan membalut tubuh telanjang ku #OmagaPamerUratLagi

Dan saat om tije @Tukang_Jalan kirim itinerary pun akhirnya tetep gw cuekin #NgakGwBaca coz gw pokok nya pasrah diajak kemana aja yg penting gw bisa pamer kancut & aurat #DiendorseKancut #PercayaAmaOmTijeTukangJalan #LoveOmTije. Tapi begitu dikasih tau kalo next destination Bunderan HI #LwPikirNaikBusway eitss yg bener tujuan berikut nya berenang bersama ubur - ubur tidak menyengat, ini seriusan sumpah bikin gw kaget #MasyaAllah ternyata di Togean juga ada danau ubur-ubur #AkuGagalJadiTukangJalan #KaesangJadiArtesAja.
Danau+Ubur+Ubur+Togean+Sulawesi
Dermaga Panjang - Tempat Perahu Sandar di Danau Mariona
Danau+Ubur+Ubur
Nongkrong Manja Di Dermaga Mariona - Menanti Hati Yang Tertukar
Selama ini yg ada di otak gw mah kalo danau ubur - ubur yang tak menyengat yaaa pasti ada di Derawan yaitu Danau Kakaban (Gw sudah pernah 3x kesini *KlikBacaDisini) atau di Misool Raja Ampat di Danau Lenmakana & Karawapu (Kalo yang ini gw blm pernah, semoga om tije @Tukang_Jalan segera mengajak ku ke Misool #NgarepPakeBANGET) dan konon kata nya di Taman Nasional Komodo juga ada danau ubur2 semacam ini tp gw ngak tau pasti (Belum sempet browsing & info yg gw terima cuman samar - samar bayangan)

Berdasarkan gosip yg sumber nya juga ngak jelas, ada 7 danau di indonesia yg menyimpan ubur – ubur tak menyengat, tapi konon yang menyimpan ubur – ubur tak menyengat paling banyak ada di Palau di Kepulauan Pasific jadi dari Papua kesonoan dikit #LwPikirNaikBajajSonoanDikit.
Berenang Manja Bersama Ubur - Ubur Tak Menyengat Di Togean
Foto : Marischka Pruedence
Kumpulan Ubur - Ubur Tidak  Menyengat di Danau Mariona Togean
Foto : travelcake.com
Kalo menurut ilmu perubur2an sech kalo ubur - ubur itu pasti menyengat, dan sengatan nya pasti bikin ngak nyaman, blingsatan & aura memudar #IniGwNgarang. Saat ubur - ubur menyengat, biasa nya mengeluarkan/menancapkan duri - duri beserta racun, bagian tubuh yg terkena racun nya akan terasa gatal, meriang, memerah, meruam tergantung kekebalan masing2 individu #AkuLemahRacunCinta

Kalo tersenggat ubur - ubur, ada beberapa cara mengobati luka yang di tinggal kan oleh ubur - ubur yaitu : tetap diam jangan banyak gerak agar tidak menyebar tentakel racun nya, siram dengan air garam hangat atau oleskan krim pencukur jenggot untuk mengurangi rasa gatal #LaluCukurBulunya #IniNgarang lalu ambil tentakel2 yang menancap. Tetapi kalo ubur - ubur di kakaban, togean, misool ini sudah lemah syahwat semua alias ngak menyengat karna kejantanan nya terperangkap dalam lembah nista #MengarangBebas.
Danau+Mariona+Togean
Terapung Manja Menanti Ubur - Ubur Tak Menyengat
Foto : Ichan Ikhsan
Danau+Ubur+Ubur+Togean
Sabar Menunggu Ubur - Ubur Tak Menyengat
Foto : Ferry Gorontalo
Kenapa ubur - ubur di danau togean ini tidak menyengat ??? Jutaan tahun lalu sebagian karang atau atol terangkat kepermukaan di bagian samping – samping nya sehingga membentuk sebuah danau yang tetap berisi air laut berserta penghuni nya termasuk ubur - ubur dan di karenakan ubur – ubur ini terperangkap di danau tanpa ada interaksi lagi dengan paparan dunia laut maka ubur2 berevolusi menjadi tanpa sengat setelah melalui proses jutaan tahun. Eh Gimana Bingung ????? gw juga sama aja bingung ngak paham tapi itu yg gw dapat dari google #PahamiCermatiLupakan.
Danau+Ubur+Ubur
Persiapan Sebelum Terjun Menggoda Ubur - Ubur
Danau+Ubur+Ubur
Bercanda Manja Bareng Marischka Pruedence
Kami merapat di Danau Mariona aka JellyFish Lake sekitar pukul 12 siang setelah berjemur manja di pantai karina yg lokasi nya berdempetan #MerekaTetangga. Awan hitam bergelanjut menutup kawasan danau mariona dan matahari malu - malu menampakan sinarnya, karna tidak ada pantulan cahaya matahari menyebabkan air danau berwarna hijau jadi lebih gelap mendekati hitam #RadaSerem #SumpahParno, padahal harus nya hijau tosca atau hijau manja sehingga ubur - ubur akan tampak mudah terlihat dari atas.
Danau+Ubur+Ubur+Togean
Menggila Bareng +Tukang Jalan Di Danau Ubur - Ubur Mariona Togean
Foto : Ichan Ikhsan
Air Danau Berwarna Hitam Pekat 
Foto : Ichan Ikhsan
Cukup berjalan kaki 3 menit atau cuman ±100 meter dari dermaga, sudah ketemu sebuah gazebo terapung diatas danau (Beda dengan kakaban derawan yg mesti jalan kaki sejauh ± 1 km). Di gazebo semua nya bisa melepas lelah, selonjoran sambil persiapan mau terjun jebur – jebur berenang menggoda manja para ubur – ubur dan di mariona kita mesti berenang agak ketengah danau untuk bisa melihat ubur – ubur #AgakLelah, dari penampakan nya mmg beda dengan di kakaban (Kalo di kakaban, kebanyakan jellyfish nya berwarna kuning ke coklatan) tapi di togean yang terlihat lebih banyak ubur2 berwarna putih bening, ada juga menyerupai mendekati ungu meskipun yg kuning kecoklatan juga nampak #BanyakMacam.
Danau+Ubur+Ubur+Mariona+Togean
Silahkan Berenang Bersama Ubur - Ubur Tapi Jangan Pernah Sentuh Mereka
Foto : Marischka Pruedence
Danau+Ubur+Ubur+Mariona+Togean
Biarkan Dia Bebas Tanpa Perlu Kita Usik Hidupnya
Foto : Marischka Pruedence
Yang paling serem saat berenang ke tengah danau, sempet berpapasan sama barakuda dan ini bikin gw kabur #CiutNyali coz barakuda ini bahaya banget bisa merenggut keperjakaanku #Dibahas. Karna cuaca yg agak2 galau matahari tak bersinar terang, menyebabkan ubur – ubur nya banyak yg malu – malu menampakan diri alias mereka berada jauh di bawah permukaan air #GagalMenggoda tapi lumayan cukup puas sempet ketemu dan menyapa beberapa ubur – ubur yg nekat nongol kepermukaan dengan lucu nya #DisapaManja.
Dermaga+Danau+Mariona+Togean
Nongkrong Manja + Makan Siang Di Dermaga Danau Mariona
Danau+Ubur+Ubur+Mariona+Togean
2 Gadis Ini Merenungi Nasib - Kenapa Selalu Jomblo ????
Sejak tahun 2004, Togean yang berada di Teluk Tomini ini sudah di kukuhkan menjadi Taman Nasional Togean yg merupakan daerah di lindungi alias konservasi alam karna menyimpan banyak pesona kekayaan bawah laut dan keindahan hamparan daratan yang menggagumkan #SumpahSuer. Kepulauan Togean atau Togian masuk diwilayah administrasi Kabupaten Tojo Una Una Provinsi Sulawesi Tengah dengan membawahi 66 pulau yang antara lain Pulau Una - Una, Pulau Bakudaka, Pulau Togian, Pulau Kadidiri, Pulau Talatakoh, Pulau Waleabahi, Pulau Waleakodi.


Tertarik menggoda ubur – ubur di togean ??? Cara gampang namun lelah untuk sampai ke Togean, inti nya sampai ke Daerah Wakai (Pusat Keramaian Togean) ada 2 akses untuk mencapai Kepulauan Togean ... Yaitu : 
1. Lewat Gorontalo : Terbang ke Gorontalo, lanjut mengunakan kapal penyeberangan Ferry ASDP selama 10 jam menuju Wakai Togean, dari wakai bisa sewa perahu rakyat untuk keliling Kepulauan Togian.
2.
Lewat Poso/Ampana : Terbang ke Poso, lanjut jalan darat selama 3 jam dari Poso ke Ampana, disambung speedboat selama 1,5 jam menuju wakai.
Danau+Ubur+Ubur+Togean+Sulawesi
Amit Amit  #KetokMeja3X - Jangan Sampai Gw Ngelahirin Bayi Ubur - Ubur
Foto : Marischka Pruedence
Danau+Ubur+Ubur
Santai Menikmati Siang di Mariona (Jelly Fish Lake)
Note : Banyak aturan yang harus di taati saat berkunjung ke danau ubur - ubir tak menyengat ini, please taati aturan nya untuk menjaga kelangsungan ekosistem ini. Baca dan Ikut Petunjuk nya *KlikDanBacaDisini #Wajib #KaloKagakGwGamparManja

Pengen juga ke Togean & berenang sama ubur – ubur ??? Mending gabung sama trip nya  +Tukang Jalan : 
Telp       : 0858 1069 7553 / 0813 1589 0191
Wa         : 0818 0602 0146
IG & Twitter : @Tukang_Jalan
Email    : tuk4ng.jalan@gmail.com

258 comments:

  1. WAKAKAKAKAKKAKAKAKAKKAKAKAKA.
    Jadi papih udah berapa bulan nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bentar lagi lahiran hahahaha

      Delete
  2. Om ga takut kesengat ubur2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ngak menyengat, mereka sudah berevolusi jutaan tahun lama nya

      Delete
    2. wah, pasti enggak baca dulu nih, heuheuheu

      Delete
    3. Pasti terpesona dulu ama kancut ungu ku hahaha

      Delete
  3. Ih lucu ya! Ubur-uburnya totol-totol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di togean jenis nya ada banyak kak, dan lucu2 semua

      Delete
  4. Anonymous11:03:00

    Kok aku geli liatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal nya geli macam jeli tapi lama kelamaan lucu lho

      Delete
  5. Ini seperti yang di Kakaban Derawan Berau Kalimantan Timur ya
    Sempurnanya ciptaanNYA.
    Ada air terperangkap, dan rahasiapun terungkap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mirip banget ama kakaban

      Delete
  6. Itu "main" sama ubur ubur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa konotasi main yang kau maksud ?? hua hua

      Delete
  7. kirain meyengat ubur2nya kaya di film Nemo :)

    ReplyDelete
  8. Keren ya, klo difoto pake drone warna danaunya kek warna purple gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti bawa drone kalo mau foto2 kece #SudahYeee

      Delete
  9. Semoga selamat Kakak Senior

    ReplyDelete
  10. Indah alami dan kaya nya seger banget tuh berenang disana :) Ubur-ubur nya mengandung listrik gak tuh mas ? Seru mas perjalanannya. Itu foto nya di sensor dikit ya .hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubur2 nya jinak akibat lemah syahwat jadi aman2 aja hehehe. bagian mananya yg perlu di sensor ???

      Delete
  11. Ada lagi lokasi ubur ubur yg bersahabat. Jadi gak khawatir disengat.
    Plus lokasi juga bagus ya. Cocok masuk list destinasi liburan.
    Kalo mau tanya soal Atol selain google bisa ke mana lagi om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ntar aku bilangin sama yg puny atol lho yaaa, biar kamu ngak dikasih cicilan hua hua

      Delete
  12. Anonymous11:44:00

    Liburanmu selalu gila dan bikin iri, duitmu kok banyak yo mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah anak bupati gresik di syukuri aja hua hua

      Delete
  13. Replies
    1. Alhamdulillah di bikin seru aja pamer kancutnya hahaha

      Delete
  14. Wow kece banget Togean. Jadi destinasi impian berikutnya, Kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tunggu kedatangannya di togean bunda evi

      Delete
  15. Kancut pink neoonn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini warna ungu jablay lho bukan pink hahaha

      Delete
  16. maaas... itu danaunya jadi kliatan pink2 ungu gitu yaaa.. itu pantulan ubur-ubur atau pantulan warna kancutmu sih? #eh :)))

    liat ubur2 di sini, jadi inget pilem spongebob yg suka berburu ubur2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss warna kancut ku mengotori danau nya yaaa ??? hahaha

      Delete
  17. Keren n cantik ubur ubur nya. Apalagi ditambah ada can**t merah ngambang bareng ubur ubur :)
    Btw paket trip ksana berapa mascum? Jadi pingin ksana juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo gabung trip sama tukang jalan trus request ada cumilebay nya yaaa hahaha.
      Trip nya ke togean sekitar 2,9 juta di luar tiket

      Delete
  18. mas cum, disini gaya renangmu semakin membaik... mungkin karena poto kak prue pas nyelem gag ada kali ya #kabuuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa kamu selalu memnbandingkan aku dengan dia #KaesangLelah ihik ihik ihik



      Kak prue ... peluk aku, eh gimana ?????????

      Delete
  19. Mas cumi, aku iri, belum pernah liat ubur ubur *engga bisa renang hahahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius kamu ngak bisa berenang ?? Jangan bikin malu orang bali deh hahaha #Kabur

      Delete
  20. ternyataa.. banyak lagi danau dengan ubur2 tak menyengat yg belum tersingkap tabir dan baru muncul ke permukaan satu-persatu.. #tsaahh..
    Keren bgt kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm bahasa mu yaaa ala2 banget hahaha

      Delete
    2. mau belajar jadi pujangga kak.. hahahaa

      Delete
  21. cumi beranak ubur2... ga ngerti lagi mas cumi ini kena radiasi radioaktif macem apa

    mirip kakaban yah. bagusan mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 bagus, tapi yg di togean ini jauh lebih sepi dan tenang seperti pembawaan ku yg kalem ini hua hua

      Delete
  22. Diajak kemana aja terserah yang penting pamer kancut dan telanjang. OK, ya opo nek nang Himalaya ? Ditunggu foto kancut sey yang Pucuk e Himalaya. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tunggu undangan nya ke himalaya, kalo di undang gratisan daku siap pake kancut ahahahaha

      Delete
  23. Mas...gak kuat aku liat foto yang terakhir nomer 2 hahaha, Ngakak. Yang melahirkan ubur2nya nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amit amit amit jangan sampai lahiran ubur2 yaaa hehehe

      Delete
  24. Wiih pantesan bisa bermanja-manja, ubur2nya gak menyengat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ubur2 nya lucu mengemaskan dan ngak menyengat

      Delete
  25. pasti seru banget nih, cumi cumi menggoda ubur ubur. pasti jarang banget nih. ngga menyalahi hukum alam kan mas cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi dan ubur2 mmg ngakbisa bersatu tapi kami saling cinta damai #eeap

      Delete
  26. Yahh,,, ubur-uburnya ga ngelawan ya kalo digoda :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia pasrah dan malah goda balik hehehe

      Delete
  27. Hati-hati kalau berenang sama ubur-ubur nanti bisa kesetrum mas cum uuh ngeri :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg ini sudah jinak hehehe

      Delete
  28. Ishhh ini kereenn banget Kak Cum danaunya. Suamiku pasti seneng nih kalau disini secara dia hobi keciprakan di air, aku nungguin ubur2 di pinggir aja haha. Btw, danaunya dalam ga itu Kak Cum? Aku selalu takut kalau renang di danau, ngebayangin ada buaya *ish serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalem banget bisa 30 meteran lho, ayuk datang ke indonesia dan ajak ke togean

      Delete
  29. kak Cum untung gak nyengat ubur-uburnya.. :P

    keren banget Togean.. Semoga tahun depan bisa kesampaian ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga tahun depan kesini

      Delete
  30. di Lombok juga banyak ubur ubur transparan,,, *tapi menyengat* heuheuheu

    ReplyDelete
  31. Kereeeen bangettt bro! Next trip musti kesini nih..thanks info dan foto2nya bro..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu kedatangan nya di Togean

      Delete
  32. kemarin white shark, sekarang ubur-ubur...Betapa beranugerahnya hidupmu, Mas...kerenn perjalanan dgn ubur-uburnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di syukuri saja jalan hidupku meskipun kulitku makin menghitam hehehe

      Delete
  33. Ini beberapa komennya, pada wanti-wanti jangan sampe tersengat ubur-ubur. Padahal kan ... padahal di postingannya ... :D

    Ternyata ubur-ubur bisa malu-malu juga, ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mereka lelah jadi amnesia hahaha

      Delete
  34. Anonymous00:19:00

    Menurut abang, bagus derawan atau togean ?? Aku ada rencana liburan bulan september tapi belum tau mau kemana

    Thanks
    Pipit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 cakep, cuman kalo mau santai ngak terlalu capek dan banyak dapat spot buat foto2 kece maka pilih derawan saja

      Delete
  35. Ya ampun mascum...ubur-uburnya lucu banget ihhh :)
    Bungkus satu mascum..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weksss di bungkus, lw pikir nasi timbel hahaha

      Delete
  36. iiiissssh lucu kalo ubur uburnya lagi rame rame banyakan gitu jadi kaya cendol ya, om cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka puasa pake es cendol kayak nya enak seger

      Delete
  37. Yang penting Ubur-uburnya nggak yang berbisa kakakkakak. Sumpah kalo yang berbisa nggak cuma gatel, ada juga yang kayak tersengat listrik *Pernah ngalami disengat ubur-ubur hahahhahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh seriusan sampai kayak di sengat listrik gitu ??? serem amat yaaa

      Delete
  38. Wah ubur-uburnya lucu om :D
    disitu banyak spesiesnya atau cuma yg kayak gambar diatas doang om ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jenis ubur2 nya yg gw perhatiin sech ada beberapa, cuman daku tak paham nama2 nya hehehe

      Delete
  39. Gua tuh kalau liat ubur-ubur gelii banget. Tapi danau nya keren banget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ubur2 nya lucu banget, di jamin kamu jatuh hati hehehe

      Delete
  40. waaanjis, sebeell.. dulu gua main2 di pantai karina, tapi gak ke sini.. soalnya abang kapalnya cuma bilang di situ ada danau ubur2, gak bilang stingless, kan eyke takyuutt..
    btw itu lo ceritanya melahirkan ubur2? kirain ada apa gituuu yang bengkak di situ :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu yg sabar dan ikhlas yaaa, itu tanda nya kamu mesti balik lagi ke togean ahahaha. Padahal jalan kaki ngak sampai 5 menit dah sampai ke ubur2 ini dari pantai karina hehehe

      Delete
  41. hadeeeehhhhh....suegeeeerrrr..... bukan liat airnya, tapi liat yg berenang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss berarti liat aku yg seksih ini yaa hahaha

      Delete
  42. Sayangnya aku belum terlalu pande renang, mas :(

    Btw itu ubur2 nya pas banget jadi kayak nyensor gitu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini ama abang berenang nya, berenang ke hati hehehe #eeap

      Delete
  43. Ooh..barakuda itu bisa merengut keperjakaan yak? Eh, busyet, nepsong amat itu barakuda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss di bahas lagi, aku masih perjakan itu inti nya hahaha

      Delete
  44. Pahami cermati lupakan kenapa ubur - uburnya tidak menyengat hahaha, ahh fun banget sih mas jalan - jalan terus :). Tetap lucu ya mas, jangan berubah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, semoga terus di beri ide2 gila untuk menulis absurd hehehe

      Delete
  45. Kalau nanti aku ke Togean judulnya "Renang Manja Bareng Ubur-Bubur" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manjain aku dong kak :-)



      Eh Gimana ???

      Delete
  46. Tidak hanya di kalimantan yah yang ada Ubur-ubur Stingless.
    Wah, makin pengen ke Togean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada 7 di indonesia, aku bangga menjadi anak indonesia #MasihAnak2

      Delete
  47. Belum kelar ngiler sama pulo cinta, eh udah disuguhi ini :(
    Hidup ubur-ubur lemah syahwat!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu lemah syahwat ngak ???
      amit amit jangan sampai yeeee hehehe

      Delete
  48. selama ini aku jg taunya ubur2 ga menyengat itu cuma di palau ama kakaban mas.. di indo trnyata bnyk tempatnya yaa ^o^.. kyknya kalo aku ntr mw jalan2 ke timur, mnding ikut mas TJ ini yak :D.. udh trbukti seru2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk gabung sama trip nya om tije, jangan lupa request sama om tije mesti ada cumilebay nya hahaha #Ngarep

      Delete
  49. waaa belum pernah gw liat ubur2 secara langsung... keren banget ih tempatnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti nyobain berenang ama ubur2 nya, di jamin ketagihan hehehe

      Delete
  50. Keren yah Mas, foto segerombolan ubur-ubur kaya lampion..apalagi yang nempel di celana itu..qkqkqkqk..btw ikan baracudanya ngga sempet difoto Mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh ketemu bara kuda aja langsung kabur, ngak mikir buat foto #AkuTakut

      Delete
  51. Wah keren amaaaaaattttt. Itu foto lagi melahirkan ubur-ubur, aku pikir ubur-uburnya sedang......... ah sudahlah, maz dirimu nggak lelah apa BW balik ke orang-orang yang komen disini? Segudang bener komennyaaaa. Nggak udah BW balik ke blog aku Maz, postingan terakhir aku udah dikomenin dirimu soalnya #akubaikkan UDah ah capek ngetiknyaaa. Bye Maz. Sampai jumpa dipostingan terbarumu yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak usah ngebayangin capek nya tapi di jalani aja.
      Kan aku orang nya baik, menghargai semua orang2 yg sudah datangberkunjung hehehehe

      Delete
  52. BerapĂ  banyak mereka yg berhasil tergodaa mazcum? #siUburUbur. pdahal ga menyengat tetep ga boleh pegang2 yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di pegang kasihan mereka merasa terganggu akan kelangsungan hidup nya #Eeap

      Delete
  53. Nggak takut ada ular tuh mas, berenang bebas disitu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ular sech kagak ada kayaknya, yaaa modal nekat aja hehehe

      Delete
  54. subhanallah, togean ini eksotis banget ya, ada pulau-pulau cantik, underwaternya masih terjaga dan ini laguna dengan ubur-ubur yang tidak menyengat.

    kapan-kapan ikut Om TJ jalan-jalan ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kak .. jalan bareng ama on tije yg menggemaskan itu di jamin seru hehehe

      Delete
  55. Oh masih perjaka toh mas, wkwkwk dibahas..

    Unik juga ya, ubur ubur tapi di danau.. cuma aku serem kalau renang di danau, takut tenggelam dan tak tau arah jalan pulang, eeaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tak tau jalan pulang, mending di rumah aja tidur hehehe

      Delete
  56. Bagus sekali danaunya difoto dari atas. Cantik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pake drone jadi cakep banget tapi asli nya mmg cakep sech

      Delete
  57. sama kyak ubur2 dikakaban ya om cum..

    ReplyDelete
  58. Ahhh ngiluu sendiri kakaa,
    jangankan menggoda ubur2, yang ada eykeh menjauuuh, atuut!!

    Btw tempatnya Mupeng banget uy,kecee pisan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cusss jalan ke togean hehehe

      Delete
  59. kereeenenn fotonya bagus-bagus
    itu ambil gambar ubur-ubur bisa pas banget angelnya
    kapan2 pengin belajar Pothograpy nih

    ReplyDelete
  60. Kalo kesana lihat2 dari atas dermaganya aja, taku keperjaanku dicaplok barakuda #istighfar #tutuptitit #IniJunYangNgomen

    Btw banyakan mana ubur2nya sama yg di kakaban mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku liat sech banyakan di kakaban, tapi di togean cuaca nya lagi mendung jd yg nongol dikit

      Delete
  61. Waw keren mas bisa berinteraksi langsung dengan ubur ubur pasti sangat menyenangkan, jadi pengen coba nih kalau jinak mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo datang ke togean dan berenang manja sama ubur2 ini

      Delete
  62. hahahahaha itu sapa yg motretin bisa kayak beranak dalam kubur eh beranak ubur2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang motret kakak cantik kesayangan akoh, kak marischka pruedence hehehe

      Delete
  63. kagak geli om berenang sama ubur-ubur yang tak bertulang tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih lucu tau, mesti ketemu trus kenalan dech hehehe

      Delete
  64. Ayooo ayooo kesana lagiiih..... #ngitung2...cukuplah...cusssss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm lelah ah ama kamu ngak jelas mulu hua hua

      Delete
  65. Ubur2nya bisa dibawa pulang gak? Ditaroh aquarium gitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh megang aja di larang, jadi kamu jangan nakal bawa pulang yaaa ntar kena pasal pidana perusakan lingkungan lho hua hua

      Delete
  66. om cumi dan ubur-uburnya kompak banget...mantaap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kan mesti kompak sama siapapun hehehe

      Delete
  67. Seru bangeett kak Cum!! Enak banget bisa rame2 berenang di danaunya, waktu kesana saya cuma ber 5 jadi agak seremm..gak berani berenang sampe ketengah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kmrn ber 14 jadi rame nya dapet, seru2an di danau nya meriah euy hehehe

      Delete
  68. Kamu selalu membuat aku iriiii.. BTW itu ubur2 diselangkangan binal amat yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan kamu ngak iri >???
      Hidup mu jangan penuh iri dengki hua hua

      Delete
  69. baru kali ini Cumi berenang dengan ubur-ubur.... Octopus Vs Aurelia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah beberapa kali kak, di kakaban sempet 3x berenang manja

      Delete
  70. Terus ingat Tin Tin. Waktu ada yg disengat ubur2, dipipisi sama Tin Tin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ngak sampe kesengat, kalo yg ini lemah syahwat hehehe

      Delete
  71. Mz aku pikir itu raja ampat, sekilas mirip.. aaak sama2 indahnya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia mmg sungguh indah yaaa

      Delete
  72. Kak Cumi, disitu jauh dari peradaban ya.. hehehe...jauh dari penginapan kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penginapan sekitar 1 jam dari tempat ini naik perahu

      Delete
  73. Wow..Togean kereeen *sampe ngeces*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berangkat ke togean hehehe

      Delete
  74. Waaah... Asik yah... kapan ya saya bisa kesini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk cuss berangkat, seru lho disini hehehe

      Delete
    2. Okeh, nanti kita cari waktu luang yah... :D

      Delete
  75. wow ubur2nya banyak dan gak nyengat lagi, pengen tapi itu om lokasinya jauuuh...ngeliat om cumi dan ubur2 mainnya akur di laut gue udah bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss lw bahagia, gw sedih kalo disamain ama ubur2 hahaha

      Delete
  76. Ahhhh.. akooh tergoda... dengan ubur-uburnyaaaa...
    Maooo kesanaaaa..

    ReplyDelete
  77. Ihh bentuknya bagus ya danaunya kl diliat dr atas :3

    ReplyDelete
  78. aku mau si unguuuu...eeeh, berenang ama ubur-ubuuur hehehehehe..ih, jadi pengen pulang ke tanah air deeeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg ungu itu kancut ku lho yaaa hahaha

      Delete
  79. aku bacanya Mariana coba wkwkwkwk
    itu ubur-ubur gak nyetrum kak?
    airnya bisa jernih banget gitu ya, betah kalau renang ini mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss mariana itu nama mu :-)
      Ubur2 nya jinak tak menyengat

      Delete
  80. kak cumi nyali nya besar, berenang ama paus ok, ubur2 pun bisa...next time renang cantik dengan apa ya kak ?? phyton kali ya...hahahahha peace..merinding ahhh liat ubur2 banyak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ama phyton mah aku takutttttttttttt

      Delete
  81. Hebat banget nih mas toro udah sampai disana ajaa, salam kenla yauuuu maszz :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai ... salam kenal juga :-)

      Delete
  82. serem amat itu ubur ubur bang, kena sengat ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ubur2 nya ngak menyengat alias lemah syahwat

      Delete
  83. Wah, mau dong dimanja-manjain juga...

    Best regard,
    Adi Pradana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sini mau di manja pake pacul atau arit ??? hahaha

      Delete
  84. lautnya sangat indah, kita juga bisa berenang besama ubur-ubur..

    ReplyDelete
  85. Keren banget sih liburan kak cum ini. Emang hits dah... *cipok basah*

    ReplyDelete
  86. Karena lagi puasa paling aman buka blog om cumi malam hari hyahahaha Do you know?

    Btw, iri banget nih bisa traveling sama Mariscka :( dan ubur-ubur, meskipun rada seram sih renangnya sama ubur-ubur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss aku menebarkan dosa yaaa kalo siang hahahaha

      Delete
  87. Aaaaa lucu banget ubur-uburnya baaang~~~ aaaaaaaaaaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu ngegemesin kayak aku hehehe

      Delete
  88. Mantap banget om tempatnya, ditambah kancutnya yg mempesona wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancutku mmg selalu bikin mata melek terpesona

      Delete
  89. itu yang foto ke-3 benaran airnya warna ungu Mas Toro? cantik banget euy *jempol*

    tapi itu kancut, ckckck teteup yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancutnya menggoda yaaa hahaha

      Delete
  90. Udah sering mampir kemari tapi belum pernah ninggalin jejak... Pengen ngomen, ini keren amat sik, mudah-mudahan siatu hari nanti bisa renang di danau ubur-ubur. Hahahaha selalu terhibur dan nambah pengetahuan tiap bw ke blognya mazToro. Cakeppppps...

    Salam hangat yak maz,
    Zia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa setiap tempat harus di tinggalkan jejak nya biar makin kece hahaha
      Makasih sudah mampir kesini, semoga makin ngak jelas aja hidup kita eheheheh

      Delete
  91. Omaga.. Aku selalu terhanyut manja setiap kali datang ke blog ini..
    Untung aku membacanya ketika aku sudah berbuka puasa.
    Foto-fotomu itu loh mas.. Wkwk..

    Ajakin kita jalan-jalan dong kakak..
    Seru banget euy berenang sama ubur2.. Ketemu sponge bob nggak kakak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk sini jalan2 manja ama cumilebay, di jamin pasti ngak mau pisah hehehe

      Delete
  92. Aku kira kak Cum, punya ilmu kebal ubur-ubur makanya menggoda segala,
    ternyata tak menyengat,, itu setelah bermain dn bersenang2 bareng ubur2 langsung lahiran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klao menyengat pasti aku dah takut duluan hahaha

      Delete
  93. oalaaah jangan sampeee melahirkan anak ubur ubur!

    ReplyDelete
  94. ahhhh keren, pengen renang ma ubur-ubur, soale ane suka lihat film spongebob hehe

    ReplyDelete
  95. njiiir ada sponbob berkancut biru...
    yg jomblo kenalin aku aja om, jangan disuapin ubur ubur
    toge kan..?

    ReplyDelete
  96. itu ubur-uburnya memang selalu mendekati gitu ya? beneran ngga nyengat? apa karena dirimu pakai ajian kancut cekcih kak, jadi ubur-uburnya takut? :)))

    ReplyDelete
  97. Om Cum endut ih di foto. Jangan2 beneran hamil ubur2?*amit2 *becanda ding...
    Tapi ubur2nya lucu banget. Jd bygin Om Cum itu Patrick lg berburu ubur2. Haha

    ReplyDelete
  98. Kancutnya cakep..eh, togean-nya.
    *adaaqua? *biargadikirasalahfokus

    ReplyDelete
  99. Seriusan mas ada barakuda di dananya.. wowww suer berani bgt mah dirimu.

    Ada om cumi di lautan ubur2.. ihir..

    ReplyDelete
  100. Waduh, kalau aku takut titit kena sengat ubur2... bengkak2 dah

    ReplyDelete
  101. Asikkkk...main ama ubur2 yg nggak nyengat... empuk2 gmn gitu ubur2 itu...aku suka...hehehe

    ReplyDelete
  102. Ternyata ubur2 juga bisa lemah syahwat .... ��

    ReplyDelete
  103. Keren, cakep, pokoknya oke punyalah. Tak rugi jauh datang kesini. Ada harga ada rupa.
    Tukang jalan makin pemes nih, semoga rezekinya makin melimpah dan berkah.
    Saran: Tukang Jalan jangan pergi piknik ke tempat yang mainstream. Wisata ke tempat mainstream gak ada greget karena semua orang sudah tau.
    Maju terus Tukang Jalan.

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com