Merinding "Shalawat BADAR" Menggema Di Ampera

Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Gerhana Matahari Total Memasuki Fase 1 Dari Jembatan Ampera Palembang
Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap di puja-puja bangsa


Di sana tempat lahir beta
Dibuai dibesarkan bunda
Tempat berlindung di hari tua
Tempat akhir menutup mata

Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Jembatan Ampera Sebagai Pusat Perayaan "Festival Gerhana Matahari Total Palembang"
Foto : Rendy Cipta Muliawan
Rabu, 9 Maret 2016 tepat pukul 6.20 dentingan piano lagu "Indonesia Pusaka" karya Ismail Marzuki terus menggema diseantero Jembatan Ampera Palembang Sumatera Selatan, menggiringi memasuki nya fase 1 Gerhana Matahari Total (GMT) yang berlangsung selama hampir 1 jam. Pada fase ini bulan mulai bergerak bergeser menutupi matahari secara perlahan, lagu ini begitu syahdu terdengar lambat bercampur senandung dari para penonton yang memenuhi Jembatan Ampera #TermasukGue.
Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Dari Jam 4 Subuh - Masyarakat & Wisatawan Sudah Memenuhi Jembatan Ampera
Sholatullah Salamullah
‘Alaa Thoha Rosulillah
Sholatullah Salamullah
‘Alaa Yasiin Habibillah


Tawasalna Bibismillah
Wabil Hadi Rosulillah
Wakulli Mujahidin lillah
Bi Ahlil Badri Ya Allah

Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Jangan Lupa Gunakan Kacamata Khusus Untuk Menyaksikan GMT
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Semua Tampak Bahagia Menyaksikan GMT Diatas Sungai Musi 
Dan akhirnya senandung Sholawat Badar yg dibacakan serempak oleh para penonton GMT di Jembatan Ampera akhirnya mulai lirih khusuk pula terdengar seperti berbisik mengalun dan mengeras secara perlahan #JanganMesum. Tepat pukul 7.20 fase ke 2 dimata keadaan bener2 gelap (menyerupai waktu masuk maghrib) dikarenakan posisi bulan yg sejajar dengan matahari menyebabkan sinar matahari tidak sampai kebumi ini berlangsung selama 1 menit 50 detik membuat hati makin teriris iris merinding semua bulu kuduk berdiri, ada sebuah relung hati yg terkoyak - koyak mendengar shalawat badar ...
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Puncak Gerhana - Bulan Menutupi Matahari - Terlihat Seperti Senja Kembali Keperaduan
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Riuh Tawa Tangis Bahagia Berbaur Dari Jembatan Ampera
Sholatullah Salamullah ‘Ala Thoha Rosulillah, Sholatullah Salamullah ‘Ala Yaasiin Habibillah, Tawasalnaa Bibismillah Wa Bil Hadi Rosulillah, Wa Kulli Majahid Fillah  Bi Ahlil Badri Ya Allah.

Yaa Allah ... Alhamdulillah Engkau beri aku kesempatan untuk bisa berdiri disini bersama ribuan penonton yang lain untuk menyaksikan GMT secara langsung, yg mungkin ini akan kusaksikan sekali dalam hidup gw #MulaiMewek #NetesAirMata.

Yaa Allah ... Aku kecil dihadapan Mu, jadikan aku makhluk yg terus bersyukur atas semua nikmat Mu, beri aku kesempatan lebih baik untuk menghargai sesama makhluk ciptaan Mu seperti bulan dan matahari yg saling menghargai, tak saling berebut untuk bisa menyinari bumi.

Yaa Allah ... Jadikan aku manusia yg selalu berbesar hati seperti matahari yang dengan senang hati lebih memilih untuk menyapa bulan yang berpapasan dihadapannya dari pada membenci. Lantunan doa terus kupanjatkan dalam gelap temaram GMT diiringi lantunan Sholawat Badar yang terus menggema makin lirih dan nyaris berbalut air mata #Terhanyut #Terbuai.
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Jembatan Ampera Di Tutup Untuk Pertama Kalinya Sejak Diresmikan
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Semua Sibuk Mengabadikan Moment Yang Mungkin Akan Dialami Sekali Seumur Hidup
Pemerintah Sumatera Selatan bisa patut di ancungi 4 Jempol yang kece badai menyelenggarakan hajatan pesta rakyat besar - besaran yang bertajuk "Festival Gerhana Matahari Total Palembang" di seputaran Jembatan Ampera menyambut Gerhana Matahari Total (GMT). Ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri berbondong2 datang ke Palembang, tingkat hunian hotel di seluruh palembang penuh alias full booked #Alhamdulillah. Sekedar info saja kalo Palembang akan di lewatin GMT lagi pada tahun 2042 dan ±370 tahun lagi untuk lintasan yg sama persis dengan 2016 (12 Kota dalam 1 garis lintas : Palembang, Sampit, Palangkaraya, Bangka, Belitung, Balikpapan, Palu, Poso, Halmahera, Luwuk, Ternate).
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Barisan Food Truck Meramaikan "FESTIVAL GERHANA MATAHARI TOTAL"
Gerhana+Matahari+Total+Jembatan+Ampera
Jadi Pesta Rakyat Masyarakat Palembang - Semua Boleh Makan
Jembatan Ampera untuk pertama kali nya di tutup, sejak di resmikan tahun 1965 #TepukTanganPalembang #PesonaSriwijaya #WonderfulSriwijaya. Mulai jam 4 pagi masyarakat dan wisatawan pemburu GMT sudah berada di Venue Utama yaitu Jembatan Ampera untuk menyaksikan GMT, lajur utama di jalanan jembatan ampera di sulap dengan deretan meja kursi dengan sajian makanan dari deretan Food Truck yang di datangkan dari jakarta + berbagai gelaran makanan khas sumatera selatan secara prasmanan, mulai mpek2, mie celor, ketupat pangeran, ragit, cemplungan dll #Hasek #MakanGratis
Warga berbaur jadi satu dengan pejabat & para pesohor, tampak Gubernur Sumatera Selatan Bapak Alex Nurdin, Bapak Hatta Rajasa trus sekilas terlihat Desy Anwar dan blogger kondangan Pemes Tak Berujung Cumilebay juga tampah hader #LangsungDikeplak.
Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Presenter Kondang Pada Masanya - Desy Anwar
Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Gubenur Sumatera Selatan Alex Nurdin & Hatta Rajasa Menyaksikan GMT Dari Jembatan Ampera
Berbagai kegiatan sukses di selenggarakan oleh pemerintah sumatera selatan #WonderfulSriwijaya dari beberapa hari sebelum GMT di seputaran Jembatan Ampera & Benteng Kuto Besak. Antara lain : Pasar Malam, Pawai Ogoh - Ogoh, Glowing Night Run, Pertunjukan Panggung Musik, Barongsai, Parade Drone, Pelepasan Lampion dll. Dan semua nya sukses disambut antusias oleh warga dan wisatawan yang datang berjubel tanpa henti #HebatPalembang #PesonaSriwijaya.
Gerhana+Matahari+Total+Palembang
Berbagai Macam Kegiatan Pendukung Festival Gerhana Matahari Total #PesonaSriwijaya
Foto : www.suzannita.com

232 comments:

  1. baru ini baca tulisan dikau hati aku merinding lalu terkoyak koyak bang cum, hehe
    Alhmdulillh bgd, GMT kmren mmbawa keberkahan bagi Indonesia yak, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku bukan lagi merinding tp dah netes2 meriang hajaja

      Delete
  2. Jadi ikut terhuraa #tisu mana tisu kak cum?
    Bis itu pnasaran liat prasmanannya, ragit itu apaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ragit itu masakan khas palembang, pake kuah kari gitu deh.

      Delete
  3. Sumpah mas meski aku gak liat langsung tp begitu baca judul postinganmu aja udah bikin aku merinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lantunan sholawat nya bikin beneran merinding semua

      Delete
  4. Masya Allah, what a great nature phenomena and how lucky you are to be able to witness the GMT...

    btw, keren postingannya bikin merinding seperti judulnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo pada bikin merinding. Semoga kita di beri panjang umur sehat dan bisa tenggol gerhana lagi

      Delete
    2. optimist lah bisa liat the next GMT :)

      Delete
    3. Bismillah 2023 di papua

      Delete
  5. Pada tanggal 9 maret 2016 serentak indonesia di kejutkan dengan keajaiban yang sangat langka ini gerhanan matahari total. Dan saya masih bisa berbaggga masih bisa melihat gerhana matahari walaupun pada siaran tv mas cum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari tv juga seru banget yaaa, siaran langsung dari 12 tempat

      Delete
  6. Om dikau beruntung bisa hadir dan menyaksikan langsung GMT di Palembang, semoga kelak saya ada rejeki juga tapi ga tau kapan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ... Semoga masih ada kesempatan di GMT berikutnya

      Delete
  7. Tapii fotografer kecewa semuaaa, uap air atau asap pusri, kita gak dpt foto gmt, mending nongkrong di jakarta aja deh hehehe

    #Salah posisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha salah posisi mmg ngak enak kurang klimakssss

      Delete
  8. Salut buat pemda Palembang yang menyelenggarakan acara keren ini.
    Mas Cum ikutan shalawat gak? Jangan-jangan cuma ikut hore-hore doang, liat dari fotonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gw bershalawat pelan tp pasti :)

      Delete
  9. weleh - weleh berarti kemarin spesial di Palembang ya Bang Cumi,,,, dari dulu baru kali ini jembatan Ampera di tutup,,, ada GMT lagi,,, keren - keren, Tadinya plastik untuk ronsen di abaikan, ew kemarin di cari - cari tuh plastik,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap kmrn ada dipalembang trus lanjut trip keliling sumsel bareng wonderful sriwijaya

      Delete
  10. nonton langsung GMT juga mas Cum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah masih di beri kesempatan

      Delete
  11. keren banget deh Mas Cum bisa menyaksikan kebesaran Allah : )

    ReplyDelete
  12. Anonymous13:30:00

    Kalo baca shalawat, mas cum pake kancut atau mukenah ?? Upss becanda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pasti aurat di tutup setengah terbuka hahaha

      Delete
  13. Ya kebayanglah syahdunya. Gue denger indonesia pusaka aja bisa menyek2 tambah shalawat badar pas gerhana pulak. Kebayang deh... sayang loe lupa masukin gw dalam koper ya cum hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mari kapan kita jalan bareng lagi

      Delete
  14. Penuh bangeeeeet! Kece abis, udah ngeliat gerhana, foto-foto, udahnya makan-makan. Puas aja itu mah ya mas Cuuuum~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah puas banget berbaur jadi 1 bareng warga palembang

      Delete
  15. Seruuu yah kayaknya.....sedih ngak bisa lihat gerhana langsung sie:( semoga next time (hmmm umur brp y gw)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita di beri umur panjang yg berkah :)

      Delete
  16. Haizzzzz.....merinding bulu kudukku.
    Pasti seru banget bisa ngeliat langsung disana apalagi didampingi ..#teeet
    Oleh oleh nya gak nyampe jadi kurang afdol mascum ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudahlah lupakan, lelah hati kaesang ini :(

      Delete
  17. Gerhana matahari tahun ini spesial karena jatuh tepat pada hari raya Nyepi, jadi perayaan tersendiri juga buat umat Hindu seperti saya :hehe. Memang Tuhan pandai sekali mengatur fenomena ya Om, jadi semua orang bisa merayakannya. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan ya Om, jarang-jarang kita bisa melihat gerhana matahari, total, langsung pula :hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kmrn bertepatan dengan nyepi jd suasana makin syahdu ada kirap ogoh2 nya juga

      Delete
  18. sayang banget aku ga bisa lihat gerhana matahari total :(

    ReplyDelete
  19. Subhanallah banget ya cum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Allahu Akbar merinding banget

      Delete
  20. Aku memilih untuk memotret dari Bawah Jembatan, dan terisak tersedu sedan pas terjadi gerhana, Gelap sambil terdengar sayup2 isak tangis dalam balutan Sholawat di sekeliling.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merinding banget yaaa kak, aku ngak tahan pengen langsung pelukan hehehe

      Delete
  21. Coba kalau nggak mendung ya, om. Di Jogja juga ramai walau hanya parsial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disyukuri aja yaaa, yg penting bisa merasakan syahdu nya suasana itu

      Delete
    2. Aku bersyukur kok, om. Minimal nggak kayak cerita-cerita waktu gerhana matahari sebelumnya :-)

      Delete
  22. Suzan yang baca ini langsung merinding, membayangkan moment Gerhana Matahari Total itu mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita di beri umur panjang untuk bisa berjumpa lagi dengan GMT 2023 di Papua hehehe

      Delete
  23. Bacanya aja udh merinding mas.. Sayangnya aku kmrn gak rezeki bisa ngeliat. Balada emak yg Baru abis lahiran, tidur mnjelang subuh bablàs ampe gerhana lewat -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh selamat yaaa dah lahiran. Gimana baby nya ??? ce atau co kak ???

      Delete
  24. Pengalaman yang bakal tak terlupakan bisa merasakan langsung suasana Gerhana Matahari Total. Dua menit gelap yang bikin merinding :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merinding akan kebesaran Tuhan

      Delete
  25. Tumben cum ga binallll.... btw ngiri ihhh lo bisa liat momen langka gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mencoba lebih bijak kak :-)

      Delete
    2. klo bawa groupies pasti lebih seru lagi :P

      Delete
    3. Kalian selalu paling seru ... love u all

      Delete
  26. Uda kayak mau nonton konser ku tengok... Tapi bruntung banget yah Indonesiah disamperin Gerhana waktu itu. Ajaib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener macam liat konser musik, semua ramai berbondong2 datang

      Delete
  27. Beruntung sekali punya kesempatan buat nyaksiin gerhana matahari... Pengen juga tuh ngeliat gerhana matahari di jembatan ampera sambil santap empek - empek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semga 2023 kita masih bisa liat GMT di papua

      Delete
    2. so, kita mulai nabung ya.. hahaha

      Delete
  28. Kemarin saya pas ke Dieng, kerasa agak gelap, aneh gitu rasanya pas waktu gerhana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish jadi kangen dieng, menunggu sunrise di sikunir

      Delete
  29. Subhanallah... merinding ngebayanginnya kak. Saat liat GMT di televisi aj merinding banget, apalagi menyaksikan langsung seperti ini ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang liat langsung makin makyessss, ngilu2 ngebayangin kebesaran Tuhan

      Delete
  30. Bacanya ikutan merindinggg.... Keren banget kak. Beruntung bisa jadi salah satu orang yang menyaksikan gerhana matahari total.

    Kalo aku...... tidur aja dong di kasur >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... tidur manja mumpung libur yaaa :-)

      Delete
  31. sholawatan bang..keagungan Allah SWT sungguh luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap kebesaran Tuhan tiada banding :)

      Delete
  32. Megah sekali perhelatannya. Dan yg pasti syahdu sejembatan ampera dengerin shalawat

    Btw, kebagian makanan gak? Pengunjung nya banyak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kami tamu VIP jadi dapat prioritas hehehe

      Delete
  33. makan di sana gratis atau bayar mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nya gratis di siapkan oleh pemerintah sumatera selatan

      Delete
  34. Aku membaca pembukaan post ini saja dan membayangkan suasananya jadi ikuta merinding Kak Cum. Sekalipun gerhananya kurang sempurna terlihat gara-gara kabut asap, tetap saja luar biasa ya. Fenomena alam seperti ini kan tidak tiap tahun bisa kita lihat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ...merinding karna bakal lewat palembang lagi 2042 dan apakah gw masih ada ??? hanya tuhan yg tau hehehe

      Delete
  35. Alhamdulillah yah Mas. bisa menyaksikan GMT langsung dari Jembatan Ampera. pengalaman luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di beri rejeki sama Allah untuk bisa kesana

      Delete
  36. Pengalaman yang ga bisa dilupakan ya mas? Hehehe, dapat ketemu ama blogger famous dari Indonesia & Singapur ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat berkesan dan tak terlupakan, bisa ketemu kalian semua sang juara.
      Semoga kita di beri umur panjang dan rejeki lebih untuk bisa ketemu lagi #BIGHUG

      Delete
  37. food truck nya gratisan juga kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratis kak ... kita di bagiin voucher2 gitu

      Delete
  38. Itu mas siapa yg mainin piano pas jam 06.20 mas? Tw engga?
    Wahberarti rame y mas di jembatan ampera pas tanggal 9 maret, kira2 pada saat itu ada berapa jumlah pengunjung ceweknya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak tau yg main piano siap anama nya hehehe
      Aku ngitung nya jumlah pengunjung kakek2
      lw yeee pertanyaan nya asal banget hahahahhaa

      Delete
  39. Campur aduk kisahnya, dari perjalanan spiritual, kuliner, sains dan hure-hure...
    Alkisah banyak yang gemes ama pabrik pupuk ya..?
    Ngga bayangin orang sebanyak itu tumplek blek di jembatan, kalo rubuh gimana coba.. hahaha...
    episode gerhana di jembatan AMPERA, memang salah satu Amanat Penderitaan Rakyat... karena asap... Sholawat lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi rakyat mmg menderita gitu yaa maksud nya ??? #laluDigampar hahaha

      Delete
  40. Seru banget.. :) ini seperti pesta juga yaaa.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap pesta buat rakyat palembang

      Delete
  41. Lihat fotonya aja merinding apalagi dengar langsung sholawatnya kak cumi.. Subhanallah ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Denger langsung makin meriang hehehe, aku aja ampe nanggis

      Delete
  42. GMT lewat di Indonesia itu adalah luar biasa berkah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga 2023 kita bisa liat di papua amien

      Delete
  43. tapi kalau ndak salah di palembang kan tertutupi awan hampir 70% kan..? yang kemarin kelihatan dengan jelas itu di Palu dan Ternate.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tertutup sama asap pabrik pupuk pusri hehehe

      Delete
  44. Akhirnya GMT membawa pencerahan buat Mak cum..^_^

    ReplyDelete
  45. okeeeh di surabaya terang benderang :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya kebanyakan dosa hahaha

      Delete
  46. wahh ini GMT kemarin yah,,
    kerenn.

    ReplyDelete
  47. aku malah lupa pas hari H gerhana #fail :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. What ????? kamu melupakan hal bersejarah ini hahaha

      Delete
  48. akua mah gak liat soalnya ga punya kacamata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh di ampera, dibagiin kacamata gratis

      Delete
  49. Jadi berkaca-kaca membaca tulisan ini dipertigaan awal, beruntunglah mrk yg bisa menyaksikan langsung dan sy yg sempat membacanya, ternyata ditengah keramaian itu, kesadaran merasa 'kecil' dihadapan-Nya semakin terasa yaaa.
    Sukses utk Palembang dikegiatan2 berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap kita kecil banget di hadapan nya, kuasa nya begitu besar. Salut palembang

      Delete
  50. aku mbrebes mili liat foto teman2 yg motret lgsg dr tempat gerhana muncul, mas... iya, jadinya cengeng banget liat kebesaran dan kekuasaan Allah.. ingat mati, ingat kalo tiba2 matahari dan bulan muncul berbarengan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gw juga inget nya mati ... Mudah2an kita di beri chusnol khotimah yaaa

      Delete
  51. Heuhweuuu...meski katanya Palembang paling mendung, tapi kurasa paling meriah. Meriah nan syahdu menyentuh qalbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua orang tumpek blek di ampera jd rame banget

      Delete
  52. emang paling seru ya di palembang niy menyambut GMT kemaren
    sampe ada pro kontra segala hihiiih

    waah btw seruu pisan ituh kakak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget bikin deg2an hahaha

      Delete
  53. Pengalaman sekali dalam seumur hidup yang nga bakalan terlupakan yach kak cumi.

    "tampak Gubernur Sumatera Selatan Bapak Alex Nurdin, Bapak Hatta Rajasa trus sekilas terlihat Desy Anwar dan blogger kondangan Pemes Tak Berujung Cumilebay juga tampah hader #LangsungDikeplak" Baca bagian ini langsung keselek Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga di beri umur panjang sehat dan rejeki lebih berkecukupan, biar bisa tenggok GMt lagi 2042 amien.

      Kalo keselek, buruan minum biar ngak mati hahaha

      Delete
  54. Waktu GMT gak keliatan di tempat saya, malahan gak ada gelap-gelap'a sedkitpun -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatmu di mana ?? Ujung bumi bagian mana kah ???

      Delete
  55. Waiki.. harusnya sih ada foto orang shalawatan pake sempak.. :p

    ReplyDelete
  56. Subhanalloh mas.. Jadi ikut shalawatan nih mas... Kerasa kerameannya sampai sini.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalawatan ini bikin merinding

      Delete
  57. Meskipun di Tangerang tapi kata temen saya tetep keliatan dikit gerhananya, sayangnya saya masih tidur jam segitu :( sedih deh ga bisa liat langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jabodetabek keliatan nya sedikit jd masih terang

      Delete
  58. wewww ... bener2 tumplek bleg bleg ...
    memang kalau mendengar shalawat badar di nyanyian rame2 bikin merinding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merinding langsung inget mati hahaha

      Delete
  59. saat shalawat itu juga maman merinding om.. subhanallah banget... o:) meskipun terhalang awan (asap?) tapi tetap asooooy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu peresss banget, saat shalawatan kamu teriak2 ama hendric kan hahaha

      Delete
  60. Liat di tipi aja merinding kaka,apalagi liat langsung ya.
    Liat foto fase 1 GMT diatas jadi ikutan merinding dan merasakan syahdu nya shalawat badar.

    Ini sekali seumur hidup ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku meriang saat lagu indonesia tanah air beta sama shalawat mulai berkumandang

      Delete
  61. Sumpah, merinding juga baca tulisan ini. Shalawat-nya sampe ke hati. :)
    Ng... tahun 2042 gue masih bisa nyaksiin nggak, ya? Etapi gue aja tinggal di Jakarta, Bhang. Bukan Palembang. Bahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kita panjang umur sehat bisa menyaksikan 2042

      Delete
  62. Masya allah, aku ikut merinding bang...dengerin dikau sholawatan. MEriah sekali acaranya. Pengen lihat disiti kemarin :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2023 nanti kita ke papua liat gmt

      Delete
  63. Replies
    1. Seru banget ampe deg2an hahaha

      Delete
  64. Wah disana kelihatan banget ya gerhananya kalau ditempat saya gak sampai begitu padahal saya ingin coba mengabadikannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipalembang sempet ketutup awan kok tp suasana nya itu lho yg mendebarkan

      Delete
  65. cuma liat dari tv doang euy gerhana-nya...tapi gak papa habis baca tulisan mascum ini jadi tahu suasana palembang kayak apaan... XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semiga tulisan ala2 ngak jelas ini ada manfaat nya hahaha

      Delete
  66. Nggak ada foto akunyaaaa.... *CRY
    Hehehehe... jadi kita jalan bareng lagi di GMT berikutnya tahun 2023 Mak? Siapkan kancut tujuh warna buat gerhana berikutnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang mak .. Ntar postingan berikut nya daku kasih foto mu hehlehe

      Delete
  67. Beruntung banget orang yang besar di era Gerhana kemarin, kalau ngga salah gerhana seperti itu terakhir terjadi pada 1983 silam kan, belum pada lahir, hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu dah lahir blm 83 itu ???

      Delete
  68. Memang benar pas totalnya kemarin bikin merinding.... sekarang masih suka merinding kalau ingat pas totalnya....

    ReplyDelete
  69. emang keren paraaaaaaaaaaaaaaaaah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg keren cumilebay kan hahaha

      Delete
  70. foto-foto travellingnya itu loh bro... selalu kece dan keren. ampera... saya pernah kesitu sekali, waktu main ke rumah paman saya yang ada di dempo baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kamu ke dempo pagaralam yaaa, kita kmrn juga dari sana

      Delete
  71. dari apa yang saya lihat di tv, daerah palembang dan jembatan ampera memang paling rame dan dipenuhi banyak orang untuk melihat gerhana matahari total. Tapi saya tak menyangka ternyata jadi pesta rakyat juga, itu kalo boleh tau makanannya semua gratis kah pak?
    mantap sekali X)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh makan gratis selama persediaan masih ada

      Delete
  72. Mas cumm jd saksi sejarah! Luar biasaa :)

    ReplyDelete
  73. masyaAllah kak tulisan syariah banget *pake kerudung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya tumben ngak kancutan.

      alhamdulillah yah kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati dan melihat fenomena alam yang luar biasa ini. Allah Akbar, Allah Akbar.

      enak yah mas cum bisa liat GMT 100%, di kota gue hanya 96%. Hikzz

      Delete
  74. wah seru banget kalo menyaksikan GMT di palembang yah,lebih berasa,tapi di tempat saya lumayan kelihatan lah walau gak full seperti di palembang

    ReplyDelete
  75. Woowww meriah amat ya kaaakkkk ... yg dateng berlimpah ruah ya ternyata, mantabhh ... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang datang penuh sesak ampe susah nafas hahaha

      Delete
  76. Huaaa ada Desy Anwar <3 kalau tahu ada beliau mau tak ajak selfie ooom. Om cumi mah lewaaaat :D

    Awalnya mau protes, "kok fotoku nggak ada di postingan ini" eh ternyata ada, walau nyempil hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ternyata kamu lebih memilih dia dibandingkan aku ???? OK FINE

      Delete
  77. Wahh meriah banget yaa acaranya mas cummm. Btw lihat gerhananya di Palembang lewat internet subhanallah banget, apalagi mas cum yg liat langsung disana, bikin ngiri deh hih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu disana gimana ??? masih lamakah balik indo ???

      Delete
  78. Ikut merinding membayangkan suasana saat itu. Walau pastinya perhatiannya juga akan teralih karena kemera dan suasana sekitar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua orang sibukama kamera masing2 hahaha

      Delete
  79. seru ada acara makan2nya,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan2 gratisss alhamdulillah

      Delete
  80. Memang meriah sekali ya warga sangat antusias menyaksikan GMT dari Jembatan Ampera.. Sekaligus merinding dengan kebesaran Ilahi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... semoga kitadi beri umur panjang untuk tenggok GMT berikut nya

      Delete
  81. Alhamdulillah berkesempatan lihat GMT kemarin di Bangka, dan detik-detik menjelang GMTnya itu memang membuat merinding dan takjub ya mas cum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, gw ampe deg2an merinding ahaha tapi seru banget rame orang

      Delete
  82. baru pertama kali berkujung ke blogini, waah, kulinernya keren-keren bertema gmt ya :D

    ReplyDelete
  83. Sama Om, aku ngeliat GMT pas di Belitung, dari atas kapal. Waktu gerhana pas total, langsung berzikir, gak kerasa air mata menetes. Untunglah langsung bisa menguasai diri, jadi sempat foto selfie gerhana. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh di belitung juga seru yaaa baca postingan temen2 yg lain

      Delete
  84. ramai banget yang nonton gerhana ^__^ klo aku pas gerhana malah sibuk didapur nyiapin sarapan sama bekel hihihih *jadi curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kamu kejam ngak menyaksikan fenomena ini hahaha

      Delete
  85. Kak cummmmm.... Menye2 lebai
    Tapi dahsyat apa yg ditulis kk cum di
    Post ini, Dengan semuan kehebatan yg terjadi untk penemona Alam ini.. Kak cum sukses told to us Kalo semuanya itu atas kebesaran dan kehendak Allah Swt. #kaliinibahasakacumNua hhe
    Mendidik... Asal jgn mendidih aja yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mendidih itu urusan nafsu aja yaaa hahaha

      Delete
  86. Keren abis! Aku cuma bisa liat gerhana matahari dari tv doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar di TV tapi seru kan haha

      Delete
  87. Aku aja yg nggak lihat langsung mrinding. Allahu akbar. Tapi ini bukan sekali seumur hidup sih. Waktu aku kecil pernah ada juga, tp ntah total atau tidak. Tapi maap ye, nyinyir dikit, itu meja makan bulet putihnya kok awkward ya ditengah keramaian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meja nya disiapkan untuk sarapan para petinggi negeri ini yg kesana kak :(

      Delete
  88. Wah, GMT di Palembang meriah sekali ya Bang Cum. Riuh sekali. Jadi kangen makan pempek #EhGakNyambung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk lah mari makan mpek2 bersama haha

      Delete
  89. kamu ke Palembang, akuh ke Balikpapan om.
    gerhana Matahari Total nggak ebrhasil mempertemukaaan kita. *dikeplak*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mmg ngakbisa bersatu, biarlah aku menentukan jalan ku sendiri

      Delete
  90. Senangnya ya mascum, bisa menyaksikan langsung langit yang terlihat gelap sejenak di pagi hari itu :) Di sini mah streaming aja xixixixi..

    BTW lihat kacamatanya jadi ingat hadiah majalah bobo jaman dulu, kacamata 3D :D *miripeuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss majalah bobo mah puluhan tahun lalu yaaaa

      Delete
  91. Senangnya bisa menyaksikan momen bersejarah ini. Btw aku malah ngiler liat perasmanannya. Enak kayaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak dan seru makan2 gratisssss

      Delete
  92. salah satu kreasi Allah yang..sulit dikatakan...btw, lokasi acaranya oke ada makanan, udh gitu ada food truck segala...jadi inget untuk selalu bersyukur.. Thanks Ya Om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap harus selalu bersyukur atas semua ni9kmat Tuhan

      Delete
  93. beruntung nih om, aku telat kesana jam 6 pagi dah rame banget cuma bisa lihat kepala orang saja, jadinya turun sebelum gelap total takut kehabisan cinta eh napas, tapi pas nonton dari benteng kuto besak pemandangan jembatan ampera jadi spektakuler om secara otomatis lampu jembatan hidup semua dan itu cantik banget, tapi tetap menang om banyak makanan gratis diatas jembatan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih kita aja jalan jam 4 subuh, eh kamu jam 6 yaa dah telat

      Delete
  94. Aku nonton GMT di tv aja merinding, apalagi yang menyaksikan langsung peristiwa ini pastilah memorable banget. Jadi kerasa betul kuasa Allah. Btw, makanannya kayaknya enak-enak nih. Asik banget bisa nonton fenomena langka, ketemu banyak orang, plus makan makanan khas Palembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan2 nya juara, enak semua kenyang dan bahagia hahaha

      Delete
  95. di semarang keliatannya cuma seuprit mas cum ..udah gitu gelapnya cuma bentaar banget. lucky you mas bisa nonton di palembang :)

    ReplyDelete
  96. Om Cum, patah hati sama inget Tuhan kok ga ada bedanya ya? Masa sama2 teriris hatinya.. haha

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com