Ternyata Garut Juga Punya BATIK GARUTAN

Batik+Garut+Jawa+Barat
Belajar Membatik Garutan Di Rasya Batik Gallery
Batik Garut – Ngomongin masalah batik, selama ini yg gw tau cuman Batik Pekalongan, Batik Cirebon, Batik Solo, Batik Jogja #BukanPecintaBatik #TapiDemenLiatBatik. Tapi ternyata ngak hanya itu, GARUT juga punya batik yang patut untuk di perhitungkan dengan ciri khas nya tersendiri yaitu “GARUTAN”. Kali ini Rombongan Blogger West Java Tourism Board mengunjungi Rasya Batik Gallery yang beralamat di Jl. Otto Iskandardinata – Komplek PLN No. 1 Garut Jawa Barat (Sebelah Bank BRI Paseban). Yessss yuk cussss kita belanja batik sambil belajar bikin batik tulis langsung sama ahli nya #AntusiasEksis.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Warna - Warna Terang Mendominasi Batik Garut
Batik+Garut+Jawa+Barat
Rasya Batik Gallery Garut
Batik memang sudah terkenal di mana – mana dan jadi ciri khas Indonesia, bahkan sampai mancanegara karna banyak di minati & sudah di ekspor kebeberapa negara semisal Singapore, Malaysia, Belanda, Prancis dll #Bangga #HebatBudayaIndonesia. 
Dan batik khas garut atau garutan ini memiliki ciri khas warna yang cerah & penuh disetiap desain kain nya dengan dominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru, soga agak merah serta adanya warna ungu pada corak atau desain batik garutan #CerahCeria. Sedangkan untuk motif nya sendiri kebanyakan mencerminkan kekhasan Flora & Fauna semisal Merak Ngibing, Domba Garut, Kembang & Kalajengking, Rotan Matahari dll. Akan tetapi ada juga pengaruh dari batik solo & jogja yaitu motif lereng atau parang.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Ayo Diborong Batik Garut nya
Batik+Garut+Jawa+Barat
Proses Pembuatan Batik Cap
Batik+Garut+Jawa+Barat
Membatik Mengunakan Canting
Yang seru dari kunjungan para blogger ke Rasya Batik Gallery ini adalah kita bisa ikut terlibat langsung proses pembuatan batik tulis maupun batik cap + belajar menenun #TenunHati. Proses membuat batik tulis memakan waktu yang sangat lama proses nya bisa sampai 1 bulan untuk 1 lembar kain batik #LelahJiwaRaga, ini adalah proses sederhana pembuatan batik tulis (membatik) yang kami lihat di Rasya Batik Gallery :
-      Menorehkan cairan malam mengunakan canting pada selembar kain yg akan di batik sesuai desain yang telah di tentukan.
-      Proses pewarnaan dengan mencelupkan kain yang telah di lukis dengan malam/lilin kedalam cairan pewarna, setelah itu jemur dan keringkan.
-      Setelah kering, kain di rendam kedalam air panas mendidih yang telah diberi soda abu untuk melepaskan lilin atau malam nya tadi.
-      Proses yang terakhir adalah mencuci dengan merendam mengunakan air dingin setelah itu di jemur dikeringkan.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Setelah Selesai Di Gambar - Batik Siap Di Celup Pewarna
Proses Mencuci Mengunakan Air Dingin
Pewarnaan Batik Dengan Dicelup
Proses panjang pembuatan batik ini, akhir nya terbayar dengan harga nya yg fantastis #NgintipDompet. Harga 1 kain batik sutera bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan ada yg sampai ratusan juta, tergantung bahan dan kualitas #Wajar, sedangkan batik cap paling murah sekitar puluhan ribu saja di karenakan proses pembuatan nya yg ngak terlalu ribet #AdaRupaAdaHarga. Jadi kalo lagi jalan – jalan ke garut, jangan lupa untuk mampir ke sentra batik dan membeli oleh – oleh kain batik GARUTAN untuk menambah koleksi batik yg sudah ada #NumpangIklan ... Ayo bangga mengunakan BATIK & ikut Lestarikan Budaya Indonesia.  
Batik+Garut+Jawa+Barat
Tenun Garut
Batik+Garut+Jawa+Barat
Motif Batik Garut - Flora & Fauna
Batik Garut Jawa Barat
Proses Akhir Pembuatan Batik Yaitu Menjemur Kain
Note :

164 comments:

  1. sebagai orang aseli Pekalongan, aku berterima kasih "PEKALONGAN" disebut pertama kali dan di paragraf pertama hahaha.

    batik garut motifnya seperti batik solo an ya tapi warnanya kayak batik pantura an. perpadua yang LEH UGA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau ganti ah, pekalongan nya aku hapus hahaha
      Btw LEH UGA itu apaan ???

      Delete
    2. boLEH jUGA, Mas Cum. :D

      Delete
    3. Apa nya yg boleh ??? Hahaha

      Delete
    4. Dodol Batiknya ada juga gak Mas??

      Delete
  2. Warna-warna batiknya cerah ceria tidak seperti warna batik pada umumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya warna nya gonjreng bikin seger di mata hehe

      Delete
  3. Seneng pasti iya dari melihat proses pembuatan kain batik :G

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget, apalagi kalo pulang nya di kasih batik juga :-)

      Delete
  4. Batik Garut bagus bagus punya ciri juga lho. Aku pernah tinggal di area Garut 4 bulanan n liat proses pembuatan nya.
    Kapan kapan kesana lagi yuk n ke galunggung jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh mas iyus perna di garut yaaa ??? nyobain produk lokal nya ngak ??? hahaha

      Delete
    2. Hahahahaha #apaya???? #masihpolos

      Delete
    3. Yang diliat proses pembuatan dodol garut apa batik nih?
      Beneran gak ngerti nih soal product lokal lain yg dimaksud??
      :-D

      Delete
    4. Proses meniduri produk lokal kira2 gimana ??? hahaha #LaluDigamparMesum

      Delete
  5. Ga nyangka lama juga proses batik 1 lembar bisa sampai 1 bulan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mesti telaten dan teliti, maka nya harga nya mahal2 :-)

      Delete
    2. Kasian ngeliat ibu ibu yang lagi ngebatik diganggu sama masa2 gak jelas. Coba cek foto ke 6 dari atas.
      #Kabur :-))

      Delete
  6. Batiknya bagus2 ya. Warna dan coraknya beragam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg kamu ngerti tentang perbatikan ??? #IhSotoy

      Delete
  7. Batik flora fauna nya colourful bingit..bagus...

    Paling ga tahan liat batik2 lucu n colourful brasa pengen ngeborong tp abis itu bingung mo buat apah ☺☺😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending buat kain pel aja atau lap meja hahaha #laluDigampar

      Delete
  8. Batik garut warnanya bagus2 ya.. jadi kepikiran jualan batik aja di korea hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya bener, jualan batik aja di korea, promosikan indonesia juga :-)

      Delete
  9. Mbak cantik pake kupluk itu familiar ya sptnya, angggun :)
    Nggak kalah anggun dgn kain batik yg gak akan lekang oleh jaman.....weitssss bang Cumi jg jgao ternyata mainin canting :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cumilebay nya juga familiar kan ??? terkenal ganteng dan mempesona hahah

      Delete
  10. Lampung yang ga punya batik pun ikut2an bikin, Batik motif Lampung :)
    Pingin koleksi batik tulis, tapi lumayan juga harganya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik lampung macam mana itu motifnya ??? #LangsungBrowsing

      Delete
  11. Anonymous12:28:00

    Dirumahku banyak batik peninggalan nenek2 ku dulu lho mascum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku juga punya batik2 jadul di lemari emakku bekas nenek juga

      Delete
  12. Pasti cuma lihat2 saja, dan tak beli -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya ngak perlu di jawab :-)

      Delete
  13. Prosesnya lumayan lama dan pantas kalo mahal

    ReplyDelete
  14. Batik bisa banget jadi identitas ya Om kalau semua kabupaten punya corak batiknya sendiri. Bangga deh. Mesti tetap lestari nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, semoga batik tetep lestari di indonesia bukan di negara tetangga hahaha

      Delete
  15. Oooo baru tau Garut ada batik juga. Semoga lebih bisa dipromosiin lagi biar banyak pilihan motif batik....kapan ke Garut buat belanja batik yah hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm situ punya waktu buat jalan2 ke garut ???

      Delete
  16. Batiknya bagus amat... kalau kesana pasti sibuk ngeborong. Dibuat baju2 batik cakeps

    ReplyDelete
  17. Wah batiknya cantik cantik. Kayak.... AKU o(^^o)

    ReplyDelete
    Replies
    1. What ??? kamu cantik ??? #TenggokKananKiri

      Delete
  18. Oalaah, aku baru tahu kalau ngebatik pake Canting.
    Kirain pake komix.
    *ini apa* :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kamu lucu juga yaaa, pasti anak buah nya tessy srimulat :-)

      Delete
  19. yoi, wajar batik tulis itu mahal, bikinnya pake keahlian tinggi dan juga kesabaran! semoga aja pembatiknya juga dapat bagian yang layak dari hasil penjualan, gak timpang sama pemilik usaha ya..hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an ibu para pembatik itu juga mendapat hasil yg maximal sesuai dengan keahlian nya

      Delete
  20. weh, batiknya warna warni... seperti Dian Pelangi.. eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dian pelangi itu saha ?? aku tau nya dian nitami hahaha

      Delete
  21. Ternyata oh ternyata Garut juga punya batik. Panteslah batik tradisional mahal, proses pembuatannya lama.

    Mascum umur anaknya sudah berapa tahun? Kayaknya sudah TK nol besar ya, hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak ku dah kuliah lho, mau besanan ngak ??? hahaha

      Delete
  22. mirip sama batik Cirebon ya tipikal warna warni ceria nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget cuman motif nya aja yg agak2 beda

      Delete
  23. Setiap daerah punya khas corak batik tersendiri... Semakin bangga jadi penghuni bumi Indonesia, krn kaya akan hasil budaya dan karya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kita juga haru sterus ikut serta melestarikan nya :-)

      Delete
  24. itu foto yg terakhir kayaknya cewek bule dah
    suruh nengok dong ceweknya om
    gile puluhan juta sampe ratusan jutaaaaa
    wah saya sih kalo dikasih ikhlas kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... ce yg itu bisa di liat di postingan2 sebelum nya, ada foto ama aku yg pake celana pendek :-)

      Delete
  25. Aku suka batiiiik. Buat dibikin rok-rok unyu ke kondangan hahaha. Batik garutan warnanya cerah2 ya MasCum, kalau aku pake pasti ikutan cerah ceria juga bahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya warna nya cerah dan aku suka banget jadi keliatan aura anak muda nya hehehe

      Delete
  26. Suka suka sukaaa sama Batik. Pernah cobain ngelukisnya. Itu syuseeh banget. Pantesan batik mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebatik mmg susah2 gampang, butuh ketelatenan dan kesabaran

      Delete
  27. Ituuuu gaya duduknya Oom cumi pas ngebatik semacam sedang ngempit apaan ya #eh

    Btw batik garut ternyata cakep2 ya, warnanya terang. Gak kayak batik daerah lain yang biasanya dominasi coklat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngempit harga diri yg terkoyak hua hua hua

      Delete
  28. Motif nya keren bangt ya mas cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak turcan mau ??? ntar aku beliin 10 biji hahaha

      Delete
  29. Anonymous18:59:00

    Pasti kagak beli, kalo sampai bang cum beli batik bisa bisa hujan berkelir weks weks weks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm ujan berkelir ini macam mana penampakan nya ????

      Delete
  30. warna nya cocok banget buat anak muda... tpi ngomong-ngomong saya baru tau klo garut penghasil batik jga ,,sy kira cumn dodol garut aja... ;d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beli batik dapat bonus dodol gitu hahaha

      Delete
  31. Waaah aku sebagai pecinta batik dan lumayan mengkoleksi batik juga, mau ah punya satu batik garutan ehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo terus ikut lestarikan batik yaaaa, borong semua batik hehehe

      Delete
  32. Cantik juga ya ternyata batik garut yg foto terakhir itu warnanya cerah ceria jadi pengen juha punya batik garutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna nya itu bikin jreng di mana dan enak di pandang :)

      Delete
  33. Keren, batiknya bagus-bagus. Aku suka yang warna biru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo silahkan di borong batik nya :)

      Delete
  34. Aku juga pecinta batik.. Tetapi kalau batik Garut kayaknya belum pernah punya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss di cari dech batik garut nya, biar lengkap koleksi nya

      Delete
  35. Edisi baru tau saya kalau ada batik Garutan dan ternyata cerah-cerah mengundang untuk dibeli
    btw, itu beneran mas Cum pake cantingnya atau cuma gaya2 doank...pegang canting trus minta difoto...he he he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beneran belajar mbatik, liat dong ekspresi muka ku serius banget hahaha

      Delete
  36. Oleh oleh dong...

    ReplyDelete
  37. seandainya saya ikut rombongan juga pasti seru,hehehe
    ia itu batik keren emang top deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jamin ikuta ngeborong batik hehehe

      Delete
  38. Pesat juga perkembangan batik garut, ayo terus maju batik indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo majukan batik garut hehehe

      Delete
  39. baru tau klo garut juga ada batik, setau saya solo dan pekalongan hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata batik banyak tersebar merata di pulau jawa hahaha

      Delete
  40. batik garut, saya pengen satu nih

    ReplyDelete
  41. Harusnya di sini om bisa mengekslpore kelihaian om dalam membuat batik, siapa tahu bisa bikin kancut dnegan motif batik :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss lucu juga kali yaaa kancut motif batik :-)

      Delete
  42. kak cumi gendong adek gemes itu kayaknya udah cocok jadi bapak deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah semoga segera terkabul amien

      Delete
  43. waahh batik.. aku suka banget ama kain batik apalagi batik skr itu banyak yang motifnya cantik terus warna warni lucu
    mas cum kok gak bawain aku satu sih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh mmg kamu siapa minta di bawain ??? hahaha #Kabur

      Delete
  44. Nganjuk pun juga punya khas batik sendiri. Sebagai seniman KTP, diriku merasa berdosa karena belum pernah beraktifitas membatik sama sekali. Waduh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud nya seniman KTP itu gimana kak ??? #laluDigampar

      Delete
  45. itu foto yg lagi mbatik pake canting.. ibu2 nya gak sabar pol pake banget keliatannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu nya gemes liat gw klemar kelemer takut salah

      Delete
  46. wih, warna batik garut bagus-bagus ya. ngejreng gitu~ :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna nya itu yg aku suka :-)

      Delete
  47. Wondering..mas cum sabar ga ya dengan serangkaian pembuatan kain batik?? lol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw jelas ngak sabar, mau nya langsung beli bawa pulang aja hahaha

      Delete
  48. warna batiknya cerah ceria mirip sama daku om, kalau proses pembuatannya
    ribet begini pasti harganya lumayan. Jadi ini tulisan yang bikin om Cum senewen soalnya musti serius gak bisa bawa istilah2 dan kosakata ajaib khas om hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahaha.... Masih ada lagi artikel yg bikin murka, tunggu aja postingan nya

      Delete
  49. seger warna batik garutannya, ada testernya gak? hahaha dikira kue kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada tester nya pasti aku mau banget #Lumayan

      Delete
  50. motifnya bagus-bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget suka warna nya

      Delete
  51. Ternyata ada liat di foto nya ada juga pembeli dari mancanegara ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget warga asing yg suka batik tulis, mereka koleksi lho ;-)

      Delete
  52. pernah ada yg bilang dulu di twitter, kita itu sebaiknya punya walo 1 aja, batik tulis... memang mahal, tp ttp hrs ada dalam koleksi baju di lemari :).. dan sampe skr aku aja blm punya juga yg namanya batik tulis.. -__-.. kok ya tiap mikirin harganya lgs bandingin ama tiket pesawat hahahaha ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw kalo liat harga nya suka geleng2 kepala tp wajar mahal cozzz di bikin nya butuh ketrampilan kesabaran & ketelatenan.

      Ayo kak ... Mesti punya hehe

      Delete
  53. Wowwwww....ada motif Merak Ngibing... pengin liat KakCum pake yg motif itu kayak gimana yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lagi mau bikin kancut batik, nunggu aja penanyangan nya hahaha

      Delete
  54. aku kurang suka postingan ini, ngga ada foto kancutan :P xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa Allah, aku mau tobat kak :-)

      Delete
  55. ternyata garut tak hanya dodol aja ya kak cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh dodol itu apa yaaa ??? #LaluDitampar

      Delete
  56. harus dilestarikan nih untuk anak cucu kita nanti huhu semangat kakak

    ReplyDelete
  57. selalu suka liatin proses pembuatan batik. pernah liat prosesnya pas ke pekalongan :D
    btw, mas cumi terlihat anggun juga pas lagi mbatik yaa
    *eehh...kemudian kabur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mmg anggun mempesona #Kedip2Mata hahaha

      Delete
  58. Suka bangat lihat proses pembuatan batik. selain motifnya yg keren warnanya juga bagus dan cerah gitu yach mas. wajar kl harganya mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses nya rumit banget jadi pantes yaaa kalo mahal :-)

      Delete
  59. Si neng topi hijau seketika mengalihkan duaniaku... Kak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi bukan aku ??? kamu pilih dia bang ??? Ok Kita Putussss

      Delete
  60. Kamu terlihat santun mz wwkkwkwkk, jadi pengin ngejemur juga euy. Tapi serius, batiknya bagus2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku asli nya santun dan kalem lho kak, cuman keseringan nya kebablasan hahaha

      Delete
  61. Aaah naksir batiknya. Beneran lho batiknya! *nunggu ada yg ngasih kado*

    ReplyDelete
  62. Keren euy tulisan ttg batiknya. *tulisannya yang keren bukan orangnya* :D Btw selamat datang di Palembang om CumiLebay, aku nunggu loh tulisan ttg palembangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi cumilebay nya juga keren kan ??? please jawab boong juga ngak papa hahaha

      Delete
  63. Bagus-bagus ya motifnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik garut mmg menggoda bagus nya

      Delete
  64. Baru bulan kemarin saya ke Garut, duh ndak tahu kalau ada batik khas Garut. Kesana cuma ngejar chocodot sama jaket kulit :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo wes yuk balik lagi ke garut yooo hehehe

      Delete
  65. wwaaaaaww keren yah batik garut, kayaknya harus punya batik garut nih ^_^

    ReplyDelete
  66. Membatik memang perlu kesabaran. Tapi kira-kira tingkat kesabaran membatik itu sama gak yah dengan tingkat kesabaran blogger menunggu pengunjung. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha kayak nya sama aja yeeee

      Delete
  67. Warna batiknya cantik mascum :) Gak norak :D
    Mascumnya juga kelihatan kalem disitu gak kayak biasanya bwahahahaha :D

    Jadi ke Lombok bulan ini, mascum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi maksudmu aku ini biasa nya pencalitan gitu yaaa !!! Hmmmmm #Mikir

      Delete
  68. Batik garutan ternyata warna dan motifnya juga keren-keren yak,
    *eit dah,, si mas cum, udah dikelilingi batik bagus, napa itu celana 'gaya'nya ga ditutupin batik? biar ga ngeganggu pemndangan *peace* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha biar kalian puas memandang paha mulus ku

      Delete
  69. ciri khas batik garutan sepertinya warna-warni. Sama, lah, kayak blog ini. Warna-warni hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warna warni ku selalu menggoda

      Delete
  70. kapan ya bang temenku tante" wkwkwk... bang cumiyy kece dah mbatik cita rasa indonesia jng salah mbatik ya bang... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh jadi kamu demen nya tante2 gitu ?????? #BelagakBego

      Delete
  71. ternyata garut juga punya batik sendiri

    ReplyDelete
  72. daku selalu ketawa kalo lihat posemu bang Hahaha jadi ga fokus antara baca blogmu atau lihat posemu Wkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pose ku selalu menggoda dan manja yaaaa hahaha

      Delete
  73. Ohhh, jadi omcumi sukanya meluk-meluk yang kayak adek itu, tipenya yang kayak adek itu ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm kenapa jadi di bahas adek2an ini hahaha

      Delete
  74. Suka yang Warnanya cerah...secerah hatikyuuuu...hiihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss hatimu warna nya apa kak ????

      Delete
  75. garut ga ngetop kalau punya batik ..
    tapi saya punya batik garutan ... batik saya ada di salah satu foto disini ..ihhiyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi yg mana pasti ny batik mu ??? hahaha

      Delete
  76. Wah, belum pernah tahu tentang Batik Garutan sebelumnya, artikel yang bagus gan, jadi banyak tahu tentang produk-produk asli Indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia kaya akan produk budaya yg mesti kita lestarikan :-)

      Delete
  77. Sukses terus untuk kemajuan budaya indonesia

    ReplyDelete
  78. keren.... kok ga beliin??? hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak ... kamu siapa yaaaa, minta di beliin hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com