Sepedaan Tenggok Keramahan Warga Pangandaran

Pangandaran Jawa Barat
Serunya Sepedaan Rame2 Keliling Kampung Pangandaran      Taken By Samsung Camera NX500
Pangandaran – Awan mendung memang kuat bergelanyut diatas Pangandaran Jawa Barat, pertanda bentar lagi bakal gerimis trus ujan mendera #BismillahJanganUjanDulu. Gw akhirnya berdoa kenceng #DoaNgasal “Tuhan ... gw mau sepedahan manja keliling kampung, ujan nya di tunda dulu yeeee, ampe gw kelar muter2 menyapa warga Pangandaran #Lamba2Tangan. Sore ini mmg sudah di jadwalkan buat sepedahan keliling kampung, menenggok cantiknya kehidupan warga Pangandaran.
Sepeda Pangandaran
Ayo Berangkat ...
Taken By Samsung Camera NX500
Sepeda Pangandaran
Ayo Terus Semangat Kayuh Pedal Sepeda      Taken By Samsung Camera NX500
Rute sepedahan ala – ala hempas hempas manja bareng rombongan bloggers yang di undang oleh “West Java Tourism Promotion Board” paling jarak nya sekitar ± 7 km keliling perkampungan di seputaran Pantai Pangandaran #LumayanJugaBikinSelangkanganNgilu. Sekitar jam 4 sore, kami sudah meluncur meninggalkan The Arnawa Hotel (Tempat Kami Menginap) untuk  keliling kampung dan tujuan pertama adalah melihat pembuatan ikan asin #EnakDigorengTrusPakeSambel.
Ikan Asin Pangandaran
Pembuatan Ikan Asin   Taken By Samsung Camera NX500
Ikan Asin Pangandaran
Menyapa Ibu Pembuat Ikan AsinTaken By Samsung Camera NX500
Yuk gowes gowes gowes tampan, melewati lewat jalan raya mulus trus masuk jalan kampung yang menyempit agak2 berbatu dan jedar .... disambut gerimis #RibetPakeJasUjan. Sekitar 15 menit sepedahan, tibalah di tanah lapang yang menghadap langsung pantai selatan. Ada sederet rumah2 semi permanen dari anyaman bambu, di sini kita liat ibu2 sedang membersihkan ikan hasil tangkapan nelayan untuk di jadikan ikan asin #BauAmisMulaiTercium. Sempet ngobrol dengan ibu2 ttg bagaimana proses pembuatan ikan asin nya tapi yaaaaaa lupakan saja, biarkan mereka yg berkarya dan kita nikmati hasil nya #Cari2Alasan.
Sepedahan Pangandaran
Pohon Nangka Di Halaman Rumah Warga
Sepedahan Pangandaran
Arah nya Kemana Kita ????
Lanjut sepedahan muterin rumah2 warga, cussss kayuh pedal sepeda dengan kuat selagi gerimis berhenti #Alhamdulillah. Serunya sepedahan rame2 ber 15 orang ini bisa jadi pusat perhatian warga sekitar #Lambai2TanganSenyumManisMacamArtis, perkampungan sekitar pantai pangandaran ini bener2 asri karna hampir setiap rumah pasti memiliki banyak pepohon #KetemuPohonNangkaBerbuahBanyak #Tanda2AdaKuntilanak. Tujuan berikut nya bakal menuju desa tegal jambe .... yuk sepeda kita angkut pake perahu dulu saat nya menyebrang sungai #SebrangkanHatikuJuga.
Bersepeda di Pangandaran
Siap - Siap Menyebrangi Sungai  Taken By Samsung Camera NX500
Bersepeda di Pangandaran
Sepeda Akhirnya Menyebrang Sungai  Taken By Samsung Camera NX500
Ditengah jalan ujan akhir nya menguyur deras membasahi bumi pangandaran, cussss cari tempat berteduh, eh meskipun pada pake jas ujan tapi males juga kalo ujan nya gede banget #DinginMenggigil. Setelah berteduh hampir 20 menit, akhir nya ujan reda dan let’s go berangkat lagi tetep menuju Desa Tegal Jambe yang terkenal dengan sebutan “Desa Wisata Pangandaran” karna di desa ini warga nya sangat kreatif banget #YukTenggok.
Gula Aren Pangandaran
Proses Pembuatan Gula Aren di Desa Tegal Jambe  Taken By Samsung Camera NX500
Musik Kentongan Pangandaran
Bareng Pemain  Musik Kentongan
Sepeda Pangandaran
Disuguhi Rebusan Hangat
Sampai di Desa Tegal Jambe, kita disambut iringan musik kentongan khas Pangandaran dengan lagu2 dangdut tarling yg enak buat goyang “Tarik Mang ... Di Goyang”. Jagung, kacang, pisang, ubi rebus hangat tersaji menemani gerimis yg masih membasahi pangandaran #CocokBangetPaduPass. Disini kita bisa liat proses pembuatan gula aren + pembuatan atap rumah dari daun pohon nipah, sekedar info aja kalo 1 ruas atap daun nipah yg di buat dengan susah payah di jual dengan harga Rp. 1.200,-/lembar (Ukuran 1,5 Meter).
Pembuatan Atap Dari Daun Nipah  Taken By Samsung Camera NX500
Alat Musik Kentongan Khas Pangandaran  Taken By Samsung Camera NX500
Pangandaran memang menawarkan wisata pantai yg cantik dengan sunrise dan sunset yg menawan, tapi coba tenggoklah sisi lain masyarakat pangandaran  dengan bersepeda #MacamBenerNichCumilebay. Bersepeda berkeliling kampung dan menikmati keramahan penduduknya + karya nya akan menambah rasa bahagia untuk jiwa kita yang sepi #KaloJombloMakinMerana #Halah, sepeda banyak banget disewakan di sepanjang pantai pangandaran (Sewa Sepeda berkisar Rp. 30.000,- an).
Sepedaan di Pangandaran
Muterin Perkampungan  Taken By Samsung Camera NX500
Fam Trip Blogger West Java Tourism Promotion Board  Taken By Samsung Camera NX500

194 comments:

  1. Mas Cumi, sekarang sepedaan tuh "hempas-hempas manja" yaa hahah. Aku juga seneng banget klo ada tour bersepeda karena bisa ngeliat lebih dekat dengan daerah yg dikunjungi termasuk kehidupan warganya. Eh pekerjaan mayoritas masyarakat di sana nelayan dan membuat ikan asin kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hempas2 manja butuh sandarah hati hahaha, disana kebanyakan nelayan dan pendukung sektor pariwisata. Jadi kapan kita ke pangandaran ????

      Delete
  2. aku kalah pertamax ma safiiiii :(

    hahahahah mas cum, itu cewek disebelah mas cum sapa. kok kayaknya jodoh ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana ada ce ??? itu penampakan kok hahaha #digamparLeoni

      Delete
  3. Ternyata pangandaran juga bisa menarik kalo dinikmati dengan cara yang berbeda. ah keren om cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener banget, gw lagi belajar menikmati tempat wisata dengan cara berbeda #HalahMacamBenar haha

      Delete
  4. kak Cumi, itu kak Leony kok cantik bangeeet yhaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm ntar dia besar kepala lho hahaha

      Delete
  5. Indonesia gak kalah eksotiknya

    ReplyDelete
  6. Wiiiih pangandaran, seru ya di pangandaran tumben mas cum nggak main ke pantainya apa belum di post nih mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main dong ke pantai, tapi ntar yaa nunggu giliran posting nya hahaha

      Delete
    2. Main ke pantai terus ntar kulitku makin item hahaha

      Delete
  7. Kayak nya asyik banget ya main sepedaan di kampung itu. Jadi inget beberapa tahun lalu waktu masih kecil hidup di kampung main sepedaan n petak umpet hahahahaha #baladaorangkampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang Om kampungnya dmn? Sepertinya seru dibahas d cerita blog cumi yang berikutnya...

      Delete
    2. Oh mas iyus juga sempet mengalami masa kecil tho, aku pikirlangsung gede jadi kacap hahaha.
      Kampung nya di ngapak ngapak kepriben kiyek

      Delete
    3. Ho'oh masyus sama kayak kampungnya mbah...

      Delete
    4. Hahahahaha..... Kampung gw masih orisinil lho😜
      @makcum: kampung gw enggak ngapak mak, kan masih pinggiran kraton
      @tedy n makyan : yuks taon baruan ke Jogja n nginep di rumah gw

      Delete
    5. Hmmmm lelah cuman janji doang, ntar di seriusin tahun baruan malah kabur hua hua

      Delete
  8. Mau rebusan angetnya donk...
    Aduuh jd pengen nurunin sepeda dr loteng deh liat ini...hahhahaa...ala2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kakak, langsung bike to work.

      Delete
    2. Ngak sanggup kalo bike to work, terlalu lelah hahaha. mending CFD an aja sambil kuliner ngak jelas

      Delete
    3. Ayo kakak, turun in n buat CFD mingdep ;)

      Delete
    4. Kayak macam bener CFD an, janjian berkali2 batal mulu hahahaha

      Delete
  9. Minggu lalu aku habis dari sini. Tapi gak mampir di tempat 'pabrik' gula aren ini. Tapi ke cagar alam Pangandaran. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ama siapa kesini ??? hayoooo pacaran ama siapa ???? hua hua

      Delete
  10. aku pengen ikuuut.. boncengin sepeda ya kaaak... uda lama ga sepedaan

    kampungnya cuantik banget ya kak.. tapi apa betah tinggal di sana? jauh dari emol :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak sanggup kalo kelamaan jauh dari mall, jadi jalan2 aja ke kampung trus balik ke jakarta hahaha #AnakMallBanget

      Delete
  11. emang enak ya kalau gerimis2 makan yang anget2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi da yg menhibur musik kentongan :-)

      Delete
  12. cum, bawa pulang gula arennya gak?
    *ngiler

    Seru banget sih kamu jalan2 manja ala macan keliling pedesaan nan hijau menggelora... aku makin iri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kemarin ada acara bagi bagi gula aren gratis loh.

      Delete
    2. Gula aren nya dah di bagi2, di ambil semua ama kokoh teddy hahaha

      Delete
  13. Sepeda an santai keliling kampung bareng temen tuh nyenengin. Nggak kerasa capeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, apalagi warga menyapa dengan ramah trus bisa ngobrol2 ngalor ngidul

      Delete
  14. Ihhiiiw, ada akooh nampang di blog heitzz! Duh, keinget deh dingin menusuk gara2 kehujanaaann..tapi seru rutenya dan teman2nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru ama siapa nya yaaa hahaha, sama cumilebay pasti menyenangkan #Digampar

      Delete
  15. Anonymous11:45:00

    Pamer kancut OK, Sepedahan OK, Naik Gunung OK, mas cum memang keren semua OK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah makasih ... duch jadi enak di sanjung2 mulu #Plak

      Delete
    2. Wiiihhh kk cumi emang t.o.p begete...

      Delete
    3. Disuruh masak OK,disuruh nyuci OK, disuruh ngepel jg OK kan mas??

      Delete
    4. Kalo itu kamu sudah tau jawab nya #Murka

      Delete
  16. Sehat juga, nih, kalo liburan sepedaan gini. Udah mata sejuk liat pemandangan indah, raga bugar pula karena ngayuh-ngayuh manja dan jogging jogging cantik. Aku pas ke sini naik perahu motor terus dibawa ke tengah laut, Mas Cum. Agak serem tapi seru juga diombang-ambing ombak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku malah ngak pernah naik perahu di pangandaran lho, serem mah kalo ampe di ombang ambing ombak. Laut selatan kan ganas nya mendebar kan :-(

      Delete
  17. Ommmm, beliin sepedanya satu. Itu yang Bianchi gpp kok, *ngerayu hahhahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal itu sepeda yaaaa ??? mending duit nya buat jalan2 aja hahahaha

      Delete
    2. Hahahahha itu sepeda yang aku inginkan om :-D
      Kalo nggak beliin yang merknya Surly Hahahahahha

      Delete
    3. Aku tak paham lah merek sepeda yg kau sebut, itu semua pasti mahal hahaha

      Delete
    4. temen kantor ada yang hobi bangeeet sepedaan...
      rakitan sendiri... body nya aja sampai 40 juta
      heuheuheu

      Delete
  18. Enak ya bs sepedaan dengan aman, riang gembira tanpa diganggu asap polusi dan hiruk pikuk kendaraan.
    #Kata2nyaAla2BukuPelajaranSD
    Bener - bener refreshing ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm kokoh ... kamu kayak nya butuh piknik yaaa, biar ngak galau macam anak SD

      Delete
  19. Bang.. sekarang abang ini jadi orang sunda ya? atau emang udah nikah ama anak bupati sunda? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti aku orang indonesia hua hua hua

      Delete
  20. Hmm gw lupa gw pernah ke pangandaran blm ya...

    Btw seru yak nenteng sepeda nyebrang sungai (blm pernaahh soalnya 😂😂)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo wes yuk berangkat ke pangandaran lagi aja, anggap aja blm pernah. Gimana ??? kapan berangkat ????

      Delete
    2. Hmmm...pangandaran...garut...gunung padang...blm ada yg kejadian...

      Delete
    3. Berangkat lah, jadi weekend ini ????

      Delete
  21. Pangandaran dah maju ya?Seru bgt kynya..tyt dah 15 tahun lalu aku kesana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk pangandaran lagi, kita body rafting ke 7 sungai

      Delete
  22. kok cepet banget om?ga nunggu dulu sunrise nya gitu?indah banget looohhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kalo nunggu sunrise berarti mesti nginep di lapangan itu dong ahaha

      Delete
    2. makin banyak aja nih job jalan2nya om cumi :D

      Delete
    3. Alhamdulillah selalu di syukuri apa yg dikasih sama Tuhan :-)

      Delete
  23. Pengen ikut nyebrang naik getek dong! Seru itu.. btw yang dipake di kepala apaan tuh Om Cum? Blangkon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya blangkon dapat dari hotel saat check in #Lucuyaaa

      Delete
  24. Pembuatan ikan asin.. Ibunya lagi bikin kok kamu senyum-senyum narsis liat kamera sih, Bang?

    PENCITRAAN, WOIIIII!!! :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan pencitraan tp mmg kan aku selalu ramah tersenyum haha

      Delete
    2. Kamu mah doyannya nyengir! :P

      Delete
  25. OMG... terakhir naik sepeda itu pas smp... aku masih bisa ga yaaaaa :D.. ga pernah nyentuh sepeda lagi stlh itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak ... Di coba lagi, seru lho sepedahan lagi ;-)

      Delete
  26. Seolah melihat bule mancah negarah masuk desah :)

    ReplyDelete
  27. Asik ya sepedahan ke pemukiman yg masih asri.
    Btw, itu rebusan angetnya menggoda bgt dingin2 gini.
    Satu lagi, pohon nangka berbuah bnyk itu tanda2 ada kuntilanak ya? Dulu di rumah ada pohon nangka n buahnya bnyk, tp alhamdulillah aman2 aja.. Hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Konon cerita nya begitu, pohon nangka biasanya banyak penunggu nya jd gw rada2 parno kalo ketemu nangka hahhaa

      Delete
  28. Sepedaan hempas-hempas manja :D wkwkwk seruuuu bang Cumi :D wkwkw lebiih dari 7 kilo mah emang bener bikin selangkangan berasa gimana gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yg jarang2 sepedahan mah 7 km jadi penderitaan cozz selangkangan ngilu ngilu macam abis ML bolak balik hahaha

      Delete
    2. (((MACAM AABIS ML BOLAK-BALIK))) -_- Ini bang Cumi emang gokil wkwkwk :p

      Delete
  29. Anonymous22:18:00

    Nikmat seklai hidup mas cumi ini, bisa jalan2 sepuasnya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah di syukuri setiap rejeki yg di kasih Tuhan.

      Delete
  30. juni cancel ke pangandaran, malah eksplor nusakambangan. hayoloh..lebih greget kann..
    ditunggu tripnya di pekalongan yah. ke selatan gitu..ke habitat owa jawa, menikmati kopi owa di pinggir air terjun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku masih penasaran ke nusa kambangan. Btw pekalongan apa aja yg menarik ???? Hahaha

      Delete
  31. wah warna warna tulisannya kok nggak se-ngejreng biasanya? biasanya ada warna warna yang mencolok mata sekarang nggak ada. ada apa om cum? lagi capek yah? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelah Capek mikirin kamu ngak lulus2 kuliah nya hahahaha #Eeap

      Delete
  32. Makkk... Kok di jakarta ga pernah sepedaan sihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelah dan kebanyakan polusi jd males #AlesanAja

      Delete
  33. Anonymous06:50:00

    River tubing juga di pangandaran kah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu dong, ke pangandaran wajib river tubing

      Delete
  34. Haha. Musti panggil pawang ujan kalo mau sepeda2an. BTW, itu yang deket pohon nangka siapa namanya? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tapi sepedahan gerimis2 itu asyik lho, yg deket pohon nangka itu penunggu nya, agak2 serem gitu hahahaha #PissLeoni

      Delete
  35. Kalau keliling kampung memang paling pas naik sepeda.
    Asyik ya, banyak dapat ilmu dengan explore begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, bisa belajar dari warga sekitar

      Delete
  36. Om cumi kuat sepedahan weehehehehe... turun berapa kilo om habis gowes gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kuat meskipun ngos2an hahaha

      Delete
  37. saya kepngin mas cumi ini tampil di televisi, soalnya apa yang mas ceritakan bernilai wisata dan sosial budaya serta banyak manfaatnya untuk indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo aku nonggol di tipi, ntar tipi nya bisa terbakar hahaha

      Delete
  38. Aku juga maulah bersepeda hempas-hempas manja ke Jawa Barat! Tapi kalau hujan ga mau pakai mantel hujan, maunya ada ojek payungnya yang mayungin sepanjang jalur persepedaan. Udah ada di aplikasi gojek belum yah itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm serasa orang penting banget yaa di payungin manja gitu :-)

      Delete
  39. MMuahaha hempas hempas manja. :))
    Mas Cum buset itu beneran 7 km? Lah kalo aku mah dengkulnya udah lonsor sepedaan segitu. #AnakMudaJamanSekarangLemah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7 km mah deket hua hua hua, tapi lumayan juga bikin antara paha nyut nyutan hehehe. Lemah ngak masalah, asal jangan lemah syahwat itu bahaya

      Delete
  40. aku nunggu famtripnya dari jawatengah saja kalau gitu, kmrn udah ketemu sama orangnya xixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 aku diajak juga ngak yaaaa ??? #AnaknyaMauan

      Delete
  41. dasar cumi, kenapa gak ajak saya coba kalo ke pangandaran?? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kamu mau ikut ?? knp ngak ngomong, kan bisa aku ajak hahaha

      Delete
  42. ada akoohh !! pegang nangka :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kamu temenan ama kuntilanak yaaa hahaha

      Delete
  43. Ihh. Enaknya, main sepedaan di desa gitu. Emangnya kalau banyak pohon nangka, ada kuntilanak po?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut mitos di kampung gw sech begitu ;-)

      Delete
  44. asoy banget bikin Gula Aren pakai Jas Hujan :) Heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya menggigil kedinginan ;-)

      Delete
  45. baru tau tanda-tanda kunti ada pohon nangka yg banyak buahnya :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp itu mitos cerita waktu kecil dulu di desa ku

      Delete
  46. ngak turun berok tuh 7 KM ? Kkkk
    tapi suer keliatannya asik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turun berok nya ngak usah di ceritain tp yg pasti malem nya selangkangan pantat gw cenut2 hahaha

      Delete
    2. saya yang 20 Km saja biasa aja :D

      Delete
  47. inget terakhir sepedaaan...cara nyeritaiinya seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan mau sepedahan lagi ???

      Delete
  48. Mas, kancutnya ga dibawa? :p

    ReplyDelete
  49. om cumi gak ikut narsis nih di Foto terakhir.,,,,, atau itu yang pake make up tebel baju hitam yah ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss sial ...itu aku yg motoin mereka, maka nya ngak ikutan

      Delete
    2. lehhh masaaaaa..... tak percaya aku

      btw nx 500 lumayan juga

      Delete
  50. wah lihatnya adem ayem tentrem,,, tarik terus bang Cumi sampai pagi. Ew itu yang foto bersama pohon nangka di halaman rumah warga, kok fokusnya ke orangnya yaw kak? bukan nangkanya,,, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh kenapa di bahas??? Aku lelah hahahaha

      Delete
  51. Wah kapan ya bisa maen2 bareng kaya yg diatas? kelihatannya seru bgt :D salam kenal ya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga, makasih sudah berkunjung ke cumilebay

      Delete
  52. Lovely blog!! And hope to see you in KL some time soon!:D

    ReplyDelete
  53. Replies
    1. Iya sepeda yg kita sewa disana keren2

      Delete
  54. kayanya seru tuh mas cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget meskipun bikin selangkangan gw ngilu2 kelamaan kena pedal sepeda hahaha

      Delete
  55. emang melampau deh mas sambalado yg satu ini. ha2...
    btw itu emg sengaja pake kata tenggok, bukan tengok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa typo dikit lah ama tenggok trus mau edit rempong coz kena ke link nanti nya hahaha

      Delete
  56. oleh2 gula arennya mana mas? ;p *mampircumananyaoleh2*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bawa gula nya males berat, ygpenting dah nyobain disana nya enakkkkkk ;-)

      Delete
  57. Pergi dan pulangnya gak numpak pesawat mabur punya bu Susi yang mentri itu, om Cum? Kan asik tuh tengok-tengok Pangandaran dari atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita brkt naik kereta lodaya pagi sampai banjar trus di jemput pake bus ;-)

      Delete
  58. uwooo, bisa nampang di blog blogger femes cumilebay~~~ Sayang kemarin ujan ya mas cum, coba cerah~ aku pasti sepedaan sampe malam euy! Ntar perlu balik lagi neh kayaknyya~~ *ngarep diajakin lagi* wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa biar ujan kan yg penting romantis #Halah

      Delete
  59. om cum,yg pake sepeda di dekat Pohon Nangka siapa ye ,kenalin dong :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok kamu fokus nya ke dia ??? bukan sama aku yg ganteng ini #LaluDigampar hahaha

      Delete
  60. Wuihh... cantik...
    untung ibunya cuma buat ikan asin... kalau ada cumi asin juga... bisa kasih garam Mas Cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss ampun, jangan aku yg di garamin :-(

      Delete
  61. Mas cum tripnya bikin iri hati dan dengki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah kita jalan lagi bersama :-)

      Delete
  62. Oohh begituu sepedaan, jalan2 terus ngak bantuin yg bikin ikan asin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kita beli ikan asin nya aja lah, kalo bantuin makin berantakan hahaha

      Delete
  63. Mascum, adem ngeliatnya kalau foto-foto postingannya kayak gini :D
    Gini aja terus deh.

    Salam kenal yaa
    *Udah berapa kali ninggalin komentar, endingnya salam kenal melulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai salam kenal ... jadi ngak boleh kancutan lagi nich ??? biar terus adem ??? #LaluLelah hahaha

      Delete
    2. Ngeekk.. nah kan, ada aja idenya belokin komentar ke sana :D #IkutanLelahKomenDiSini
      #PindahKePostinganBerikutnya wkwkwkw

      Delete
    3. Trus aku kudu piye ??? jawab, ayo jawab #Pukul2Manja

      Delete
  64. haaiiii gan,salam kenal ternyata gak beda jauh sama di bangka yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ... aku blm pernah ke bangka, tunggu aku tahun depan mau ke bangka haha

      Delete
  65. Saya juga suka sepedahan keliling kampung Om Cumi. Suasana keren, sehat, dan pasti bikin kangen

    ReplyDelete
  66. Pangandaraaaannn... lama bangettt ini belum kesini lagi sejak SD... pingin ke sini gara-gara tulisannya mas cumi, makasih sharingnya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk cusss berangkat ke pangandaran

      Delete
  67. Kamu kok nggak pake helm bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku helmin cukup yg dibalik kancut, paham kan ???? Hahaha

      Delete
  68. Kalau pada pakek helm mungkin pesona manjanya akan terasa lebih menggelinjang kang cum. Tapi nggak papa deh untuk kali ini aku maafkan. *Lah ini macam komentator dangdut akademi haha*

    Btw, sepedanya bagus-bagus. Untung aku gak ikut. Kalau ikutan bisa baper. Maklum sepedaku cuma apalah apalah yunaited dominate.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurny disediakan helm tp pada ngak ada yg mau karna ribet dan ngak kece kalo difoto jadinya #MencariAlasan hahaha.
      Ntar sepeda nya kamu bawa pukang yeeee ;-)

      Delete
  69. kurus ngga kak abis naik sepeda ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurus banget ampe ngos2an #kagakNyambung hahaha

      Delete
  70. Udah sepedaan keliling kampung gitu tebar pesona, tapi ada gadis desa yang kecantol nggak kakcumi?
    Ajak aku jalan-jalan dong kakcumi, kemana kek gitu, aku ikhlas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita jalan2 ke mall aja yaaa, lebih seru dan asyik sambil makan2 gitu hahaha

      Delete
  71. pangandaran itu kampung halaman ibu saya

    ReplyDelete
  72. Kapan nih mas Cum dateng ke Pangandaran??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pertengahan desember 2015 kemarin

      Delete
  73. Paling sneeng klo keliling desa jalan kaki atau pakai sepeda ginian, bisa nyapa dan bercengkrama dengan penduduk setempat. Dapat bonus senyuman pula. Seafoodnya enak looo Pangandaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seafood nya endes, sambel kecap cabe nya juara banget lho

      Delete
  74. mas cumi disana nyebur ke pantai ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kita malah ngak main ke pantai nya hehehe

      Delete
  75. group musiknya seru pisan ituuu...jauh ngg naik sepedanyaa...mau dong dibonceng #eeeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bonceng ntar aku lelah ihik ihik

      Delete
  76. gatau kenapa baca baca liputan perjalanan abang kayak berasa nonton si gundul trans7 hehe seru gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak ada rambut nya kak ... ngak gundul, please deach yg kerenan dikit gitu :-)

      Delete
  77. cumii.. itu makanan rebus setampah kamu makan sendiri? *dilempar kancut*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jualan kak, lumayan buat pulang kampung hua hua hua

      Delete
  78. Pangandaraan mah atuh asyik banget broo, aku ikut bonceng kayaknya enak tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ora kuat kalo mboncengin kamu hahaha

      Delete
  79. wah .. sepedaaan juga ....
    kalau sepedaan ujan2 kan enak ... dinginnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dingin mau nya ada yg meluk kak ;-)

      Delete
  80. Abis sepedaan 7 km, langsung ke panti pijat gak bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panti pijat mana dulu ??? Hahahaha

      Delete
  81. Ajarin dong gimana sih naik sepeda yang hempas-hempas manja gitu...Saya kan suka tuh naik sepeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss yg pasti selangkangan panas hehehe

      Delete
  82. Wisata paling asyik memang dengan mengenal sisi lain di daerah tersebut selain tempat wisatanya yang terkenal, ide bagus dengan bersepeda jadi bisa lebih banyak daerah yang dijelajahi :D

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com