Berkawan Rintik Kabut di Ramang – Ramang

Ramang - Ramang Makassar
Gerimis Berkabut di Ramang - Ramang
Rammang Rammang Sulawesi Selatan - Mengeluarkan rayuan maut, membelai manja, menjilat nafsu & meremas sange Bobby Virus Traveling agar mau dengan segera meninggalkan Kota Rantepao Toraja untuk ikut bersamaku balik ke Makassar #Dah4xKeTorajaBosan. Demi membujuk Bobby Virus Travelling akhirnya kujanjikan untuk berkunjung ke Ramang - Ramang bukan Remang - Remang atau Remas - Remas ... Eitsss apa yang menarik dari Ramang - Ramang ???
Akhirnya Bobby Virus Traveling Tak Berdaya Akan Rayuan Maut Cumilebay - Pasrah Ke Ramang - Ramang
Rammang rammang berada tengah2 gugusan pegunungan batu kapur (Karst) yang membentang sepanjang wilayah Maros sampai Pangkep dengan luas sekitar 40 ribu heaktar #IniLuasBanget, lokasi nya sekitar 1,5 jam atau 40 km dari kota Makassar. Mau kesana ??? Patokan nya gampang banget, dari makassar cusss arah kan kendaraan menuju Maros, nanti tanya dimana pabrik semen bosowa karna lokasi nya mmg bersebelahan dengan semen bosowa. Gw sech berharap jangan sampai "Pengusaha Ituuuu" iseng2 happy mengeruk semua gunung2 kapur termasuk ramang2 trus dijadikan bahan baku semen #Plak #GwKutukKaloKejadian.
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Dermaga Ramang - Ramang -- Sewa Perahu Rp. 250.000,-/Perahu
Kami datang sampai di dermaga rammang rammang sudah terlalu sore, sekitar jam 4 an dan gerimis + awan tebal menemani, seperti hatiku yg lagi berkawan kabut karna tetep merasa jomblo #Ngenes. Ngak menunggu terlalu lama, langsung cuss sewa perahu (Rp. 250.000/perahu/6orang pp) perjalanan selama 30 menit menyusuri sungai puthe menuju desa berau, sebuah desa yg sangat dramatis seperti di film2 legenda zaman bahula yg tertutup pegunungan kapur karst berteman gerimis & berkabut #MistisGerimis.
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Rumah - Rumah Di Sepanjang Sungai Puthe 
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Menyusuri Sungai Puthe
Cuman kasih tau aja nich, kalo ramang menurut bahasa lokal setempat mempunyai arti awan atau kabut #HatikuJugaBerkabut. Seputaran ramang - ramang memang selalu di tutupi awan kabut saat pagi atau hujan #IniFakta. Jadi kalo kalian datang ke ramang2 dan kondisi nya panas dengan langit membiru, berarti itu bukan ramang2 sebenar nya #GwNgeles #GwDatangGerimis #Maksa. Eh kelupaan bilangin, kalo ramang ramang ini masih 1 kawasan cakupan dengan Taman Nasional Batimurung #Lumayan30MenitJalanMuter jadi di seputaran nya bakal ketemu banyak objek wisata yang ala2 meskipun jarak nya agak jauh #TerjemahkanSendiri.
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Dermaga Desa Berau Rammang Rammang
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Batu Besar Mengantung Menyerupai Gua di Rammang Rammang
Di desa berua hanya ada 1 dermaga kecil, dengan batu karang besar mengantung menyerupai gua menyambut kita #SelamatDatangDiBerau. Sebuah lembah tertutup deretan bukit2 kapur, dan hanya ada beberapa rumah + 1 mushola yg jarak nya saling berjauhan. Sejujurnya kalo ngak buru2 dan punya waktu, ada baiknya menginap di salah satu rumah penduduk di desa berau, nikmati kearifan lokal, membeku saat pagi datang yg berkawan kabut #MaunyaPelukanBiarHangat.
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Mendekati Desa Berua - Sungainya Ada Petunjuk Arahnya
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Desa Berua Yang Hijau Asri & Damai
Ramang - Ramang memang surga banget buat para fotografer yang suka foto landscape, kalo gw ??? yaaaaaaa yg penting dah pernah kesana aja ngak ngarep banyak #Ramang2Contreng #PlakTampar. Kalo suka mancing, bisa juga nikmati hari sambil memancing di empang2 yg tersebar di seputaran ramang2, kalo gw pasti nangis coz mancing hati aja gagal apalagi mancing ikan #Curcol. Eh ramang ramang ini termasuk keajaiban alam dunia dan merupakan pegunungan kapur terbesar ke 2 di dunia setelah pegunungan karst yunnan cina selatan.
Desa Berau Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Jangan Buang Sampah - Buang Hati Aja Silahkan 
Desa Berau Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Berkawan Gerimis & Awan Hitam

230 comments:

  1. Wah mas bro tumben pake celana colour..asekk jalan jalam trs kerjaanya..kpn ksolo lagi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain ada rejeki nya biar bisa cusss kesolo lagi, tapi galau solo apa yg menarik lagi kah ??? hahaha

      Delete
    2. Solo yang menarik cuma pasar kelewer. Itu pacar barunya ya ? ih bikin hati ini dag dig dug !

      Delete
  2. kak cuuum... ramang2 iniii... bikin mupeng.. bbrp kali ke makassar, gak menginjakkan kaki di sanaa, cobaaa...huhuhu

    btw, kancutnya mane?? keabisan yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancutnya ketinggalan, jd malu kalo telanjang :-)

      Delete
    2. Jadi selama d sana gak pake kancut, PAK?

      Delete
    3. Wakssss lw yeee dibahas beginian #parah

      Delete
    4. Wiiih tumben bapakke bisa ketinggalab kancut... pdhal ntu andalan

      Delete
    5. Ciyeee yanni komen

      Delete
    6. Wakssss udah pada muncul, pasti makin ngak bener #Bubar

      Delete
    7. kolor sama cancut tetap merah :)

      Delete
  3. asiiiiik snapseed foto hDR akhirnya muncul.. kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich lagi suka yg HDR norak2 lebay2 bergembira gitu hahaha

      Delete
    2. Tapi too much....

      Delete
    3. Biar too much tapi kan keren yaaa hehehe

      Delete
  4. Jangan bersedih hati karena masih jomblo mas cum, asikin aja dengan terus menjelajah terus share ke kita :D

    Ini indonesia punya? :G

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh duh jomblo nya jangan di pertegas terus, aku lelah hahaha

      Delete
    2. Oops sorry mas cum :v

      Delete
  5. wahh cakep banget tempetnya :D

    VONNYDU

    ReplyDelete
  6. baca sekilas...kirain namanya remang2 ternyata ramang2.;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lw mmg demen nya main di remang2 yaaa hahaha

      Delete
  7. Anonymous10:59:00

    Cantiknyo Indonesia

    ReplyDelete
  8. Ooom Cuuuum. Kok gak ada poto yang ituh? Bukan insaf kan? :P
    Indah banget Ramang-ramang. Pengen ih ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu kesana lagi ngak pake kancut hehehe

      Delete
  9. Oom Cumi lebih beruntung drpd gw. Cuacanya lagi bagus Dan menghijau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaaa kak, disyukuri aja hahaha

      Delete
  10. Mantappp. Bang Cum the explorer..ckckck

    ReplyDelete
  11. Ahaaa aku tahu tempat ini pas dulu masih heboh Turnamen Foto Perjalanan *ntah masih kagak nih projek, gak kedengeran lagi* saat ada yang share foto di sini.

    Om cumi pilih kasih ya, kok pas di Palembang aku gak diremas-remas >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya tuch turnamen foto kemana lagi yaaa ??? aku dah lama ngak ikut hehehe.
      Btw kamu kan dah diremas2 ama halim hua hua

      Delete
  12. Kayaknya emang gak ada yang berani menolak permintaan yang mulia Cumilebay, apalagi diajaknya dapat bonus diremas-remas di ramang-ramang. Kak bobby pasti menggelinjang kelojotan menikmati sensasinya.

    *yaowoh akooh nulis apa ini* *lalu dirajam* :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah ... kamu aja selalu nolak kalo diajak ketemuan, kayak nya kamu ngak PEDE mau ketemu cumilebay yg kece ini hua hua

      Delete
  13. Bgs euy..mirip2 guilin cina yak...iish wkt ntu ksna ga mampir ya kita...hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak jauh kak, ngak kekejar waktu nya. Jadi kapan lagi kita ke makasaar, aku kangen coto gagak

      Delete
    2. Coto gagak?bukan coto kuda :D

      Delete
    3. Ini coto makassar biasa tp nama resto nya coto gagak. Terkenal dan enak banget segerrr

      Delete
    4. Kakak..... Ajak akoh ksanaaa

      Delete
    5. Iya enakan yg di jalan gagak..pemesss

      Delete
    6. Jadikapan kita ke makassar lagi ??? kita kulineran yuk

      Delete
    7. Yuuuklaaah...kulineran plus ramang2 yaaaaaa....

      Delete
  14. Kereen Euy, ajak2 dongs :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lah sini kita jalan2 bareng ama groupies cumilebay

      Delete
  15. kalau buang mantan boleh disana mas cum? haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget, buah trus bunuh cabik2 hahaha

      Delete
  16. objek wisata yang ala2 meskipun jarak nya agak jauh (dibaca: jangan harap mas ncum yang pemes ini mau mampir ...)

    akkhhh aku kangen travel ala2 sama kamuuuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... aku terlalu lelah untuk mampir2 ketempat ngak jelas :-(
      Jadi kapan kita mau jalan lagi, rencana januari mau rafting

      Delete
    2. Tikku.... Jangan berharap banyak, booking fee nya makcum mahalllll ;)

      Delete
    3. Hua hua hua ratecard nya dah mahal sebagai pesohor yesss

      Delete
  17. kok hawanya mistis yah...atau cuma perasaanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mistis syahdu karna gerimis mendung kak

      Delete
  18. Asri bener ya tempatnya. Jauh dari kebisingan.
    Weekend bisa jadi pilihan destinasi wisata yg Oke buat melepas LELAH.
    LELAH SELELAH LELAHNYA...
    #BUTUHPIKNIK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu LELAH berteman ama cumilebay ??? OK FIne

      Delete
    2. Sepertinya "Bapak" butuh Piknik "juga".
      :-D

      Delete
    3. Kayak nya lw yg butuh piknik, gw kan piknik mulu tiap minggu hua hua

      Delete
    4. Yuk piknik...aku bawa t4 makan piknikku....gelaran pake kain kotak2...

      Delete
  19. Keren nih mas cumi. halan2 selalu. jadi terangsang untuk traveling di luar pulau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk semangat jalan2 hahaha #Kompor

      Delete
  20. sulawesi memang keren.. itu alamnya kayak di film-film jadul thailand yang tentang buaya-buayaan :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aish jadi kangen nonton film thailand, lucu2 yg seneng kalo liat film thailand

      Delete
  21. Akkkk, suasananya bikin pengen terus memandang hahhahaha. Buang mantan di sana boleh nggak, om? *Ngumpulin plastik buat bungkus mantan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau memandang aku terus ?? Kamu sadar yaaa kalo aku mmg tampan rupawan hahaha

      Delete
  22. Keren ya alam Indonesia itu. Wah mas Toro harus balik lagi tuh kesana. Blom sah kalo gak ada foto berkancutnya. Gih gih gih balik lagi kesana.. *jorogin ke empang* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kesini bulan puasa, jadi ngak boleh tebar2 pamer aurat ahaha

      Delete
  23. Akhirnya mas toro ndak tebar aurat lagi adekk bahaaagiaaa wkwkkkw

    Itu foto rammang2 tanpa edit, tp kebanyakan lihat foto instragmmer fotonya hitss bgt wkkwwwkk
    Waktu tahj rammang2 pertama kalk aku bacanha REMANG REMANG WAKAKAKK

    BAIH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kesini bulan puasa jd agak di tutup dikit lah auratbnya hahaha.
      Aku datang kesini gerimis dan mendung gelap jd langit nya ngak cetar. Btw kamu demen nya remang2 pasti yaaa hahaha

      Delete
  24. aihh bagus banget pemandangan sepanjang sungai nya... sepi ya, banyak pohon, pas tuh buat mojok pacaran, heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss mojok disini digigit serangga hua hua

      Delete
  25. Keren banget tempatnya..
    pemandangannya jg indah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay nya juga keren yaaaa kak #Maksa #Laludigampar

      Delete
  26. setiap kesini foto pemandangannya selalu keren2 dan menggoda, kalo bisa itu yang baju merah diblur aja deh biar enak saya liatnya :D
    #kabuuurr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss yg baju merah itu malah bintang nya lho ;-)

      Delete
    2. bintang kancut??oh noooo x_x

      Delete
    3. Lagi coba menutup aurat di bulan puasa, ini ke ramang2 saat puasa haha

      Delete
  27. waahh tertib juga yaa..di desa ada rambu-rambu begitu..jarang-jarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sepanjang sungai nya ada rambu2 belok kiri kanan dll

      Delete
  28. Kapan-kapan pengen ke sini lagi, bermalam agak lama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pingin nginep didesa berau nya, kmrn agak buru2 karna ujan

      Delete
  29. hati" nanti di rusak sama anak alayers, yang bilang suka-suka gue dong :v

    hahahaha anak alay siap" pasti mau kesana haha dan merusak segalanya wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai kejadian deh tuch anak2 alay datang hehe

      Delete
  30. kereeeeennnn bingit n bakal ngehitz nih lokasi setelah dijamah cumilebay #reszzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo ngehitz kan groupies dpt freedive ya mas yus lol

      Delete
    2. Hmmm orang kok yaaa demen nya gratisan hua hua #LangsungNgaca

      Delete
    3. Pasti dapet lah des, jangan ragukan cumilebay ah... #benergakya

      Delete
  31. Dermaga na sederhana tp keren ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah keren setelah ada cumilebay datang ;-)

      Delete
    2. tak sekeren cancuters nya makcum des. :)

      Delete
  32. Anonymous20:27:00

    Bang, kamu kerja apa, kok banyak duitnya buat jalan. Aku diajak kerja tho bang =_=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kan aku anak bupati gresik, jadi tinggal foya2 aja amien

      Delete
  33. Pak...inikan yg arah ke bantimurung yah??wktu itu mw mampir tp kesorean...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berlawanan arah, dari batimurung masih 45 menitan lewat gang kecil trus ketemu leang2 dan ramang2

      Delete
  34. Keren jg tuh batunya spt ngapung beneran....

    Pdhal waktu itu dah smp bantimurung yak tp ga kekejar kesini ya

    #terlalubanyakkeinginan
    #timeandmoneygasingkrom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ingin cuti ngak ada waktu jadi lelah

      Delete
  35. wkwkwkw apike kak cumiyy... itu aku suka sama almnya kerasa di mana gitu foto pertama aku speclhessss eceess ehh.. ngecess...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada cumilebay nya jadi makin keren yaaaa

      Delete
  36. Wah asik pisan Ramang-ramang ini.
    Saya kirain tadi remang-remang, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di remang2 mau ngapain bang ??? #NanyaSerius

      Delete
    2. Kalo remang2 mau asik enak, hahu hahu... hahaha

      Delete
  37. Inimi kampungku kodong...
    Maros is my beloved village
    Aaaaahhh jadi kangen mau pulang kampung, hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih suka mudik ke maros ngak ??? Jangan2 sudah lupa tak pernah mudik hehehe

      Delete
  38. Pegangan si Virus Traveling di pinggang ramfing itu seolah menandakan trip ini di bawah #tekanan haha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss sial ... Jd kangen pengen di tekan lagi kan #NahLho

      Delete
  39. Beneran bagus foto-fotonya. Apalagi yang "menyusuri Sungai Puthe". Kerenn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... Cumilebay nya juga bagus banget yaaa ganteng menawan #LaluDisambitPerahu

      Delete
    2. Asyiknya gerimis syahdu kalau ke remang-remang. Naik dari dermaga 1 ya bang?

      Delete
    3. Waduh mmg nya ada berapa dermaga ??? aku tau nya dermaga yg depan jalan raya mau ke bosowa itu aja

      Delete
  40. Ah Mas Cumi, dikau selalu bikin aku mupeng untuk jalan-jalan. Selalu saja ada tempat baru kalo aku mampir di sini. Ramang-ramang ini indah bingit, ye. Uhuhuhuhu.... pengen jalan-jalan atuh lah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kak jalan2 ajak kiddos nya menikmati indonesia haha

      Delete
  41. Jadi kesimpulannya si Bobby sudah tidak perjaka lagi..hahahha
    setelah tumbang dari rayuanmu kak,

    Koreksi yah, itu nama desanya bukan desa Berau tapi Desa Berua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bobby mmg dah ngak perjaka, dia dah sering di pake lho haha
      Makasih koreksi nya, langsung di edit

      Delete
    2. anjiiiiiirrr aku di hosipiiin... aku dipaksaaaaa kemarin itu kak, diiket, klo ga nanti diisep katanyaa.. aku takuuuut *deramaaah*

      Delete
    3. Diisep apa nya ??? coba jelas kan yg terperinci hua hua

      Delete
  42. pemandangannya ngangenin, udah lama ngga pulang kampung ke makassar hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk pulang trus kulineran, aku lagi kangen coto gagak

      Delete
  43. Salam kenal, mas Cumi :)
    Ramang-ramang pastinya adem banget ya.. Nggak nyangka ternyata merupakan keajaiban alam dunia.Kereen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal juga dan makasih sudah berkunjung ke cumilebay
      iNDONESIA mmg keren banget yaaa

      Delete
  44. Gue baru dua kali ke sulsel, kangen n kangen pingin balik lg. Terutama rammang2 ini yang paling mbikin kangen. Huhuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo balik, aku diajak yaaaa :-)

      Delete
  45. Wuih, cantik banget pemandangannya. Foto yang di danau itu berasapernah liat di lukisan deh, ternyata ada di dunia nyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dunia nyata bukan dunia asral yaa bunda hehehe

      Delete
  46. tumben nih bajunya sopan dan gak pake hot pants

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pergi nya bulan puasa jd mesti sopan hahaha

      Delete
  47. saya kira tadi remang - remang. hehehe salah baca ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo remang2 mah semua cerdas yaaaa

      Delete
  48. dirimu beruntung sekali pas cuacanya cakepp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting di syukuri yaaa kak

      Delete
  49. kirain di pantura mak remang remang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kalo urusan remang2 mah cerdas banget yaaaa hahaha

      Delete
  50. hahahahaha.....salam kenal mas,
    gokil banget blognya,baca dari awal sampe akhir seru,ngakak g karuan. tepatnya bagus banget,sering lihat di tipi,tapi disini lebih banyak infonya,plus foto2 nya keren..^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai ... makasih sudah berkunjung, semoga blog ini membawa berkah hahaha

      Delete
  51. Selalu kagum. Tiap berkunjung ke sini tuh ada yang aneh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak ... aku mmg selalu mengagumkan selain tampan rupawan dan kece haha #Digampar

      Delete
  52. Eh fotomu ini pakai kamera apa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake samsung NX2000 doang kak

      Delete
  53. subhanalloh, nih tempat luar biasa banget. jadi semakin bangga saya dilahirkan sebagai orang Indonesia, ternyata indonesia benar-benar negeri surga, tapi sayang saat ini surganya baru dinikmati segelintir orang yang jadi penguasa saja, sedangkan rakyat kecil hanya bisa menghidup udara saja itupun kalau tinggal di desa, kalau tinggal dikota udaranya juga sudah dikotori orang-orang kaya. huh..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget yaaaa, udara nya seger banget dan suasana nya romantis hehehe

      Delete
  54. Kak cumi, foto bukitnya keren abis dech. Belum kesampaian kesini nich. hiksss..

    Beneran dech kak, jangan sampai tuch bukit dikerok ama tukang tambang dech. Entar ramang-ramangnya nga bisa kekhasan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sampai di keruk ama pengusaha itu, kita demo habis2an hehehe

      Delete
  55. oh indahnya pemandangan di Ramang ramang..
    foto yang paling atas..suka bangets..keren pokoke...

    ReplyDelete
  56. Judulnya kaya puisi romantis. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judulnya romantis tapi tulisan nya acak kadut yaaa kak :-(

      Delete
  57. udah lama pengen ke ramang-ramang, bukan remang-remang...kalo tu sihh di Pantura #lha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk berangkat .... kita ke remang2 aja dekettttt hahaha

      Delete
  58. Mas Cum, bagus banget poto2 dan lokasinya. Cocok buat acara prewed. Eh itu sama Bobby ga lagi nganu ee...prewed kan? *dicabein*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau prewed disini ???? kamu yg sabar yaaaa ikhlassss
      Aku ama bobby ngak ada apa2 kok hehehehe #prettt

      Delete
  59. Apa karena gerimis mengandung begini, kenapa spooky yaaa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hawa nya gerimis dingin tapi romantis keren

      Delete
  60. aiiihhhh..... cakeepp bgtttt... kyknya sejuk di sana ya mas... aku bnr2 byangin batu besar yg ada goa di bawahnya itu, moga2 ga rubuh itu batu -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch jangan sampai rubuh, sayang banget kalo rubuh

      Delete
  61. Salam kenal yah om cumi :p
    Aaaaahh aku sedih ngeliat foto foto diatas :(.
    Belum kesampean ke ramang - ramang. Zebeeel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kayak orang bener kenalan segala hahaha
      Sini sini kao sedih nyandar di pundak ku yaaaa :-)

      Delete
  62. Mistisnya, Syahdunya, Indahnya... God, save my eyes. :(
    Buaya free gak di sana? Aku tatut sama buaya, apalagi buaya darat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buaya darat banyak banget hahaha, kamu yg sabar yaa menghadapi buaya darat :-(

      Delete
  63. ramang ramang memang kerenn..
    tapi .. foto pelukan berduanya .. ehmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa yg pelukan ??? Pengen di peluk juga yaaa hahaha

      Delete
  64. buset OM lagi belajar HDRnih... mencolok banget :D #Kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp keren kan ??? Norak2 lebay gitu ;-)

      Delete
  65. edaaan, cakep bin eksotis banget, itu tempat aya di pelem pelem, bisa cantik sehat dan subur kalo tinggal di sana, jauh dari huru hara riuh kota

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau tinggal disana ??? Hehe

      Delete
  66. aman nich saya ke sini..hehee tapi hatiku berkabut dalam gerimis itu sesutu yang aach..jadi pingin buru-buru makan saja. Satu, warna gambarnya seperti langsung melihat langsung y.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kenapa kak ??? Ayo jawab jujur

      Delete
  67. Walau ada pabrik tapi masih asri alamnya. jarang lo yang seperti itu. Awan atau raman menyimpan keindahan, Cocok buaku yang suka photo-photo nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an aja pabrik itu ngak serakah hehe

      Delete
  68. Wow dari Maros toh, Mas ...
    Iya nih banyak yang suka ke situ sekarang. Sempat ke pantai Losari, tidak?

    ReplyDelete
  69. Tahun lalu aku diajakin teman teman kesini. Sayang, posisi masih di India.
    Aku dulu bacanya remang remang, hahaha

    ReplyDelete
  70. wih cantik banget yaaa rammang rammang ini. semoga someday bisa berkunjunggg... amin.

    ReplyDelete
  71. Pernah beberapa kali mampir ke blog om cumi, cuma baru kali ini komen dan bersyukur... Alhamdulillah disini om cumi nggak rada tertutup dikit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi demen yg tertutup atau buka2an ????
      Makasih sudah ikutan meninggalkan jejak

      Delete
  72. Jomblo-jomblo bergembira Mas, Cum. Yang penting piknik teruuuss hihi..
    Halo Mas Cum salam kenal, yaa.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai salam kenal, semoga betah main disini ;-)

      Delete
  73. Sering dengar nama Cumilebay yang hobi pakai kancut, penasaran mainlah kesini hihi..
    Waah ternyata mereka bohong yak, Mas CumiLebay gak pakai kancuut hihi.. *pura-pura gak lihat header* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata cuma gosip yaaa pake kancut nya haha

      Delete
  74. indonesia emang cantik dan indah :)

    ReplyDelete
  75. Wow. Mantap, baru tau kalau ramang2 masuk pegunungan kapur terbesar di dunia.
    Om. Fotonya sekarang agak ada peningkatan gitu. Keren deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi selama ini foto2 gw jelek gitu ???? Ok fine bye #melenggostampan

      Delete
  76. Sungguh indah alam ini, saya sangat tertarik dengan alam yang anda posting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia mmg indah... Makasih sudah berkunjung ;-)

      Delete
  77. yang ditakutkan tempat wisata adalah dijadikan bisnis dan alamnya di geruss ehhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch amit2 jangan sampai kejadian ;-(

      Delete
  78. Walah gak ada keyword as usual om cumi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm tiba2 aku merasa lelah hahaha

      Delete
  79. Bang Cum, gue kira itu remang2 loh hehehe, duh gila ya, bahasan penuh dengan nefsong2 segala bikin .... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm aku lelah ama kalian semua, kok demen nya yg remang2 semua hahaha

      Delete
  80. jadi kangen ramang2.. pingin kesana lagi, pingin nginep menikmati suasana malam penuh bintang bertebaran di temani semilir agin.. ahh.. romantisnya.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin cuman mau di temani suasana malam ???? ngak mau di temani yg lain ???

      Delete
  81. kaya lukisan gitu ya bagus, padahal itu foto nyata ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ramang2 mmg keren banget bunda

      Delete
  82. Udah lama pengen ke sini... Cakep banget ya...

    ReplyDelete
  83. Keren Euy Ramang-ramang itu..ajak2 dunk kalo berpelesir lagi..hehhe

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com