{Terios 7 Wonders} Mengenal Dayak Kenyah di Pampang

Cumilebay Bareng Ibu Dayak Berkuping Panjang
Dayak Kenyah Samarinda - Perjalanan panjang Team Terios 7 Wonders "Borneo Wild Adventure" sudah sampai di Samarinda & ini adalah etape ke 6 dari total 7 etape dengan 7 destinasi alam liar #NgakRelaBerakhir. Tapi Terios 7 Wonders  #SahabatPetualang juga akan mengexplore budaya setempat yaitu salah satu nya kearifan lokal masyarakat dayak kenyah yg tinggal tidak jauh dari kota samarinda.
Daihatsu Terios 7 Wonders Mejeng Didepan Rumah Lamin Khas Dayak
Desa Wisata Adat Kenyah jaraknya hanya 20 km dari Kota Samarinda Kalimantan Timur. Banyak sekali yg bisa kita pelajari dari desa wisata ini, antara lain kerajinan tangan, tarian, alat musik, ukiran dll. Suku dayak kenyah berasal dari Bulungan perbatasan Serawak Malaysia, mereka secara perlahan mulai pindah bertahap sedikit2 menuju samarinda, berau, malinau. 
Eh kenapa mereka di sebut DAYAK ??? Karna mereka datang dari Daya artinya HULU dan hulu nya berada seputaran pulau kalimantan bagian atas yaitu dari brunei tapi mereka trus bergerak menuju hilir sampai ke sungai mahakam dan menetaplah di Desa Pampang ini salah satu nya yang di huni dayak kenyah #BegituCeritanya.
Kajet Lasan (Tari Persahabatan)
Alat Musik Sampeq
Numpang Narsis Bareng Wira Nurmasnyah
Datang ke rumah adat dayak kenyah atau di sebut rumah lamin (Berdiri tahun 1990 an) di sambut dengan 2 tarian sekaligus yaitu tarian kanjet lemada lasan (tarian pembukaan/tarian peresmian, membersihkan area, artinya untuk membersihkan dari hal-hal yg tdk diinginkan) harus laki-laki yg menari, serta tarian kanjet lasan (tarian persahabatan) menari dengan gerakan lebih bebas, yg penting demi keakraban atau persahabatan. Ke 2 tarian ini di iringin alat musik khas dayak yaitu sampeq (Semacam Gitar Dari Kayu Bulat Utuh).
Cantiknya Gadis Dayak 
Kulit Mereka Putih - Macam Keturunan Cina
Para Tetua Adat Dengan Baju Khas Dayat
Sekilas kalo di tenggok wajah2 orang dayak cakep2 kece mirip banget macam orang cina monggol, ternyata usut punya usut mereka mmg asli dari sana #GosipLagi. Konon berdasarkan gosip, suku mereka kalah perang dan tersingkir menyebar keberbagai wilayah dan sampailah di Kalimantan #FaktaAtauGosip??? #AkuTakTau.
Ukiran Kayu Dalam Rumah Lamin
Atap Rumah Lamin Terdapat Ukiran Burung Rangkong, Naga, Macan
Dirumah lamin, kita bisa melihat simbol suka dayak kenyah ini burung rangkong, naga, macan. Macan dari bangsawan melambangkan kalo mereka berasal dari keluarga bangsawaan cina yg hijrah ke borneo. Rangkong melambangkan kebijaksanaan, naga sebagai pelindung dan penjaga. Eh dipelataran rumah lamin terdapat kios2 penjual cindramata khas dayak, kalo minat yaa tinggal beli sebagai kenang2an dan aku yg tampan ini beli gelang paporit kesayangan akoh #Lebay.
Ada Yang JualCindramata Khas Dayak - Jangan Lupa Beli Yaaaa
Dayak kenyah ini merupakan suku dayak yg memiliki wanita dengan kuping panjang yg lokasi paling dekat dengan kota #YangLainJauh, jika di bandingkan dayak2 lain yg masih di tengah hutan. Tapi yang bikin sedih adalah ngak ada penerus nya untuk kuping panjang ini, anak2 muda nya malu untuk memanjangkan kuping, mereka sudah terkena modernisasi sehingga yg punya kuping panjang hanya generasi tua saja #AkuSedih.
Pak Simson - Penari Kajet Lemada Lasan
Ibu Kuping Panjang Yang Tersisa Di Kenyah
Untuk berkunjung ke dayak kenyah, siapin duit 15 ribu untuk tiket masuk dan 25 ribu buat foto2 dengan masyarakat dayak yg memakai baju adat atau ibu berkuping panjang #DahKomersil dan menurut info yg gw denger, banyak yg ogah2an di foto kalo ngak ngasih duit ke mereka #IniHasilGosip. Oh ya pertunjukan kesenian dayak hanya ada pada hari minggu jam 2 siang jd kalo mau liat mereka menari yaaa hari minggu aja datang nya coz hari biasa ngak ada apa2 #AliasSepi.
Foto Bareng Terios 7 Wonders Dengan Dayak Kenyah

144 comments:

  1. pernah, sih, lihat foto perempuan China Mongol memakai topi seperti suku dayak ini. Cuma mungkin bahannya beda. Kalau di sana untuk menghangatkan. Jadi, mungkin gosip itu benar adanya *mari bergosip pagi hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gosipnya agak siangan dikit aj ayaaaa hahaha

      Delete
    2. tumbeeeennn ... saya bisa komen pertama di blog ini. Biasanya dapat nomor antrean ratusan ... *langsung koprol hahahaha*

      Delete
    3. Waksssss kalo weekend sepi kak, jd sering2 berkunjung kalo weekend yaaa hahaha

      Delete
  2. Aku mondar mandir balikpapapan-bontang blm kesampaian mampir di pampang..
    klo dekat/sering malah ngegampangin yak!
    malah mascum duluan..issshh aku iri tp tdk dengki....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo belum kesampaian, disampaikan kak mampirnya.
      #NitipOleh2.

      Delete
    2. Kamu gagal makjo, jadi kapan kamu mau kesini ???

      Delete
    3. Untuk koted kusempatkan mampir deh! Emang mau oleh2 apa?
      Macaaaamm betttulll....hahahaa

      Delete
  3. seru kayanya ya om, aduh saya juga mau atuh bersilaturahmi dengan suku dayak, ternyata cantik juga ya om cewe dayak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kamu mau dapat ce dayak ???

      Delete
  4. selamat pagi dan selamat ngopi om cum biar lebih greeeng jalan-jalannya :D

    ReplyDelete
  5. Pampang itu dkt bgt dr samarinda ya??qta bs lgsg dtg gitu aja mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk mak unik kita ksanah;)

      Delete
    2. Kalian mmg ala2 banget dech berdua

      Delete
  6. Keren banget motif ukiran kayu ituh. Bukan hanya sebuah pajangan saja tp jadi maha karya yang mempunyai nilai seni n artistik yang tinggi ya. Harganya pasti ratusan juta rupiah #pernahjadipedagangmebel
    Btw transportasi ke lokasi gampang gak mase?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas e bahasanya emang Top banget.
      Sayang ga ada sesi pembagian cinderamata ya kmrn. :-D

      Delete
    2. Iya mas iyus sekarang lebih arif bijaksana kalo comment, daku jadi minder :-)

      Delete
    3. Tutur kata mas yus syariah sekali!
      Aku mau donk di jadikan istri solehah...hihihihi

      Delete
    4. Syariah nya pencitraan doang makjo, ati2 busuk nya kembali kumat hahaha

      Delete
  7. Baru tau kenapa disebut Dayak.
    Btw, cinderamatanya bagus bagus ya, sayang kemarin gak diborong buat dibagi bagi ke groupies.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja, dah gw borong semua termasuk yg jualan hua hua

      Delete
    2. Di kantor banyak orang dayaknya...
      jd aku ga perlu orangnya tp perlu aksesorisnya aja....

      Delete
  8. Anu saya bisa dipanjangin kayak kuping para tetua itu ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss bisa ke mak erot aja hahaha

      Delete
  9. Saya pernah liat kakek suku dayak itu lagi minum teh gelas. Lucu aja sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minum teh gelas dimana ??? jangan kau bilang kalo beliau nongkrong di starbuck yaaa

      Delete
  10. etnik2 banget yaa bajubajunya kaya boneka di istana boneka .. mirip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu dan etnik trus warna2 nya mencolok kece

      Delete
  11. ekh itu kupingnya bisa panjang gitu yah?/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di tarik ama anting nya yg berat

      Delete
  12. apa ga sakit ya ibu yang kuping panjang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi terlihat cantik versi mereka pasti dilakukan meskipun sakit hahaha

      Delete
  13. Asiiiik acaranya seru dan sukses ya terios 7 bukitnya ini banyak cerita dari terios 7 bareng mas cum hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan ikutan juga dong hehehe, biar makin seruuuu

      Delete
  14. Iya sih ya Om. Mengingatkan sama wanita China Mongol ya. Cantek-cantek Om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap cantik2 putih lagi hehehe

      Delete
  15. Duuh semoga kesampaian daku berkunjung ke sini. Nggak ambil satu gadis dayaknya buat diculik gitu Om Cumi? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah pasti kesampean :-)

      Delete
  16. jadi pengen deh bekunjung kesana, suku dayak baju nya unik ya

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Yap masih seru perjalanan nya :-)

      Delete
  18. Wah sayang ya nggak ada lagi penerus si kuping panjang. Tapi agak serem gue ngelihatnya anak muda cewek kupingnya panjang. Tapi harus dilestarikan! Tapi jangan gue! Muahahaha. \:p/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Mereka sudah ngak ada yg mau karna malu, mereka juga sekolah dan rasa nya aneh kalo kuping nya panjang kesekolahan hahaha

      Delete
  19. Suka dengan motif2 Dayak yang unik dan warna warni. Dulu kesana juga kage ngelihat cewek2nya cakep2. Mas Cum ada minta nomor hpnya gak? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak minta no hp nya, takut kalo minta ntar di kira ada apa2. Dayak kan xxxxzzz hahaha

      Delete
  20. Kak, kamu kok jd doyan gosip sih.. :D tobat kaak, tobaat. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss kacau kau ini, aku ngak bergosip kok cuman ngomongin aja haha

      Delete
  21. cakep ya outfit dan aksesoris nya warna warni....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberan dan aku suka warna2 nya

      Delete
  22. Om, beli tenunnya nggak? Heeee,
    Keren heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku hanya membeli gelang hahaha

      Delete
  23. melihat org dayak, aku jd inget temennya temenku ada yg ga bisa pulang dr kalimantan saat kuliah, krn dituduh menggoda ce dayak...:D. hasilnya, dia disidang dan harus menikahi ce nya ;p... dan ga boleh kluar dr pulau hihihihihi... Kata ketua sukunya, nekad keluar, dia mati D.. hihihihi..kasian bgt itu,.. ce nya sih cantik..tpkan sedih aja ya nikah ga bisa dihadirin ama kluarga pula...daerah pedalaman sana soalnya ;p.

    pokoknya jgn berani2 godain ce sana deh... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget cerita2 macam ini, maka nya kmrn aku hanya diam membisa disana cpz takut hahaha

      Delete
    2. Jadi cerita itu beneran ya Om?? kenapa nggak om godain aja satu biar bisa nikah gratis :))

      Delete
    3. Banyak banget kasus nya
      dan aku masih pingin main ke mall, jadi pilih aman aja biar ngak dinikahkan dan ngak tinggal di pedalaman hahaha

      Delete
  24. Dayak itu kolorful sekali ya mak... Kok ga pake kolor warna warnimu disana fotonyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudmu gw kancutan di rumah lamin gitu ???? ntar gadis2 dayak jatuh hati trus gw di pinang dan ngak balik ke jakarta.Lw mau kehilangan gw ??????????????????

      Delete
  25. Berati kebiasaan memanjangkan kuping sudah mulai mendekati kepunahan ya Om :,(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ngak ada lagi, tinggal generasi tua. Dan beneran bisa punah #sedih

      Delete
  26. Motif Tatto tradisional suku dayak keren2. Bahkan katanya beberapa artis Hollywood juga ada yang sengaja datang kesana untuk merajah tubuh mereka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw tertarik pasang biji tasbih di kemaluan hahaha. Kata nya di dayak banyak hua hua

      Delete
  27. kereeeen.. sipit sipit ya bang :D

    ReplyDelete
  28. Kalau foto sama orang Dayak gitu bayar nggak sih? Aku baca di bukunya Trinity dia pernah dipalak gegara foto2 sama orang dayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. BAYAR ... Kalo ngak salah 25 ribu untuk sekali jepret ;-)

      Delete
  29. Ngilu - ngilu gitu ngebayangin kuping gue kek gitu

    ReplyDelete
  30. Anonymous10:26:00

    Gadis dayak cantik yo

    ReplyDelete
  31. travellingnya so wonderfull ya mas, apalagi ketemu dengan khasanah budaya lokal plus wanita2 caem *tunjuk yang pake baju adat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, banyak belajar ttg budaya di tiap daerah yg kita kunjungi ;-)

      Delete
  32. Asik masnya dapet gebetan cewe dayak sekali dua lagi...

    ReplyDelete
  33. cewek dayak cantik nian euy, semoga mereka bisa mewariskan budaya dari nenek moyangnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mereka mau mewariskan budaya nenek moyang nya ;-)

      Delete
  34. Ahhh, kacamatanya hitsss

    ReplyDelete
  35. nanti kalo kesana lagi ajak ajak ya om
    mau ketemu ama cewe cewe dayak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran mau ama ce dayak ???

      Delete
  36. mas cum.. ini mungkin pertanyaan sulit... tapi... kamu sama wira di foto diatas gantengan mana sih? :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak perlu di jawab kan, semua juga tau kalo aku lebih dari segala nya hahaha

      Delete
  37. Kok di foto kedua, mukanya agak mirip Adi Chimenk yah? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud nya suka nyimeng gitu yaaaa #Kabur

      Delete
  38. Anonymous14:27:00

    Dayak penuh magic

    ReplyDelete
  39. Itu anaknya lucu banget Om yang di tari persahabatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu banget ngikutin kakak nya nari

      Delete
  40. Cewenya cantik bgt yg foto ber3 bareng wira itu. Btw di foto itu keliatan bgt ya mana yg masih muda dan mana yang.... ah.. sudahlah.. hahahaha.. #kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... Aku keliatan awet muda banget yaaaa

      Delete
  41. Semoga kita juga bisa nyebrang ke dayak :')

    ReplyDelete
  42. Sampe skrg blm kesampean tuk liat suku Dayak langsung..

    ReplyDelete
  43. Pakaian adatnya cakep banget ya.

    Baru tahu kalau mau foto sama mereka harus bayar dulu, kalau mau foto berkali kali jadi dobel dobel dong ya bayarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo berkali2 kayak nya tergantung negoisasi nya dech hahaha

      Delete
  44. Om cumi kamu gak minat manjangin telinga kayak mamak mamak disana ???
    itu pernak pernik kalimantan, minta diborong banget dah ah. *langsung pesen tiket ke kalimantan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo telinga ku panjang ntar makin seksi banyak yg suka hahaha

      Delete
  45. suka banget sama motifnya... mestinya aku nitip yah. duh gak inget mo repotin mas Cumi. wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka amnesia kalo di titip2in gitu hahaha

      Delete
  46. Mereka makai pakian adata itu dapat bayaran gak sih. Pengen tahu tuh mesti bayar berapa tuh. hiihihihihhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka dapat duit kalo ada yg foto ama mereka

      Delete
  47. aku suka gelang-gelangnya, masih suka aku pake sampe sekarang..hihi

    ReplyDelete
  48. Aaaaaaaak pengen banget pake baju adat Dayak Kenyah ini. Tapi kupingnya gak mau ditindik, dan badannya gak mau ditato. Bukan apa2. Takut menggelinjang :'( :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ...Menggelinjang itu apa ????

      Delete
  49. Detail ukiran kayu dalam rumah dan atap Lamin cakep banget Mas. Keberadaan budaya Dayak Kenyah kuat banget ya tahan atas gempuran modernisasi.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga mereka terus bertahan :-)

      Delete
  50. Aku selalu kagum ukiran mereka, kak. Kalo sama ceweknya biasa aja, karena pernah pacaran sama dayak kalbar. #sombong

    Kalo kancutan disana, piye? pasti jadi bintang, wuhahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut kalo kancutan disana ntar banyak yg jatuh hati hahaha

      Delete
  51. Motif ukiran kayunya luar biasa. Seni pahat mereka tingkat tinggi ya :)
    Beli cinderamatanya ga Cum? Aku mau dibagi kalo ada :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuman beli gelang aja hahahaha

      Delete
  52. Warna warninya itu cerah, seperti warna2 meksiko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blm pernah ke mexico jadi ngak tau warna2 nya hahaha #Kabur

      Delete
  53. katanya kalau di sukai oleh cewe dayak ... lelaki ga bisa balik ke rumahnya ... bener gak mas Cum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss serem, yang aku tau sech rada2 mirip begitu

      Delete
  54. asiknya bisa berfoto sama orang2 ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ...kalo mau foto mesti bayar kak

      Delete
  55. gadis dayaknya gak dibawa pulang nih buat oleh2 hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss jangan ... Serem ntar ngak bisa pulang

      Delete
  56. dulu sekolahku ada anak dayak juga. ceweknya cantik. cewek anak dayak itu beda kulitnya. agak putih tp gk putih seperti chines

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna mungkin udah berbaur jadi putih nya ngak kebangetan hahaha

      Delete
  57. Efek dari tourism memang gitu, mengubah wajah eksotis menjadi meterialistis. Mau difoto kalau dpt duit. bagaimana lagi, begitulah hidup. nggak ada yang harus disalahkan. tipal balik simbiosis mutualisme.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh aku pusing ambek omongan mu iku mak hahahahaha #kabur

      Delete
  58. Itu kuping panjang emang keturunan ya, Bang? Hahaha.
    Ukiran kayunya bener-bener karya yang indah. :))

    Lah, serius? Wakacau juga kalo foto segala bayar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan keturunan tapi sengaja di bikin karna adat

      Delete
  59. ngeliat ini jadi kangen pgn pulkam, ngeliat itu manik-manik sukaaaa *ah wanitah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Jd pulang kampung nya kemana ???

      Delete
  60. putih putih semua,, mungkin mereka pake perawatan herbal ala dayak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau dong perawatannya biar aku juga putih berseri sepanjang hari hahaha

      Delete
  61. Baju adatnya kereeen bangeeet cumiiii.. Bawain aku satuuu dong buat kita pakeee niih di New York hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss ngak berani bawain, takut ntar jatuh hati trus susah pulang hahaha

      Delete
  62. Aduh, lihat kerajinannya langsung naksir. Warna-warni yang menghibur mata, menaikkan mood.... ^^)
    Gak bawa oleh-oleh untuk aku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak demen belanja jd ngak beli apa2 #Alesan

      Delete
  63. cum cum, itu kuping keren juga kalau dipanjangin gitu

    *brb cari anting gajah lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nintik 1 biji aja sampai sekarang ngak kesampean hahaha

      Delete
  64. mas itu kayaknya seru tuh kalo mas di anting jadi panjang gitu hehe

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com