{Terios 7 Wonders} Menari Dengan Ubur2 di Kakaban

Menikmati Indahnya Danau Kakaban
Foto Barry Kusuma
Danau Kakaban – Sedih yang tak berujung akhir nya menghampiri #AkuButuhSandaran, ini destinasi terakhir perjalanan Terios 7 Wonders “Borneo Wild Adventure” #AkuTakIKhlasBerakhir. Setelah melewati 2058 km perjalanan darat  mengunakan 7 unit Daihatsu Terios dari Palangkaraya Kalimantan Tengah menuju Pulau Maratua Kalimantan Timur dan telah mengunjungi 6 destinasi alam liar kalimantan antara lain Orang Utan, Bekantan, Anggrek Hutan, Kerbau Rawa, Buaya, Kayu Ulin. Dan ini adalah persinggahan terakhir alias destinasi ke 7 yaitu Ubur – Ubur di Pulau Kakaban Derawan #KnpBerakhir??
Dermaga Panjang Pulau Kakaban
Pulau Kakaban
Team Terios 7 Wonders di Pulau Kakaban
Kakaban hanyalah satu dari 31 pulau di Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau Kaltim dengan luas mencapai 774.2 Hektare. Pulau ini menyimpan harta karun yg sangat sangat berharga, bahkan lebih berharga di bandingkan emas atau permata #Halah. Kakaban menyimpan biota yg sangat langka yaitu Ubur Ubur Tak Menyengat yang hanya kita jumpai di 2 tempat di dunia yaitu Pulau Kakaban & Pulau Palau bagian Kepulauan Mikronesia Samudra Pasific. Tapi di kakaban lebih kece coz menyimpan 4 jenis ubur2 sedangkan di palau hanya 1 jenis #KakabanMenang3Biji.
Jalan Menyusuri Jembatan Kayu Menuju Danau Kakaban
Di dalam Pulau Kakaban terdapat danau seluas 390 ha, danau ini terbentuk dari campuran air hujan dan rembesan air laut melalui pori2 tanah sehingga menjadikan unik dan berbeda dari danau2 lain di dunia #KakabanJuara. Danau ini memiliki kedalaman max 11 meter, eh ke 4 jenis ubur2 yg mendiami kakaban antara lain : Aurelia Aurita (Ubur2 Emas), Mastigias Cf Papua (Ubur2 Totol), Tripedalia Cystophora (Ubur2 Kotak) dan Cassiopea Ornata (Ubur2 Terbalik). Dan yang terbanyak adalah ubur2 totol dan terbalik yg bisa kita jumpai di kakaban.
Dermaga Danau Kakaban
Berenang & Menari-Nari Bareng Ubur2 Kakaban
Berdasarkan penelitian oleh para ahli, sengat ubur2 ini tidak sepenuh nya hilang, namun sengat nya melemah #AsalJanganLemahSyahwat setelah berevolusi jutaan tahun, konon karena tidak ada predator yg mengancam ubur2 yg berada di danau air asin tsb. Alhasil “Senjata” ubur2 ini tidak segahar sodara mereka yg di laut, jadi kesan nya kurang binal dan kurang mesum gitu yaaa hahaha.
Inget ... Boleh Berkancut Berenang Tapi Jangan Sentuh Ubur2nya 
Ah senang nya kalo bisa main dengan ubur2 di danau kakaban ini, tinggal cusss nyemplung dan berenang menari bareng para ubur2. Tapi jangan lupa yeeee, ada banyak aturan yg harus di taati saat berada di kakaban. Antara lain :
  • Usahakan dulu berenang di danau baru di laut, karna biota2 laut yg terbawa masuk ke danau bisa menjadi pesaing hidup ubur2 di habitatnya sendiri. 
  • Jangan memakai tabir surya saat berenang di danau. Zat kimia dari tabir surya bisa mencemari air danau
  • Jangan menangkap atau membawa ubur – ubur keluar dari habitatnya
  • Jangan berenang di danau kakaban mengunakan FIN aka kaki katak , karna ayunan fin bisa melukai ubur-ubur #HatikuTerlukaNasibJomblo
  • Jangan mengangkat atau memegang ubur2 terlalu tinggi atau bahkan keluar dari air. Usahakan hanya di liat tanpa menyentuh #KasihanMereka
  • Buang sampah pada tempat nya atau bawa kembali sampah ke tempat asal #IniWAJIB
Ubur2 Tak Menyengat Pulau Kakaban
Foto Fahmi Catperku
Pilihan Team Terios 7 Wonders ngak perna salah untuk mengakhiri perjalanan panjang 2058 km ini di Kepulauan Derawan, setelah capek lelah jalan darat di temani asap pembakaran lahan #SumpahPedih. Akhirnya kita bisa santai2 menikmati indah nya kepulauan derawan, salah satu nya yaitu berenang bersama ubur2 yang tak menyengat ini .... Ah kenapa harus berakhir ????? aku ngak ridho ihik ihik #NanggisKejer.
Simak Perjalanan Team Terios 7 Wonders 
Video Ala2 Versi Cumilebay Yang Mempesona
Note : Groupies Cumilebay Juga Pernah Ke Kakaban, Baca Lengkap nya di Klik Disini http://www.cumilebay.com/2015/02/danau-kakaban-karna-atol-terangkat.html

207 comments:

  1. Ternyata jenis ubur ubur di Kakaban lumayan banyak juga, & baru tau nama namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kokoh ... kamu waktu ke kakaban derawan, ngak baca papan pengumuman nya yaaaaa #Jewer

      Delete
    2. aih ternyata banyak nama dan jenis ubur-ubur rupanya ya...kirain ubur-ubur ya..ubur-ubur aja

      Delete
    3. Iya ternyata jenis nya banyak hehehe

      Delete
    4. koted pertamax gan....

      Delete
    5. Kalo pertamax dapat kecup basah dari kak intan yaaaa hehehe

      Delete
    6. semua ubur ubur kan bisa buat tubuh manusia gatal,.. kok ini gak??? wah perlu tambah wawasanlagi nih

      Delete
  2. Salam bt yg merah kak cum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau salam apa kak ?? salam sayang atau salam kecup basah ???

      Delete
    2. hari gini titip salam...mbok ya titip angpao gitu loh mas...:DD

      Delete
    3. Jangan lupa, yang dititipi juga di kasih angpao nya hua hua

      Delete
  3. Ubur2nya lucu ya mas 😁:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cumilebay juga lucu kan ??? hua hua hua

      Delete
    2. oh itu ubur2 ya? ...gw kira jeruk kulitnya kebuka kelamaan di aer....

      Delete
    3. Yaaa ampyun tuch mulut yeee asal jeplak aja :-)

      Delete
  4. Hmmm nah...ini baru informatif..makin keren deh mas cum..muah deh pokoknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setubuh...setujuh...

      Delete
    2. Jadi selama ini gw ala2 doang gitu ????? #AyoJawab

      Delete
    3. Hmmm....gitu dehhh...

      ga perlu dijawab juga kaaaann???
      Hahahaahaa

      Delete
  5. keren asli,apalagi kalau CD nya pink kembang-kembang pasti lebih keren :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu postingan berikut nya, kancut nya lebih menantang hahaha

      Delete
  6. Gak ada foto berenang bareng ubur ubur mase?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong mas, cuman bosen gitu2 doang aajajajahahaha

      Delete
    2. gak ada pertanyaan yg lebih berbobot mase?

      #kemudiandisengatubur2

      Delete
    3. Hahahahaha ... disengat bagian mana nya ??? #SeriusNanya

      Delete
    4. penasaran dia mas sama bentuk ubur ubur hahaha,....
      di bagian hatinya mas yang di sengat hhahaha.

      Delete
  7. Bang Cum, kalau menaari sama bidadari atau ikan duyung ada ngga? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nya menari telanjang, mau ????????

      Delete
    2. hahahaha gokil menari telanjang bersama ubur ubur ya mas

      Delete
  8. videonya siapa yang buat bang ?? pasti bukan bang cumi wekssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua kok ngak percaya kalo gw yg bikin ????????????????????? #KEJAM

      Delete
    2. ayo bang jawab jujur aja bang hahaha #kompormledug

      Delete
  9. Duh baru denger ada yang namanya Kakaban. Kancutnya mengalihkan perhatian yaaa *salah fokus*

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kenap ajadi kancut yg di bahasssss hua hua hua

      Delete
    2. kenapa focusnya malah ke kancut mbak hahahha,... berbobot nih pernyataannya haha

      Delete
  10. itu larangannya macam mau masuk ke desa terlarang aja Om??

    ehem.. kayanya ada yang mulai pedekate nih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa yg mau pedekate ??? ayo jelaskan hahaha

      Delete
    2. mas cumi jalan jalan gitu sambil cari jodoh juga ya???
      #kaburrrampunmas hehehe

      Delete
  11. Ya ampun mak dah 2 kali kesana masi sedih ajaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih tak berujung kakak

      Delete
    2. klo tak berujung berati belum disunat...:D

      Delete
    3. Enak dong mainin kulup nya hua hua

      Delete
  12. Cool, awesome... jadi kangen sama ubur2 totol kakaban...
    #marikitacariehoprakoprekpotolama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakaban kan udah jadi nanti kita ke palau aja yeeee

      Delete
    2. gw kok gak bisa baca hashtag nya mbak yani ya...hahahaha

      Delete
    3. Ah kamu mmg tak pandai membaca

      Delete
  13. kalimat ini "sadissss" >>jadi kesan nya kurang binal dan kurang mesum gitu yaaa hahaha. << wkwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu kalo urusan mesum kok yaaa merhatiin aja hahaha

      Delete
  14. Anonymous04:40:00

    Kak cum kancutnya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang nya juga keren kan ????

      Delete
    2. twewewew yang di komentarin malah kancutnya

      Delete
  15. ih, kelihatan kancutnya, tapi ramai -ramai sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parade pamer kancut ;-)

      Delete
    2. gak takut kemasukan binatang gitu mas cumi???

      Delete
  16. liat fotonya rasanya pengen nyemplung bener dah sambil kancutan doang kayak mas cumi lebay wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg berani pamer kancut depan umum ???

      Delete
    2. disana gak di larang mas seksieh gitu hehehe

      Delete
  17. Bikin mupengg Mas itu Danau Kakabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ... Seru banget liat ubur2nya

      Delete
  18. Baru tahu kalau ubur ubur bisa binal dan mesum juga :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Binal macam cumilebay yaaa haha

      Delete
  19. Om, itu yang ubur-ubur mana? Kakakakkakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss yg ada di belakang pantat #ItuDubur

      Delete
    2. Oh, ilmu baru :-D :-D

      Delete
  20. Video-nya juga keren kakak...
    #kebanyakankita memang lebih suka liat poto sebenernya hahaha

    ReplyDelete
  21. si prue badannya bagus juga ya cum hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu, badan nya bagaimana ??? hahaha

      Delete
  22. Bisa bahaya tuh kalau ubur-uburnya kesentuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ngak menyenggat kakak, jadi aman kok

      Delete
  23. aduuh seger bangeeett

    pengen ikutan nyebuuuuuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo sini nyebur2 kece manisss manja

      Delete
  24. Keindahan alam Berau memang luar biasa...katanya, maklum belum pernah ke sana.

    ReplyDelete
  25. tapi aku penasaran, sengat ubur2 itu sesakit apa ya??? soalnya liat org yg pernh kesengat, itu bekasnya seumur idup ampe gede masih jelas bgt -___-..serem ih..

    ReplyDelete
  26. Ubur-uburnya beda jenis ya sama yang di pantai, bersahabat gitu... Kalo di pantai pulau Panjang, Jepara kan beracun, jadi gak berani main air lama-lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beracun tp kalo ini bersahabat

      Delete
  27. Asiknya berenang disana. Surga dunia nih ini.
    Ubur-ubur boleh dipandang dipegang jangan, ya, seperti yang berfoto disampingmu itu mas-e.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disampingku siapa kak ??? Tolah toleh hahaha

      Delete
    2. Sudah ada posting baru di blog saya, kakak, hehe..

      Delete
  28. Baru tahu loh om Cum... ubur-uburnya beda gitu. Hehehe. Kirain mah semua ubur-ubur sama seperti si #dia yang suka #menyengat eaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si dia siapa ??? Ih bikin penasaran deh. Kan aku juga mau di senggat hahaha

      Delete
  29. berarti di danau ini, kita bisa menyengat ubur2 nie, gantian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lho .. Jangan dong, ntar ubur2 nya hamil #NgakJelas haha

      Delete
  30. Replies
    1. Kagak dong, kan ngak menyenggat

      Delete
  31. Jadi inget spongebob...

    ReplyDelete
  32. Replies
    1. Seger banget apalagi ama cumilebay hahaha

      Delete
  33. ubur-uburnya bisa dipelihara gak ya mas hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan di bawah pulang yaaaa, biarkan mereka damai disana

      Delete
    2. iiiihh aku minta bungkusin ubur-uburnya gak dibawain.....
      aku kan bosen ketemunya cumi muluuuk #ehgimana

      Delete
  34. danaunya keren ya. Itu di foto pakai drone ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg foto barry kusuma pake drone

      Delete
  35. wah indahnya jadi pengen nyebur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk nyeburbareng berkancut hua hua hua

      Delete
  36. gak nyimak artikelnya,, terfokus pada mbak yang di foto :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas cumi nya juga keren kan ??? #maksa

      Delete
  37. kebayaaaang nari ubur-ubuuur...dan I envy you because I haven't got a chance to come and visit Kakaban ...cantiiik bangeeet :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segeralah balik indo cusss ke kakaban hahaha

      Delete
  38. kakaban emang juara ...
    kalau ubur2 ... saya ingetnya sponge bob ... ha ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak inget cumilebay yg cakep ini ??? Ihik Ihik Ihik

      Delete
  39. Postingan ini bikin makin mupeng ke Kakaban.... *abaikanpenampakanlelakiberkolorijo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lelaki berkancut ijo malah mempesona di postingan ini yaaa hahaha

      Delete
  40. Anonymous04:43:00

    kak cum sexy -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... kamu mengerti banget

      Delete
  41. Wow seruuuuu....
    *Tiba-tiba liat perut sendiri abis liat perut ratanya Marischka Prudence*
    Eh bener kan itu Marischka Prudence? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener itu prue, dia mah body nya aduhai banget bikin deg2an hahaha

      Delete
  42. Salah satu keajaiban dunia nih..Pengin nyebur ke sana. :D

    ReplyDelete
  43. om cum keliatannya sexy banget yah? :D
    akhirnya cumi ketemu ubur-ubur sodaranya.hehe
    #becanda mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi ketemu ubur2 maka nya gw tampil sexy menggoda hahaha

      Delete
    2. awas ah di kecup umur ubur didalam air

      Delete
  44. kolornya di sensor biasanya warna abu abu ini warna warni hahahaha #LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kolorku selalu warna2 ceriah sesuai karakter aku yg lucu imut gemesin hahaha

      Delete
    2. mas irwin perhatian banget sama kolornya mas. hahahahaha

      Delete
  45. Hey Cumicum.....cantikk bingiddssss

    ReplyDelete
  46. Udah kayak spongebob aja Mas maennya sama ubur2, tapi Mas Cum kece mainnya sama Kak Phrue yang juga kecee.. Ubur2nya cantik2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah terharu banget di bilang kece juga #Peyuk

      Delete
  47. susah banget mau komen di blog yg katanya nomor 1 versi on the spot ini...sampe gak tau mau komen apah kan...hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kamu bangga kan, bisa comment dan kenal ama pemilik blog paling greget sejagat ini hahaha

      Delete
  48. Awwwww keren bingggoo...
    Ubur uburnya cantik banget...
    Dan asik banget.
    Begitu terlihat dari semua foto yang dipublikasikan..
    <3
    #LoveIndonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia mmg kece nya bikin ngak santai yaaaa hahaha

      Delete
  49. Aku curious banget deh...
    Mas cum ketemu ubur-ubur kemaren ngobrolnya pake bahasa apa?! *dijewer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku selalu mengunakan bahasa tubuh kenikmatan hahaha

      Delete
  50. Danaunya kece banget itu, bikin orang pingin nyemplung ya. Tapi kalo nggak bisa renang gimana? Cukup mainan air di pinggir danau aja :D

    ReplyDelete
  51. Kancut hitam jangan sampe #lolos <3

    ReplyDelete
  52. indah sekali gan tempatnya http://androoz.com/

    ReplyDelete
  53. Asik bisa nyemplung, tapi kalau berenang sambil menghindari ubur2 susah juga ya

    ReplyDelete
  54. kok nggak selfie ama ubur ubur macem kak prueeee, om ???
    *serius nanya lho ini!.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada itu di fotonya di atas

      Delete
  55. Tempatnya keren.. Ini juga terkenal ddi dunia gara-gara ada ubur-ubur tidak menyengatnya

    ReplyDelete
  56. indonesia emang lebih aya ya akan mahluk yang unik kaya ubur2 tak menyengat ini.

    ReplyDelete
  57. Aihhh, ada kolor ijooooo....hahahhahaha
    Btw, ubur-ubur itu cantik juga ya, seperti nama ilmiahnya aurelia aurita...

    ReplyDelete
  58. Foto pertama tuh bangusss bangett Cumi :D . Jalan2nya udahan dulu biar bisa istrihatlah, jalan mellu ntar kamu tambah kurus Cum :P .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... aku dah mulai montok lagi nich :-)

      Delete
  59. aku kurang puas main ke derawan gegara asap :| nanti harus balik lagi kesana!!

    ReplyDelete
  60. ajib bro traveller sejati yang satu ini...
    jalan-jalan ke kalimantan, berenang bareng ubur-ubur..

    ReplyDelete
  61. Oh, ubur2nya lemah syahwat karena g ada predatornya toh?
    Eh lemah sengat..
    pingin kesini ee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mau lemah syahwat atau lemah urat ????

      Delete
  62. Keren tempatnya...jadi pengen dikunjungi...

    ReplyDelete
  63. Pas lagi menari dengan ubur2 backsoundnya apa, Mascum? hihi :D

    Aku yang sedih tak berujung kalo liat foto-foto Kakaban di blognya ini mas hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa sedih ??? aku kan selalu tebarkan kebahagiaan hehehe

      Delete
  64. Ngga kuku liat kancutnya, btw sexiii lho...si embaknyaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss jadi gw nya ngak sexy ???? #PleaseJawab

      Delete
  65. awas disengat sama ubur2 itunya kak cuuuum..

    ReplyDelete
  66. mas fotonya bagus2

    ReplyDelete
  67. Seru bangeeeeet mas, ada kolor ijoooo hihihi Btw hati-hati ubur-uburnya nyetrum :D

    ReplyDelete
  68. seruu bangetttt ya, apalagi berenang bareng ubur-ubur, kayak di film spongebob aja hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus siap ayg jadi spongebob nya ??? hahahaha

      Delete
  69. Belum pernah ngeliat ubur-ubur dengan mata kepala sendiri :(

    Oke, diluar daripada itu, Aku paling menikmati foto tepat diatas ubur-ubur bagian paling bawah. eh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain biar bisa cepet kesana yaaa, biar bisa liat ubur2 langsung hehehe

      Delete
  70. cakepnya foto ubur2nya....jadi pengen nyemplung juga ke dalam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar nyemplung ama baby nya aja yaaaa haha

      Delete
  71. punya kakak ipar tinggal di daerah Berau ngajakin kesini. Sampe akhirnya udah pindah, saya sekeluarga belum juga kesini *lalu melipir hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib buat datang kesini, tempat nya keren banget lho

      Delete
  72. Ke Labuan Cermin di Biduk-Biduk, sudah pernah ke Bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm pernah kak, kemarin kabut asap

      Delete
  73. aku belum puas main disini, belum sempat selfie bareng ubur2nya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Balik lagi yuk trus aku ikut gratisan hahaha

      Delete
  74. cie om cum yg lg seneng setelah ketemu temenx si om ubur2, selain ubur2 ada apalagi.? ada putri duyungnya gak om.. #dikeplakomcum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putri duyung nya lagi malu2 muncul hehehe

      Delete
  75. seru sangat ya jalan2nya...

    ReplyDelete
  76. Blognya warna-warni kayak brosur ya mas :D
    #pendatangbaru

    ReplyDelete
  77. asik dah goyangannya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di goyang ??? yuk mang tarikkkkk

      Delete
  78. waaahhhhh bang cumiyyy ceweknya orang" terkenal hehehe.... ada mas barrry juga euuyy mantap....

    ReplyDelete
  79. Cantik banget ubur- uburnya. Oranye! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ubur2nya lucu kalo aku bilang :-)

      Delete
  80. Ubur-uburnya fotogenik ya, tau aja klo mau dipoto langsung pasang aksi cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ...aku juga fotogenic kan ??? hahaha

      Delete
  81. thanks sobat untuk infonya

    ReplyDelete
  82. makasih udah di share postnya, sangant bermanfaat buat saya

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com