{Terios 7 Wonders} Selamat Pagi Kerbau Rawa

Kerbau Rawa Dilepas Di Sungai Danau Panggang
Foto : Barry Kusuma
Kerbau Rawa Danau Panggang – Selamat Pagi .... Salam Sahabat Petualang !!!! Kondisi lagi kurang tidur nich #UdahPasti setelah melewati etape ke 3 (Palangkaraya - Banjarmasin - Amuntai) dan pagi ini kita dipaksa suka rela senang body + ditarik2 mesti bangun subuh untuk menyapa barisan kerbau rawa yang mau di gembalakan di sungai rawa Danau Panggang #pastiMenggemaskan. Dari Kota Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara membutuhkan waktu 40 menit untuk sampai di Danau Panggang (Lokasi Kerbau Rawa), jaraknya cuman ±190 an km dari Banjarmasin dan Amuntai mungkin tidak seterkenal tetangga nya yaitu Kandangan yg kesohor dengan KETUPAT KANDANGAN #MakanMakan #No1KaloUrusanMakan.
Berangkat Subuh Menuju Danau Panggang
Sampai Di Dermaga Danau Panggang
Datanglah pagi hari saat para kerbau ini akan di gembalakan atau sore hari saat mereka akan masuk kandang karna proses naik turun kandang ini lah yang ngegemesin lucu lucu gimana gitchuuuu trus bikin kangen #AhPeyuk. Dan pagi ini kabut asap tebal menemani perjalanan team Daihatsu Terios 7 Wonders #Kesel #PinginMurka, Tuhan kutuk mereka yang melakukan pembakaran lahan #BerdoaKenceng #LaknatMereka
Dermaga Danau Panggang Yang Tertutup Kabut Asap & Kering
Menyingkirkan Batang Kayu Yang Menghalangi Sungai
Kita mesti naik perahu kelotok untuk bisa menyaksikan atraksi lucu2an nya kerbau2 ini turun dari kandang nya dan berenang imut di rawa2. Untuk perahu kelotok bisa di sewa sekitar 500 ribu dengan kapasitas sampai 15 orang, sewa kelotok nya di dermaga pasar danau panggang (Danau Panggang nama kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara), di sana banyak banget kelotok2 yg siap mengantar kemanapun, kehidupan mereka diatas sungai jadi tranportasi yg praktis yaa perahu kelotok.
Memindahkan Kerbau Ke Perahu
Kehidupan Masyarakat Danau Panggang 
Asap pembakaran lahan yg menyelimuti kalimantan bikin pemandangan jadi serba putih dan jarak pandang terbatas #NgakKeceBuatDifoto #Membetekan, padahal sepanjang perjalanan dengan perahu kelotok dari dermaga menuju peternakan kerbau nya banyak kehidupan masyarakat yg tinggal diatas rumah2 panggung di pingiran sungai danau panggang yg menawan dan pantas diabadikan dalam jepretan lensa #sumpahkece #tapikuciwa.
Kandang Kerbau Saat Musim Hujan - Mengapung Diatas Sungai Danau Panggang
Foto : Barry Kusuma
Kerbau Turun Ke Rawa Danau Panggang
Foto : Barry Kusuma
Konon kabar ngak jelas, kenapa kerbau2 ini di gembalakan di atas aliran sungai rawa - rawa ??? Karna di daerah sini ngak ada lahan semacam padang rumput atau tanah lapang terbuka yg cocok buat padang gembalaan jd mau ngak mau kerbau2 ini mesti bertahan hidup dipinggiran rawa2 bahkan harus bisa berenang di rawa  #IniGwNgarang hahaha, Lha wong manusia nya aja tinggal di pinggiran sungai rawa #KhasMasyarakatKalsel hehehe apalagi cuman kerbau nya #Piss.
Naik Perahu Kelotok & Berkabut Asap
Musim Kemarau - Kerbau Berada Dipinggiran Sungai Yang Mengering
Jadi kandang kerbau ini, terbuat dari kayu yg di buat terbuka dan mengambang di atas rawa2 #AsalJanganHatiYangNgambang. Saat musim penghujan maka setiap pagi kerbau2 ini di lepas untuk berenang di air rawa dan sore mereka akan kembali ke kandang sedangkan musim kemarau maka kerbau di lepas aja dari mulai pagi siang malam biarkan dia bebas dan kerbau2 ini berkeliaran di pinggir sungai yg menyusut, paling pemilik ternak hanya menenggok kondisi kerbau2 nya saja, tanpa repot memasukan ke kandang #Kasihan.
Datang lah Pagi Hari Untuk Melihat Ini
Foto : Barry Kusuma
Lucu Mengemaskan Melihat Kerbau2 Ini Turun Ke Sungai
Foto : Barry Kusuma
Peternakan kerbau rawa di kecamatan Danau panggang ini terbagi di 5 desa yaitu desa bararawa, desa sapala, desa ambahai, desa paminggir dan desa tampakang ... terus kamu mau tenggok yg mana ???? Silahkan pilih, dan berdasarkan info ada sekitar 40 an peternak. 
Dan ini info penting Buanget : DATANG lah saat musim penghujan di mana air sungai melimpah karna saat musim kemarau maka kerbau2 ini memilih di daratan pinggiran sungai untuk bermain2 cantik dan ngak ada acara pelepasan dari kandang untuk berenang dirawa2 #NgakKece.
Numpang Narsis Di Rawa Danau Panggang
Perahu Tertambat Di Keringnya Rawa

153 comments:

  1. Ihhhh fotonya boong banget kabut semuaa kelesss wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan di betulin dikit poto nya biar kece dan enak di pamerin hehehe
      Sejujurnya lokasi nya berkabut asap banget, tapi keahlian juru potret nya yg kece hua hua #Kabur

      Delete
    2. yaudah dateng lagi pas gk ada kabut cum, fotonya diganti..

      Delete
    3. bisa ya kabutnya pada minggu waktu lagi photo hahaha

      Delete
  2. Baru tau ada kerbau rawa yang bisa berenang macam ini -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti tenggok atraksi ini kalo sudah ke kalimantan selatan :-)

      Delete
  3. Waqh mayan ekstrim nih jelong jelongnya bang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhee seru dan nekat bareng Daihatsu Terios Sahabat Petualang

      Delete
  4. Kalau kerbau keceh dan seksi menggemaskan dr Jakarta dilepaskan ke rawa gini gimana ya? Kok gak ada foto2 pake kancut? Apakah tertutup kabut? Kerbau Rawa di Kalsel ini udah jadi semacam tempat motret keceh selain di Madura, Bali, Sumatera Barat. Semoga sih akses ke sana mudah, biar masyarakatnya juga terangkat ekonominya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa ampun kak, kabut asap jd aku ngak pede pake kancut hahaha. Akses kesana nya mudah kok, cuman mesti musim penghujan

      Delete
  5. Jadi foto Kerbau Rawa apa Kerbau Kabut ini?
    #GagalPaham.
    Kalo gak ada kabut pasti OK foto2nya.
    Kerbau turun ke sungai juga rapi pake Ngantri.
    Udah terlatih kali y "

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya kerbau kabut hahahaha

      Delete
    2. Kerbau nya pake sekolah koted, jadi rapi kayak bebek baris. Mascum kesana kan magang ngajar kebo juga yak ;) #pissssss

      Delete
    3. trus disekeliling situ banyak eek kebo dong yak...aaahhh aku mau lulurraann disituuuu ....:DD

      Delete
    4. Wah, disekolahin juga ya kerbau kabutnya.
      Gw demen sama yang pengen luluran pake bahan alami. :-D Ayo dilaksanakan sebelum kabutnya menghilang jadi sensasinya berkurang.

      Delete
    5. Lulur pake tai kerbau bikin kulit kencang dan awet muda lho hahahaha

      Delete
  6. Anonymous07:03:00

    Info menarik makcum

    ReplyDelete
  7. Ambil satu om kerbaunya, buat sate besok :-D

    ReplyDelete
  8. Cerita tentang kerbau-kerbau ternyata bisa jadi postingan blog juga ya :D Menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama seperti pemilik blog ini unik bin antik.... #laludiserudukKerbo

      Delete
    2. Tapi selalu bikin kangen juga kan ???

      Delete
  9. Ayo bawa semua kerbau ke rawa dan mandiin terus gosok sampai bersih mas cum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa ku tak sanggup kalo mandiin dia semua

      Delete
  10. Asyik banget. Liat kehidupan nyata disana yg adem ayem gemah ripah lohjinawi jauh dari intrik politik kayak nya enak banget ya mascum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa Olloh comment nya kak iyusmacam orang bener aja ;-)

      Delete
    2. Mas iyus yaaa...klo ga niat komen ga usah lebai gini juga dooonnkkk....

      hahahaha

      Delete
    3. Waksss... Sekali sekali Biar keliatan berisi mak hahahaha

      Delete
    4. sumpah sampe keselek mouse gw baca komen masyus...hahahhaha
      sangat ZUPER Sekali

      Delete
    5. Zalam Zuper dari Bapak yang di ujung sono.

      Delete
  11. Wiiiih kerennyyaaaaaa. Suka banget bacanya.

    ReplyDelete
  12. Syedih liat langit yang berkabut asap.. Kalo kabut pagi gitu sih asik, adem, seger.. Lah kalo kabut asap :(
    Salam buat kerbau-kerbau yang menggemaskan itu yaaah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabut asap nya bikin bete, tp kerbau nya lucu2 banget

      Delete
    2. Seandainya ini embun, bukan kabut.
      Pasti lebih keren.
      Jadi WNA spt saya semangat bacanya.
      Berhubung karena kabut jadi rada males.

      Delete
    3. Wakssss WNA dari nigeria yoooo kowe ??????????????????????????

      Delete
    4. Lah, saya kan pake KITAS dsini.
      Negara dari ujung peta yang di sono ...

      Delete
  13. jago berenang yah itu kerbaunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kerbau nya jago berenang banget

      Delete
    2. Pake gaya slow motion juga berenangnya kak?

      Delete
    3. Kalo slow motion mah itu elooooooo hahaha

      Delete
    4. Berenang gaya punggung bs ga?

      Delete
  14. Wah foto pertamannya kece banget mas <3 <3

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Makasih :-)
      Makasih juga barry kusuma yg mau berbagi foto

      Delete
  16. terimakasih banyak, sangat menarik sekali.

    ReplyDelete
  17. keren infonya laen daripada yg laen,
    satu lagi wisata yang ga pernah terbayangkan...

    ternyata kerbau juga jago berenang ya (kalah gw hiks T_T)...

    pertanyaannya bisa tahan berapa jam ituh kerbau berenang2 ? trus mereka makan apah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makyan banyak tanya ah kayak pembantu magang...hhahahaha piss

      Delete
    2. Wakssss makyan demen nanya dan ngomel lho hahaha
      Kerbau nya bisa berenang seharian dan makan nya tanaman eceng gondok

      Delete
    3. Kebanyakan nanya makyan.... Cusss bayar in trip kesono biar liat langsung n praktek sekali an. :)

      Delete
    4. Wakssss makyan di bully

      Delete
    5. awas yah kalian ga gw beliin tiket....

      Delete
    6. Wakssss makyan ngancem #Serem

      Delete
  18. Gemes ngelihat pantat kerbaunya, Om Cumy Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo liat pantat ku, gemesin ngak ???? hahaha

      Delete
  19. entahlah...hayati lelah harus komentar apa...
    itu pelatih kerbau nya harus pake dress merah gitu ya?? gak takut diseruduk?? #ehitumahBanteng #okeAbaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lw pikir banteng di seruduk hahaha

      Delete
    2. Hayatiiiiii..... Kau harus cuba serudukan kebonya, pasti lelah mu hilang :)

      Delete
    3. Aku lelah pingin mijit ;-)

      Delete
    4. Neng hayati..lelah abis ngapain?berenang ma kebo?

      Delete
  20. kerbaunya gak terserang ispa ya kak kerena kabut asap? #kasian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih mas ini sama kerbau kebo aja perhatian bgt...apalagi sama cewe ya.... #Kabuurr

      Delete
    2. Waksssss jadi intan mau ama kak toliq ???? dia perhatian lho hahaha

      Delete
    3. hahahahaa.. aku memang perhatian kok.. :p

      Delete
  21. Kirain ini sesi cerita mandiin kerbau lagi... ternyata oh ternyata... jadi aku harus fokus di foto mana nih? :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fokus nya sama aku aja bang ... aku siap menggoda mu hahaha

      Delete
  22. Aku tidak melihat dikau tadi memandikan kerbau.....
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak ada acara mandi kerbau kak,
      asap tebal bergelanyuttttt :-(

      Delete
  23. Wow ... kerbaunya keren keren ya bro, jadi inget kerbau di sini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerbau di jerman gede2 + cakep yaaa kak

      Delete
  24. pernah lihat liputan nya di tipi... tapi udah lama banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti di liput lagi nanti hahaha

      Delete
  25. Mas Cum kok ga ikutan turun ke Danau Panggang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan dong, meskipun berkabut hahaha

      Delete
  26. kok gak ikutan menggembala juga mas? :D

    ReplyDelete
  27. pas kerbaunya berenang kayanya seru tuh numpang di punggungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa nebeng berenang juga yaaa

      Delete
  28. itu nggiring kerbaunya apa nggak susah ya, apalagi sungainya kayak lumpur gitu. Sisi kehidupan Indonesia yang perlu aku tengok sutau saat nanti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buruan datang ke kalimantan selatan

      Delete
  29. Udah serius baca yang dari konon, eh ternyata ngarang, dasar haha. Kok kerbaunya nurut banget ya bisa berbaris gitu naik keatas. Menarik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngarang cerita tp klop yaaa hahaha. Kerbau nya teratur dan disiplin kak ;-)

      Delete
  30. ih kerbaunya keceh keceh ya kak :D
    #gagalpaham

    ReplyDelete
  31. asaaaapnya banyaaaak banget kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, bikin sesak nafas ;-(

      Delete
  32. Makkkkk mana foto lo narsis sama kerbau2 itu... gak sah lahhhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak tega, kasihan kerbau2 nya

      Delete
  33. kasian ya kerbau dan orang2 yang tinggal disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener kak, asap nya bener2 bikin gelap

      Delete
  34. Duh asapnya, sedih banget :(

    ReplyDelete
  35. bang Cum.. itu serius kebo segede gitu dibilangin imut2 sambil berenang??? one pack gitu imut2 bang?? serius?? :))
    berarti bang Cum nggak imut2 lagi dong ya? :D
    #nyariganjadulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kamu yaaaa demen banget goda2in aku yg kece ini ajahaha. Eh kalo dapat genjes nya bagi2 dong ;-)

      Delete
  36. wah kemarin saya juga liat kebo mas cummm di pedalaman jawa tengah tpi sayang waduknya kering jadi kerbaunya ya gak rennag" hehe ... tapi bukan borneo yg bsa nyeblung gt.....hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di jawa ada juga yaaaa, langsung mau melipir ke jawa buat tenggok2 kalo musim hujan nanti

      Delete
  37. Ini unik dan keceh, mas Cum. Satu-satunya diatas dunia.
    Bisa jadi tujuan wisata. Yuk, buka agen jalan2, kayak teman mascum. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga makin rame wisatawan dan makin lestari yaaa kak

      Delete
  38. wah ... ini jadi kebo amphibi dong ... bisa jadi salah satu spesies kebo yang sangat di idamkan .... #ApaLagi

    ReplyDelete
  39. keren banget mas cummm

    ReplyDelete
  40. banyak juda ada sekitar 40 an peternak mas cumi

    ReplyDelete
  41. Aduh kasian saudara2 kita yang terkena asap, semoga lekas berakhir.
    Om Cumi kenapa ga ikut nyebur mandi ama kerbaunya sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asapnya beneran durhaka, bikin gelap dan sesak nafas ;-(

      Delete
  42. padahal mau liat foto Kerbau nyeruduk kamu bang.. kok nggak ada sih :(

    ReplyDelete
  43. Selamat soreeee, salam buat kerbau-kerbau cantiknya ya :)

    ReplyDelete
  44. Duh kok serem gitu ya tempatnya? Di tambah kabut asap segala. Nggak ada yg berenang sama kerbau ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin serem itu kabut asap nya, tempat nya kece banget

      Delete
  45. Lucu kerbaunya bisa renang gitu, jadi pengen nyubit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah mending cubit aku aja yg menggemaskan ini hahaha

      Delete
  46. Lah ini ada kolom komennya, tadi ke mana ya? eniwei, keren sekali sih catatan perjalanannya. Dan itu kerbaunya, ngegemesin ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Comment di program CSR sengaja di tutup biar ngak panjang, mas cumi lagi lelah hahaha

      Delete
  47. mak keren.. coba ikut dari pertama sangat menggairahkan nih kayanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi tahun depan, mau ikut dari awal ???

      Delete
    2. maunya gitu makkk... tapi apa daya ga pernah dikasih sama kantor... seru kali yahhh makkk kita jalan barengg...

      Delete
    3. Coba nego ama bu amel, biar beliau yg minta ke viva hahaha

      Delete
  48. gak ikut nyemplung bareng kerbaunya? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerbau nya takut ama aku jd dari pada mereka tersiksa yaa mendinj aku menggalah

      Delete
  49. yang namanya Alam memang gak bisa diprediksi ya.. tau2 kabut asap parah... gimana kalo Peti Pera, coba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo peti pera mah yg sedang2 saja hahaha

      Delete
  50. Kerbaunya bebas tapi ngga liat tuh yaa... Ngga jayak cumi lebay, bebas dan liar... Rawrr... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kalo gw mah binal :-)

      Delete
  51. Kerbau aja bisa berenang, malu juga yang gak bisa berenang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadikamu bisa berenang atau kagak ????

      Delete
  52. iiih perjalanannya asyiiiik bangeeet...kerbaunya sekseeeeh hehehehe...btw postingan sebelumnya komentarnya memang off yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik seru dan lelah tapi demen kalo diajak lagi hehehe
      Iya comment yg itu sengaja di tutup :-)

      Delete
  53. Merindukan kerbau #lho,, dulu di desa banyak orang punya kerbau buat membajak sawah, suka banget pas kecil dipinggir sawah ngeliatin kerbau, sekarang dah ga ada kerbau lagi, digantiin ama traktor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang ganti traktor, padahal pake kerbau itu lucu2 gemesin yaaa hahaha

      Delete
    2. tuh kerbau aja bisa tertib dan berbaris rapi, nggak kayak LaLu Lintas di ibu kota. pinter dan unyu-unyu kerbaunya :D

      Delete
    3. Kerbauy nya mmg canggih banget hehehe

      Delete
  54. sempet 'menikmati' asap di sana yaaa... sedih banget liat beritanya itu :((

    btw, foto2 bareng kerbau waktu mandi manaaaH???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap nya parah, kasihan warga kalimantan :-(

      Delete
  55. ga nyangka asapnya separah itu ya :( .. liat foto2 yg dikirim temenku di sumatra jg ngenes bgt...itu asap ngaruh ke kerbau ga ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap nya mmg parah banget, kasihan masyarakat kalimantan. Kerbau2 nya juga kasihan menghirup udara ngak ebrsih

      Delete
  56. kalau kesana waktu tdak ada kabut asap rasanya lebih seru, krn bs dpt foto dgn pemandangan yang luar biasa bagusnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kabut mmg merusak segala nya hahahaha

      Delete
  57. artikel yang unik dan menarik, saya takjub melihat kerbau digembalakan dalam air hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga terkaget2 liat kerbau bisa berenang

      Delete
  58. uhhhh..keren banget mas..keren...kapan aku bisa seperti ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangat, kamu pasti bisa hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com