{Terios 7 Wonders} Menyusuri Hutan Menanti Orang Utan

Basecamp Danau Punggu Alas - Taman Nasinal Sebangau
Terios 7 Wonders – Perjalanan etape 1 Terios 7 Wonders 2015 menempuh jarak 170,5 km dari kota Palangkaraya menuju Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan yang masuk di kawasan Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah  #EtapePemanasan. Kali ini tujuan wonder 1 adalah menenggok flora & fauna hutan lebat sebangau khusus nya kehidupan liar orang utan di alam asli nya #IniLiarBeneranLho.
Daihatsu Terios Handal Tangguh Jalanan di Kalimantan Yang Berdebu & Berkabut Asap
7 Daihatsu Terios (3 Matic, 4 Manual) sukses menyusuri jalur lintas kalimantan dengan wolessss tanpa hambatan sama sekali #SempetBoboNyenyakDalamTerios. Jalanan berkelok dan berdebu mulai dari beraspal hingga berpasir licin lancar jaya di babat cekatan oleh terios. Kalimantan terkenal dengan kontur jalanan yang aslinya dari tanah gambut, membuat jalanan mulus menjadi bergelombang bikin kendaraan di pacu kencang agak sedikit ajrut2an tapi untungnya suspensi terios di desain begitu nyaman dengan peredam sehingga penumpang tetep ngerasa damai & tentram dalam kendaraan SUV ini.
Menyusuri Sungai Katingan - Menuju Desa Keruing TN. Sebangau
Setelah 4 jam perjalanan darat mengunakan Daihatsu Terios, akhirnya sampai didesa terakhir menuju Taman Nasional Sebangau, yaitu Desa Bahun Bango & mari kita lanjut perjalanan 30 menit mengunakan perahu boat menyusuri Sungai Katingan. Dan ..... Perjalanan seru menengangkan akan segera di mulai, kita bakal trekking 5 km (ditempuh 3 jam perjalanan) masuk hutan Kalimantan yang terkenal ganas #Lebay menuju PUNGGU ALAS (Masuk dalam wilayah Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan) yg menjadi tempat pantau & penelitian kehidupan alam liar di kawasan ini.  Dan yg bikin tegang nya adalah matahari dah beranjak hendak pergi alias dah mulai gelap #Bayangkan #TrekkingHutanDalamGelap.
Trekking Sekitar 3 - 4 Jam Menuju Punggu Alas Untuk Menginap Di Basecamp
Malam ini kami menginap di tengah hutan, seru2an di basecamp pantau & informasi punggu alas. Untuk urusan makan mah nikmat banget, ada yg masakin dan cita rasa juara mampus #KenyangNambah. Kami sempet ngobrol2 dengan beberapa pegawai taman nasional yg mendampingi kami, mereka bercerita ttg kehidupan orang utan di sini.

Pagi dan matahari mulai bersinar, saat nya trekking masuk hutan lebih dalam (Perjalanan memakan waktu 1 jam) buat menyaksikan langsung orang hutan liar di habitat asli nya. Dan akhirnya setalah menunggu lebih dari 1 jam .... Ketemu pasangan ibu anak yaitu julian & julian, mereka bertengger diatas pohon sekitar 30 meter diatas tanah, sayang banget mau di foto agak susah #lensaCameraStandart #Malu coz mereka rada2 takut dengan manusia dan merasa ngak nyaman untuk turun dahan.
Team Terios 7 Wonders Menanti Orang Utan
Jumpa Burung Paruh Kodok
Mata Lensa Tetap Menanti Orang Utan
Di sekitar Punggu Alas ada 30 orang hutan yg sudah di teliti berdasarkan bentuk wajah prilaku dll. Mereka di beri nama untuk memudahkan pantauan, ada Tama 30th, Lola 4th, Lisa 20th, Marlenda 25th, Jane 20th, Jack 3 th, Ossama 35th #Keren2Namanya. Di sekitar desa keruing saja di temukan terdaftar sekitar 12 kelompok orang utan dan dalam 1 kelompok terdapat 10-15 bekantan dengan umur paling tua sekitar 30 th an, sedangkan total orang utan di taman sebangau berkisar 9000an ekor. Eh bikin busyet terkaget2 berdasarkan penelitian bahwa DNA orang utan itu 97% sama dengan manusia. 
Lucunya Julia & Julian Yang Kita Temui di TN. Sebangau
Taman Nasional Sebangau diapit oleh 2 sungai yaitu Sungai Sebangau & Sungai Katingan dengan memiliki luas 568.700 heaktar. Kekayaan alam nya beraneka ragam yang meliputi 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung serta 54 spesies ular. Selain orang utan, di kawasan Punggu Alas ini di banyak kita jumpai monyet ekor panjang, beruk, beruang madu, macan dahan, macan kumbang dll, sedangkan untuk flora nya yg banyak diteliti adalah pohon Saga bulang.
Suasana Basecamp Punggu Alas - Makanannya JUARA
Sekedar info aja buat lucu2an orang utan : Setiap kayu dalam hutan yang mati, biasa nya selalu di robohkan oleh orang utan. Karna kayu yg roboh di tanah akan di makan rayap dan rayap ini lah sebagai salah satu makanan orang utan. Dan anak orang utan akan berpisah dengan ibu nya setelah usia 8 tahun, kalo kamu pisah ama orang tua kapan ????
Team Terios 7 Wonders di TN. Sebangau

136 comments:

  1. waaahh asik banget itu.
    habis trekking, nginepnya di basecamp, terus makan. meskipun makannya sederhana tapi nikmatnya pasti luar biasaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan nya juara banget dan ibu2 yg masak ramah banget

      Delete
  2. Wow... Seru juga traveling ke tengah hutan. Tapi jangan ngerusak ya. Kabut asep nya kayak di riau gak mascum?
    Jadi pingin ngerasain juga hidup di tengah hutan #sehariduahariaja;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bakalan betah, kalo tinggal di hutan coz ngak ada mall hehe

      Delete
    2. Mas iyus ala2 lowwwww

      Delete
    3. wkwkwkwk... kalo cuma buat nginep 1-2 hari mah ok lah...
      tp kalo sterusnya pasti mati gaya kebosenan

      Delete
    4. Mas Yus ayo coba tinggal sama Julia and Julian 1 minggu ckkckck..

      Delete
    5. Udah paling enak tinggal di jakarta dengan suit banyak biar bisa halan2 kemanapun #halah

      Delete
    6. Hayuk dicoba kan cuma sehari dua hari, trus hidup ala Tarzan aja😃

      Delete
    7. Sure? Yakin? Pasti? Pengen nyoba?

      Delete
    8. Aku sih kalo ada koted dan mamas ikut aja kemanapun juga...!! ahahahaha

      Delete
    9. Kalian semua centilllll #Ala2MamahDede'

      Delete
    10. wkwkwk...makjo gragas bener yee....:))

      Delete
  3. Trekking 3 - 4 jam dan setelah itu pasti semangat sekali ya.
    Semangat untuk makan ... :-D
    Belum pernah kepikiran nginap di tengah hutan n ketemu sama orang utan yang namanya keren keren. Kl liat dr fotonya pasti seru y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama kamu juga keren, ntar TEDDY di jadiin nama orang utan yaaa haha

      Delete
    2. Cum, sepanjang jalan lo ngomel2 gak hehehe

      Delete
    3. Alhamdulillah gw pendiam kalo lagi boker aja hahaha

      Delete
    4. Nama gw mau dipake?
      Kalo gitu harus bayar royalti :-D
      Serasa dipatenkan ya nama gw

      Delete
    5. Bayar royalti pake Pisang ya Ted ckckck..

      Delete
    6. cari orangutannya yg mata sipit mascum...cocok kasi nama Tedy...:))

      Delete
    7. Wakssss jadi diteliti dulu yaaa mata nya

      Delete
    8. Mari mulai berburu :-D

      Delete
  4. Anonymous06:32:00

    Mantap ketemu orang hutan, ada yang turunke bawah kah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak ada yg turun ke bawah hahaha, mereka malu

      Delete
  5. Anak orang kota kalah sama anak orang utan mereka umur 8 tahun sudah pisah sama emaknya...lah kita kadang udah bangkotan kadang masih nempel aja...

    Trus...trus...kapan aku bisa menelusuri belantara hati muuu massss.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan ... Jadi kita mesti kabur lebih cepat dari rumah untuk jadi binal yaaa ??? Hahaha

      Delete
    2. Mak ajarin aku jadi binal

      Delete
    3. Ikuti instinct aja makel...
      hahaha

      Delete
    4. Hmmm.... Makjooooo, jangan kau ajarin generasi mudamu makjo, cukup generasi mu aja yang binal.... hahahahahaha

      Delete
    5. Wakssss.. Binal ini kata hati hua hua

      Delete
    6. Halahhh!!! Beda generasi ga sampai satu dekade mah masih sama aja mas yus...
      tapii balik lagi ke kata hati dan kebutuhan bodi sehhhh....

      Delete
    7. atapilo makjooo...waktu sepantaran shancun mah dia lewat kali yaakkk....
      #lewatmanecooyyyy :))

      Delete
    8. Hahahhaa lewat binal nya ;-)

      Delete
  6. Mas cumi ganteng deh, kayak orang utan wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  7. Mascum kapan bawa kita jalan2 ke hutan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kapan mau nya ??? Tp ngak boleh bilang "Lelah"

      Delete
    2. "Lelah" kan signature dish you mas cum ckckckk..

      Delete
    3. Jd aku suka lelah gitu ????

      Delete
    4. Kurang minum Multivitamin. Jadinya 3L

      Delete
    5. Mak el pasti lelah ngitung budget trip nya Hahahaha

      Delete
    6. capeklah ke hutan mah...mending belok kepantai...atau kepasar biar ramai...:))

      Delete
    7. Sekalian ke mall aja numpang ngadem sambil ngopi2 kece

      Delete
  8. Baru tahu orang utan makan rayap, kirain makan pisang doang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau lho hehe, coba kasi nasi krawu pasti mau hehe

      Delete
  9. Seru banget om, menyatu dengan alam haaaa. Tapi liat basecamp sama makanannya bikin ngiler kakakkakak. Banyak nyamuknya nggak, om di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak ada nyamuk alhamdulillah banget tidur nya nyenyak

      Delete
  10. ngga bisa koloran dong kak yah kalo di hutan.. bisa bentol di serbu nyamuk nanti. wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut ntar monyet betina jatuh hati padaku kalo aku pake kancut

      Delete
  11. Wihh ada temennya mas cum bergelantungan disana *eh

    Masih berlanjut cerita bareng terios 7 nih mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen kita semua yg bergelantungan hahaha
      Iya nich terios berlanjut ampe nanti 23 sept 2015

      Delete
  12. Anonymous08:09:00

    Bgmn cara membedakan nama orang utan ini, kan bentuknya podo wae kabeh tho mas ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari prilaku yg diamati dan kalo dah keseringan ngeliat nanti bakal tau ciri2 pembeda nya

      Delete
  13. mantaps ya perjalanan kali ini adventure bangetss...

    #barutau orang utan ternyata makan rayap juga kirain makan pisang doang
    hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga baca coment yg atas2 ternyata ada yg coment sama juga tentang orang utan mkn rayap...
      #jadimalu heheheh

      Delete
    2. itu artinya kreatif mba..kan bosen makan pisang mulu hahaha

      Delete
    3. Wakssss makyan hilang konsen karna makanan dan selalu begitu #GwYangGagalFokus

      Yang nakan pisang selalu itu monyet keleus

      Delete
  14. Bingung mau bilang apa lagi... Extremely Super Awesome Orang Utan!
    Daihatsu Terios Team emg TOP buat perjalanan advanture gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doakan perjalanan kami lancar biar bisa berbagi cerita seru nya perjalanan ini #Halah

      Delete
  15. wah asik banget deh kayaknya :)
    baru tau lho ternyata DNA mereka sama kayak manusia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau setelah di jelasin para ahlinya per orang utanan hahaha. Tingkah laku mereka mirip banget kayak kita

      Delete
  16. Banyak foto telanjang dada ... disensor dong mas ncum...
    *sotoy

    Kalau groupies cumi lebay mau wisata menjelajah hutan, pilih yang ada porternya ya cum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang telanjang2 itu menggairahkan lho kak

      Delete
  17. burungnya unik mas cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dia menyamar di dahan ranting gitu

      Delete
  18. Replies
    1. Seneng pake banget bisa keliling kalimaantan

      Delete
  19. orang utannya boleh di peluk gak sih :) kok gak mandi juga di sungai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanya bisa di pandang dari kejauhan coz mereka liar

      Delete
  20. Petualangannya Kakak Cumi selalu seru. Oh Kalimantan betapa uniknya dirimu. ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk tahun depan join bareng ;-)

      Delete
  21. kasihan ya, 8 tahun udah pisah ama ortu, huhuhuuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kamu pisah nya kapan kak ??? Hahaha

      Delete
  22. saya paham, klo mobil itu keren Om, soalnya pernah "pake", tapi yang saya nggak paham adalah kenapa dalam pencarian orang utan kali ini, saya nggak ketemu foto om pake kancut ya? apa karena takut saingan? :D

    #nyarikopidulu @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar aku kancutan kalo di pantai aja yaaaa

      Delete
    2. yaaaaaaaah penontong kecewa

      Delete
  23. Keren kali Om Cumi. Bikin ngiler perjalanannya.. :-])

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan ikut yaaaa hehehe

      Delete
  24. wuihhh seru Mas dan koq sempet ngeblog, ada signal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan kalo malam kita di hotel, malam ini nginep di aston samarinda haha

      Delete
  25. koq bisa2nya ngeblog di hutan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi di tengah kota nich, lagi mijit dulu melepaskan lelah

      Delete
  26. Baru tahu wujud satwa Burung Paruh Kodok. Kerenn om ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Burung nya nyamar di dahan dan aku jg baru tau

      Delete
  27. Jadi, kapan balik kesana lagi cum? Pas airnya penuh kan belum pernah tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kalo air nya penuh dan ngak pake jalan kaki mah hayuk aja hahaha

      Delete
  28. Keren yah nama2 orang utannya. Btw, kak cumi naksir yg mana?? Hahaha..
    Semoga habitat mereka tetap terjaga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku naksir nya ama kak toliq aja, terima yaaa kak ???

      Delete
  29. aku pisah sama ortu nya nanti aja klo pas udah jd istri orang...hahahaha

    Seruuu banget siii jalan2nya maaakkkk....banyak lakik nya pun....:))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan jadi istri orang ???

      Delete
  30. Orang utan kuat juga ya bisa robohin kayu hutan. Hmmm kirain cuma makan pisang dan buah aja taunya makan rayap juga :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga baru tau kalo mereka makan rayap

      Delete
  31. perjalanan yang menyengkan itu mah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... Bersama team yg hebat

      Delete
  32. Serunyaaaa.... om cuci bobo di hutan ? Sama orang utan ?

    :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih typo...om cumiiiii :)))

      Delete
    2. Iya tidurnya di hutan ama orang utan... Seru banget tpcapek jalan kaki nya haha

      Delete
  33. Naaah...yg begini gw demen..mau dooonk ikuut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk jd blogger dulu yaaa haha

      Delete
  34. Seru banget ih keliling kalimntan an ketemu orang utan. Mascum kurusan kah? *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich lagi kurusan, bismillah tetep sehat panjang umur

      Delete
  35. aku tuh dari dulu pengeeeennn bgt bisa gendong orang utan... ato anaknya deh, biar ga berat2 amat ;p.. yg ini sayangnya ga mw digendong ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang utan nya pemalu dan kabur kalo ada manusia jd ngak bisa di gendong :-(

      Delete
  36. Kelihatan seru sekalii.. Itu yang ikut kenapa ceweknya cuman 2 mas? hehhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ce nya hanya 2, ntar di derawan bakal banyak yg nyusul hehe

      Delete
  37. Hwaaa muridnya Cumi banyak tu pake kancut mandi di sungai. Bagus ada travelling yg seperti ini. Like it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak seru masuk hutan dan aku lagi ngak oake kancut hahaha

      Delete
  38. Kayaknya dikau kurusan ya.
    Eh tapi bener itu murid-murid kau ya Cum? Sama gayanya, bekancut... LOL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku lagi diet ketat biar kurus dan seksi berkancut hahaha

      Delete
  39. kurang puas! mau kesini lagi, jalan kaki 3 jam :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau nya naik perahu aja hehe

      Delete
  40. Wow burung paruh kodok nya keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap lucu menyamar di dahan atau ranting ;-)

      Delete
  41. Asyikk trekking 3-4 jam! :D

    ReplyDelete
  42. aku liat pemuda pada buka kaaosss perutnya sexyyy #gagalpaham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss pasti kamu melotot haha

      Delete
  43. bener2 perjuangan untuk lihat orang utan ini ...
    tapi asyikk.. karena selama perjalanan banyak melihat yang amazing yang ga ada di kota ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berjuang banget dan mesti sabar

      Delete
  44. Pengalaman trekking disini yang paling wild track menurutku kak cum, tapi paling mengesankan juga. Sorry kemarin sempat meremehkanmu trekking disini hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang salah menilai ku, dipikir aku ini manja padahal kan manja banget minta gendong hahahaha. Terbukti kan, kalo aku tangguh bin ajaib !!!!

      Delete
    2. emejingnya pas sambil puasa mz cum *bagi traffic*
      Sini commentnya http://www.virustraveling.com/julia-julian-orang-utan-penghuni-taman-nasional-sebangau/ hahahaha

      Delete
  45. Keren yah, sampai ke hutan gitu. Tapi gak ada liputan yang off road yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liputan off road nya biarkan para wartawan asli aja yg nulis. Baca kompas, mobil motor, otosiana dll, mereka meliput lengkap

      Delete
  46. Apresiasi dengan ketangguhan stamina team terios 7 wonders, medan berat plus konsentrasi amatan.
    Burung paruh kodok-nya lucu, kaya sekali Nusantara

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap terios sudah teruji di jalanan :-)

      Delete
  47. mantap! masbrow, masih naturaL banget panoramanya. emang nggak saLah piLih nih ngejeLajah sampe ke peLosok pake si tangguh daihatsu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daihatsu mmg Mantap :-) #Iklan

      Delete
  48. monyetnya boleh dibawa pulang nggak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kak ... biarkan dialam liar

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com