Cerita Pagi di Pasar Bolu Toraja

Tedong Bonga Toraja
Tedong Bonga Toraja - Terjual di Harga Rp. 130 Juta
Pasar Hewan Bolu Toraja – Sekitar jam 6 pagi di temani rintik gerimis #BerpayungCantek, gw sudah berkeliaran #Binal di Pasar Bolu Kec. Rantepao Kab. Toraja Utara. Hari ini adalah Hari Pasaran (Hari Pasar di Toraja setiap 6 hari sekali, berlangsung secara bergantian di 6 Pasar Besar yang ada di Tana Toraja & Toraja Utara) dan itu pertanda bakal banyak kerbau – kerbau maupun babi yg di jual di Pasar Bolu ... Kerbau & Babi merupakan 2 jenis hewan yg ngak bakal bisa di pisahkan dari Upacara Adat Toraja #PLEASEJanganPisahkanAku.
Pasar Bolu Toraja
Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga Menemani Perjalanan Selama Di Toraja
Meluncur dari Makassar sehari sebelum nya mengendarai Mobil Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga yang terkenal IRIT Rit Rit ngak bikin rusak kantong & dompet #Alhamdulillah, cukup isi bensin Rp. 170 ribu saja sudah bisa menempuh jarak ± 300 km (Makassar – Toraja) dan bensin pun masih tersisa 2 bar #SuperIrit #SahabatKeluarga #SahabatDompet. Sengaja kedatangan gw kali ini ke Tana Toraja untuk melihat transaksi2 mencengangkan di Pasar Bolu Toraja yang konon katanya kerbau harganya bisa mencapai 500 jutaan #TERBUKTI #BisaBeliRumah.
Pasar Bolu
Berbagai Macam Kerbau - Diperjual Belikan Di Pasar Bolu
Ukuran badan, Jenis Tanduk, Warna serta Jenis Kulit Kerbau sangat mempengaruhi harga jual, kerbau yg dalam bahasa toraja dikenal dengan sebutan TEDONG memiliki beberapa jenis antara lain Tedong Saleko, Tedong Bonga, Lotong Boko’, Tedong Pudu’, Tedong Todi’, Tedong Bulan dll. Hasil nguping kanan kiri selama gw berkeliaran di Pasar Bolu, harga kerbau paling murah sekitar 15 juta tapi kebanyakan rata2 diangka 30 jutaan, padahal untuk kerbau yg sama di luar toraja MUNGKIN harganya ngak bakal sampai segitu #AmazingToraja.  
Pasar Kerbau Toraja
Pasar Hewan Bolu Setiap 6 Hari Sekali - Mulai Jam 7 Pagi Sampai Jam 2 Siang
Pasar Hewan Toraja
Dihari Biasapun Ada Yang Jual - Tapi Tak Seramai Saat Hari Pasaran
Kerbau menjadi bagian penting dalam Upacara Rambu Solo’ (Upacara Pesta Kematian/Pemakaman) dan di tengah riuh nya Pasar Bolu Toraja, gw sempet ngobrol dengan sesama pengunjung yg lagi mencari kerbau untuk upacara kematian nenek nya dan sebut saja ia Pak Julius #JanganSebutMawaratauBunga. Dari obrolan ini bener2 bikin gw berdecak kagum dan manggut2 hehehe, beliau bilang “Meskipun harga kerbau mahal tapi kami sanggup membeli nya untuk pesta rambu solo', niat baik dan tujuan baik pasti akan ada jalan dari Tuhan”.
Pasar Bolu Toraja
Numpang Narsis Bareng Kebau2 Toraja

Tedong Toraja
Harga nya Bisa Mencapai 500 Juta
Suasana Pagi Di Pasar Bolu
Upacara Rambu Solo’ mmg terkenal mahal, dengan memotong puluhan bahkan ratusan kerbau + babi #GilaBuanyakBanget. Tapi ada makna filosofi tersendiri dari acara itu lanjut pak julius antara lain Mempererat Tali Persaudaraan, Saling Berbagi Antar Sesama dan Mengajarkan Untuk Bekerja Keras aka Cari Duit Lebih Giat karna perlu biaya banyak kalo meninggal *SambilKetawa. Beliau juga bilang “Di Toraja ngak bakal kamu temukan pengemis peminta-minta, karna masyarakat toraja terkenal pekerja keras. Pantang & Malu mereka kalo ngemis, kerja kerja kerja lalu menabung untuk pesta kematian itu sudah di ajarkan sejak dini” *LaluBeliauKetawaNgakak & gw juga tersenyum mikir, bener juga ngak terlihat pengemis di toraja.
Pasar Kerbau
Kerbau - Kerbau Menunggu Pembeli 
Pasar Kerbau Terbesar Di Indonesia
Pasar Bolu - Pasar Kerbau Terbesar Di Indonesia
Pasar Hewan Bolu Toraja Sulawesi Selatan
Siang Hari Di Pasar Bolu Terlihat Mulai Sepi
Di Pasar Bolu, pedagang kerbau hanya diam sambil mengelus – elus kerbaunya #AkuMauDielus2Manja&Mesum atau memberi makan rumput. Pembeli yg rata2 pria bercelana pendek + berselempang sarunglah yg akan datang melihat meraba dan menawar #TawarAku, dan yg bikin gw terkaget2 menggelepar adalah konon transaksi dibawah 100 juta biasanya di lakukan CASH di tempat kejadian jual beli #GILADahsyat. Jadi pria-pria bersarung yg melirik kerbau2 cantik itu membawa duit cash sebanyak itu dalam sarung nya #NgakTakutDiRampok.
Babi di Pasar Bolu
Selain Kerbau, Ada Babi Yang Juga Menjadi Komoditi Penting di Pasar Bolu 
Banyaknya kerbau maupun babi yg di perdagangkan di Pasar Bolu Toraja Sulawesi Selatan, bisa dibilang bahwa Pasar Bolu ini jadi Pasar Kerbau Terbesar di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia #Cetar. Eh selain kerbau dan babi, di sudut terminal Pasar Bolu juga ada masyarakat yg melakukan transaksi jual beli ayam aduan. Jadi inget kata2 Pak Julius lagi Kau nikah, kau punya anak silahkan potong ayam kalo tak punya duit untuk berpesta. Tapi jangan sekali2 kau potong ayam untuk upacara kematian TAK CANTIK itu, KAU HANCURKAN MARTABAT KELUARGA kalo ayam yang di potong #CatetDalamOtak.  
Pasar Bolu Toraja
Terdapat Juga Transaksi Ayam Di Salah Satu Sudut Pasar Bolu

204 comments:

  1. Amazing mas cum ckckckckck....
    awas yg pakai baju kuning ntar ikutan di tawar hahaha #KabooorTakutDiGampar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg baju kuning, harga nya lebih murah tapi ngak murahan lho. Silahkan saja di coba dan pasti ketagihan sama goyangan nya hahaha

      Delete
    2. wkwk emang bisa goyang apaan mas??
      goyang dumang? apa goyang itik? hahaha

      Delete
    3. Waduh ini pelecehan, kalo dah gw kasih goyang krawu pasti ketagihan haha

      Delete
    4. Wuih menarik sekali mas, pasti seru pagi hari di pasartersebut, salut deh dan salam kenal mas?

      Delete
    5. Hai hai hai ... salam kenal kembali.
      Seru banget pagi2 dah kelayapan di pasar, dan jadi paling ganteng diantara kerbau2 hehehe

      Delete
    6. males ah nek goyang krawu, enak goyang masin opo goyang roomo wae haha #BikinPerutKrucuk2

      Delete
    7. Weksss mmg lw doyan masin ??? duch duch jadi pengen sego roomo

      Delete
    8. ya doyan lah mosok orang gresik gak doyan :D, kmrn gak sempet makan sego roomo yo??

      Delete
  2. 500 juta satu kerbauuuu... woowww... aku laku ga ya segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 500 juta cash dan ini bikin gw terperanjat. Btw kamu pasti laku kok, coba di obral aja hahahaha

      Delete
  3. Huahuahua, Kerbau dan Babi emang dua hewan yang paling dicari kalo di Toraja, apalagi kalo ada yang meninggal (saudaranya) :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap kedua binatang ini mmg paporit banget di toraja, aku sampai ngiri ama kepopuleran mereka :-)

      Delete
    2. Harganya juga menggiurkan, kang :-D

      Delete
    3. Ember ... harga nya bikin deg2an dan rasanya ngak mau mati #serem hahaha

      Delete
  4. Bang Cum, itu kerbau atau kembaran kamu sih Bang, kok mirip *kabuuuurrrrr*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss sial ... cakepan aku lah, meskipun kerbau nya mahal -_-

      Delete
  5. Pasar bolu kirain jualan bolu dan sejenisnya...hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bolu miranti di medan keleus, aih jadi kangen makanan itu :-)

      Delete
    2. Kayak pasar minggu ya yg jualannya tiap hari minggu doank? #Eh 😛

      Delete
    3. Kalo pasar kemis jualan hari kemis, kalo pasar senen jualan hari senen gitu kan maksud lw ??? terusin aja nyebut nama2 hari #melenggos

      Delete
  6. Wow... Amajiiing 😜 Harha satu kebo bisa buat beli rumah euii...
    Betewe eniwei, gak poto pake CD mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga kerbau nya mmg bisa buat beli rumah, apalagi kalo pesta nya sampai 30 kerbau pasti bisa beli apartemen 1 lantai penuh hua hua.
      Lw pikir di pantai pake kancut !!!!

      Delete
    2. keren ya... kita jualan kebo aja apah...
      kita bawa kebo dari jawa...
      ato harus kebo toraja

      Delete
    3. Untungnya pasti gede kalo jualan kebo, dari pada jual diri yaaaa makyan hua hua hua

      Delete
  7. Aduuuuh, ada kerbau baju kuning pake topi hahaha #kaburaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo baju kuning itu kerbau gatel kak, mau nya mepet2 yg cakep mulu jd kalo situ kabur berarti ngak cakep hahaha

      Delete
  8. Anonymous13:47:00

    kutukupret mahal bener tuh kebo, bisa buat kawin 7x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh ... di otaknya kok yaa kawin mulu hehe

      Delete
  9. alhamdulillah, bukan pose dengan swimwear

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar aku pose pake kancut di pasar, bakal di pikir orang gilaaaaaaa

      Delete
  10. btw, aku agak kurang sreg dengan tampilan artikel ini, rasanya beda deh mas dengan yang kemaren-kemaren... is it?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti beda banget, kan ngak ada aku pake kancut yg seksih itu hehehe. Aku lagi belajar menulis rada beneran dikit tapi tetep koplak #DoakanAku

      Delete
  11. 500 juta untuk sapi???


    pendapatan mereka darimana ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan mikir pendapatan mereka, kalo untuk berjuang di jalan Tuhan pasti ada rejeki nya #ItuKatanya. Mereka banyak yg patungan antar sodara gitu -_-

      Delete
  12. itu babinya di jual juga mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, babi banyak banget dan jerit2 lucuuuuu hahaha

      Delete
  13. Rame juga yaa pasarnya. Anyway, salam kenal mas :)

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas hari pasar yg 6 hari sekali itu bakal rame banget dari pagi sampai siang.
      btw salam kenal juga dan makasih sudah berkunjung ke cumilebay

      Delete
  14. terus kebo bule sama kebo biasa mahalan manah? kok bisa yah kebo-nya jadi bule gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana yg mahal itu tedong saleko yg harga nya sampai ratusan juga.

      Delete
    2. Harganya bisa segitu makanan sehari harinya apa ya? Makanan pokoknya kentang n kalo nasi pk beras merah kali ya? 😁

      Delete
    3. Kayaknya makanan sehari2 kerbau nya ini KFC, Mcd, Sushi dan sejenisnya #LangsungBangkrut

      Delete
  15. Xenia kmrn ga dtuker ama kebo cum? Kan harganya sama tuh, pulangnya bs naek kebo... Keren kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kalo balik ke makasar pake kebo, bisa setahun nyampe nya kakak

      Delete
  16. wah kayaknya seru tuh acaranya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget kalo pas hari pasar ;-)

      Delete
  17. Omagahhh... Itu babinya montok - montok sekalee Mas Cumi
    tapi kalah tenar ya ama Kebo Bule ckckckck..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Babi2 itu mmg mengairahkan dan enak kalo dibikin sate babi atau rica2 nasi campur hahaha.

      Delete
    2. Mas cumi cuma kalah harga kok des..
      klo tenar mah menang banyak diaaa...
      Scr mas cumi udah insyaf ga mau jd ibab ngepset lg...
      .hahaha

      Delete
    3. Waksss ngepet mah udah kagak, cuman jagain lilin nya masih aja tuch dijalankan hahaha

      Delete
  18. Apa jdnya ya kalo mas cum pake CD diantara kebo2 itu ya?HAHAHAHA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm yg pasti aku tetep paling seksih menggoda :-)

      Delete
    2. Tu pasar mgkn jdny bukanya 6 thn sekali bukan 6 hari sekali... #pissmasbro

      Delete
    3. Wah ini pelecehan ... Yg pasti banyak yg datang dan menawar hua hua

      Delete
  19. Sheilla Pinem16:22:00

    Mascummmm kerbaunya ga ada yg dibawa pulang buat kita pesta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal masuk pesawatnya makkkkkkkk, kecuali lw mau naikin ampe ke jakarta hehehe

      Delete
  20. Eh atap rumahnya keren banget ya, kayak tanduk kerbau *GakFokusKomen*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atap rumah tetangga yg mana lagi yg kau intip kak ??? kurang puas ama yg ituuuuuuu #Melipir

      Delete
  21. Wuiiiiih....pasarnya rame sama binatang, hahaaaa
    Pasar Bolu, kayak nama kue bolu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pasar bolu, rame jualan kue bolu ntar jadi nya pasar kue subuh hahaha

      Delete
  22. Wow ternyata kasta ayam sangat jauh di bawah kerbau dan babi ya, Kak..Mungkin gara-gara dia sering disalah gunakan untuk menyebut para pengecut sebagai chicken ..
    Aduh itu kerbau bule emang unik, tak heran ya harganya sedemikian mahal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayam tak ada harga nya disana, tak bernilai. Meskipun KFC Mcd dll semua nya menjual ayam dengan enak nya #kagaknyambung

      Delete
  23. Harganya sensasional amat... Bikin terharu liat dompet sendiri. 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo terharu trus mesti nanggis gulung2 gitu yaaaa ?????

      Delete
  24. Gileeeee, yang ngabuburit nya jauh bangeeeeeet. Cihlah curang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngabuburit di jakarta dah bosen yeeee, jadi cari sesuatu yg berbeda haha

      Delete
  25. Iya betul Xenia memang irit. Aku berangkat dari Jogja isi full sampe Jakarta isi 200 ribu udah luber...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan mmg terbukti irit :-)

      Delete
    2. Padahal aslinya menghibur diri punya nya cuma itu, haha

      Delete
    3. Hahahaha ... bersyukur kak :-)

      Delete
  26. Kalau aku yg ke pasar bolu pasti ga tahan lihat wajah2 kebo n babinya, aduh kasian deh..
    Apalagi kalo bayangin tuh kebo2 diadu dulu sebelum upacara, terus babi2 ga bisa gerak diiket terus sebelum disembeleh, duh...
    buat peranakan toraja separoh kayak aku ini, upacara begitu cuma bisa bilang ck ck ck...jadi repot kalau sejak dini ga ditanamkan tentang falsafah pesta begini seperti kata si pak julius, hi hi hi...jadi pelit deh kalau harus sumbangan..

    duh keren, btw mas cumi sudah berapa kali ke toraja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dah 4x kali ke toraja, kmrn sengaja datang ke sana karna ingin liat adu kerbau.
      Eh ternyata peranakan toraja toch, jadi udah brp kali nyumbang kerbau ??? hahaha. Kerbau2 disana lucu2 gemesin lho yaaa, kalo babi nya aku agak geli hehehe

      Delete
  27. Xenia memang irit mas, hehe. Buset, harga kebo nya udah ngalahin harga Xenia aja,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xenia mmg irit pake banget, demen kalo ngak ngerusak dompet haha

      Delete
  28. aduh aku gak tahan ngeliat hewan keknya pada sedih gitu mukanya ah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih karna tau pasti bakal di potong heheh
      Tapi yg jadi pertanyaan itu adalah kalo hewan nya bahagia, gimana penampakan nya ??? #laludigampar hehehe

      Delete
  29. Ck ck ck...500 jeti? Itu kebo mengandung emas kali cum? Mahal banget udah gitu mau dipotong pula..*nangis lahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerbau disana menunjukan tingkat sosial buat perayaan upacara rambu solo' jd makin mahal yaaa makin terpandang lah tuch orang.

      Delete
  30. Selain warna kulit dan tanduknya, tedong bonga juga punya mata biru.
    Pasar Bolu memang menarik dan harganya tidak masuk akal tapi bagi orang Toraja itu biasa saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya bener, mata nya biri macam bule gitu yaaa. Aku pikir pake softlens hahahaha
      Yap, menurut masyarakat toraja, harga segitu mmg wajar dan pantas untuk menunjukan status sosialnya :-)

      Delete
  31. Kalah cantik kau kak cum sama kebo 500jt, kau short time 80jt doang yak hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga ku mmg cuman 80 juta tapi kan bisa di booking berulang kali, kalo 10x croot aja sudah 800 juta lho hua hua

      Delete
    2. hahahaha kancut mas cum. Ngakak gw dan selalu kalah.. wkwkwk *jual kak cum di toraja*

      Delete
    3. What ... kancutku yg di jual ??? Bisa kaya raya kalo kancutku di hargai 80 juta hua hua

      Delete
  32. ternyata babi juga di perdagangkan ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Babi disana montok2 mengairahkan, harga nya paling murah 2 jutaan

      Delete
  33. Harga kerbaunya sungguh mencengangkan dan bikin tabungan terkuras habis. Salut deh sama masyarakatnya yang pekerja keras dan malu jadi pengemis, kerja, kerja, kerja...
    Antik tuh kerbau dengan tanduk melingkar ke bawah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ... aku aja sampai salut angkat jempol buat masyarakat toraja. Apapun yg di keluarkan di jalan Tuhan demi agama dan budaya pasti akan ada penganti nya dari Tuhan ... itu kata pak julius

      Delete
  34. mahal banget ya om cum, itu harga segitu ada yang beli ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg beli, kan jadi kebangaan kalo kerbau nya mahal buat perayaan.

      Delete
    2. bisa dijadikan tolak ukur kekayaan juga ya om kayanya..

      Delete
    3. Kayak nya sech begitu hahaha

      Delete
  35. gila 1 kerbau seharga 5 mobil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa buat beli ayla nya daihatsu 5 biji hehehe

      Delete
  36. Gw ternak kerbau aja deh biar jadi kaya haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw ikutan yaaa kalo udah kayak :-)

      Delete
  37. Aku resign dah, ternak kerbau, jual ke toraja :| punya 4 saja udah cukup~ #lha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss dilaksanakan, kerbau2 ternyata menghasilkan buanyak buanget uang yeeee hahaha

      Delete
  38. makassar-toraja perjalanan yang lumayan , sop konro sepanjang perjalanan menggoda selera, wow banget harga kerbau nya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn ngakmakan sop konro, makan nya coto makassar sama sop pangkep

      Delete
  39. Kerbaunya disemir aja kak biar dikira bule, nanti harganya bisa jadi mahal disana.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss trus luntur, abis itu pedagangnya di bakar ama massa toraja haha

      Delete
  40. Kalau penyukai hewan besar seperti kerbau mau harga berapapun juga aka di beli tapi kalau aku akan mikir lagi daripada beli kerbau mahal-mahal gitu mending beli rumah gedong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mikir kalo disuruh beli, tapi karna ini adat istiadat turun temurun yaaa harus di laksanakan hehe

      Delete
  41. Nggak sangka kakak Cumi mau dielus elus mesum sama Kerbau..... #diseruduk

    Itu Kerbau harganya sama dengan Ford Renger Idaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lagi akrab kayaknya tuhhhh......

      Delete
    2. Ikrib ama kerbau biar harga nya sama2 mahal yaaaa hua hua hua

      Delete
  42. Anonymous20:40:00

    Eh bujug mihil bener kerbaunya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... tapi kepuasan nya beda kalo bis abeli hehehe

      Delete
  43. mati aja lho kok mahal jadi semua takut mati ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss tapi itulah adat istiadat yg terus harus di lestarikan

      Delete
  44. terus terang mas....saya udah lama banget pengen jalan-jalan ke toraja...menarik dari segi budaya maupun alamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuklah disegerakan berangkat hahaha

      Delete
  45. wkwkwkwkwkwkw.... "“Kau nikah, kau punya anak silahkan potong ayam kalo tak punya duit untuk berpesta. Tapi jangan sekali2 kau potong ayam untuk upacara kematian TAK CANTIK itu, KAU HANCURKAN MARTABAT KELUARGA kalo ayam yang di potong” Ngakak aku baca yg ini... buset dah, jd hrs beli sapi albino itu ya kalo mati... :D... aku bnran penasaran rasa daging tuh sapi albino mas... beda ga sih ama sapi2 yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak albino ngak papa, tapi setidaknya berkorban dengan kerbau gitu kata nya hahaha. Aku kayak nya ngak nafsu kalo makan daging dari pemotongan buat pemakaman hehehe

      Delete
  46. Ahai....
    Cantik-cantik warna kerbaunya...

    ReplyDelete
  47. horeeee!! gw paling seneng baca artikel lebay kali ini.. kenapa??

    karena hari ini, Om cumi, kalah binal dan seksih dibandingin kerbau dan babi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi aku terkalahkan dengan kerbau2 itu ???? OK FINE kita putusssssssss

      Delete
    2. Alhamdulillah.. akhirnya gw di putusin juga.. selamat lebaran ya om :))

      Delete
    3. Sudah lupakan aku, kita mmg ngak sejalan. Ngak udah merajok2 lagi #MelenggosMesum

      Delete
  48. wah, dah sampai ke tanah toraja juga ya kang, mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mmg selalu mantap #Congkak #LaluDikeplak

      Delete
  49. Asik banget ya bang..enaknya bisa ke Toraja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... hayuk berkunjung ke toraja dan wisata kuburan :-)

      Delete
  50. Gila satu ekor kerbau harganya sampai 500 juta! Wah bisa kaya mendadak dong klo jual kerbau disana... Haha.
    Wah, enaknya bisa keliling Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerbau disana jadi komoditi utama, coz setiap perayaan kematian selalu kerbau yg jadi idola hahaha.
      Alhamdulillah bisa jalan2, ayo kamu juga pasti bisa :-)

      Delete
  51. Errrr gak mau kalau diajak disini. Kalau gratis bolehlah tapi fotonya jarak jauh aja ya, pake tele :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knp ngak mau kak ???? bau nya harus kok hahaha

      Delete
  52. ternyata kerbau itu banyak macamnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget, di toraja aja ada 10 an jenis

      Delete
    2. Wuoo... Itu yang paling mahal apa mas jenis sapinya?

      Delete
    3. Kalo ngak salah tedong saleko yg harga termurah nya bisa 300 juta

      Delete
  53. ebusettttttttt, buat nikah aja ah hahaha
    semoga bisa jalan2 keliling indon macam mas toro :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo mau nikah brp kali ????? Hahaa

      Delete
  54. eyaampun, mahal banget itu harga seekor kerbau :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal nya ngak ketulungan ;-)

      Delete
  55. Tedong di Toraja emang gedong gedong bgt bo...

    ReplyDelete
  56. Waaaaah Mas Cumi yang heits akhirnya bikin postingan juga kayak diriku. Aku jadi semangat buat ngeblog. *lebay* ::)))

    http://adiedoes.blogspot.com/2015/04/suatu-pagi-di-pasa-bolu.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm trus gw mesti bilang wow gitu ???? #plak

      Delete
  57. Replies
    1. Yap .. disana meninggal jd ajang sebuah pesta perpisahan ;-)

      Delete
  58. Waw, kerbau sampe 500 juta ??? ishhh mahal banget yaaa om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa buat beli mobil xenia 3 biji yaaaa hehe

      Delete
  59. ya allohhhh itu kebo gede banget cumm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibikin steak, kira2 dapat brp porsi yaaaa ???

      Delete
  60. Kebonya kok gembul banget ya, Bang Cum.. ._. Enak kayaknya buat digulai! Ngoahahah.. Eh tapi ngga ah, harganya ngga nahan boook.. Bisa buat traveling keliling Indonesia! :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kalo buat orang toraja, mending ngak traveling tp bisa beli kerbau ini buat pesta kematian ;-)

      Delete
  61. Kerbau dan sapinya subur2 banget Kaak :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener2 dirawat coz ini aset yg sangat berharga hehe

      Delete
  62. Gedang-gedang bener ituuuu.. buset dah... pantes ya maharaniiii eeyyymmm...
    BEAUTY BLOG | WWW.NONAHITAMPAHIT.COM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emberan gedes nya, bener2 jumbo montok menggairahkan ;-)

      Delete
  63. Seru banget, Mas Cumi. Kebonya gede-gedeeee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gede dan montok, nafsuin buat dibikin rendang haha

      Delete
  64. 500 juta???? Wahhhh... seharga mobil mewah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mau belii kebo atau mobil ???? Hehehe

      Delete
  65. haaaaiiishh.... mending beli fortuner lah daripada duit segitu buat beli kebo (meskipun kebonya putih dan seksehh gityu) :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo beli fortuner cuman dapat 1 biji, kalo xenia bisa dapat 3 hehe.

      Delete
  66. aku mau dong dioleh2in tedong mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss aku ngak sanggup beli tedong kak :-)

      Delete
  67. honestly, aku gak ngerti tradisi "gengsi" ala orang batak n toraja, rela pesta besar2an buat upacara penguburan....
    130 juta buat kerbau setengah albino ? no offense tp amazingly ridiculous....
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheh aku juga mikir nya begitu, tapi itulah tradisi :-)

      Delete
  68. Menarik ceritanya tentang Toraja..salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai ... salam kenal kembali

      Delete
  69. terakhir kesini waktu SD huhuhu...banyak keluarga di toraja, dah beranak pinak disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss banyak sodara disana dong, trus ngak pingin kesana lagi kak ???

      Delete
  70. Ini pasarnya masih manusiawi lah, nggak seekstrim di pasar mana itu bang yang pernah kamu posting disini, yang serem itu ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini cuman pasar hewan biasa, yg extrem mah pasar tomohon manado hehehe

      Delete
    2. Nah, iya, yang ekstrim mah pasar tomohon itu bang :D yang serem lagi kalau ke pasar tomohon nggak sama bang cumi, kan atuuuut :3 *laludikeplak

      Delete
    3. Weksssss sial kau ini hahaha

      Delete
  71. 500jt'nya itu cash mas?? Dibungkus pake daun apa duit sebanyak gitu :o
    Kerbau yg pink gak ada bulunya ya, kaya sapi.. Beda sm yg kuning *ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cash, binggung kan duit di masukin sarung ehehe

      Delete
  72. Harha babi berapaan mascum? Ga nanya?

    ReplyDelete
  73. Luar biasa banget harga yang harus ditebus buat kerbau-kerbau itu. Sayang, saya dulu ke Toraja ga sempat mampir ke pasar ini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku sengaja datang ke 4x khusus buat liat pasar ini. Jadi kamu mesti balik lagi ke toraja hahaha

      Delete
  74. bararti sulit juga mau meninggal di toraja ini ya. kudu banyak duit. kalo g punya duit enak juga sih ga mati - mati. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... tapi akan selalu mendapat dukungan dari sodara2 kok

      Delete
  75. Aku pasti nggak kuat kalo ke pasar bolu. Nggak kuat baunya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bau ... wangi lho, kerbau2 itu di mandiin cakep hehe

      Delete
  76. Widih 500 jeti???! Mantep tuh bisa beli tanah di Jawa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha bener banget, beli rumah aja dapet kok di pinggiran bekasi :-)

      Delete
  77. Kalau di Toraja upacara kematian lebih heboh dari nikahan yezzz...
    Pengen liat pestanya euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kasihan yaaaa mereka pesta saat berduka hahaha

      Delete
  78. Harga kerbau sama harga Xenia hampir sama harganya. Nanti pulang naik kerbau aja Om, goyangannya lebih nikmat. wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss trus kapan nyampe nya ????

      Delete
  79. Bahasa yang khas dipadukan dengan foto yang memukau. Hem, sungguh luar biasa masnya. Foto kayak gitu, mas pakai kamera apa ya? Soalnya sekarang masih cari referensi buat cari kamera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch duch di sanjung begini jadi mau terbang ke awan hahaha. Kamera nya dah di jawab via twiter yeee

      Delete
  80. alamakkk mahal banget itu kebo ...
    kalau yang kumpul kebo disini kita kirim ke toraja bisa untung ga ya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kayak nya laku aja disana, yg penting ada kebo nya hahaha

      Delete
  81. Gile gopektiao dpt kebo doang...bisa kliling dunia brp bln tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebutuhan masing2 orang beda2 yaaa kak :-)

      Delete
  82. Edun bener yah 1 ekor bisa capai harga 500 jeti, waduhhh gue aja belum pernah lihat uang sebanyak gitu, megang apa lagi belum pernah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan 500 juta, mending beli rumah atau sapi ??? hahaha

      Delete
  83. Wah! Serunya bisa main ke Pasar Bolu!
    Btw, sudah pernah ke Fort Rotterdam belum, kak? di sana asyik yaaa

    Josefine Yaputri
    Content Writer & Editor
    PT. Grivy Dotcom
    P: +62(0)21 2960 8168
    Office 8 Tower, Floor 18A
    Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta Selatan, 12190, Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak suka ke benteng coz benteng hati ku masih bertahan buat cinta ku hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com