{Terios7Wonders} Terios & Phinisi di Bulukumba

Daihatsu Terios
Daihatsu Terios TX Unjuk Performa Di Pantai Tanjung Bira Bulukumba
Terios & Phinisi – Tanjung Bira & Kapal Phinisi menjadi 2 pesona yg takkan perna bisa di lepas dari Kabupaten Bulukumba yang hanya berjarak ±160 km arah selatan Kota Makassar Sulawesi Selatan. Tenggelam dalam syahdu hening nya pasir putih di malam hari yg bertabur bintang & terampilnya tangan2 legam memahat dan menyusun tiap rangkai kayu menjadi sebuah kapal #eeap.

Dan Bulukumba menjadi destinasi ke 5 dari 7 destinasi di #Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage”. Team sahabat petualang #Terios7Wonders Daihatsu bermalam di tenda beralasakan pasir putih tanjung bira dan beratap bintang2 bertaburan, menu santapan BBQ siap dihidangkan. Malam ini kita mesti istirahat total coz besok pagi akan menjajal kemampuan Daihatsu Terios TX yang sudah menemani team mulai dari Manado untuk bermanuver di Pantai Tanjung Bira.
Pantai Tanjung Bira Sulawesi Selatan
Team #Terios7Wonders Tidur Ditenda Bertabur Bintang Beralas Pasir Putih (Foto oleh Wira Nurmansyah)
Pagi menyapa mentari mulai menyingsing, saat nya petualangan di lanjutkan .... Daihatsu Terios TX sudah siap berkelana di desiran ombak tamjung bira, tanpa menemui kendala sedikitpun performanya ngak perlu di ragukan lagi melesat bak meteor di percikan riak2 ombak yg menemani kita pagi ini. Lanjut terus menuju Tana Beru tempat galangan kapal phinisi untuk ketemu Pak Syarifudin yg akan menjelaskan ttg pembuatan kapal phinisi.
Pembuatan Kapal Phinisi Di Tana Beru
Team #Terios7Wonders Berada Di Tana Beru Melihat Pembutan Kapal Phinisi
Kapal phinisi sudah diwariskan sejak abad 14 an, ada 2 tempat yg terkenal untuk pembuatan kapal phinisi yaitu tana lemo dan tana beru. Pengerjaan kapal phinisi berkisar antara 3 bulan – 1 th tergantung besar kecil ukuran kapal dan yg pasti phinisi wajib mempunyai 2 layar dengan harga berkisar 1,2 milliar sampai 10 milliar dengan keuntungan bisa mencapai 10-30% #LumayanBingitss.
Bahan baku kapal phinisi ini berasal dari kayu bitti dan kayu ulin/kayu besi, pasokan kayu biiti dari hutan sekitar bulukumba sudah menipis jadi perlu di datangkan dari luar bulukumba. Banyak pengusaha kapal phinisi ini mengambil kayu dari Bone, Sinjay sedangkan untuk kayu besi didatangkan dari Buton Kendari
Kapal Phinisi Bulukumba
Kapal Phinisi Berkisar Antara 1,2 Milliar - 10 Milliar
Kapal Phinisi dari Bulukumba ini tidak hanya terkenal di Indonesia tapi sudah merambah eropa, amerika bahkan afrika. Kapal Phinisi dari Bulukumba ini terbukti kekuatan nya, pada tahun 1986 perna berlayar dari Indonesia ke Vancouver Kanada.
Oh yaa pembuatan kapal phinisi ini selalu diawalin dengan ritual khusus yang di pimpin oleh pemuka agama jadi kesan magis nya masih terlestarikan sampai sekarang. Upacara memilih kayu yg akan di gunakan juga menghitung hari baik yang biasa nya jatuh pada hari ke 5 dan hari ke 7 bulan berjalan, angka 5 arti nya rejeki sudah di tangan sedangkan angka 7 berarti selalu mendapat rejeki.
Dan saat peluncuran kapal dimana phinisi siap di arungkan kelaut juga mengadakan ritual pemotongan kambing untuk kapal 100 ton ke bawah, sedangkan sapi untuk 100 ton ke atasKaki sapi atau lutut sapi nanti nya di gantung di anjungan dan buritan phinisi.