{Terios7Wonders} Makan apa kita di TORAJA ????

Cabe Khas Toraja
Lada Katokkon ~ Pedesnya Bikin Mencret
Masakan Khas Toraja – Toraja menjadi salah satu destinasi andalan wisata di Sulawesi Selatan dan team #Terios7Wonders Daihatsu juga setuju itu. Maka Toraja juga menjadi bagian salah satu dari 7 destinasi “Amazing Celebes Heritage”. Mengexplore wisata budaya ttg kuburan2 yang ada di toraja  mulai londa, lemo, kete kesu dll itu menjadi hal biasa, tapi tinggal & menginap di tongkonan *RumahAdat bersama warga setempat serta mencicipi masakan khas nya menjadi sesuatu yang luar biasa dahsyatnya bagi team #Terios7Wonders.
Tana Toraja
Team Terios7Wonders Menginjakkan Kaki Di Tana Toraja & Mencicipi Warisan Kuliner Nusantara
Yaaa kami datang dan menginap di salah satu desa deket kuburan wisata londa, kami dijamu dengan tari2an, iringan musik tradisional + makan makan makan makan enyak enyak enyak. Beberapa sajian masakan yg di suguhkan diubah bahan dasar nya yg harus nya babi disesuaikan menjadi ayam #PadahalEnakB2 hua hua hua. Ada Pa’piong Burak, Pa’piong Bale Bulaan, Pamarrasan serta Pantollo’ Uwai menjadi sajian teristimewa yang hidangkan khas tana toraja.
Makanan Khas Tana Toraja
Pa'piong Ayam & Ikan Mas Yang Dimasak Didalam Batang Bambu Muda Trus Dibakar 
Pa’piong Burak *Batang Pisang biasanya berbahan dasar babi, masakan ini rada2 mirip pepes kalo gw bilang + rasanya pun ngak jauh beda dengan pepes khas sunda. Daging babi atau ayam dimasak dalam batang bambu muda di campur dengan bawang merah, bawang putih, merica, serei serta kelapa muda & batang pisang muda trus di bakar mengunakan tungku kayu dengan bara kecil. Sedangkan untuk Pa’piong Bale Bulaan bahan dasar nya ikan mas, cara masak nya sama saja cuman di tambah daun mayana semacam daun bayam & rasanya pait.  

Pamarrasan paling JUARA TERISTIMEWA kalo terbuat dari DAGING BABI tapi kali ini diganti dengan ikan mas #Sedih, kalo sekilas mirip2 rawon jawa tapi kuah nya di kurangin alias sedikit kuah cemek2. Cukup dengan keluwek yang biasa digunakan untuk masak rawon, kacang panjang, daun bawang, serei, bawang merah putih dan tumis semua nya. Sedangkan untuk masakan yang segar2 berkuah bisa cobain Pantollo’ Uwai aka Sop Ayam khas toraja, ngak beda jauh sama sop ayam lain nya #Standart.
Masakan Khas Toraja
Pantollo' Uwai & Pamarrasan 
Makan apapun ngak lengkap kalo tanpa sambel, bener kan ??? dan di toraja, sambel nya beneran bikin keblinger. Padahal cuman cabe di uleg di tambah sedikit air saja tapi rasa nya bikin mau murka. Tu’tuk Lada Katokkon sebagai sambel khas toraja mmg terbuat dari cabe berbentuk bundar dengan tingkat kepedesan maximal bikin gw mulesssssssssssss #MencretJuragan.

Dan tak lengkap rasanya ke tana toraja tanpa mencicipi segelas kopi khas toraja. Toraja mmg terkenal dengan kopi nya yg memiliki cita rasa yg khas antara rasa tanah & hutan #BanyanginSendiri, kandungan tanah *soil di pegunungan sulawesi selatan membuat rasa kopi memiliki kesan tersendiri. Aroma kopi toraja mmg tidak begitu kuat tapi kopi toraja tidak meninggalkan rasa pahit yg cukup lama dimulut seperti kopi2 lain namun ada sedikit rasa asam dalam kopi torana. Ngak percaya ??? Datang dan buktikan sendiri #HayukKeToraja.
Kopi Toraja
Nikmatnya Kopi Toraja & Jus Terong Belanda Menambah Gairah Vitalitas