{Terios7Wonders} Kambira membawa GEMBIRA

Kubur Bayi Tana Toraja
Team #Terios7Wonders Berada Di Kubur Bayi
Kubur Bayi Kambira – Toraja sebagai destinasi ke 4 petualangan #Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” masih menyisahkan 1 tempat yg mesti kita kunjungi sebelum team petualang melanjutkan perjalanan menuju Bulukumba. Dan sebagai kilas balik hidup kita, bahwa kita perna dilahirkan sehat tumbuh dan berkembang dewasa maka kita patut menenggok tempat ini kalo mereka perna juga lahir tapi tak beruntung untuk berumur panjang.
Baby Grave Kambira Toraja
Numpang-Numpang Narsis Eksis
Yap ... kami mengunjungi kubur bayi di Desa Kambira, Kecamatan Sanggala, Kabupaten Tana Toraja. Kubur bayi ini berada di dalam Pohon Tarra (rada2 mirip beringin) yang di yakini mengandung getah putih yg sangat banyak, sehingga niscaya dipercaya pohon ini sebagai ibu penganti dari para bayi yg meninggal itu, karena getah putih yg dikeluarkan oleh pohon tarra dianggap sebagai penganti susu ibu.

Proses pemakanan macam ini dianut oleh masyarakat toraja yg masih menganut kepercayaan “Allu Todolo” saat nasrani blm masuk ke toraja dan terakhir pemakaman bayi dipohon tarra ini terjadi sekitar th 1960an. Proses pemakamannya pun cukup simple yaitu batang pohon tara di lubangi sesuai ukuran bayi dan mayat bayi dimasukan ke dalam lubang tersebut dengan posisi muka bayi membelakangin rumah orang tua nya, agar sibayi tidak selalu bersedih melihat keluarga nya dan juga saat setelah pemakaman maka keluarga bayi tidak boleh menoleh ke pohon tsb.
Pohon Tarra Toraja
Pohon Tarra & Lubang2 Bayi Yang Tertutup Ijuk
Lubang bayi kemudian ditutup dengan tali ijuk dari pohon enau, dan setelah 20 th maka lubang tersebut akan tertutup kembali dengan kulit pohon sehingga diyakini bahwa bayi tersebut sudah menyatu dengan sang ibu. Oh yaa hanya bayi yg belum tumbuh gigi yg boleh dikubur di pohon tarra karna dianggap masih suci. Dan semakin tinggi posisi kubur bayi di pohon tarra maka semakin tinggi strata sosial keluarga sang bayi tsb.

Banyak kejadian2 unik menurut guide yg mengantar kita, kalo pohon bayi ini mengandung magic atau apalah itu namanya #terjemahinSendiri. Semisal ada sepasang suami istri dari bone yg blm mempunyai keturunan dimimpiin untuk datang ke kembira dan setelah datang beberapa bulan kemudian sang istri hamil. Trus ada yg ngak bisa berjalan aka lumpuh, waktu sampai di kubur bayi tsb bisa berjalan. Ada juga yg bisu sejak lahir, saat memasuki desa kembira ternyata bisa bicara dan menunjukan arah ke kubur bayi tsb .... 
Masih banyak lagi yg di ceritakan ttg kejadian2 lain tapi Sekali lagi percaya atau tidak percaya tapi itu yg diceritakan oleh guide kami, intinya yaa disyukuri saja dibawah gembira kalo semua itu mmg benar #eeap
Kubur Bayi Kambira Toraja
Lubang2 Bayi Ini Akan Menutup Dengan Sendirinya Setelah 20 th