{Terios7Wonders} disambut sama Pa'Pompang & Pa'Gellu

Terios 7 Wonders
Team Terios 7 Wonders Bareng Adek2 Penari Pa'gellu
Kesenian Khas Toraja – Setiap daerah di Tanah Air Indonesia Tercinta #H4L4H ini pasti punya cara unik untuk menyambut tamu yg datang ke daerahnya, begitu juga Tana Toraja menyambut team #Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” dengan kemeriahan adek2 murid SD Negeri 1 Londa Tana Toraja. Mereka menyajikan pertunjukan musik bambu khas toraja #Pa’Pompang berserta tarian selamat datang #Pa’gellu.
Tana Toraja Sulawesi Selatan
Selamat Datang Di Tana Toraja 
Alat musik bambu yang lebih terkenal dengan sebutan pa’pompang atau banyak yg menyebuh hanya "POMPANG" ini merupakan alat musik tiup yang mengeluarkan bunyi sampai jangkauan 2 ½ oktaf tangga nada. Pa’pompang terbentuk dari perpaduan potongan2 bambu yg berukuran besar dan kecil yg berpengaruh pada nada yg di hasilkan saat di tiup. Bambu yg di pilih adalah bambu tipis serta memiliki ruas yg panjang, mulus, tua dan lurus.
Musik Bambu Pa'Pompang
Pertunjukan Musik Bambu "Pa'Pompang"
Setiap kelompok Pa’pompang biasanya terdiri dari 20-35 orang termasuk peniup seruling, di zaman yg sudah modern ini biasanya pa’pompang di padukan dengan terompet, saksofon, piano ataupun organ. Pertunjukan musik pa’pompang kebanyakan di pergunakan sebagai musik kebaktian dalam gereja tp juga sering di pentaskan dalam acara kawinan dll. Lagu yg dibawakannya pun bervariasi mulai lagu daerah, lagu pop, lagu dangdut, lagu rohani dan semua itu disesuaikan dengan acara nya.

Sedangkan tarian pagellu dipertunjukan untuk mengexpresikan rasa suka cita kegembiraan dengan 12 gerak langkah dasar yang masing2 memiliki makna teologis dan spiritual. Sejujurnya dan sebenarnya tarian pagellu melambangkan acara penyambutan para tentara atau pahlawan yg kembali dari medan perang dan membawa kemenangan. Tapi sekarang tarian ini sering di pertunjukan pada upacara pesta, syukuran di musim panen atau bakhan menyambut tamu.
Tari Pa'Gellu Tana Toraja
Tarian Pa'Gellu Untuk Menyambut Tentara Dari Medan Perang Dengan Membawa Kemenangan
Tarian ini biasanya dibawakan oleh para remaja dan diiringin tabuhan gendang yg dimainkan oleh 4 remaja pria. Para penari mengunakan busana serta aksesoris berbahan emas dan perak seperti keris emas, kandaure, sa’pi’, tali tarrung. Oh yaa knp emas ??? karna dengan emas menunjukan tingkat sosial sang penari atau tamu yg disambut. Yang seru lagi, para penari ini biasanya disawer oleh para penonton dengan menyelipkan uang di bando rambut nya.

#Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” menyingkap 7 destinasi wisata yg selama ini jarang dilirik masyarakat umum. Pa’pampong dan Pa’gellu salah satu nya kesenian yg menjadi bagian dari #Terios7Wonders harus terus kita lestarikan, meregenerasi aka mengajarkan pada adik2 kita untuk mencintai budayanya, biar tidak hilang tergerus zaman ... Maju terus KESENIAN INDONESIA.