{Terios7Wonders} Arti Persahabatan Dari Tarian LULO

Tari Lulo Suku Tolaki Sulawesi Tenggara
Merapat Berpegangan Tangan Melambangkan Persahabatan & Persatuan
Tari Lulo Suku Tolaki – Perjalanan #Terios7Wonders memasuki etape 6 setelah 8 hari melakukan perjalanan darat mulai dari Manado – Gorontalo – Palu – Mamuju – Majene – Pare2 – Toraja – Bulukumba – Bone – Kolaka (Bone Kolaka di tempuh 9 jam perjalanan laut mengunakan kapal Ferry ASDP) dan sampailah kita akhirnya di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Dan tak lengkap kalo kedatangan team petualang ini tak disambut dengan kesenian khas Suku Tolaki ....What Tolak Laki ???? Upsss jangan salah arti hehehe.
Terios 7 Wonders Berada di Bone
Team #Terios7Wonders Berada di Pelabuhan Kota Bone
Untuk Menyebrang Selama 9 Jam Menuju Kolaka Trus Lanjut Kendari
Suku Tolaki adalah suku asli kendari meskipun di kendari juga bermukim suku Muna, Bugis-Makassar, Buton, Monorene dll. Persinggahan kami selama 2 hari di kota kendari disambut dengan Tarian Lulo atau Malulo yg melambangkan sebuah “Persahabatan” yg mencerminkan bahwa masyarakat tolaki adalah masyarakat cinta damai mengutamakan persahabatan & persatuan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Sama hal nya dengan perjalanan #Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” sebagai sahabat petualang yg sangat nyaman dikendarai, berbagi dengan sesama dan mengali kebudayaan demi melestarikan persatuan bangsa #eeap.
Suku Tolaki Kendari
Cantiknya Gadis Suku Tolaki
Tari Lulo Kendari
Team #Terios7Wonder Belajar Menari Lulo Bersama Penari2 















Di kota kendari, team #terios7wonders singgah di sanggar tari “Studio 28  Management”  berlokasi di Komplek Taman Budaya Kendari. Sanggar ini sudah berdiri dari th 1981 dan beranggotakan sekitar 120an penari. Dan khusus mengajarkan tarian2 tradisional khas sulawesi tenggara & murid dididiknya mulai dari berbagai umur mulai SD – Mahasiswa. Mereka antusias belajar menari tradisional karna mereka merasa bertanggung jawab akan kelestarian budaya mereka #Salut. Dan kamipun team #Terios7Wonders ngak mau kalah untuk ikutan belajar menari bersama mereka.
Gerakan Tari Lulo Dimulai Dari Lambat Trus Makin Lama Makin Cepat Dan Tetap Berpegangan Tangan
Biasanya Tamu2 Juga Ikut Menari Sehingga Semakin Panjang Tarian Lulo Ini
Tari Malulo atau Lulo awalnya di lakukan pada upacara2 Adat Tolaki seperti Pernikahan, Pesta Panen Raya, Pelantikan Raja. Sekarang tarian lulo yg biasanya selalu diiringin dengan alat musik gong, sudah menjadi milik masyarakat kendari seutuhnya. Setiap ada acara apapun di masyarakat kendari selalu di lakukan tarian ini sebagai pembuka. Dan siapapun boleh melakukan tarian ini tidak melihat jenis kelamin atau umur. Yang terpenting saat menari adalah posisi saat bergandengan tangan, posisi telapat tangan pria dibawah menopang tangan wanita. Posisi ini melambangkan dari kedudukan, peran serta etika pria & wanita dalam kehidupan sehari2 
Musik Penggiring Tari Lulo Harus Ada 2 Gong
Diiringin Musik Tradisional Dengan 2 Gong
Dan bagi kalangan muda, tarian lulo dianggap sebagai ajang mencari jodoh #Eaap yang jomblo silahkan melipir ke acara2 kota kendari hua hua hua. Eh tarian lulo ini diawali dengan gerak lambat santun bersahaja dan semakin lama gerakannya akan semakin cepat bersemangat menguras energi. Gerakan kaki nya seperti sedang menginjak2 gabah padi karna konon kata nya tarian ini didasarkan dari gotong royong saat panen padi. Seperti pepatah masyarakat Tolaki "Samaturu, Medulu Ronga Mepokoaso" yang artinya Masyarakat menjalani perannya selalu bersatu, bekerja sama, saling tolong menolong dan bantu membantu.