Beraneka PINDANG di Sri Melayu

Pindang Udang ... Yummy Makjleb Endess
RM. Sri Melayu Palembang – Akhirnya Rombongan Team Jelajah Kuliner Daihatsu singgah di RM. Sri Melayu yang sudah sangat terkenal seantero palembang, banyak banget pejabat + pengusaha ataupun wisatawan yg selalu menyempatkan mampir ke rumah makan ini bila ke palembang. Mencicipi lezat nya masakan PINDANG yang menjadi masakan khas utama palembang, dan disini pindang bukan hanya ikan patin tapi banyak banget pilihan lain nya.
Selamat Datang di RM. Sri Melayu
Rombongan Jelajah Kuliner Daihatsu
RM. Sri Melayu ini sudah berdiri sejak awal tahun 2000 an, didirikan oleh Pak H. Ismail Umar yg terispirasi dengan restoran yg ada di malaysia waktu beliau berkunjung kesana, menempati lahan seluas 1 heaktar dengan suasana yg sangat nyaman rindang penuh pepohonan dan kolam ikan. Luasnya tempat ini jadi ngak perlu ngantri coz bisa langsung duduk dan pelayanan nya juga cepet banget jadi ngak usah menunggu lama kalo mmg kita dah kelaparan hehehe.
Tempatnya Nyaman, Teduh & Luas
Mas Cumi Nongkrong di Dapur
Pindang menjadi menu utama di rumah makan ini, btw kalian tau pindang ??? Pindang ini olehan lauk semisal udang, daging atau ikan yg disajiakan dengan kuah panas asam, manis, pedas mirip tomyam dari thailand. Tapi yg paling terkenal di palembang yaitu pindang ikan patin. Tapi di RM Sri Melayu ada Pindang Udang, Pindang Ikan, Pindang Belido, Pindang Udang, Pindang Salai, Pindang Tulang, Pindang Baung.
Pindang Kepala Ikan Rp. 10k/ons
Berbagai Macam Sambel & Pelengkap 












Penyajian makanan di Sri Melayu ini mirip banget seperti di RM Minang asal padang sana, jadi semua makanan disajikan di atas meja tinggal comot aja tapi jangan lupa bayar yeee. Kecuali menu utama macam pindang ini yg mesti di pesen, baru akan disajikan. Pindang biasanya disajiakan dengan sambal buah + lalapan yang di rebus, trus minum nya pake jus buah dingin pasti menambah mantap.
Pepes Ikan Tempoyak + Lalapan Rp. 25k
Pentul (Sate Ikan) ... Terbuat dari Ikan + Parutan Pepaya Muda Rp. 6k/tusuk
Selain pindang ini, disini juga ada ikan seluang goreng yg merupakan ikan khas sungai musi yg bentuk nya mirip ikan teri. Trus ada Pepes Tempoyak yaitu pepes ikan dengan campuran serbuk durian, ada juga udang goreng dll. Soal rasa menurut rekan2 media yg ikut jelajah kuliner daihatsu ini, lumayan enak, maknyuss dan sedap, gw sempet nyicipin dikit2 untuk Pepes Tempoyak nya agak aneh karena mungkin gw ngak doyan durian yaaa.
Mau ??? Langsung Dech Ke Sri Melayu
Ikan Seluang nya hampir mirip ikan teri rasa nya tawar cuman agak keras, Kuah Pindang nya rada pas di lidah asam hangat meskipun kurang pedas tp bisa di tambah sambal sech, trus ikan nya lembut banget. Tapi yg paling JUARA itu UDANG nya bener2 daging nya meleleh nikmat nya hehehe. Secara keseluruhan ENAK meskipun secara pribadi gw ngak nemuin sreg PLUS PLUS nya ... mungkin lidah gw ngak cocok sama masakan macam begini (Maafin Aku Tuhan).
Pepes Ikan Tapi Mirip Kayak Pepes Tahu

Ikan Seluang Goreng Rp. 20k/porsi
Pindang Baung Rp. 50k/porsi ... Rasanya Cetar
Harga yg di tawarkan juga tidak terlalu mahal berkisar antara 10 ribu – 80 ribu, meskipun yg makan di sini rata2 menengah keatas. Eh hampir disetiap rumah makan di palembang ini selalu menyajikan srikaya sebagai penutup mulut dan disini juga ada srikaya. RM. Sri Melayu ini memiliki cabang juga di jakarta, yaitu di Jl. Veteran Bintaro dan di samping RS. Mintoharjo Benhill. Jadi kalo ngak mau jauh2 ke Palembang, cukup cussss ke bintaro atau benhill. 
Srikaya Jadi Penutup Mulut Rp. 6k/biji
Juss nya Penambah Nikmat ... Segerrrr
Rumah Makan Sri Melayu
Jl. Demang Lebar Daun No. 1
Samping Istana Gubernur
Palembang – Sumatera Selatan
0711 – 420468 / 0711 - 420690

120 comments:

  1. Pindang udangnya bikin netes air liur, pasti puas sekali tuh makan udang segede gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udangnya mmg bikin merangsang nafsu makan, tp digoreng bumbu asem kayaknya jauh lebih enak hahaha trus pake sambel ;-)

      Delete
  2. Kuliner Pindangnya bleh juga tuh..... kirim ya Kang :D


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar kak, nanti dikirim pake doa ;-)

      Delete
  3. Anonymous22:53:00

    Selamat mas cum, akhirnya menang jelajah kuliner daihatsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Alhamdulillah ... semoga menang2 berikutnya ;-)

      Delete
  4. Waoo.. keren.. kulinernya.. jadi pengen nih..
    http://goo.gl/NXhZuL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk di coba kak ... semoga terpuaskan haha

      Delete
  5. Kangen pepes ikan tempoyaknya aku Mas Cum...
    Aku belum pernah makan disana..pdhal aku org Palembang upzzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh orang palembang tho !! Jangan2 jg blm perna pulang kampung hehe

      Delete
  6. Pindang kepala ikan mantap, btw selamat mas cumi jadi pemenang jelajah kuliner daihatsu .. Kapan kita mau makan2 ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak, doain menang lagi dan lagi. Kalo urusan makan2 mah gampang .... wolessss

      Delete
  7. Abis makan di sana langsung naek berapa kilo, Bang? Wkwkwk :D
    Pengen nyobain udangnya. Huhuhu.. Ngiler euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udang ny enak banget, ngak naik lho soal nya niat nya cuman icip2 hahahaha

      Delete
  8. Anonymous10:01:00

    Mas cum, makan sendiri pindang udang besar itu ?? RAKUS hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman nyicip dikit kok hahaha

      Delete
  9. Ini toh yang tadi malem bikin aku gusar susah tidur membayangkan foodgasm si Udang. Nyesel banget dulu waktu di Bintaro ada cabangnya tapi gak pernah mampir sampe akhirnya gak tinggal di sana lagi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... langsung ke palembang aja kakak.

      Delete
  10. Aaaaaa, salah baca tulisan ini pas belum makan siang :\ jadi laperrr -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi makan siang apa kita ??? Eh gw juga ikutan lapar ;-(

      Delete
  11. Wow udangnya besar juga mantap banget + srikaya nya menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg uenak banget dan mengairahkan ;-)

      Delete
  12. Menu-memu yang belum aku coba sebelumnya.... kayaknya wajib coba kalau menyentuh tanah jawa lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini di sumatera lho, kalo di jawa nanti kamu dapat rasa yv KW nya hahaha

      Delete
  13. buset dah bang ini sampe ngiler liatnya, gak sanggup :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilernya di lap yaa jgn ampe bercecer hahaha

      Delete
  14. kalo pindang sih aku jauh lebih suka resto pindang yang dipinggiran, rasanya lebih nampol.. FYI, dari dulu nenekku sering bilang kalo Pindang yang enak itu pindang yang bisa nyembuhin flu. Makanya kalo aku lagi flu aku cari pindang dideket Sungai Musi.. dari bau kuahnya aja udah suegeeer bangeet.. Resto itu emang kebanyakan buat pejabat, pengusaha atau artis. Aku makan disitu kalo ada yang traktir aja.. wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cius bisa nyembuhin flu ?? Apakah hub nya ??? Kmrn kita ngak sempet makan yg di pingir2 jalan. Keluar masuk restoran terus tp sempet ke sarinande sech ;-)

      Delete
  15. Hadew, mas cumi lewat daerah keksaanku kok gak bilang2, gak sopan tau!!
    btw, yng high end it malah ikan belido mas itu yang paling enak..
    agak ralat dikit ya, pepes ikan yang kayak pepes tahu itu nama aslinya "sate ikan", jgn tanya kenapa tp orangpalembang nyebutnya sate ikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh tinggal di palembang tho ??? tau gitu kita bersua. Gw nginep sendirian di novotel yg agak agak bikin parno ngak bisa tidur hahahaha. Sate kok ngak pake di tusuk yaaa ????

      Delete
    2. sampe skrg aku udh nanya byk org n blm ada yg ngasih jawaban yang masuk akal, hehehe

      Delete
    3. Cius jd penasaran ;-(

      Delete
  16. Horee di bintaro veteran ada tapi ga pernah liat, Srikayanya mirip ager2 haha
    baru tau pindan masakan khas dari palembang disangkanya cuman pempek doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kamu cari di veteran ada apa kagak ??? hehehe. Kalo srikaya ini isi nya santan dech bukan agar2. Mpek2 juga asli sana :-)

      Delete
  17. mak, ada jus warna pink gonjreng gitu ya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngak salah yg pink itu jus terong belanda ;-)

      Delete
  18. Ya Tuhaan... I love pindaaaaaaang.... APalagi pindang ikan laut... Sedaaaaaap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindang udang nya uenak banget, kuah ny mantap. Kalo pindang ikan nya daku kurang begitu suka jd ngak nyobain kmrn hehe

      Delete
  19. Selamat mas udah menang lomba, sepertinya event nya seru sekaliii...pulang lgs cek kolesterol yah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak, doain menang2 yg lain hahahaha. Kebetulan ngak kolesterol karna daku diet ketat ;-)

      Delete
  20. waw pengen juga merasakan kuliner RM. Sri Melayu Palembang, kanyaknya menggiurkan tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke palembang kakak .... kita kulineran ;-)

      Delete
  21. lihat fotonya saja, perut langsung nyanyi...hik..hik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan kak ... rawon nguling yuk !!!!

      Delete
  22. cie cie cie keberuntungan banyak berpihak niiii, selamat kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah amien, tumben lw comment nya bener ;-)

      Delete
  23. Anonymous11:22:00

    Enak nian kak cumi, bisa jalan-jalan kuliner. Gratis kah kak cum ??
    Thx
    Dessi Karawang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah gratis jalan bareng Jelajah Kuliner Daihatsu hahaha

      Delete
  24. semuanya enak tapi saya vote untuk udangnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemenangnya mmg udangnya haha .... gw aja masih kebayang nikmatnya ;-)

      Delete
  25. Pepes ikannya menipu ya, kalo dilihat sekilas pasti nyangka pepes tahu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tp disana ternyata nama nya sate ikan, rasa nya sech mmg ada mirip2 ada tahunya ;-)

      Delete
  26. bentar lagi buka bisnis pindang sendiri nih, tuh pose udah cakep dan pas banget hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha udah pantas punya resto yaaa ;-) boleh juga nich dijadiin bisnis tambahan

      Delete
  27. pentul ikannya boleh juga tuh mas :D

    ReplyDelete
  28. Kunjungan pertama kk :D

    siang - siang liat yang begituan (pindang) laperrrrrrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah berkunjung, siang2 mmg enak makan beginian ... segerrrrr

      Delete
  29. selamat yaaa udah menang :)

    makanannya bikin ngacaai ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak .... makanan nya bikin ngak perna bisa berhenti mengunyah ;-)

      Delete
  30. baru nyoba pindang tulang di palembang... sadaap mas... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindang tulang juga enak banget, aku suka pindang udang nya hehehe

      Delete
  31. wah ini sih pelecehan seksual namanya
    selalu repot kalo lama ga pulang dipamerin foto kayak gini
    hihihi sakiiit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pulang dulu hahaha ... enak lho pindang nya ;-)

      Delete
  32. Pantesan lo cetar membahenol yak, makanannya aja begitu. Itu esnya yang merah muda ngejreng kok jadi inget sama payung lo yak hahaha. Ngehitzz ya tetep, meski karena ini semacam fam trip jadi harus agak jaim banget, makanya gak ada acara buka2an aurat hahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hacara buka2an nya tentu ada dong. Nanti episode review hotel novotel nya hahahah

      Delete
  33. keliatannya seger2 ya mas cumi masakan disitu..

    wiskul ae rek mas cumi iki, haha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli fresh dari dapur hahaha ... mumpung ada yg ngajakin nich jd kulineran bareng daihatsu ;-)

      Delete
  34. waduhh kok jauh yooo...palembang hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak mau nya dimana ??? Ntar dikirim hahaha

      Delete
  35. harganya lumyan ya... palembang ini memang kreativ dalam mengolah sebuah makanannya.. klo kesana aja mamapir ke sri melayu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Palembang banyak kuliner yg enak kak ... wajib ke sri melayu kalo udah disana ;-)

      Delete
  36. wah jauh y gan... hanya bisa ngeliyatin dari gambar aja deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak sendiri aja, ambil resep nya dari mbah gugel hehe, sama aja kan ;-)

      Delete
  37. ya ampunnn... surga dunia, makanannya enak2 lho.. tp Jogja jg gx kalah enaknya kok.. sekali2 main ke Jogja juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja juga juara kuliner nya meskipun serba manis hahaha. Ah ... jadi kangen jogja nich !!!!

      Delete
  38. ngilerrrr ama pindang udangnya...akh yang mau ke singapur rek...mentang2 menang haha...by the way selamat dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kata siapa mau ke sing ??? Haha. Mau ikut ?? Yukkkk hahaha

      Delete
  39. Ya Tuha..apkah diet hari ini gagal juga..mengapa Engkau bawa aku ke blog ini :(((((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan diet kakak, semuanya dinikmati aja hahaha

      Delete
  40. Aku sukaaa banget durian, cuma klo diolah bersama makanan ko jadi aneh ya? :D .
    Cumiii aku mendadak laparr baca postinganmu :( . Pengen banget masakan asli Indonesia.
    Setiap kalimat yg ku baca, cuma bisa nelen ludah :))) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak suka durian, bau dikit mual hahaha. Ayo kak masak ... awas ngiler hehe

      Delete
  41. aih..maknuuss banget kulinernya..jadi laper nih mampir kesini...

    ReplyDelete
  42. Liat gambar gambar nya . jadi laper deh saya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamabr nya jgn di makan yaa haha

      Delete
  43. Keluarga ku bnyk yg nikah dgn palembang.jd mknan mrk, pindangnya, tempoyak dll udh ga asing.

    Tp jujurnya g gt doyan kecualiii... Tekwan dan model ;) .itu doang makanan palembang yg aku suka , eh ama empek2 deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kmrn kesana juga icip2 doang kagak makan full, tapi mpek2 nya gw hajar ampe habis dan itu nikmat banget hahahaha

      Delete
  44. Pindang? huweeeeeekkkk... aku trauma om dengan pindang, sejak kecil tiap hari makannya pindang mulu,,, maklum anaknya juragan pindang hahaha...

    tapi beda kali ya pindang itu dan ini,,, ah tetep aja namanya pindang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah pindang di jawa sama pindang palembang beda kakak.

      Kalo palembang, pindang itu nama masakan ;-)

      Delete
  45. Wow..Palembang...salah satu tempat yang senantiasa menjadi destinasi impianku....kuliner dan budayanya yang khas...apalagi membaca artikel ini dan melihat foto-fotonya dari team jelajah kuliner...bikin aku tambah gregetan pingin beneran ke palembang dan ikutan mampir di rm sri melayu...buat mencoba aneka pindang dan jus nya yang aaccchhh gambarnya saja sudah menggiurkan...apalagi kalau melihat aslinya.....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makassar juga juara, bolak balik ke makassar ngak perna bosan. Coto makassar dan seafood nya bikin selalu kembali :-)

      Delete
  46. Papiiiii oleh2nya mana ??? Jd siapa yg ditiduri saat di palembang. Pasti ada korban penuh dosa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh2nya foto aja yaaa hehehe, kebetulan kmrn jadi anak baik jadi cuman 1 korban yg di tiduri hua hua hua hua

      Delete
  47. masakan melayu memang gurih-gurih mantap ya mas. Maknyus pokoknya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ... mirip makanan padang dan aku suka banget ;-)

      Delete
  48. Kelezatan dari sungai Musi dan sekitarnya pindah ke meja.
    Pindang udangnya 'ngawe-awe'....
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindang udang nya bikin amnesia lezat nya ;-)

      Delete
  49. Mau? oh tentu, mas. mau banget, sekalian bungkus yah. *eh. hhaha.
    Pindang Udangnya bikin kalap, haha. jusnya warnanya unyu-unyu sekali, hikhi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ke palembang, nyicipin pindang udang yg juara bingitssss. Jus terong belanda seger banget ;-)

      Delete
  50. Hemmmm makanan sama minumannya menggiurkan ,

    ReplyDelete
  51. gua suka banget makan pindang dan ternyata yang paling enak kayaknya ada di palembang ya..duhh mana penutup mulutnya srikaya ( semoga jadi kaya abis makan ini ya cin heheheh )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo kita kaya beneran yeeee hehehe.

      Delete
  52. Astaga, ada jus terong Belanda yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich, warna nya unyu2 hehehe dan rasa nya juga seger banget

      Delete
  53. Nah ini dia resto favoritku kalau pas lagi ke Palembang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Resto ini mmg nikmat dan jadi langganan para pejabat termasuk kita yaaa haha

      Delete
    2. Berarti kesimpulannya kita juga pejabat dong ya Mas, ha ha ha . . . :D

      Delete
    3. Hmmmm yaaa gitu deh ;-)

      Delete
  54. saya pilih makan sate ikannya saja hehehe, kalau makan pindang berasa eneg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti cobain pindang udang nya lho, uenak banget di jamin ketagihan hehehe

      Delete
  55. wah, kaya mesti nyobain tuh semuanya. Pasti enak-enak banget.


    mantap :)

    ReplyDelete
  56. waaaaaa... ak pernah ke sini jg mas bbrp tahun lalu... makan pindang tulangnya, enaaaakk... tapi giliran liat foto pindang udang upload-anmu, jadi nyesel kenapa dulu ga mesan pindang udang ajaaaaa T.T kayanya enak bingiiitttt... *iler mengalir sampai jauh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi mesti balik lagi dan nyobain pindang udang nye yeeee hahaha

      Delete
  57. OOh, jadi biar dikasih gratisan, harus sering mampir ke dapur ya?
    Makasih tips nya, besok aku maksa masuk ke dapurnya KFC deh. #lhooo, *ditepungin sama si kolonel sanders....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksss kalo KFC aku juga mau gratisan

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com