Kopi Belitung Warisan Tradisi Pekerja China

Foto Bareng di Kedai Kopi Kak Path + Kak Martin
Kedai Kopi Belitung – Tak lengkap rasa nya ke Belitung tanpa mencoba kenikmatan kopi nya itu yang ada dalam benak saya. Karena hampir disetiap sudut jalan pasti kita akan temui warung-warung kopi dan disalah satu kecamatan nya yaitu MANGGAR mendapat julukan “1001 Kedai Kopi” karena saking banyak nya warung kopi disana.
Gorengan Ini, Rasa nya .... Cobain Aja Dech
Gorengan Sebagai Temen Minum Kopi
Dan perjalanan saya muterin Belitung akhir nya lewat juga di kecamatan manggar setelah singgah di Pantai Burung Mandi tapi kami kelupaan kalo mesti cobain kopi nya, dan akhir nya kami mencicipi kenikmatan kopi belitung ini di sebuah daerah bernama Gantung, dimana replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi juga berdiri disana dan juga Gantung ini tempat tinggal Wakil Gubenur Jakarta (AHOK). Kami pikir sama aja, toch model dan penampilan nya begitu juga mirip2 dan juga jarak antara Manggar – Gantung tak lebih dari 7km.
Ini Kak Path Sibuk Bikin Gorengan
Kopi Hitam + Susu => Hmmmm Aku Tak Suka Kopi ;-)
Kami singgah di Warung Pak Martin – Ibu Fatimah atau banyak yg menyebut “Warung Kak Path”. Sebuah warung sederhana di pertigaan kota gantung. Menjual berbagai macam gorengan semisal tempe, tahu, pisang dkk serta tidak lupa kopi belitung yg kata nya nikmat banget. Tapi usut punya usut ternyata Kopi Belitung bukanlah dari tanah belitung dikarenakan kontur dan tektur tanah nya kurang cocok untuk penanaman kopi, sehingga kopi2 ini di datangkan dari lampung dan kebanyakan berupa kopi robusta. 

Tapi kopi nya mendapat sentuhan bumbu2 racikan tradisional dari pemilik warung sehingga cita rasa nya berbeda + nikmat serta cara penyajian nya yg tidak langsung diseduh digelas melainkan dengan di taruh di sebuah saringan semacam kaos kaki trus di tuangin air dan diaduk sehingga air yg menetes tersebut kopi murni.
Setelah Diaduk Jadi Kopi Susu
Foto Bareng Pemilik Warung
Acara mengopi di belitung sendiri sebenar nya berasal dari kebiasaan pekerja timah dari china, mereka sebelum bekerja pasti minum kopi dulu dan ini akhir nya diikutin oleh warga melayu disana. Dan sekarang segelas kopi seharga Rp. 3000 dapat kita nikmati di kedai2 pinggir jalan di temanin cemilan gorengan yang nikmat sambil berbaur antar masyarakat segala lapisan, segala ras dan segala pendidikan ada di warung kopi.

109 comments:

  1. Mantep! Dulu pas aku ke Belitong belum nyobain kedai kopi, dan belum ada juga miniatur SD nya, dan Ahok juga belum beken. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti dirimu berkunjung ke belitung sebelum film laskar plangi yaaa !!!

      Delete
    2. Dulu aku juga kesana sebelum laskar pelangi, masih sepi dan masyarakatnya belum sadar wisata

      Delete
    3. Tahun brp kamu kesana say ??? Kok aku ngak diajak hehe

      Delete
    4. Ih kepo banget jadi orang, mau tahun brp aja suka2 mereka mas cum

      Delete
    5. Lw jadi orang suka nyaut aja yeeee, kayak bensin aja. Noh urusin banjir dirumah lw

      Delete
    6. Sabar mas cum, kebanyakan berantem nanti keriput dan tdk sexy lagi lho Wink3x

      Delete
    7. Gw kurang sabar apa ama bram, dia aja bikin gw darah tinggi. Tapi alhamdulillah ini ngak mengurangi kegantengan + keseksehan ku :-)

      Delete
  2. jadi pengen ke Belitung nih Sob, tapi ngomong-ngomong teman sarapan kopinya apa tuh ? ko kosong ? cuman ngopi saja nih ? he,,he,, he,,,, piss....

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen nya cuman gorengan kakak, tapi gorengan nya enakan yang di jakarta saja hehe

      Delete
    2. Gorengannya mmg kurang nendang & agak keras, mesti belajar dari abang2 dijakarta

      Delete
    3. Hahahaaha ... iya nich kayak nya salah tepung :-( mesti dibikin lebih lembek. Atau mmg selera orang sana seperti itu, suka yang keras2 waks1001x

      Delete
  3. Anonymous10:37:00

    Rasa kopinya sama saja dgn kopi dikampung saya, tapi dibelitung banyak sekali warung kopi tempat bapak2 kumpul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampung nya dimana kakak ??? ajak aku kesana dong. Ada starbuck juga kan ?? ahaha

      Delete
  4. Ngga bisa lagi minum kopi, langsung naik asam lambungnya. Hiks.. :'( Tapi gorengannya bikin ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh asam lambung, kalo aku mmg ngak begitu suka minum kopi. Kecuali cappucino pake es haha

      Delete
  5. sajiannya tradisional banget ya... tiap daerah indonesia punya ke khasan cara nongkrong ngopi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, indonesia mmg kaya akan kekhasan tiap daerah nya dan ini mesti kita lestarian agar tidak tergerus modernisasi :-)

      Delete
  6. Cum di description picturenya ketulis kamu gak suka kopi tapi di artikelnya kok kelihatan kamu memuji kopinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh serius aku ngak suka minum kopi, tulisan ini kan berdasarkan obrolan temen2 yg kmrn minum kopi belitung hahaha

      Delete
    2. Serius cum..? Orang se sekseh kamu gak suka kopi..? XD orang yang suka nongkrong ganteng dannagkring ke mall ngak suka kopi..? Kalau starbuck..?

      Delete
    3. Serius adek manis, daku mmg tak suka kopi. Kalo nongkrong2 paling green tea atau cappucino aja dan itu yg es :-)

      Delete
    4. Modus sekali nih sebut adek manis, pasti ada maunya

      Delete
    5. Padahal lw kan yg pingin gw modusin ????

      Delete
    6. Hahaha saya gak manis... tapi pahit.. saya kan ngak semanis dan se sekseh mas cumi...XD

      Delete
    7. Aduh kamu paham betul kalo akoh sekseh dan manis, alhamdulillah kamu sadar itu yaaa hahaha

      Delete
  7. aku baru baru ini saja bro belajar minum kopi sebelumnya lbh suka teh hijau deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ampe sekarang masih belum bisa nemu nikmat nya ngopi, biasa nya kalo nongkrong2 demen nya pesen green tea :-)

      Delete
  8. Hahaha perasaan kalau jalan-jalan full acara makan2nya ya mas :D .... belum pernah ke belitung nih *ngitung uang didompet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib hukum nya untuk mencicipi kuliner daerah yang di kunjungi hahaha. Eh dari jakarta banyak promo lho tiket ke belitung, ada citilink yang terbang kesana.

      Delete
  9. gorengan rasanya gimana cum???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan gorengan di gresik, jauh lebih mengairahkan. Apalagi kalo di cocol dengan sambel petis nya itu bikin makyussss

      Delete
    2. Pantesan kulitnya item kayak petis weks3x

      Delete
    3. Ini pelecehan terhadap ketua partai cumilebay

      Delete
    4. @Bram : Kurang ajar lw yeee, suka ngak sopan kalo ngomong. Blm perna di gampar pake konti nich anak
      @Jopit : Emberan, mesti di perkosa massal kayak nya tuch bram

      Delete
  10. hummm Kopi manggar...baru denger yaa iyalah la wong belum pernah kesana...ajakin kesana mas cumi...ngk pengin kopinya sih tapi pengin Pantai belitong dengan batu-batu eksotisny,..ihir...bumi laskar pelangi sangat menggoda..ayo mana foto2 pantai laskar pelanginya..suka ma tuh pantai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ke belitung, pantai nya mmg keren2 dan bersih lho. Btw foto laskar pelangi nya dah tayang tuch awal tahun 2013 lalu hahaha. Coba cek aja yaaa :-)

      Delete
  11. kopinya pasti enak banget ya, aku mauu dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa kopi nya biasa aja kok kak, cuman melegenda aja karena banyak nya warung kopi disana

      Delete
  12. Menurut gw, kopinya biasa aja, suer biasa aja. Yang legend di sini sebenernya adalah bukan kopinya, tapi kebiasaan atau budaya minum kopinya. Beda halnya dengan di Aceh, Toraja, dan Flores, di mana daerahnya memang penghasil kopi, dan juga punya tradisi (klo boleh disebut) "kuliner" minuman dari kopi. Jadi lebih terasa "khas"nya kopi daerah tersebut, makanya dikenal kopi Aceh, kopi Toraja, kopi Flores. Orang juga jarang kan denger kopi Belitung. Yang ada mungkin, kopi Manggar, itupun menurut gw, rasanya std alias menurut bahasa Cumi Lebay, standar banget hahaha.

    Ya Allah, gw komennya serius banget. Apa gara2 lagi sakau minum kopi ya? Bukan ding, sakau lihat foto2 astagfirullah aladzim lo kayaknya hahahaha *towel pantat bahenol Cumi* :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener sekali, kebiasaan minum kopi inilah yang jadi ngehitz. Di gresik juga banyak banget warung kopi dan banyak juga yg nongkrong2 ngak jelas tapi gresik ngak punya kopi khusus.

      Kakak ... mulai genit yaaa, colek2 pantat sexy ku ini :-)

      Delete
  13. kak path yang punya sosmed PATH ya? heheheh kakak cum cum i miss u badly ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak path ini selingkuhan nya bakrie hahaha. Aku juga kangen kamyuuuu, kapan kita kemana ???? come to papa sweety :-)

      Delete
  14. nah, biasanya kalo udah ngumpul dengan orang lokal, "aura" belitungnya lebih terasa plus ngopi2 cantik kayak begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, seru banget kalo bisa kumpul dengan warga lokal. Bertukar fikiran ttg hidup itu menambah rasa syukur kita thd Tuhan :-)

      Delete
  15. Anonymous10:33:00

    Kak, kalo dari tanjung pandan ke gantung berapa lama dan apakah ada angkutan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ku cuman 1 - 1,5 jam kalo ngak salah. Angkot pasti ada tp kmrn kita bawa mobil sendiri

      Delete
  16. kopi sambil ditemani getuk enak sepertinya, kalau saya sih jarang dan cenderung menghindari kopi ..hehehe aneh ya saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kak, aku juga jarang banget ngopi. belum tentu sebulan sekali :-)

      Delete
  17. kopi dan segala rasa unik di dalamnya menimbulkan candu ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harsu nya mmg begitu, tapi daku kurang begitu bisa menikmati kopi hahaha

      Delete
  18. Sebagai penggemar kopi susu patutlah dicoba jika berkunjung ke Belitong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera merapat kak, mumpung belitung belum pindah ke malaysia #Halah

      Delete
  19. kalo makanan enakan di Bangka deh, pempeknya dahsyat..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krupuk nya juga mantap banget jadi kangen ah

      Delete
  20. Pada beli kopi mentahnya buat bawa pulang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senja ama yanni seinget gw beli tuch tapi enakan kopi toraja yg kita beli kapan lalu :-)

      Delete
  21. pengen kopi darat bukan kopi belitung sama de' bram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di roger roger ganti ... lw nyesel ntar ketemuan ama bram, makin jengkelin

      Delete
  22. Slurppp jadi kepingin seruput kopinya... Btw kedai kopinya banyak tersebar di pinggir jalan kota Belitung ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, banyak banget warung kopi di belitung. Setiap sudut pengkolan pasti nemu warung kopi. Kalo di jakarta kayak lw ketemu indomaret atau alfamart hahaha

      Delete
  23. Kapan ya bisa jalan2 ke Belitung? Ngiler dengan kopinya. Belum pernah ke Belitung tapi dah sering dapat hadiah (kaos) dari teman yang ada di sana. Jadi ingat dengan Belitung:D. Makasih atas kunjungannya. Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh aku mau dong kalo dapat oleh2 nya, lumayan kaos nya mahal2 lho. Paling murah 80 ribuan :-)

      Delete
  24. ngomongin belitung mau tau mau jadi ingat dengan Ikal dan kawan-kawannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... Dan belitung juga selalu identik dengan mercusuar lengkuas nya :-)

      Delete
  25. Memang asyik mas nongkrong di warung kopi. Santai banget dan relatif bebas. Ada banyak ide-ide segar yang bisa didapat kalau ngobrol sama teman-teman di warung kopi, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Obrolan dengan warga lokal inilah yg paling gw demen, saling belajar kearifan masing2 dan bisa bertukar fikiran :-)

      Delete
  26. kopi manggar emang tenar kok
    sayangnya aku belum pernah nyobain :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bisa bilang enak tapi blm nyobain itu ngerasa nya bagaimana ??? hahaha

      Delete
  27. Wah asyik bisa jalan2 sambil minum kopi.. penasaran juga kopinya gimana ya rasanya.. pastinya sih WOW..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serung nya sech nongkrong2 nya, kalo kopi nya biasa aja menurut temen2 gw :-(

      Delete
  28. waktu dulu ke Belitung malah ngga sempet nyobain kopi.. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus kamu nyobain apa nya ?? Pasti kamu menggoda ibu2 penjual kopi nya yaa hahaha

      Delete
  29. Pertama kali berani minum kopi asli (yg bukan kopi instan) ya di Belitong ini. Ternyata enak dan ketagihan, apalagi cemilannya telur ayam kampung rebus setengah mateng dikasih kecap asin & lada, nyam nyam. Duh jadi lapar hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah ngak begitu bisa menikmati seni minum kopi haha, Telur setengah mateng bikin gw mual, bau nya amis. Bener ngak ???

      Delete
  30. "Tapi kopi nya mendapat sentuhan bumbu2 racikan tradisional dari pemilik warung sehingga cita rasa nya berbeda + nikmat serta cara penyajian nya yg tidak langsung diseduh digelas melainkan dengan di taruh di sebuah saringan semacam kaos kaki" <-- Mas cumiiii, tdnya aku udah tertarik pgn coba ni kopi, tp knpa pas baca bagian 'kaos kaki' jd ilfil ya...hahahahahah ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kaos kaki nya bersih kok kak, bukan bekas pake :-*

      Delete
  31. Kopi... jadi inget (alm) nenek. Kalo silaturrahim ke rumahnya itu pasti dibikinin kopi plus susu yang diaduk. Jadi deh kopi susu :-D (Bukan kopi susu masa kini yang siap saji)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget yg suka kopi susu yaaa, di kasih rokok juga ngak ama nenek ??? hahahaha. Biasa nya kan gandengannya kopi itu rokok xixixiix #melipir

      Delete
  32. Bukan gw yg beli kopinya cum....senja unik dll scara gw juga ga suka kopi demennya maccha latte....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bukan lw yeee, sorry kelupaan. Btw kapan kita ber maccha ria ??? sekalian nyushi :-)

      Delete
  33. disana harga kopinya masih murah mas Cum..ngak kayak di st*rbuck cs hahaha...kopi asli lagi..mantab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kata temen gw sech lumayan, seinget gw yaaa 1/2 kg nya 30 ribu. Yaa kalo ama starbucks yaa beda banget dong :-)

      Delete
    2. suasana beda...
      Apalagi yang ngelayanin BEDA jauuuh wkwkwkwk

      Delete
    3. Yang ngelayanin kalo di belitung ini ibu2 sekseh kalo di di starbuck keliatan kinyis2 masih unyu2 hahaha

      Delete
  34. Bukan kaos kaki kali, tapi stocking! Ahahaha....
    Tapi justru di "situ" letak cita rasa lezatnya makanan pinggiran. LOL

    "Makanan kaki lima selalu lebih enak daripada bintang lima"

    "Leave nothing but footprints. Take nothing but pictures. Kill nothing but time"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali kalo kaki lima lebih enak dari bintang lima, sekarang juga yg ada di bintang 5 suka ada di kaki lima hahaha

      Delete
  35. Kalau ngopi di Belitong, yang enak jangan keburu-buru. Jadi sekalian ngobrol ngalor ngidul gak keruan. Begitu pamitan, eh tahu-tahu hari sudah sore, ha ha ha . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nongkrong kelamaan kita nya ngak ada waktu hahaha, kan harus merapat ketempat lain juga :-)

      Delete
  36. kopii kopi, mana kopi...
    #coffeeaddict
    disana kopi itemnya disebut kopi O gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi nya silahkan tuan :-)

      Delete
  37. secangkir kopi cuma Rp 3000, lumayan murah tu
    terima kasih dah share kopi belitung ini ya

    ReplyDelete
  38. kopi susu 3000? wuidih itu skm kan mahal tralala..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal di tiket ke belitung nya kak hahaha

      Delete
  39. Ngooooobrol di Warung Kopi. . . he he he. . . Jadi inget Warkop DKI sama Tetralogi Laskar Pelangi. Loh kok? he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Warkop mmg melegenda, sampai detik ini susah di lupakan hahaha

      Delete
  40. alangkah nikmat dan syahdunya tatkala melepas penat di warung kopi ini, begitu indah

    ReplyDelete
  41. Wah kopi Manggar salah satu yg aku buru pas ke Belitung thn lalu... Wangi n nendang bgt rasanya kl gorengannya ttp enak yg di Jawa hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang begitu suka kopi jd ngak bisa membedakan rasa enak nya kopi dari tiap daerah ;-(

      Delete
  42. Om Cumi, murah banget kopinya tiga ribu perak :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di daerah harga kopi di warung2 begini mmg murah kak

      Delete
  43. ini tek kedai kakaknye papa saye (mak long fat), tapi la lamak dak bejumpe kan die..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk lah berjumpa lagi dengan kak fat hehehe

      Delete
  44. Pengen banget ke Belitung, belom kesampean. Apalagi ada 1001 kedai kopi, mauuu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti nyobain ngopi di belitung, rasa nya sedap2 ngakjelas hahahah

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com