Konro Kuda "BINAL" di JENEPONTO

Racikan Konro Kuda Beneran Bikin "BINAL"
Konro Kuda Warung Turatea – Kuliner wajib kalo merapat di makassar aka sulawesi selatan pasti nya berupa coto atau konro, dan apa jadi nya kalo kalo gw ke Jeneponto Sulawesi Selatan yang terkenal dengan “KUDA”. Btw sejak jaman nenek moyang masih gigit besi, KUDA Jeneponto ini dah melegenda ketangguhan, kejantanan serta kekuatan nya
Sampai2 begitu kita memasuki Kota Bontosunggu yang merupakan ibukota dari Kabupaten Jeneponto akan kita lihat patung kuda berdiri dengan gagah + "BINAL" nya di tengah kota dan dijadikan simbol Kabupaten Jeneponto.
Warung Konro Turatea
Konro Kuda 


Penduduk Jeneponto ini doyan banget makan daging kuda yang kalo di rasa2 lebih manis dibandingkan daging sapi atau kambing. Eh kuda-kuda di jeneponto banyak kita jumpai berkeliaran di sepanjang jalan disana, kalo selama ini orang ternak biasa nya sapi, kambing maka di jeneponto ternak nya pasti KUDA. Nah karena itu rasa nya wajib hukum nya buat Mas Cumi yang tampan ini untuk mencicipi coto atau konro dari olahan kuda jeneponto. Berdasarkan gosip yang beredar kalo ada Konro Kuda yang sangat terkenal di Jeneponto, yaitu di “Warung Konro Kuda Turatea”.
1 Porsi Konro Kuda, Hanya Rp. 23.000,-
Akhir nya sepulang perjalanan dari Tanjung Bira, rombongan gw singgah sejenak menikmati conro kuda + coto kuda khas jeneponto. Dan Warung Turatea ini sangat terkenal, banyak pejabat, artis, pengusaha dan bahkan anak bupati gresik pun #lebay juga singgah mencicipi kelezatan cita rasa warung ini. Eh kalo mau tau apa beda soto dengan coto + konro ???? bisa baca di http://ceritakulinerindonesia.blogspot.com/2013/01/soto-eh-coto-apa-bedanya-ya.html
Ditaburi Daun Bawang

Kuah nya Berwarna Coklat Mirip Rawon











Warung nya sech bentuk nya kalo boleh jujur yaa standart perwarungan lah, pokok nya ENGGAK sebanding dengan nama nya yang sudah melegenda, secara nich warung udah 25 tahun berdiri. Tapi rasa nya JUARA BANGET MELELEH nikmat nya, cukup dengan harga Rp. 23.000,- sudah dapat 1 mangkok konro kuda + nasi dan nasi nya pun bisa nambah gratis. Jangan lupa kalo makan konro atau coto wajib dengan sambal dan perasan jeruk nipis, biar rasa nya makin merangsang, menggoda dan mem "BINAL". Tetesan kuah nya yang berwarna coklah keruh berbumbu rempah rada mirip rawon surabaya tapi  konro tanpa kluwek.
Coto Kuda ... Sumpah Jebret MakJleb 

Mas Cumi Bisa Binal Setelah Ini













Daging kuda ini empuk banget yang rasa nya mirip2 daging sapi, jadi kalo orang awam mencicipi pasti susah membedakan nya, tapi khasiat daging kuda ini bener2 bikin “BINAL” karena berdasarkan perilmuan nich daging kuda bisa menambah VITALITAS SEXUAL makin garang, jalang dan tentu saja binal, omg .... pantesan saja setelah makan Konro Kuda ini, gw langsung ON pinggin tidur #SalahFokus. Selain itu khasiat daging kuda juga bisa menyembuhkan  pegal linu, rematik, penyakit pernafasan, epilepsy, menurunkan kadar gula dll.
Minyak Rebusan Daging Kuda
Bisa Menyembuhkan Tetanus
Warung Konro Kuda Turatea
Jl. Balang Loe Binamo
Jeneponto, Sulawesi Selatan
082345637343

73 comments:

  1. Si cumi jiwanya mmg sudah binal, ditambah makan daging kuda makin makin binal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun binal tapi selalu di rindu kan ??? Ayo ngaku .....

      Delete
  2. daging kuda tuh sehat emang diantara daging lainnya, harganya pun lumayan lbh mahal kan, aku sering bikin steak horse di rumah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steak kuda mantap banget, dijakarta kayak nya blm ada deh.

      Temen ku kmrn ada beberapa yg ngak mau makan, alasan nya ngak tega ;-)

      Delete
  3. bikin ngiler, harganya terjangkau juga ya ? bisa pesan antar kagak ya ?. Sumpah pengen nih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bisa pesen anter aku juga mau ah #Lho btw sumpah enak banget, kuah nya seger berempah. Ditambah jeruk nipis + sambel jadi makin horny ;-)

      Delete
  4. Anonymous11:06:00

    Mas cum, enakan mana daging kuda sama daging rusa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan perna juga makan daging rusa waktu di sumbawa dan rasa nya juga enak banget lembut, susah ngebandingkan nya. Yang pasti semua nya enak kalo gratissss hahaha

      Delete
  5. aaahhh...semakin menyesal dan kurang binal setelah baca tulisan ini...:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha .... Ikut kita nongkrong2 + Ngopi2 sexy di ranu kumbolo aja yuk, semua dah disipain. Tinggal bawa baju doang, Kebetulan itu bawa koki jebolan master chef jadi mau BBQ an di sana

      Delete
  6. Kuahnya enaaaak..dagingnya empuk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokok nya JUARA MERANGSANG + Harga nya murah :)

      Delete
  7. Harusnya dibawa ke pulau tinabo neh biar tambah binal divingnya...haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu nanti kasihan baby shark nya di tinabo, bisa kita embat semua saking binal nya kita hahaha

      Delete
  8. di Jakarta ada gak yah ?? pengen binal juga #eehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan mas Ari binal.... :))

      Delete
    2. Di jakarta ada nya Konro Daeng Tata yg di tebet itu tapi itupun daging sapi, kalo daging kuda kayak nya belum ada.
      @ivan : Yang binal2 itu asyik banget, mengoda dan mengairahkan :)

      Delete
    3. iya Van, nampaknya aku perlu belajar binal sama dirimu... tapi mas cumi nampak lebih binal.. wakakakaka

      Delete
    4. Ahhhh .... aku dah tobat, sekarang jadi ustadz bersorban :)

      Delete
  9. Wah menambah vitalitas ya... huooo... aku sih ngerasanya udah sangat perkasa ya... hahaha *dipentung :P

    aku waktu itu makan daging kuda mentah di jepang dan rasanya enak... jadi penasaran coba yg ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh serius daging kuda mentah ???? apa yg kau rasa ??? Bukan peler kuda kan yg di makan atau malah di jilatin ??? #ABSURD

      Delete
  10. Daging yang menempel di konro nya terasa empuk yummy, eh cum kemarin kan lw 2 mangkok yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas cumi ini mmg serakah, makan saja sampai 2 mangkok waks3x

      Delete
    2. iya bener, daging nya empuk banget yg menempel dengan tulang nya dan 2 mangkok itu karena ngabisin punya desi yaaa, setelah itu kenyang bego ngantuk :-)

      Delete
  11. hmmm...pengen nyoba tapi...ga berani hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama persis kayak daging sapi kok, cius kagak pake boong hehe

      Delete
  12. gw aja geli ngbayangin daging kuda dimakan...
    mendingan makan tempe dah...
    di sana ada coto tempe ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan daging kuda lho di bandingkan tempe hahaha

      Delete
  13. Daging kuda gak alot ya kalo dimakan? Penasaran aku pengen nyobanya, sapa tau habis makan bisa jadi "binal" juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daging nya empuk kok, enak gilaaaa. Dan dijamin pasti binal mengairahkan hahaha

      Delete
  14. Wuiiih.... manfaatnya daging kudanya mantap.... Boleh juga nih dimakan sebelum malam pertama, haha....

    Saya belum pernah makan daging kuda. Masih asing soalnya, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo malam pertama berarti buka dikit jossss haha.

      Ini gw juga pertama kali nyobain, terasa seger di badan.

      Delete
  15. buset kata2 binlanya di ulang2... bikin tante2 yg di ujung sana jadi gerah wjaakakkakakakkakak , sumpah ngiler

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gerah buka baju aja tante hahaha. Yuk di goyang .....

      Delete
  16. Lezatos...XD kalau ke Makassar coba juga Konro bakar karebosi mas cum.. Maknyus..(y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karebosi dah bosen hahaha, dijakarta juga ada. Kita cari yg di jakarta ngak ada hahaha. Kalo ternate apa kuliner wajib nya ???

      Delete
    2. Haha kalau di Ternate sih makanan olahan dari sagu... biasanya sih Papeda dan gohu ikan

      Delete
    3. Oh papeda ada di ternate juga yaaa, aku pikir papua doang. Btw tunggu kedatangan ku di ternate yaaa haha

      Delete
  17. Kak Cum, waktu pertama mau nyoba geli-geli gitu ga? kuda gituuuuuloohh..
    penasaran banget jadinya x))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku kagak, langsung aja di hajar karna niat nya biar binal haha.
      Temen ku mau makan, mikir bolak balik dan setelah melewati pergulatan batin yg panjang akhir nya di makan juga hehe

      Delete
  18. Aku yang pingin makan sate kuda ampe sekarang belum keturutan...ada satu jam 7 malam pasti udah amblas...karena kayanya dia satu-satunya. Enak ya katanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sate kuda dimana ?? Di jeneponto juga ??? Kalo gw tau nya di lembang ada kalo ngak salah ;-)

      Delete
  19. Walah? Sate kuda? Alot gak ya kira-kira kalau di gigiku yang sudah uzur ini hehehe... Secara body kuda itu otot semua....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak alot kok mbakyu, daging nya empuk nikmat :)

      Delete
  20. Mas, beli minyak kudanya itu ?? olesin di "anu" nya, biar makin binal he3x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih lw rada2 error juga yeee, sarap lw muncul yeeee xuxixix

      Delete
  21. hoooh, baik dimakan buat yang lagi hanimun ya mas hahaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow pasti hot hot hot dan binal di ranjang ;-?

      Delete
  22. br nyobain abonnya doang, blm pernah ngerasain yg dimsak bginian,
    kliatannya enak mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uenak Buanget Cius hahaha, ayo dong di ulas di blog nya ttg daging kuda ini, penasaran akan dikau jadikan apa ???? hahaha

      Delete
  23. konro emang pake rawon, jadi kuahnya pun hitam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh pantes rada2 mirip gitu, berarti pake kluwek yaaa

      Delete
  24. itu minyak kuda berapa sebotol gitu? enak buat tumistumis tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn kita di kasih gratisssss, tapi kalo beli 20ribu untuk 1 botol nya

      Delete
  25. Aku mau di binalin, udah gatel papi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh nich anak jiwa nya jablay banget, cocok ama bram tursad

      Delete
  26. Gw makan 2 mangkok dapat diskon seribu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw diskon kacang 4 bungkus. Kalo lw mah kagak kaget makan 2 mangkok xixixi secara makan indomie aja bisa 3 porsi #perutkarung

      Delete
  27. Aku tdk tega makan nya tapi lapar, untung perutnya cumi masih muat. Hajar terus mas cum....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Kalo gw hajar aja yg penting enak ;-) tp kenyang juga makan 2 mangkok

      Delete
  28. dari dulu aku slalu penasaran ama daging kuda... Jangan jauh-jauh dulu ke makasaar deh mas.. Di jkt ada menu yg pake daging kuda, yang pernah kamu coba ga? Selera mu oke nih soalnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya di lembang ada deh, trus cipanas cianjur itu juga ada tp aku lupa nama nya.

      Delete
  29. kau memang lelaki binal hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kau sangat tau akan kebinalan ku, ngak usah di ragukan lagi kan ?? Hehehe

      Delete
  30. aseeek!!! cocok lah diberi embel-embel binal. Semoga yang habis menyantap jadi makin binal di ranjang, hahaha. Eh, bagus juga kalau wanita yang habis menyantap ini juga ikut-ikut jadi binal, hahaha. Jangan-jangan, karena kebanyakan daging kuda di Jeneponto, warga di sana jadi binal di ranjang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo semua nya binal nanti jadi pusing :-)

      Delete
  31. Daging kuda seratnya lebih tebal daripada sapi :-)
    Emang bener sih kalau makan daging kuda ntar agak "binal" kwkwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pengalaman nich mkan daging kuda, pasti binal banget hahaha

      Delete
  32. walah, makanan mulu ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makan untuk hidup kak hehehe

      Delete
  33. Aku sering makan ini Mas. Temenku ada yang asli Jeneponto. Sering banget masakin Cotto Kuda yang endeeesss banget. Mas Cum ke Palopo dongs, 8 jam dari Makassar. Siap jadi tour guide nya lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh palopo apa yg menarik ??? kayak nya aku pernah lewat saat dech

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com