Kebesaran Tuhan di TINABO

Panas nya Membara & Merangsang
Pulau Tinabo Takabonerate – Cetar membahana akhir nya merapat juga ke Pulau Tinabo di kawasan Taman Nasional Takabonerate (TN Takabonerate) setelah 14 jam perjalanan dari makassar (5 jam darat + 2 jam laut + 2,5 jam darat + 4,5 jam laut) bisa bayangin kan lama nya ??? Dan itu gw ikhlas & ridho lakuin buat mencari & merasakan serpihan surga atas segala "KEBESARAN TUHAN "di Pulau Tinabo.
Berangkat Ke Tinabo Dari Pelabuhan Pattumbukan Selayar
Pagi ... Selamat Datang di Tinabo
TN Takabonerate di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan mencakup luasan area 530.000 heaktar, dimana 220.000 heaktar merupakan gugusan karang yang tersebar dan berdiri diatas gundukan pasir putih dasar laut, apabila laut surut terendah maka gundukan pasir dan karang ini akan membentuk semacam pulau2 kecil dan kolam2 ikan yang sangat cantik. Btw sekedar info aja kalo TN Takabonerate merupakan gugusan karang terbesar ke 3 di dunia setelah Kwajifein di kepulauan marshall & Suvadiva di kepulauan Maladewa.
Hai Hai Hai Tinabo
Pulau Tinabo di Kawasan Takabonerate
Pulau Tinabo merupakan 1 dari 21 pulau yang masuk di gugusan TN Takabonerate, kedatangan rombongan anak bupati gresik disambut puluhan baby shark yg menari2 dan kalungan bunga karang dari beberapa ikan pari #Lebay dan itu emeeeejing banget karena jam 9 malam kami merapat di tinabo yg kami langsung lihat beberapa genk anak hiu lagi ngerumpi dan deretan ikan pari bersolek + 1 penyu berdansa. Sheilla sontak langsung berteriak mari sop sirip hiu menambah stamina tp makjo alias ibu suri dengan jutek nya bilang “Save Shark yaa nanti Riyanni Djangkaru murka kalo kita makan hiu”.
Kamar Penginapan di Tinabo
Ruang Tengah + Ruang Makan
Di Tinabo (Luas pulau tinabo panjang 1,5 km & lebar 200 meter) hanya ada 1 rumah untuk penginapan yang terdiri dari 3 kamar, kami datang ber 14 jadi cukup lah berdesakan J. Bener2 serasa pulau sendiri karena ngak ada wisatawan lain selain rombongan cumilebay, eh ada beberapa pegawai TN Takabonerate yg bertugas menjaga kawasan ini + mendampingi kita berkeliling ke pulau2 lain + snorkling + diving.
Kami Datang di Temani Panas
Akhir nya Kita di TAKABONERATE
Selama disana kami hanya leyeh2 menikmati indah nya karunia Tuhan, buka kamar langsung pantai berpasir putih dengan lautan yang berwarna warni air nya, mulai dari hijau tosca, biru muda, biru terang trus biru gelap. Jembatan panjang sebagai dermaga jadi point khusus untuk narsis J, di bawah jembatan baby shark + ikan pari selalu menemani. Oh yaa didepan penginapan kita juga bisa bermain kano di temanin anak hiu yg berseliweran mencari mangsa #CIUS.
Snorkling Depan Dermaga

Menyambut Pagi 
Bercengkrama Dengan Baby Shark














Pulau ini memiliki 2 sisi timur dan barat, jadi kita bisa liat sunrise dan sunset dengan hanya membalikan badan tanpa perlu berjalan ke ujung timur atau ujung barat karena pulau ini begitu tipis nya. Ditemani angin semilir2 ngak jelas bikin males buat beraktifitas, paling asyik cuman duduk2 di pasir sambil ngerumpi bercengkrama bukan bersenggama dan di temani kelapa muda.
Laut Surut
Ujung Dermaga


Main Kano Asyik Banget

3 hari kami disana, sempet snorkling dan diving di spot soft koral, seputaran pulau tinanja, pulau rajuni, pulau tinabo kecil dll. Yang bikin gw gemes dan mau murka itu melihat sebagian trumbu karang nya sudah rusak akibat ulah nelayan pencari ikan, rasa nya pingin gw bakar aja tuch orang2 yg memnghancurkan cantik nya karang2 ini. Tapi pegawai TN Takabonerate sekarang lagi giat memberi penyuluhan ke para nelayan ttg penting nya trumbu karang ini dan juga mereka lagi bikin transpalasi trumbu karang.
Santai di Bawah Penginapan
Ah ... Merindu Tinabo



Kelar Jumpalitan di Laut
Dan sumpah pulau tinabo aka TN Takabonerate ini layak banget di kunjungin buat mencari kebahagiaan dan kedamaian. Suasana tenang, pasir putih yang halus, ikan mondar mandir, penyu berseliweran, karang2 berdiri dengan cantik nya, ikan pari lari kiri kanan dan tentu nya bareng teman yg sama2 keren + elegan akan jauh lebih berkesan #prettt.
Membakar Kulit
Santaiiiiiiiiii .....
Mau Tau Keindahan Bawah Laut Takabonerate & Bagaimana Cara Menuju Kesana ??? Cussss Baca di http://www.cumilebay.com/2013/10/tinabo-lelahku-terbayar-dengan-birahi-mu.html

157 comments:

  1. widiihh.. keren abis kayanya pantainya, gaya santai lo juga keren bang, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai nya mmg juara abis, kalo gaya gw ???? jadi malu #KayangKoprol :-)

      Delete
  2. Anonymous01:42:00

    Suka envy sama perjalanan mas cumi, mau gabung tapi susah cuti dan pasti dananya gede yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk gabung lah, cuti bisa di atur trus masalah biaya kan sharing cost jadi bisa murah meriah ngangkang hahaha

      Delete
  3. pantainya putih benerrr top banget
    foto paling atas itu dah kayak iklan saja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasir nya mmg putih bersih dan sangat halus, btw jadi aku dah pantas jadi model iklan yaaa ??? #Kayang xixixix :-)

      Delete
  4. Masya Allah itu Tinabo seperti keluar dari lukisan. Cantik banget foto2nya Mae Cumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinabo mmg keren sekali bunda, asli nya jauh lebih cakep. Betah berlama2 disana, cuman sayang kita hanya 3 hari hehe

      Delete
  5. pulaunya ngajak narsis banget ini
    hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat sangat dan sangat ngajak narsis, sepi bener nich pulau cuman ada rombongan gw doang jadi bebas mau ngapain aja narsis nya hahaha

      Delete
  6. Tinabo... oh seronok dan cantik gitu.. Di daerah makassar.. jauh tapi akan cuba sampai di sana satu hari nanti :D
    ( seksi pulak lu di pantai ya ) hahahhaa.. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera terbang dari Malaysia ke Makassar trus lanjut ke tinabo :-) Omg jadi aku seksi nich ??? hahaha Makasih makasih #Lebay

      Delete
  7. bulan depan ke sini...asyiiiiikkkkkkk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera berangkat, kmrn ada temen ku yg tahun 2011 ikut sail takabonerate tapi akhirnya mengulang join ama gw. Kata nya kembali ke tinabo kali ini lebih menikmati syahdu dan damai nya :-)

      Delete
  8. Perjalanan 24 jam, udara, darat, laut, darat dan laut TERBAYAR kan dengan pasir putih, laut yg kehijauan, langit yang biru, teman2 yg cihui.

    Btw air lautnya ga pliket (lengket) yak! Ini krn tahu air tawarnya yg terbatas atau emang air lautnya yg belum terpolusi yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kangen kalian semuaaaaa #PEYUK, btw ttg air nya yg ngak pliket itu karena garam nya diserap oleh atol kalo kata mbak yanni rachkee hahaha #melipir

      Delete
  9. Anonymous10:53:00

    woww keyenn..cakepp banget...modelnya juga euyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo model nya itu dah cakep dari sono nya :-)

      Delete
  10. kata cumi coment nya asal aja....yang penting coment..hahhahahha. iya cum keren tapi gw ga diajak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lw comment aja pake kata disuruh gw #pretttt. Kan lw dari bali, kata nya ngak punya cuti lagi. Ah kamu suka memutar balikan fakta hahaha

      Delete
  11. Steve Mulyono11:08:00

    boleh juga sih sekali2 liburan... dilihat dari foto2nya mantap juga nih kayaknya kalo liburan kesana, tp lama juga ya 14jam perjalanannya... hiks... tp nanti bisa dipikirkan kembali... hehehe... thanks for the info. #steve

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjalanan mmg panjang dan melelahkan tapi tempat nya bagus banget jadi pasti puas disana nya :-)

      Delete
  12. Mas cumi.... ajaaaak aku kalau ke pantai cantik gituuuu >__<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... kamu kan lagi menyepi di medan :-) pingin ke wakatobi seperti dirimu nich, lagi cek2 pesawat blm dapat upg-bau2 nya

      Delete
    2. huhuuuu boro2 menyepi, disini panas dan berisikkk, takut dimakan orang >__<
      ayook ayook ke wakatobi mas, seru dijamin dech, ga akan nyesel, akika berani sumpah, kudu diving di Tomia

      Delete
    3. Doakan aku, insya allah april depan mau kesana. Bismillah semua nya lancar

      Delete
  13. cakepp banget...modelnya euyy.. Reeeessss....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kamu mengakui kalo aku cakep #pretttt

      Delete
  14. kereeeenn....jd pengen berlibuuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss 8-10 bisa kan ?? pasti bisa yaaaa, biar segera berlibur nyobain alat snorkel yg baru di beli itu xixixiix

      Delete
  15. kereeeeeenn sumpah keren deh.. coba ya pulo itu ga ada yang punya, cuma tintin dan suami saja, berduaaaaa.. bodyguardnya hiuhiu gitu.. keren deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahayyyyy, kalo cuman ber 2an trus lama tinggal disana pasti bosen mbak. Paling enak kalo liburan aja, sisa nya tetep di jakarta ke mall haha :-)

      Delete
  16. mas cum, kok demen banget pake kolor minim gitu..yang lain pake celana pendek loh...duuu duhhh..rada belekan liatnya.....ahahahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh jadi malu, aku mau simple jadi ngak ngak ribet tarik kolor kalo mau nyebur ke laut hahaha

      Delete
  17. Akhirnya impian mas cumi kesampean juga mengunjungi tinabo, setelah ini mau kemana lagi mas cumi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah akhir nya nyampe juga ke tinabo, abis ini mau kemana yaaa ??? mau tau atau mau tau banget #prettt

      Delete
  18. Replies
    1. Mantap sekali mas iyusssss

      Delete
  19. Wahh....
    Pengen sih apalagi ada yg ngajak gratis
    *dilempar karang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mau sekali kalo gratisan #kedip2mata

      Delete
  20. warna airnya cantiiik :D Ajak-ajak saya dong kalau jalan2 mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mbakyu, kita jalan bareng :-) makin rame kan makin asyik

      Delete
  21. Pantainya bagus trus bersih ya :D . Cumi kamu klo jalan2 selalu rombongan?. Beneran tuh 14 jam perjalanan? Sama spt perjalanan kerumah euy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, selalu rame2 karena jauh lebih asyik dan seru + itu semua kita mmg dulu nya kenal di jalan jd semacam travelmate yg borongan hahaha.

      Jarak nya dari makasar mmg jauh, menyebrang 2 pulau dan seriusan paling cepet itu 14 jam bahkan banyak yg lebih dari itu kalo cuaca kurang bersahabat

      Delete
  22. pengen liat hiunya, kalau pergi tak mau ngajak-ngajak nih ? takut dimintain gratisan ya ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiu nya lucu2 lho, sempet jilatin kaki ku dan rasa nya geliga geli geli basah xixi.
      Ayuk sini bergabung bareng anak bupati ;-) jgn minder gitu dong #kabur

      Delete
    2. wowww.....sombongnya :D

      Delete
    3. Eh sombong itu sebagian dari iman lho, btw amin nya kemana yaaa ???

      Delete
    4. Selamat idul adha, smg tak dapat giliran di potong.

      Delete
  23. Papi kok tdk foto aku, pasti papi takut kalah sexy ama aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah ... Kamu kan lagi beresin makan siang di dapur sekaligus ngisi bak mandi.

      Delete
  24. Kapan lagi nih next tripnya ke Takbon??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan takbon lagi dong, melipir tempat lain yaaa. Btw mmg masih punya jatah cuti ??? #ress

      Delete
  25. Asyik amboy bisa bergabung dengan kalian, senang nya bisa join trip ala2 tdk jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trip ala2 alay yeee, jadi mau pilih paket yg mana ??? Reguler atau private ??? #SaltoKayang

      Delete
  26. Pantainya baguuuusss bangeettt...pasirnya lembuuuuttt selembut hatikuuu....#reesss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh dirimu pasti tertimbun pasir yaaa, jadi tau rasa nya selembut pasir #prettt

      Delete
  27. ya ampun iriiii banget..itu pantainya bener2 bagus, sukaaa ama poto2 pantainya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai nya mmg keren banget, kalo foto nya pasti tergantung model nya hahaha. Kalo model nya mas cumi pasti makin mempesona #KibasBuluKetek hahaha

      Delete
  28. mas,kepalamu gak sakit berbantalkan kanooo hahaha. btw...aku penasaran berapa banyak sih bikini di lemari??? trus....trus......omg itu ikan2 di pinggir pantai aja udah banyak yaaa. siriikkkk aku sirikkkkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi eksis, sakit pun di jalani xixix. Kalo masalah bikini, kebetulan di endorse sama renoma, bench, silk string jd banyak stok #Ngikik.

      Dan dipinggir pantai nya itu 30 an baby shark berkeliaran + ikan pari lumayan banyak jadi beneran puas mata memandang.

      Delete
  29. wua... keren...
    aku suka ama penginapannya..
    pake rotan gitu... kayaknya asik...
    ajak aku jalan2 kesini dong mas...

    kalo I'm back for good, aku diajakin jalan2 dong mas... travelmate mu... kayaknya enak2 deh lokasi wisatamu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk sini come to papa, nanti papa ajakin kalo kelayapan sampai lupa pulang ;-)

      Delete
    2. Asikk.... smoga ga cuma omdo ya.... beneran diajakin jalan2... :D

      Delete
    3. Hahahaha ... Yuk nov besok, mau jalan deh. Kapan mau bersua ??

      Delete
  30. wiiiiii ngiri bisa berenang bareng baby nya hiu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kita juga perna berenang ama hiu nya lho di karimun jawa. Coba deh cek postingan ku ttg karimun, pasti kamu makin iri #pamerCONGKAK hahahahaaha ;-)

      Delete
  31. Pantai nya juara... mas cum ke tinabo costnya berapa..?
    Eh kapan-kapan boleh dong gabung sam rombongan mas cum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juara mampus nicj pantai, sampai susah berkata2.
      Kalo masalah biaya sech urusan bagian keuangan, anak bupati tinggal berangkat aja hehe.
      Kalo mau gabung, ayuk aja tp mesti isi form registrasi + bayar biaya member tahunan #SaltoKayang xixixixixi

      Delete
  32. Isshhh kerennn bgtt mascum aslii, kaya yg punya nulis *reeesssss.. ajak akuu dong maass..hihihi..kangen deh liburan sm mascum..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omg kamu selalu sadar kalo aku selalu keren #resss. Ayuk gabung join trip bareng cumilebay

      Delete
    2. Cuma aku doang ya mas yg sadar?? Tragiiss..hihihi.. next trip kmna mas?? Sanghiang yah?!

      Delete
    3. Banyak banget yg bilang tp kan aku ngak boleh sombong xixixi. Sanghiang bawa orang2, yuk cus bergabung ;-)

      Delete
  33. keren...keren....birunya keren....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebesaran Tuhan, mahakarya terindah

      Delete
  34. Warna pasirnya putih banget, kayak serasa di dunia lain... :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh dunia lain nya ntar ada penampakan dong hahaha. Tempat nya mmg Juara ;-)

      Delete
  35. Sungguh luar biasa sepanjang perjalanan malam ditengah laut ditemani ribuan bintang yg cantik2 plus kedamaian pulau takabonarate bikin katagihan lagi... Terima kasih guys :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga kakak sam2, jadi ngak kapok kan jalan ama kita2 ??? Hahaha

      Delete
    2. ga boleh kapok mak cum secara duit 400 ribu melayang buat tiket
      belum deg2annya pas mau terbang pulang
      hahahahahhahah

      Delete
    3. Bukan 400 tapi 700 tuch tiket hahaha, deg2an nya yg mahal :-) jadi lain kali apalin yaaaaa hahaha

      Delete
  36. jadi ini lokasi yang bikin kulitmu eksotis menggoda ;p? warna lautnya aja udah bikin pengen cepet-cepet liburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku betah banget disana, tempat nya beneran nyaman. Trus air laut nya ngak begitu asin + ngak lengket di kulit

      Delete
  37. Replies
    1. Makasih kakak pengantin baru, bulan madu nya dimana ???

      Delete
  38. anjrittt racunnn abisss foto-fotonya :))
    keren ommm cummm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini keong racun semoga kau terkena racun nya dan segera berangkat ke tinabo hehe. Ayo cuss berangkat .....

      Delete
  39. Anonymous02:25:00

    Ini pasti hasil edit2an photo ala Mas Adie Pereuz deh ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh cius ini foto asli tanpa editan macem2. Alam nya udah juara jadi tak perlu pake sentuhan sotoshop ;-)

      Delete
  40. Ga pernah keluar Jawa, dan selalu takjub sama wisata pantai di luar pulau Jawa
    itu airnya jernih benerrrrr... :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi di jawa juga banyak yg bagus lho hehe, ada karimun jawa trus pulau bawean, ada juga kangean.

      Tp mmg sech indonesia timur lebih juara karena jarang tersentuh ;-)

      Delete
  41. eh mas baby sharknya ga gigit kan? serasa pulau pribadi haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baby shark nya cuman jilat2 aja, mereka takut ama beda yg lebih besar seperti kita ini :)
      Bener2 serasa milik kita sendiri, karena mmg ngak ada tamu lain selain rombongan kami

      Delete
  42. Wuhuuuu.. mantap bener ya Tinabo. ditunggu postingan cara sampai ke Tinabo dan foto2 underwear, eh... underwaternya om.. xixixixiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... kamu kangen liat aku pake underwear aja yaaa xixixix, Sabar yaaa lagi meresize foto nya nich :-)

      Delete
  43. katanya uah tobat foto buka bukaan ?? tar masuk inpocemen looh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku berubah pelan2, masih suka ngak tahan liat pasir putih mulus. Bawaan nya langsung pingin telanjang hahaha :-)

      Delete
    2. buahahahahahaha... paling bisa deh kasih alesan mas cumi ini :))

      Delete
    3. Biarkan waktu yg menjawab akan kemantapan hati ku untuk berhijab :-)

      Delete
  44. Perjalanannnya itu lho yang bikin ngiler.. bayangin 14 jam untuk sebuah destinasi, keren banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rame2 bareng sahabat, 14 jam itu tersa cepat dan seru banget. Asal jangan jangan jomblo traveller aja, pasti terasa lama dan menyiksa hahaha

      Delete
  45. Ini nih...tukang jalan yg selalu sukses bikin siriiiik beraaaat...arrrgh hiunya lucu kaya mas cumi :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ada juga yg bilang aku lucu :-) padahal selama ini kebanyakan bilang kalo mas cumi itu keren, cakep, gaul dan anak bupati #melipir

      Delete
  46. Akhirnya cumi berhasil meracuni 13 orang galau yang butuh liburan, tapi sukses disana nya. Jadi mau balik lagi kalo ada kesampatan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak meracuni, cuman mengkompori aja hahaha

      Delete
  47. Fotomu bagus-bagus mas..BTW itu kulit tahan panas banget yah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto nya kerjasama ama model nya jd bagus hahaha #lebay. Kulit ku dah karatan nich kena panas mulu ;-)

      Delete
  48. juara yahhh...gw cuman kebagian ngeliat dari atas pesawat aja nih pulau, someday someday...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku siap mengantarmu kesini kakak, yuk cusss berangkat ;-) btw kalo diliat dari atas pesawat pasti bagus banget yaaa

      Delete
  49. pasir putih dan model topless memang temen deket yah, luar biasa eksisnya :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak jangan sirik begitu dong hahaha, senyum kakak kan paling menawan #pretttt

      Delete
    2. sudah waktunya elo bikin acara giveaway. kayaknya celana dalem lo warna-warni pelangi nan lucu, cocok deh buat gantungan kunci atau topi darurat. yang penting kan warnanya ngejreng mentereng bikin orang jadi eksis di mana2

      *tetep sirik* :'(

      Delete
    3. Kamu harus belajar ikhlas yaaa, jgn sirik mulu.

      Btw aku masih blm pantas bikin giveaway, karna aku kan masih pemula kakak. Blm setenar kakak adieriyanto yg sangat pemes itu #kaburrr

      Delete
  50. Wahhh,.,, indah sekali pemandanganya gann.,
    kapan2 boleh juga ke situu.,
    Kunjungan pertama gan, kalau sempat mampir ke gubug saya yah gan., hhehhe ^,^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir kemari, semoga betah dan sering nginep sini yaaa.

      Ntar aku berkunjung kesana, tunggu aja. Eits jgn lupa siapin makanan yaaaa xixixiix

      Delete
  51. mas cumi suka godain ne.....duhhhh....demen dah kalo gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhhhh #Mendesah aku godain siapa ???? colek aku dong xixixi

      Delete
  52. widih, keren pantainya mas bro
    baru tau kalo di sulawesi ada pantai tinabo, nice info :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk kapan mau nyusul ke tinabo ?? Hahaha

      Delete
  53. ah ke Tinabo< gw pengen bangeeet! ada baby coral sharknya pulaak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap masbro disana, semua ada. Tinggal angkut tuch coral & baby shark nya hahaha

      Delete
  54. What??? 14 jam.....
    Itu klo direct flight udah nyampe amsterdam sono...hahaha
    tp perjalanannya emang worthed kayaknya mas.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha amsterdam i am coming xixix. Perjuangan nya kesana, beneran terbayar dengan pesona nya ;-)

      Delete
  55. gila mas cum fotonya seksi abisss :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn kelamaan mandangin foto sexy ku, nanti kamu bisa jatuh hati dan ngak bisa tidur lho :-) #KecupBasah

      Delete
  56. mas cumi, ku tetep penasaran, itu baby sharknya kalu udah gede ga disitu toh ya? bisa dimakan kita.. terus selalu tetep baby gitu dipiara? ada yang urus bayi hiu disana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi menurut cerita kalo dah gede mereka akan pergi tapi saat melahirkan akan mendekat di tinabo lagi jadi begitu seterus nya

      Delete
  57. Anonymous09:13:00

    wew jorok, "bercengkerama bukan bersenggama" -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jorok2 itu nikmat lho hahaha

      Delete
  58. Asli makassar tapi belum pernah ke Takabonerate
    maunya sih berkunjung, tapi biaya yang tergolong mahal masih jadi kendala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari menabung, yuk kita nabung rame2 buat ke takabonerate hehehe. Wajib lho hukum nya kesana :-)

      Delete
  59. Waw pantainya kereen. Jalan-jalan terus nih mas Cumi :D
    Btw, ga ikutan kontes blog Wonderful Indonesia, mas? 21 Nov ini lho DL nya. Yuk ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngak jalan2 kok, cuman kelayapan ngak betah di rumah hehehe. Btw juga aku mau nya langsung menang aja hehehe. Coba gw melipir ke sana, siapa tau jadi juara :-)

      Delete
    2. Haha...ga ikutan aja mas mah udah menang kok. Nih blognya udah juara banget isinya :D
      Minder baca cerita2 dan liat2 fotonya. Keren abis.

      Delete
    3. Ah ... aku jadi malu #pretttt. Tapi pingin juga ikutan, lumayan hadiah nya ke Toba :-)

      Delete
  60. Takabonerate memang salah satu alasan kenapa Indonesia layak disebut sebagai bongkahan surga dunia. Indah, alami, dan bersih.
    Anyway, ehem, mas hobi banget bikin selca seksi gitu. Hahahaha X))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia mmg kece banget, banyak pesona yang terpendam tp kita juga harus jaga sebagai warisan anak cucu kita kelak.

      Kalo urusan sekseh itu mmg dah melekat di mas cumi hahahaha #kaburr

      Delete
  61. Replies
    1. Knp kakak ??? Kangen yaa ama mas cumi ???

      Delete
  62. Alamak, indah nian ciftaan nya. foto baby shark nya sangat mengundang birahi itu kakak.
    Dulu waktu ke sana, baby shark belum pada lahir. jadi ndak sempat ketemu deh...hiks T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang banget kalo ngak ketemu baby shark nya. Mesti balik lagi kesana hahaha

      Delete
    2. ntar deh, nunggu harga bbm turun duku kakak.hahahaha

      Delete
    3. Ngak mungkin turun kakak, bisa nunggu ampe lebaran monyet hahaha

      Delete
  63. jadi kapan ngajarin gw lepas pelampung biar ok pas dipoto? males amat sih lo mak cum! ga niat ya?
    *kabooooorrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah lw ngemeng doang, nyalimu mah cemen

      Delete
  64. Gileeeeeee, asyik banget bisa kesini ... tapi kenapa ya jauh banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar jauh tapi puas kak ... ayo berangkat hehehe

      Delete
  65. Yampun 14 jam!! Ke tempat tsakep emang butuh usaha yaakk, keren ihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi semua terbayar dengan keindahan nya

      Delete
  66. Pengen kesana akhir Juni 2015, tp nga ada yang bisa di ajak Shared Cost... ada solusi nga bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang hahaha ... naik kapal rakyat aja dari kota benteng, ada jadwalnya menuju taman nasional. Setelah itu baru pake perahu menuju tinabo

      Delete
  67. kayanya gue bisa ngapung di situ seharian om..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas gosong, panas banget disana hehehe

      Delete
  68. Ga sabar nunggu tahun depan, mau ke Takabonerate juga ah kaya Kak Cumz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capcusss berangkat ... dijamin jatuh hati hehehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com