Terkenal tapi kurang bikin "MEREM MELEK"

Lontong Balap aka Sayur Toge
Lontong Balap Gresik – Ini merupakan makanan khas surabaya, tapi gampang banget di temukan juga di gresik. Tempat yang paling terkenal di gresik yaitu “Lontong Balap Cak Wi” ini berdasarkan survey ke sodara, tetangga, kerabat, temen bbm dll bahwa semua nya menjawab “CAK WI YANG PALING ENAK”. Akhir nya meluncur lah warung sederhana di pinggiran rel kereta daerah Pasar Senggol Gresik (Belakang Gor Giri Krida).
Di Jl, Arief Rahman Hakim Gresik
Warung Kaki Lima Sederhana
Lontong balap kalo di perhatikan mirip banget dengan sayur touge J karena makanan ini disajikan dalam piring berupa “irisan lontong + irisan tahu + irisan lento + sayur toge yg mengunung + kecap dan tentu nya sambal”. Biasa nya lontong balap lebih lengkap kalo ada tambahan sate kerang dan di “Cak Wi” terdapat itu juga.
Penampakan 1 Porsi Lontong Balap (Rp. 6.000,-)
Ada Tahu Goreng + Lentho
Untuk rasa kayak nya bertolak belakang dengan pendapat mereka diatas, kalo gw pribadi rasa nya kurang mengigit di mulut. Tauge nya agak terlalu matang dan lento nya B aja, dan kuah nya juga rada rada ...... no comment aja deh tp yang pasti ngak bikin gw sampai merem melek saking nikmat nya. Kalo boleh jujur lebih enak Lontong Balap yang di alon2 kota gresik atau yg suka lewat depan rumah J. Btw semua itu ttg selera yaaa, maaf kalo serela kita berbeda.
Mesti Cobain Sate Kerang nya
Tapi yang jadi juara malah sate kerang nya dengan bumbu yg khas petis + kecap + irisan cabe + perasan jeruk nipis yang berpadu jadi satu bikin lumer mulut rasa nya berkeringat hampir mencapai pucak orgasme J. Untuk harga nya sech tergolong murah, 1 porsi lontong balap Rp. 6.000,- dan sate kerang nya Rp. 1.500,-/tusuk.
Sate Kerang Rp. 1.500/tusuk
Kerang + Bumbu nya Bikin Sampai Puncak Lidah Orgasme
Sedikit cerita muasal kenapa di namakan lontong balap è Pada zama dahulu kala para penjual untuk berebut pembeli di pos terakhir sekitaran pasar wonokromo surabaya, maka para penjual yang berasal dari daerah kampung kutisari dan kendangsari (jarak nya sekitar ±5km dari pasar wonokromo) saling jalan beradu cepat sehingga kesan nya berpacu sesama penjual (bahasa jawa = Balapan) sehingga dinamakan “Lontong Balap Wonokromo” tapi seiring waktu lontong balap akhir nya terkenal dan menyebar sampai ke daerah sekitar surabaya termasuk sidoarjo, gresik, mojokerto dsb. 
Dengan Sate Kerang Lebih Kelojotan
Sambal nya Agak Kental

61 comments:

  1. Di Bekasi juga ada mas Cum, entah rasanya yg ga enak karna kuahnya yg banyak banget tapi sambel petisnya sedikit, atau memang akunya yg kurang suka, jadi agak aneh gitu. Menurutku lebih enak tahu campur, mantaaap banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lontong balap dijakarta kayak nya ngak begitu mengairahkan, tapi tahu campur + rawon selalu bikin kangen.

      Ada tahu campur lumayan murah meriah dan rasa nya yaaaaaa enak lah di soepomo tebet, di deket Mcd Tebet. Silahkan coba pasti datang lagi :D

      Delete
  2. Mas, aku pernah coba yang diblauran surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh itu pak gendut, ahmad dani nya dewa 19 suka makan disana. Enak dan juara lho :)

      Delete
    2. Bener mas, kata nya mmg dani suka makan disana

      Delete
  3. Sialan, lapar lapar, puasa, buka blog ini, BAKAAAAAAAAAAAARRRR!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan di bakar yaaaa hehehe, ntar aku kirimin es campur segar nikmat mengairahkan :0

      Delete
  4. Replies
    1. Lento itu terbuat dari kacang tolo, dan di campur dengan tepung trus di goreng. Yaa mirip2 bakwan gitu lah :)

      Delete
  5. ga suka lontong balap, ga suka petis -__-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi petis enak lho, hitam mengairahkan hehehe

      Delete
  6. Kalo soal rasa, kembali ke lidah masing2 kali ya, soalnya selera orang pasti beda2 :D
    Btw, kasihan ya lontongnya, masa disuruh balapan gitu #eh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali semua nya tergantung selera lidah, btw kalo lontong balapan pasti ancur semua penyet hahaha

      Delete
  7. hahahaha, berarti lo gak sampai kelojotan dong makan lontong balap ini :D

    *kelojotan -> nyomot dari vocab lo nih hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... kelojotan itu kayak gimana yaa ??? #amnesia
      Sebenar nya enak tapi buka selera ku :(

      Delete
  8. Anonymous12:28:00

    Sate kerang enak pake sambel begitu, pedas dan berbumbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, di bikin pedes banget jauh lebih nikmat hahaha

      Delete
  9. Paling enak makanan di gresik, apa tuh mas cum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg enak, tapi gw paling demen Nasi Krawu pake semur usus dan juga ada sego bebek rahayu yg sambel nya ENAK TENAN. Ntar kalo ke gresik lagi aku tulis tuch ttg Warung Bebek Rahayu :)

      Delete
  10. itu lentho-nya sama nggak ya kayak lentho di klaten
    *lama g makan lentho*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sama aja, aku tenggok yg di klaten mirip2 benjtuk nya :)

      Delete
  11. mmm...kalo lontong balap aku ga gitu doyan ;p banyakan toge gitu... lentho jg ga doyan hihihi..dari kelapa kan ya mas? ga doyan segala yg ada rasa kelapa ;p Tapi sate kerang bisa dicoba nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain sate kerang nya aja yg makjleb ama bumbu nya :) tapi jgn berharap banyak yaaa takut nya kecewa hahaha

      Delete
  12. lentho teh apa bang ? combro bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lentho itu terbuat dari kacang tolo yg di campur dengan tepung dan di goreng. Mirip kayak bakwan jagung gitu :)

      Delete
  13. Pengennn semua lontong balap, tahu goreng, satenya dll semuanya mau. Lain kali saya harus hati-hati baca judul lihat tulisan makanan khas tanah air begini bawaannya jadi pengenn tapi jauhh :lol: .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin sendiri mbak, gampang kok. Kan cuman sayur toge hahaahha

      Delete
  14. Anonymous11:21:00

    Puasa liat posting makanan jadi lapar

    ReplyDelete
  15. krn di samping rel kalau kereta lewat musti pegangan ya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm ... kayak nya lw pengalaman banget dech :)

      Delete
  16. Diriku makin lapar.
    Pengen kupang lontong , sate kerang ....
    Mas cumi tanggung jawab yah *jangan bilang tanggung jawabnya posting makanan lagi* hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyambut puasa dan ramadhan, kayak nya paling enak mmg posting makanan aja yeee hehehe. Biar tambah lapar ;-)

      Delete
  17. wah sate kerang..aku belom pernah nyobain :P
    enak tuh kayaknya...biar merem melek makanya sambil tiduran di rel mas Cum wekekee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo makan nya diatas rel kereta, nama nya bunuh diri hahaha :)

      Delete
  18. Wah lom pernah nih nyobain..
    walo kata oom cumi kurang juara, tapi tetep gw pengen nyobain nih..
    ntar deh kalo pulang gw cari d jakarta.
    Yang enak di mana oom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo jakarta kurang tau nich, tapi kalo tahu campur + rujak cinggur ada di tebet :)

      Delete
  19. jadi yang enak dimana sih Lontong Balap ini? dulu banget pernah nyoba pas dinas di surabaya, kok menurutku biasa aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di belakang blauran surabaya enak lho, rasa nya pasti sayur toge hahaha

      Delete
  20. br tau lontong balap bginian mas,
    taunya klo di Palembang, lontong balap itu pake buntut sapi sma sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake bubtut sapi pasti jauh lebh enak, pern adi ulas di blog nya ngak ???? mau meluncur kesana nich hi7x

      Delete
  21. aish, buka - buka postingan makanan pas puasa gini bikin laper --

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merapat lagi yaa ntar setelah buka puasa hehehe

      Delete
  22. Kalo aku lebih suka makan tahu campur dengan kikil daripada makan lontong balap. Menurut aku kuah tahu campur lebih sedap soalnya banyak kaldu. Uhhhh....jadi kangen tahu campur Pak Kumis di Malang *laper*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu campur mmg juara, btw di bali ngak ada yg jual kakak ???? kata nya di monang maning ada tuch hehehe. Kalo di jkt aku suka makan di samping Mcd Tebet :)

      Delete
  23. waaaaa.... Sate keraaaang :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uenak buanget lho sate kerang nya hahaha. Yuk ke gresik :-)

      Delete
  24. suka bacanya kalu ada sejarah.. ternyata emang balapan toh..
    udah lama ga makan sate kerang, duh deh, di jkt enak dimana sate kerang ya?
    iya tuh toge, kematengan.. blenyek gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lontong balap di jakarta, aku belum nemu mbak. Tapi kalo tahu campur, rawon, rujak cinggur, aku suka makan yg di sebelah Mcd Tebet

      Delete
  25. kalo favorit saya yang deket BNI Gubeng, pernah diajak sekali makan disana...Pak Ndut juga enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang deket BNI gubeng, blm perna nyobain. Ntar kalo mudik ke gresik bakal aku ampiri :)

      Delete
  26. Ini beda sama tahu campur yang loe sering ceritain ya cum ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda kak, ini cuman isi nya sayur toge + tahu goreng + lento dan kuah nya kayak tumis bening gitu

      Delete
  27. sama cum, aku juga nggak cocok sama yang ini....lebih cocok yang di alun-alun lontong balap songo limo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kangen nongkrong di alon2 trus beli krupuk tutul hahaha

      Delete
  28. Anonymous11:12:00

    Saya juga lebih suka yang di alun2 mas cum, klo di surabaya lebih suka yg lontong balap rajawali drpda pak gendut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu kmrn mudik gresik, malah ngak sempet nyobain yg alon2. Cuman makan lontong kupang + krupuk tutul aja. Btw lontong balap rajawali itu yg mana ????

      Delete
    2. Anonymous15:27:00

      Seberang nya pom bensin Jl. Rajawali, rame tuh klo jam makan siang

      Delete
    3. Ah itu perlu di coba ntar kalo mudik lagi, makasih info nya kakak

      Delete
  29. Coba Lontong Kupang Mbah Yo di Jalan Jambangan Kebon Agung No.1 Surabaya 0858-5228-0255…..maaaaknyuuuus….nyesel kalo nggak nyoba….lihat ulasan : http://arrohman.blogspot.com/2012/03/wiskul-lontong-kupang-mbah-yo.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo mudik ke gresik, aku mampir dech :-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com