Pura HINDU Terbesar di Tanah Jawa

Pengunjung Hanya Boleh Sampai Pelataran Ini
Pura Jagatkarta Bogor – Kenyang sehabis Makan Siang Di Sate Pak Rebing,  lanjut ke  Pura Jagatkartha atau lengkap nya Pura Parahyangan Agung Jagatkarta. Pertama kesini th 2007 dan setelah itu sempet beberapa kali lagi berkunjung kesini tapi tetep aja ngak  perna bosan + tetep menarik. Karena hawa nya yang sejuk membawa kedamaian + ketenangan #resss+lebay, itu karena pura ini terletak di kaki Gunung Salak yang berhawa sejuk dan tepat nya di daerah Ciapus, kecamatan Taman Sari Bogor Jawa Barat.
Pemimpin Ibadah
Kuning Putih Dominan

















Pura ini di rintis hasil kerja gotong royong umat nya sejak th 1995, meskipun sampai sekarang belum semua terselesaikan secara menyeluruh tapi pura2 utama nya sudah kelar & sudah bisa di pakai untuk beribadah. Pura ini merupakan Pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar ke 2 di Indonesia setelah Pura Besakih Bali. Konon kerajaan Hindu Tanah Sunda perna berdiri disini di bawah pemerintahan Prabu Siliwangi dan disini pula istana Prabu Siliwangi dan seluruh leluhur Jawa Barat.
Gerbang Menuju Pura Utama
Patung Ganesha
Pembangunan Pura Parahyangan Agung Jagatkartha yang memiliki arti sebagai Alam Dewata yang sangat sempurna kesuciannya, ini bukan tanpa alasan di gunung salak ini karena ada yang percaya bahwa prabu siliwangi dan pengikut nya menghilang disini dan sebagai penghormatan terhadap kerajaan Padjadjaran (kerajaan Hindu Terakhir di Parahyangan) maka umat hindu memutuskan membangun terlebih dahulu Candi Patung Macan berwarna putih hitam sebelum pura ini di bangun.
Numpang Narsis
Di area Pura Jagatkarta juga terdapat Pura Melanting dan Pura Pasar Agung yang di gunakan umat hindu untuk berdoa memohon rejeki dan penglaris. Semisal umat nya yang berdagang maka untuk kelancaran dagangan nya bisa berdoa di pura ini. Dipura ini terdapat sepasang suami istri yg dulu nya merintis di bangun nya pura disini, mereka asli bali dan berkelana sampai ke jawa barat J. Mereka sekarang menjual souvenir berupa kaos dll.
Untuk Kelancaran Rejeki di Pura Melanting
Pura Melanting
Sekedar info aja nich, aturan untuk berkunjung ke Pura Jagatkarta ataupun pura2 yang lain pasti aturan nya sama :
  1. Dilarang bagi yang sedang Cuntaka (Kematian, Melahirkan).
  2. Dilarang Bagi yang sedang datang bulan.
  3. Dilarang bagi anak berumur kurang dari 42 hari.
  4. Berpakaian yang sopan.
  5. Tidak menganggu ketertiban umat beribadah.
  6. Dilarang masuk ke pura utama kecuali bagi yang mau beribadah, jadi pengunjung biasa hanya bisa melihat dari pelataran pura nya saja.
Dilereng Gunung Salak
Suasana Seperti di Bali

94 comments:

  1. Wah klo di Surabaya ada Pura Jagad Kirana di daerah Perak sana, suasananya juga mirip dengan Bali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak aku kesana hehehe, ntar dech kalo mudik mau mampir2 ketempat wisata nya :) btw thanks info nya

      Delete
    2. Uwas there@Jagad kirana

      Delete
  2. kaki Salaaak... weeeeehhh... waktu ke Muria juga ada pura kecil kayak gini, di puncak gunungnya malah... dengan tanjakan yang... 'aduhai'...

    Mungkin, nanti musti ke TKP nih, lihat fisiknya pura ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo merapat, mumpung ngak pake nanjak. Lokasi nya langsung deket parkiran :)

      Delete
  3. Anonymous11:50:00

    Mas, deket sama curug luhur bukan ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sebelum curug luhur. Masih di daerah ciapus kok.

      Delete
  4. Aku juga perna kesana lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kpn mas bram ksn..?? kok ngga ketemu

      Delete
    2. Ngak usah dengerin bram, dia mah kepo doang. Bisa jadi juga boong, NO PICT HOAX

      Delete
    3. hahahaa...mas bram jln brg yuuk... rayu mas cum donk biar diajak....

      Delete
    4. Males jalan ama dia, ribet n bawel kayak emak2 arisan panci.

      Gaya selangin tp cemen nyali nya #prettt

      Delete
    5. hahhahaha.... ikhlas ya mas bram....

      Delete
    6. KakTar, mas cum selalu sirik aja. Kalo kegemukan mmg bawaan nya sensitif #kaburr

      Delete
  5. Wah besar juga pura Hindunya, mirip sekali dg yg di Bali.
    Umat Hindu ga oerlu lagi ya jauh-jauh ke Bali ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, lumayan gede dan bener2 tenang banget :)

      Delete
  6. Belah mananya Curug Nangka ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum nya, ini masih deket kok dari pertigaan ciapus yg ada telkom nya :)

      Delete
  7. Anonymous01:58:00

    Penasaran sama dalamnya PURA ini, jarang ada foto dalamnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaya..pasti adem & damai...hehe

      Delete
    2. Adem ayem tentrem, pokok nya inget yaaa JGN dipake Mojok hahaha

      Delete
    3. Btw dalam pura nya ngak boleh di foto untuk menghormati orang yg beribadah dan juga kita ngak boleh masuk kecuali kalo mau beribadah

      Delete
    4. mojok mah di warung ajaa mayan ada bale2, hahaha...
      smbl ngemil gorengan, krupuk ama gado2 deh...

      Delete
    5. Mau ngemil gorengan + gado2 aja ampe ke curug luhur segala, mahal bensin nya hahahaha

      Delete
    6. yaudah baso diciawi aja deh...

      Delete
    7. Bakso ciat aja biar tinggal ngesottttt, Kakak .... ke garut trus mampir bandung. Kangen berendem air panas nich :0 hahahaha

      Delete
  8. adem banget pas buat tempat kontemplasi atau semedi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem dan nyaman, apalagi kalo ama mas cum yg keren ini hehehe. awas yaa jgn di pake mesum ama sireja similikiti :)

      Delete
  9. Kalau dari Jakarta aksesnya naik apa ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jkt naik kereta ke bogor, lanjut mikrolet ke ciapus. Kl ngak ada yg langsung, dari stasiun naik angkot ke Ramayana Bogor Trade Center depan kebun raya.

      Setelah itu ke ciapus naik angkot juga ampe turun terakhir, baru ganti ojek. Harus nya ada angkot lagi tp lupa jurusan nya, jd mending ojek aja

      Delete
    2. Okok. Makasih infonya. :D

      Delete
  10. saya sudah juga berkunjung kesini.
    sangat recomend untuk orang yang butuh ketenangan.

    Saya sempat masuk sampai kedalam pura.
    intinya harus permisi baik2 dan orangnya sangat welcome dan ramah.
    numpang coretan yah.
    http://backpacker-amatiran.blogspot.com/2013/06/pura-parahyangan-jagatkartha-di-kaki.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich, lain kali mesti minta ijin dulu buat masuk ke dalam ;)

      Delete
  11. pengen main ke taman sari, kang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk .... Jgn lupa ajak2 aku hehehe

      Delete
  12. pasti ketagihan kan mas , utk ksni lg hehe
    jangan lupa mampir ya :v

    http://bisnisibc-gratiss.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, makasih nanti akan mampir ;-)

      Delete
  13. Luar biasa nih, lengkap ama gambar2nya ... Jadi situs wajib nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih .... Jd tersanjung ;-)

      Delete
  14. Baru tahu ada pura kek gini di Bogor....
    Suasana nya bali banget yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo buruan di kunjungin hahaha ....

      Delete
  15. Cum, loe yeeee janji doang ajak kesini tp tdk pernah di realisasikan hmmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn itu ngak sengaja makjo, tiba2 aja kepikir kesana abis makan sate pak rebing hahaha

      Delete
  16. Banyak curug kan sekitar situ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak .... ada curug nangka, curug luhur dll

      Delete
  17. wah saya baru tauuu...nanti-nanti harus berkunjung ni kesini, dulu cuma maen ke curug luhur doank..thanks bgt infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk berangkat, lumayan dekat kan :)

      Delete
  18. cuma tau pura yang di bromo sebelumnya :D ternyata ada juga di tempat lain ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok diseputaran jawa, yuk keliling !!! hehehe

      Delete
  19. dulu waktu mo ke gunung bunder, udah ada yang cerita pura ini.. eh begitu jadi, setiap mau ke gunung bunder, suka mampir.. tapi belakangan ini ditutup katanya buat ibadah apa gitu dan shooting film?
    sekarang kalu mo ke gunung bunder, suka sambil lewat aja.. males mampir..

    *ga ada yang tanya.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... ayuk kalo ke gunung bunder lagi mesti diampiri yaa, lumayan lah nambah2 destinasi :)

      Delete
  20. Arghh..
    gagal mulu nih mau kesini
    Tanggung jawab nih, saya mesti diajak kesini sama mas cumilebay nih..
    hohoho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Knp gagal ??? Doa nya pasti kurang kenceng hahaha. Ayuk aja kalo mau jalan ama mas cum ;-) tp wani piro ?? Hahahahaahaha

      Delete
  21. Anonymous02:04:00

    Salam...saya juga pernah sekali.kesana.ngangenin...padahal.saya.de bali...ingin nginep.lagi.disana adem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo orang bali pasti selalu mampir ke sini hehehe. Ayuk datang lagi ;-)

      Delete
  22. Terima kasih banyak sudah memposting di blog tentang Pura Terbesar di Jawa, bagus juga pengalaman anda di sana, saya orang Bali jadi pingin kesana
    Thanks
    Bali Tour

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung di cumilebay.com semoga informasi yg saya sampaikan ini bermanfaat buat semuanya #eeap

      Delete
  23. Kak, aku pernah ujan2an di Pura ini. Syahduuu dan romantis gitu, deeeh. . . :D
    *info ngga penting* wkkwwkw

    Btw, sakjane aku pingin masuk pura utama. Sekedar tahu saja,sih. Ngga baka macem2 di sana. Tapi ngga boleeh. Huhuhu

    *menghormati*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kita ngak boleh masuk kalo ngak ikut sembahyang, saling menghormati aja yaaa syuku2 boleh numpang foto hehe

      Delete
    2. Bener banget, ih kamu pinter :-)

      Delete
  24. wah kemarin ada yg ngajakin ke sini bang.... kayak di bali y bang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada yg ngajakin kesini dari jogja, maka pilih langsung ke bali aja biaya nya sama hahaha

      Delete
  25. cantik banget puranyaa.. gak kalah sama pemandangan pura di bali yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka yg di bali aja sekalian jalan2 kalo ada yg bayarin hahaha

      Delete
  26. Seru kayanya, om. Ingat om, harus pakai pakaian sopan ya hahhahahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi selama ini aku kurang sopan yaaa hua hua hua #melenggosTampan

      Delete
  27. Sekilah kayak berada di Besakih yah! Lantas ka Cum mohon jodoh gak disini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jodoh ditangan TUhan kak, aku hanya mohon supaya banyak yg demen aja :-)

      Delete
    2. CC: Sponsor yg lagi demen *NebengDiajakin eaaa

      Delete
    3. Hahahaha ... tunggu aku di bali lagi #SiapMerapat

      Delete
  28. Seriusan ini ada di Bogor Mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, di deket gunung bunder

      Delete
  29. ia saya juga baru tau kalo di bogor ada pura mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk berangkat di samperin :-)

      Delete
  30. sudah pasti banget sih namanya ke tempat ibadah ya harus sopan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, sopan dalam beribadah hehehe

      Delete
  31. walaupun cuma bisa sampai pelataran, tapu lokasinya yang keren dengan udara dan view yang menarik ini kok ya bikin aku pengen maen kesana.

    btw, di Medan juga ada pura hindu, tapi tidak boleh masuk. ya foto-foto di pelataran aja seperti di pura ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh di medan apa nama nya??? Mau juga mampir kalo passss kesana

      Delete
  32. Di Senduro, Lumajang, juga ada pura besar di lereng Gunung Semeru. Pura Mandara Giri Semeru Agung yang berstatus Pura Kahyangan Jagat, dulu awal pembangunannya cuma berluas 25x65 meter, kini sudah hampir dua hektar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow gede juga yaaa hampir 2 ha, tapi rata2 pura pasti di dataran tinggi yaaa

      Delete
  33. aku belum pernah sama sekali pergi mengunjungi pura Hindu terbesar itu...hikks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk berangkat ... mumpung belum pindah ke zimbabwe hahaha

      Delete
  34. Ada rencana mau ke Bogor. Tapi kayaknya di pusat kotanya aja. Jauh gak, ya, kalau ke pura ini. Cek google Maps dulu kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lumayan agak jauh dikit dan jalanan nya juga lumayan kecil + macet hahaha

      Delete
  35. Bagus ni mas tulisannya, selama ini pura identik dengan Bali ya ternyata di Jawa ada juga, tidak kalah indah dari pura di Bali dan pemandangannya luar biasa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini buat orang2 bali yg lagi ada di jawa barat dan sekitar nya kalo mau ibadah hehehe

      Delete
  36. Beda banget ama yg di aceh om. Klo di aceh ke kuilnya kita bisa masuk. Asal sopan, sampai ke ruangan utama tetap bisa. Keren om tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kalo bisa masuk enak yaaa, tapi asal ngak ganggu orang2 yg ibadah aja

      Delete
  37. Iya yah suasananya kaya di bali gitu, ada pura besar masih di negara kita lagi khususnya di tanah jawa <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... Jawa juara #GwKagakNyambung

      Delete
    2. Yap ... Jawa juara #GwKagakNyambung

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com